Strategi Jualan Online Untuk Yang Malas Buat Website

gambar
Apakah Anda berniat jualan online namun masih memiliki kendala berupa pembuatan website? Memang banyak yang enggan membuat website untuk media penjualan online mereka. Alasan mereka tentu karena harus mengeluarkan modal yang terbilang tidak sedikit untuk website jenis toko online. Namun sekarang, era dimana penjual terbantu jualan secara online walau tidak dan tidak harus memiliki website pribadi. Terpenting adalah profit, keuntungan penjualan.

Strategi Jualan Online Untuk Yang Malas Buat Website

Jualan online produk pada dasarnya tidak membutuhkan website penjualan pribadi. Anda hanya membutuhkan media alias sarana yang bisa mempertemukan Anda dengan konsumen. Memang membutuhkan website bila harus ada pertemuan namun bukan website pribadi. Ketika Anda menjual pulsa, tentu Anda tidak harus memiliki kios bukan? Terpenting adalah ada sarana yang bisa mempertemukan Anda dan konsumen.

Memang sulit bila berjualan secara online namun hanya mengandalkan sarana penjualan seadanya. Namun kesulitan itu bisa Anda minimalkan dengan membuat perencanaan yang matang. Bila Anda menyewa kios, lantas Anda hanya memasang prabotan rumah dan hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan penjualan, apakah akan ada yang mau membeli? Karena memang belum memiliki rencana atau tidak sesuai rencana yang mendukung penjualan. Bila memang mau menjual pulsa di kios, pasang spanduk “jual pulsa” dan pasang hal-hal lain yang mencirikan pejualan pulsa. Jadi harus buat rencana sesuai prinsip bisnis dan pelaksanaannya.

Begitu juga dengan memanfaatkan media online, harus menunjukkan bahwa Anda sedang berjualan tentang produk tertentu. Media pengganti website penjualan online pribadi harus bernama sesuai produk yang anda jual atau mencirikan toko, harus mengupload gambar produk, dan yang lainnya.

Lalu apa saja media online yang sebagai pengganti website pribadi untuk jualan online produk?

Alternatif Media Jualan Online

1. BlackBerry Messenger (BBM)

Memang ada beberapa layanan instant messaging seperti WhatsApp dan Line selain BlackBerry Messenger alias BBM. Namun banyak penjual online lebih memilih menggunakan BBM karena memang bisa mendukung penjualan. Bila memang mau memanfaatkan media ini untuk jualan online, tentu harus membeli handphone atau smartphone yang memiliki aplikasi BBM.

Sesuai prinsip yang sudah dijelaskan di atas, bila menggunakan BBM untuk jualan online harus menunjukkan bahwa akun yang Anda gunakan untuk jualan online. Jadi harus menggunakakan nama akun BBM yang sesuai produk yang Anda jual atau sekiranya sebagai info bahwa memang akunnya untuk jualan. Hal ini agar mereka yang bergabung sudah tahu bahwa memang Anda penjual online.

2. Media Sosial

Kalau BBM alias BlackBerry Messenger hanya terbatas untuk handphone tertentu saja, maka bila menggunakan media sosial (alias social networking) bisa dengan menggunakan handphone apa saja asalkan bisa internetan. Bila Anda memanfaatkan media sosial untuk jualan online, berarti Anda memanfaatkan website orang lain. Jadi Anda tetap memakai website namun sekedar numpang lapak. Ibaratnya Anda berjualan dengan memanfaatkan tempat orang lain.

Sekali lagi, prinsip memperkenalkan bisnis harus Anda lakukan di awal membuat akun sosial media. Tentu tujuannya agar mereka tahu bahwa Anda pedagang kaki online.

Anda bisa menggunakan Twitter, Istagram, Facebook, dan media sosial yang lainnya untuk media jualan online. Namun keuntungan sosial media berupa Facebook adalah Anda tidak perlu membuat dua akun: akun pribadi dan bisnis. Cukup membuat satu akun yaitu akun pribadi. Namun bila ingin membuka lapak jualan online, Anda cukup membuat fanspage. Anda bisa menjual produk fisik dengan fanspage dengan mudah.

3. Marketplace

Marketplace adalah pasar, tentu anda tahu itu. Bagaimana bila ada website marketplace? Tentunya adalah website yang menjadi sarana berkumpulnya para pedagang online. Biasanya dan memang harus, website marketplace menyediakan sarana kios online untuk para pedagang. Nah, website marketplace inilah yang bisa Anda gunakan sebagai sarana penjualan produk. Anda bisa menggunakan Tokopedia, Bukalapak, Olx, atau website marketplace yang lainnya.

Jadi, walau Anda tidak membuat website semisal website toko online pribadi, bisa menggunakan website marketplace yang sama persis dengan website toko online. Tentunya Anda bisa mendapatkan dengan cuma-cuma alias gratis. Walau gratis, nilainya hampir sama ketika Anda membuat website toko online. Namun tetap saja, untuk kemudian hari Anda harus menggunakan website pribadi ketika toko online Anda sudah besar.

Strategi Penjualan Online dengan Menggunakan Ketiga Media Online

Ketiga media di atas, jangan dipilih salah satunya bila memang ingin memaksimalkan penjualan. Kenapa? Karena ketiganya saling melengkapi. Bila memang Anda menggunakan BBM, tetap saja Anda harus menggunakan fanspage guna menjaring member yang tertarget. Dengan menggunakan fanspage, Anda bisa mencari target market yang sesuai dengan produk. Anda cukup bermain Facebook Ads agar mudah mendapat calon pelanggan.

Ketika fanspage sudah mencapai ribuan likers, Anda bisa menyaring mereka ke dalam BBM. Ini sebagai bukti bahwa mereka serius dengan penjualan Anda. Anda bisa mengukur tingkat ketertarikan mereka dengan memperhatikan jumlah yang meng-invite lewat PIN BBM Anda. Bila memang tidak ada, itu pertanda bahwa tidak ada yang spesial dengan penawaran Anda. Maka solusinya adalah Anda bisa menggunakan fanspage sebagai sarana penjualan dan BBM sebagai alternatif komunikasi saja.

Walau Anda sudah memilki fanspage sebagai sarana penjualan, Anda tetap membutuhkan sarana penjualan yang berwujud toko online agar bisa menampung banyak produk. Kelemahan fanspage tentu karena mudah tenggelam produk yang Anda tawarkan. Nah, alternatif fanspage sebagai media iklan untuk toko online yang ada di website marketplace. Kelemahan toko online di website marketplace tentu tidak bisa menjangkau banyak pengunjung karena terlalu banyak pesaing dan yang lainnya. Jadi tetap membutuhkan fanspage untuk mengiklankan produk yang ada di website marketplace.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!