Perhatikan Produk Yang Anda Jual Di Toko Online


Produk Yang Anda Jual Di Toko Online

Semua bisa dijual secara online. Ini kalimat yang perlu juga ditanam dalam pikiran agar anda percaya diri menjal sesuatu secara online. Namun tidak semua produk yang anda jual secara online menghasilkan penjualan alias menghasilkan pembeli produk.

Untuk itu, kita harus perhatikan betul mulai dari kita sendiri mengenai tentang produk, harga produk, berat produk dan keuntungan produk. Dan juga sampai ke tingkah konsumen. Karena ini penjualan secara online yang membutuhkan produk bukan dari milik/buatan kita sendiri.

A. Kita sebagai penjual produk secara online

Kita sudah mendapatkan contoh penjualan yaitu menjual parfum original wanita. Hal ini berdasarkan keinginan sendiri dan melihat pasar yang cukup bagus.

Secara umum, parfum original wanita bagus di pasaran. Namun yang menjadi masalah adalah, parfum merek apa yang akan anda jual? Bagaimana kualitas parfum dari merek perusahaan A dan bagaimana juga kualitas parfum dari merek perusahaan B? Kita harus mengetahui hal ini karena akan berkaitan dengan bisnis anda.

Bila sudah menentukan merek parfum, maka kita harus bertanya, apakah akan membeli langsung ke pabriknya atau membeli lewat agen? Ataukah anda sebagai reseller toko online? Menentukan hal ini akan berkaitan dengan permodalan anda dalam belanja produk dan berkaitan dengan bisnis grosiran atau eceran. Dan tentu, masalah ini adalah tergangung kesiapan anda. Tidak masalah anda memilih yang bagaimana pun.

Katakanlah anda akan menjadi pedagang eceran mengenai parfum. Maka kita harus melihat keuntungan. Keuntungan berkaitan dengan strategi yang akan anda terapkan.

Sebagai contoh, lebih baik menjual beras 2 kilo atau menjual kue-kuean yang terbuat dari beras seberat 1 kilo? Misal beras untung misal 16.000 dan kue-kuean dari beras mendapat untung 30.000. Sama-sama untung dengan jumlah yang tidak sama. Kalau penjualan secara ofline maka sama-sama tidak masalah. Namun karena penjualan online produk fisik mengandalkan jasa kurir maka akan bermasalah.

Maka hasil perbandingan di atas adalah lebih baik menjual kue-kuean secara online daripada beras. Karena masih untung walau ada strategi bebas ongkir atau ongkit 50%. Tetapi beras, harus menghilangkan strategi gratis ongkir dan pasti menambah beban ongkir seberat 2 kilo pada konsumen.

Ini hanya contoh. Namun secara prinsip bisa dilakukan dalam penjualan produk parfum atau lainnya.

Baca: Membuat Situs Penjualan Toko Online

B. Alasan konsumen membeli produk secara online

Seandanya anda menjadi konsumen yang akan membeli parfum, kira-kira apa pentingnya anda membeli parfum secara online? Ini yang penting dijawab. Karena jangan sampai konsumen yang membeli parfum kepada anda kerena ingin coba-coba membeli secara online.

Kita harus memberikan cara pandang yang berbeda terhadap penjualan parfum secara online dengan penjualan parfum secara ofline.

Alasan konsumen adalah bahwa membeli secara online karena memang malu untuk melihat berbagai jenis parfum dan bertanya-tanya secara langsung namun pada akhirnya tidak jadi membeli. Ini yang dirasakan para pemula yang baru terjun dalam dunia wewangian parfum.

Alasan konsumen membeli secara online karena memang penjualan parfum yang berkualitas tidak mudah dijangkau dan membutuhkan waktu lama untuk membeli walau hanya satu botol. Tentu dong, bagi para orang sibuk sulit pergi dalam waktu yang lama hanya untuk membeli satu parfum.

Intinya adalah, sekiranya hanya ada perbedaannya tipis antara pembelian secara online dengan pembelian ofline atau nilainya lebih baik secara online.

Saya ingin tanya, lebih baik mana antara membeli  5 butir telur secara online dengan membeli 5 butir telur secara ofline walau sama-sama gratis ongkir? Tidak kebayangkan bagaimana jadinya bila membeli secara online? Tentu lebih baik membeli secara ofline.

Namun kalau kita membeli 5 telur secara online dengan mendapat bonus buku spesial resep dari Farah Queen senilai 75.000 mengenai berbagai masakan dengan bahan telur tentu lebih baik membeli secara online daripada ofline. Karena pemikiran kita teralihkan ke buku resep dari farah queen tersebut. Kebetulan yang menjual adalah saudara Farah Queen, hehe...

Baca: Kiat Update Di Fanspage untuk Penjualan Produk

Begitu juga dengan penjualan parfum. Maka bisa menggunakan perbandingan antara pembelian secara online dengan pembelian secara ofline. Nilainya adalah lebih baik membeli secara online atau tidak lebih baik membeli secara online dengan hanya perbedaan tipis saja.