6 Peluang Bisnis UKM/ Usaha Kecil Menengah Yang Terbaik Untuk Anda

gambar
Bagaimana memilih peluang bisnis dari 6 bidang bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah yang menjanjikan dan memang terbaik untuk Anda? Banyak sekali peluang untuk membangun bisnis yang tersebar di belahan dunia, khususnya di Indonesia. Bahkan, ide peluang yang berasal dari luar negeri dengan mudah bisa di impor alias didapatkan tanpa transportasi untuk kunjungan. Atau sebaliknya, ide peluang dari lokal sendiri bisa dieskpor ke luar negeri dengan mudah tanpa perlu transportasi juga. Namun, bisnis apa yang cocok dan terbaik untuk Anda?

6 Peluang Bisnis UKM/ Usaha Kecil Menengah Yang Terbaik Untuk Anda

Dari berbagai peluang bisnis UKM yang ada, maka perlu menyimpulkan pembahasan agar menghemat tenaga dalam menulisnya. Di sini hanya membahas 6 bidang peluang bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah yang sebagai kumpulan dari berbagai jenis bisnis yang ada. Tentu, dengan memahami hal itu, Anda akan mudah mendapatkan jenis bisnis yang baru yang sejalur dengan bidang yang Anda pilih.

Anda bisa memahami pembahasan yang akan dijelaskan sembari memikirkan bisnis apa yang cocok dengan keadaan diri Anda agar Anda berani berbisnis. Banyak sekali pemula yang salah langkah memilih jenis bisnis walau kesalahan ini memang dibenarkan karena sudah mau mencoba. Banyak juga yang sudah punya modal, punya kemauan, namun tidak bisa dengan berani memulai bisnis. Kenapa? Karena bisnis bukan sekedar kemauan, modal atau pengetahuan, namun juga tindakan yang benar-benar nyata yang berani mengambil resiko. Namun Anda menginginkan meminimalisir salah langkah namun tetap berani memulai bisnis.

Berikut penjelasan 6 bidang peluang bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) sebagai inspriasi memulai bisnis kecil atau bisnis menengah Anda.

Bisnis UKM di Bidang Kuliner

Bila membaca kata tentang “kuliner”, kemungkinan besar pikiran Anda akan menuju ke salah satu makanan yang pernah Anda makan. Nah, sesuai pikiran Anda, bisnis UKM di bidang kuliner memang mengenai hal makanan. Dari pembahasan bidang kuliner saja, ada banyak sekali jenis bisnis yang masuk dalam tema kuliner. Ada bisnis kuliner jenis warung tegal, warung nasi jambang Cirebon, warung makan padang dan berbagai jenis lainnya. Mana yang Anda pilih? Bingungkan? Bingung kalau Anda memilih di luar kemampuan Anda.

Dalam hal ini, apakah Anda punya kemampuan dalam hal mengelola makanan untuk dijual? Tidak. Bagaimana bila tetap memulai bisnis kuliner? Perhatikan yang lain seperti apakah Anda seorang pecinta kuliner atau bukan. Karena bisa saja bukan ahli masak namun sering mencoba berbagai makanan. Bila memang tidak memiliki pengalaman mencicipi berbagai kuliner, urungkan niat untuk bisnis dalam hal kuliner. Bila tetap membangun bisnis kuliner bagaimana? Perhatikan keluarga atau teman Anda, apakah ada yang jago memasak? Ini solusi terakhir bila memang ingin membangun bisnis kuliner.

Katakanlah Anda bisa membangun bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah dalam hal kuliner makanan padang, misalnya. Maka untuk membuka usaha baru tentang kuliner tidak sesulit waktu pertama bangun bisnis. Contek saja pengelolaan yang sudah Anda kuasai untuk bisnis kuliner terbaru. Anda bangun dengan sistem manajerial agar bisa menyebarkannya lewat sistem waralaba.

Bisnis UKM di Bidang Fashion

Zazkia Sungkar dan Dian pelangi adalah contoh orang yang sukses membangun bisnis fashion baju muslimah karena keahilannya yang sebagai desainer. Ingat, dalam membangun bisnis UKM terpenting adalah bagaimana bisa mengelola produk dengan baik untuk awal-awalnya. Bila memang Anda memiliki kemampuan dalam hal desain pakaian, Anda bisa membuka bisnis fashion. Dalam hal ini Anda akan menjadi suplier atas produk Anda. Untuk awal-awal Anda tidak perlu membangun sebuah gedung menjahit pakaian yang membutuhkan modal besar. Anda bisa bekerjasama dengan pemilik jasa jahit baju yang profesional untuk membuat pakaian sesuai desain yang Anda buat.

Bila memang Anda belum ada kemampuan dalam hal desain pakaian, Anda bisa membuka bisnis UKM fashion dengan mengandalkan kemampuan Anda sebagai pecinta fashion. Barangkali Anda memang gemar dengan fashion-fashion terbaru, unik dan gaya sehingga bisa sebagai modal membuka bisnis tersebut.

Dalam bisnis UKM bidang fashion, memang telah terbukti merajai penjualan online untuk jenis produk fisik. Kenapa merajai penjualan online? Karena memang fashion adalah hal yang pokok untuk tampilan seseorang. Biarlah sekedar pergi ke warung lesehan, makan pecel lele yang sederhana dengan lalapnya, namun dalam hal tampilan harus tetap gaya, fresh dan tidak kuno, menurut kebanyakan anak muda sekarang. Jadi itulah yang membuat penjualan produk fashion secara online atau ofline laku terus.

