Perkembangan Dunia Bisnis, Persiapkan Diri Anda Selalu!


Bila anda tidak selalu siap dengan perubahan yang cepat, maka bisnis anda akan tersingkir oleh perkembangan persaingan di dunia bisnis. Di era sekarang dimana membutuhkan percepatan dan berefek cepat membuat perkembangan bisnis pun semakin hari semakin cepat. Kecepatannya mampu menggerus bisnis lama yang baru berdiri oleh bisnis baru. Bisnis lama keadannya tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan sedangkan bisnis baru memanfatkan keadaan perkembangan yang anda.

Perkembangan Dunia Bisnis, Persiapkan Diri Anda Selalu!

Sebagai contoh perusahaan gadget yang cuma menawarkan fasilitas layanan kamera. Maka gadget seperti ini akan digilas oleh gadget lain yang berisi layanan kamera dan vidio. Bila perusahaan tidak mampu membuat inovasi, maka bisa bangkrut. Untuk itu biasanya perusahaan teknologi berprinsip, “Siap berubah dalam perkembangan zaman”. Nah, bagaimana dengan perusahaan yang lain? Prinsipnya harus sama dengan perusahaan teknologi walau perubahannya tidak secepat di bidang teknologi.

Anda pun sudah paham bahwa informasi tercipta puluhan juta lebih setiap harinya. Orang-orang di seluruh dunia memberikan informasi terbaru mereka. Bila anda mencoba memanfaatkan informasi terbaru yang mendukung bisnis anda, bisa saja bisnis yang sedang anda jalani akan menjadi baru. Ketika semua orang melakukan hal yang sama, maka tentu akan bernasib sama. Alhasil, perubahan terjadi begitu cepat dalam jumlah banyak yang disertai pula persaingan dalam jumlah banyak dalam waktu yang cepat juga.

Ketika saya membuat panduan website yang disertai trik menghasilkan ratusan dollar dari bisnis affiliate Clickbank, saya memikir ulang bagaimana menghadapi perubahan mengenai pemrograman website. Karena tidak sanggup menghadapi ketika terjadi perubahan, terpaksa penjualan panduan membuat website dinonaktifkan. Lagi pula, tidak mahir-mahir amat membuat website. Dari kasus tersebut, menandakan bahwa membangun bisnis di era sekarang harus disertai bagaimana kesiapan menghdapi perubahan.

Bagaimana bila jumlah pebisnis yang siap menghadapi perubahan zaman membeludak, masif demi mempertahankan bisnisnya? Semakin banyak yang siap bersaing dalam perubahan dunia bisnis maka akan tetap dalam aturan memperketat persaingan bisnis. Tidak ada kata lepas dari persaingan. Itu sebuah fakta. Sehingga bila anda benar-benar loyo dalam menghadapi persaingan terbaru, akan tergerus oleh pesaing dalam jumlah yang banyak dalam waktu cepat. Memang terlihat menakut-nakuti pembahasannya namun itulah realita yang ada.

Untuk itu, saya memang perlu berbagi tips tentang bagaimana menghadapi perubahan yang mempengaruhi dunia bisnis. Dengan sendirinya saya pun membutuhkan tipsnya untuk siap menghadapinya. Bila dari mereka banyak yang menerapkan tips yang saya berikan, itu artinya anda dan saya akan bersaing juga dengan mereka dan seterusnya.

Membangun Konsep Kualitas Pribadi

Awal memasuki era online, anda boleh bersantai ria dalam menjalankan bisnis tanpa perlu terlalu memikirkan perubahan dan persaingan bisnis. Namun ketika era online sudah memasuki masa klimaks, masa dimana sudah menumpuk berbagai jenis bisnis dan persaingan, anda harus siap-siap membangun konsep kualitas pribadi. Artinya anda harus punya manajemen konsep yang bisa mempelajari hal baru sesuai konsep yang anda terapkan. Bisa dikatakan adalah keahlian spesial, brand atau ciri khas yang siap menghadapi berbagai perubahan.

Untuk mempermudah pembahasan, katakanlah anda seorang pebisnis pakaian yang juga desainer pakaian. Dengan menguasai berbagai desain pakaian dan bisnisnya, anda akan menemukan sebuah konsep kualitas pribadi untuk desain pakaian dan bisnis anda. Muncullah bisnis desain pakaian muslimah ala Dian Pelangi ― salah satu contohnya ― sebagai wujud dari konsep kualitas pribadi. Dian Pelangi terbilang berhasil membangun model pakaian yang berbeda, khas Dian Pelangi. Itulah contoh konsep kualitas pribadi yang sudah dibangunnya.

Untuk membangun konsep kualitas pribadi, anda harus mempelajari banyak hal yang berupa skill dan pengalaman sesuai target untuk pembentukan konsep kualitas pribadi. Biasanya akan berfokus pada beberapa titik persoalan yang saling berkaitan, misal hanya membahas persoalan bisnis pertanian dengan bisnis kuliner yang keduanya memang bisa saling melengkapi.

Selalu Merespon Terhadap Keadaan Baru

Orang yang tidak memiliki konsep kualitas pribadi akan mengalami kesulitan bagaimana seharusnya merespon atas hal-hal yang baru. Untuk bisa bersikap seperti itu anda harus terlebih dahulu membangun konsep untuk anda sendiri. Karena memang banyak hal yang berubah dalam waktu cepat. Bila memang tidak memiliki konsep, perubahan apa yang harus anda respon?

Ketika anda baru memulai bisnis, pasti anda sudah memiliki alasan kenapa harus berbisnis produk A. Biasanya orang-orang termasuk anda memulai sebuah bisnis karena lebih dekat dengan skill yang dimilikinya. Itu artinya, anda sudah memanfaatkan konsep kualitas pribadi anda dalam berbisnis. Katakanlah anda berfokus pada bisnis pembuatan blog karena memang memiliki keahlian dalam pemrograman website. Ketika muncul perubahan dalam dunia website dengan munculnya website responsive, anda dengan mudah akan merespon perubahan karena memang sudah sesuai dengan konsep kualitas pribadinya yang sebagai programmer website.

Namun belum tentu orang yang memiliki konsep kualitas pribadi akan selalu merespon perubahan atau keadaan yang baru yang membuat bisnsinya sedikit mengalami masalah. Bisa karena beberapa faktor yang membuat mereka enggan merespon keadaan yang baru. Maka untuk bisa bersaing dalam bisnis, harus tetap selalu merepon keadaan yang terbaru. Intinya adalah jangan menyerah dan malas.

Wujudkan Konsep dan Respon Anda Dalam 4 Quandran Penghasilan

Apa saja 4 Quandrant Penghasilan? Berikut rinciannya:

  1. Quadrant Pekerja
  2. Quadrant Pekerja Mandiri
  3. Quadrant Bisnis
  4. Quadrant Investasi

Anda memiliki keahlian spesial, anda pun selalu siap menghadapi atau merespon keadaan dunia bisnis terbaru, namun bagaimana wujud akhir dari usaha anda? Segala macam pergerakan bekerja dan bisnis tidak lain dan tidak bukan wujud akhirnya adalah “mendapat penghasilan”, bisa berbentuk gaji atau omset. Memang anda harus menerima kenyatan bahwa wujud akhir dari kegiatan anda adalah penghasilan.

Bagaimana penghasilan ada? Apakah menyesuaikan dengan perkembangan dunia bisnis? Ketika penghasilan anda aman dalam menghadapi perubahan, itu artinya anda memang memilih quadrant penghasilan yang tepat. Bisa saja anda membuka bisnis sekaligus investasi properti dan sebagai sampingan investasi emas batangan dalam jumlah banyak.

Nah, di sinilah anda perlu memperhatikan 4 quandant penghasilan yang menyesuaikan dengan konsep dan respon anda. Bila di era sekarang mengharuskan anda tetap berada di quandran pekerja sambil membangun Quadrant B untuk masa pensiun atau perubahan finansial, maka anda harus mempertahankannya. Intinya adalah bentuklah sebuah beberapa quadrant yang mendukung keadaan anda.


***

Terlalu banyak memang bila harus dijelaskan semua tetang menghadapi perubahan dunia bisnis. Namun pada intinya, untuk selalu siap dalam perubahan, anda cukup menjalankan ketiga hal di atas. Anda tidak perlu berpikir macam-macam. Karena sesuai hukum persaingan, “semakin banyak yang berubah, maka semakin banyak juga persaingan atas perubahannya”, anda tidak bisa lepas dari persaingan. Jadi, simpelkan cara anda dalam menghadapi perubahan dan persaingan dunia bisnis.