Perlu dicatat, dalam bidang fashion saja, banyak sekali jenisnya. Ada yang berfokus pada pakaian, sepatu, aksesoris, sandal, topi atau hanya pada pakaian dalam seperti Bra. Anda tentu harus bisa memilih dengan serius sesuai kemampuan dan keinginan Anda.

Bisnis di Bidang Pendidikan

Anda mahir bahasa inggris? Bila tidak, apakah saudara atau teman dekat Anda mahir bahasa Inggris? intinya harus ada orang terdekat Anda yang mahir bahasa inggris. Kenapa? Karena bisnis UKM memang tidak harus mencari orang jauh yang belum Anda kenal. Kenapa bahasa inggris? Karena ini sebagai salah satu contoh untuk bisnis di bidang pendidikan.

Anda bisa saja membuka bimbingan belajar pelajaran bahasa Inggris karena memang pasarnya yang bagus. Di berbagai daerah memang banyak bimbingan belajar, namun apakah ada spesifikasi keahlian? Tidak! Bimbingan belajar biasanya mencakup berbagai mata pelajaran di sekolah. Kalau ada spesifikasi bahasa Inggris dalam bimbingan belajar, Anda akan mengajarkan pada mereka bahasa inggris dan bagaimana membentuk mental pembelajar dan bekerja yang mengandalkan bahasa inggris.

Banyak sekali bisnis di bidang pendidikan yang bisa Anda pilih sesuai keahlian Anda dan orang terdekat Anda. Namun tetap harus memperhatikan kondisi pasar agar bisnis Anda memang laku. Misal saja Anda membangun bimbingan belajar pelajaran Matematika, apakah akan laku dengan target belajar 1 tahun? Bila memang tidak laku, Anda bisa mengambil target sistem kilat. Tentu, Anda tetap memperhatikan peminatnya, apakah akan tetap tidak laku.

Intinya dalam bisnis bidang pendidikan berisi:
  • Ilmu yang siap pakai untuk berbagai hal. Contoh bahasa inggris yang bisa dipakai usaha jasa artikel blog inggris dan banyak yang lainnya.
  • Sesuai mata pelajaran sekolah yang menjadi pelajaran Ujian Nasional bila targetnya pelajar
  • Tempat pembelajaran yang menyenangkan
  • dll.

Bisnis di Bidang Otomotif

Anda tahu sebutan montir-montir cantik? Ya, itu adalah para pekerja bengkel terdiri dari wanita-wanita cantik. Mereka melakukan pembersian, membenarkan kerusakan-kerusakan dan yang lainnya pada kendaraan bermotor seperi mobil dan motor. Itulah salah satu jenis dari bidang bisnis otomatis, sebuah bisnis yang mengurusi hal-hal otomotif.

Kalau ada lihat di sepanjang jalan, akan menemukan deretan bengkel motor dan mobil, jasa cuci motor dan mobil. Karena memang untuk masalah bengkel/cuci motor letak yang strategis adalah di pinggir jalan raya. Bila memang Anda mau membangun bisnis ini, Anda harus siap berada di depan jalan raya. Kalau tidak di depan jalan raya, setidaknya Anda berada dijalan yang sering dilalui kendaraan bermotor.

Baca: Tips Peluang Bisnis Cuci Motor

Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis

Agrobisnis adalah bisnis yang berhubungan dengan (tanah) pertanian. Jadi disini memaksimalkan pertanian yang bernuansa bisnis. Tidak sekedar menanam tanaman dan berharap nanti dijual seadanya. Namun di sini tugas petani mengoptimalkan cocok tanamnya agar layak untuk dijual-belikan, baik tingkat pasar tradisional atau pasar modern.

Untuk memulai bisnis UKM bidang pertanian memang sulit dilakukan bagi yang tidak memiliki tanah luas. Kalau tanah sekedar luas rumah, tentu kurang maksimal dalam menjalankan bisnis UKM di bidang pertanian. Mereka yang tidak memiliki tanah luas biasanya akan mencari tanah milik orang lain dan melakukan kerjasama. Bisa saja sistem sewa yang disepakati atau sistem bagi hasil keuntungan.

Namun sebelum mencari tanah milik orang lain,terlebih dahulu membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Anda tentu terlebih dahulu mahir dalam mengelola pertanian. Setelah itu, Anda memikirkan strategi penjualan. Jangan sampai berhasil panen melimpah namun kesulitan menjual hasilnya.

Bisnis di Bidang Teknologi Internet

Maksud bisnis internet adalah memanfaatkan teknologi internet untuk membangun bisnis jangka panjang atau biasa disebut startups. Strateginya adalah membangun tribe bisnis yaitu membangun jaringan komunitas atas bisnis.

Di sini bisnis jenis toko online, atau penjualan online yang biasa ditemui dan bila dibuat memang mudah, tidak termasuk dalam bisnis bidang teknologi internet alias startups bisnis. Karena penjualan secara online yang memakai media internet hanya sekedar pemkai media, bukan membangun media atau sistemnya.

Contoh rill-nya apa? Contoh rilnya adalah situs jual-beli seperti Tokopedia dan Bukalapak yang menawarkan media dan sistem penjualan secara online yang mengamankan transaksi. Anda pun sering menggunakan Facebook dan Twiter, maka itu termasuk bisnis startups karena menawarkan media dan sistem komunikasi antar teman dari jarak jauh.

Namun kalau sekedar membangun blog, walau menghasilkan uang, tidak dianggap startup bisnis. Kecuali memang Anda membangun pelayanan blog seperti Blogger.com, baru sebagai startups bisnis.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!