Strategi Bisnis Buku Pribadi, Terjual 1000 Eksemplar

1000 eksemplar untuk bisnis buku hanya sekedar contoh saja, bukan berdasarkan pengalaman pribadi saya yang mampu menjual sampai 1000 eksemplar. Maksudnya sebagai penentu bagaimana seharusnya strategi marketing berbisnis buku yang dilakukan agar menghasilkan jumlah keuntungan yang besar walau menjual 1000 buku.


Bila ingin menerapkan sistem penggabungan penjualan dan mendapat keuntungan besar, memilih jalur self publishing memang hal yang harus dilakukan. Itu juga sebagai solusi bagi penulis yang selalu gagal tembus di penerbitan mayor. Memang berat bila melakukan penjualan buku sendirian ketika belum memiliki pengalaman banyak dalam berbisnis khususnya bisnis buku. Untuk itu, anda perlu cermati pembahasan yang akan saya jelaskan agar bisnis buku pribadi anda terjual sampai 1000 eksemplar.

Baca: Bisnis Penerbitan Buku

Memilih Pembahasan Buku Berjenis Pengembangan Skill

Buku cerpen, novel, puisi atau buku yang sifatnya hanya hiburan semata, memang bukan peluang yang bagus untuk dijadikan bisnis buku pribadi. Lebih tepat bila memang menempuh jalur penerbitan mayor. Lalu buku apa yang cocok untuk peluang bisnis berjangka panjang? Tentu, buku yang cocok adalah buku yang lebih mementingkan pengembangan skill, baik skill berbisnis, bekerja atau lainnya.

Artikel: 3 Tips Peluang Bisnis Distributor Buku

Lebih jelas lagi, bagaimana seharusnya pembahasan skill yang dibutuhkan banyak orang, maka harus memenuhi unsur pengamalan:

  1. Kerja,
  2. Kerja mandiri,
  3. Bisnis, dan
  4. Investasi.

Apakah pembahasan skill seputar “Cara Ternak Ayam” bisa masuk dalam pembuatan buku? Bisa. Namun pembahasan ternak ayam masih spesifik dan teknis. Bila memang dilengkapi berbagai informasi mengenai yang melengkapi ternak ayam, maka bisa masuk dalam pembahasan. Bisa saja dalam buku, anda menjelaskan cara ternak ayam, cara menjual ayam, cara mengelola ayam, cara jualan ayam goreng dan sebagainya.

Membahas cara ternak ayam berarti sedang membahas bagaimana menjadi pekerja yang profesional. Membahas cara menjual ayam, tentu sedang membahas bagaimana agar menjadi pebisnis yang sukses dan kaya hasil ternak ayam. Intinya dalam membahas ternak ayam harus melengkapi 4 unsur pengamalan.

Dengan membahas atau menulis buku yang berfokus pada pendalaman skill, tentunya tidak akan mengalami menurun daya beli seiring bertambahnya umur buku. Kemungkinan, semakin tua umur buku, maka semakin tidak terlirik pembeli. Biasanya, kalau buku sudah berumur 5 tahun maka daya belinya berkurang. Akan terlihat bungkus plastiknya yang memang mulai kusut.

Ketahui Cara Kerjasama Bisnis Buku dengan Perusahaan Jasa Self Publishing

Banyak perusahaan yang menawarkan jasa self publishing. Rata-rata menggunakan sistem kerjasama alias sistem POD. Artinya, penulis akan mendapat sekian persen dari keuntungan penjualan buku ketika ada yang beli. Tentu perusahaan jasa pun mendapat sekian persen dari keuntungan karena merasa sebagai pihak yang menjual buku. Itu artinya, anda mengalami ketidakbebasan dalam keuntungan dan penjualan.

Lebih baik memilih perusahaan jasa yang menawarkan penerbitan buku yang bisa menggunakan nama penerbit dari anda sendiri. Tentu alasan harga lebih murah dan hak penerbitan adalah pilihannya.Dengan begini, anda bisa dengan bebas menerapkan strategi penjualan dalam bisnis buku anda. Bisa saja akan menerapkan sistem penjualan gabungan, antara buku dengan produk lainnya yang melengkapinya.

Hitung Keuntungan Bisnis Buku Per 100 Eksemplar Buku

Ketika memesan buku, jangan langsung memesan 1000 eksemplar. Di samping repot membawanya, juga belum dipastikan laku terjual semua. Untuk itu, test dulu 100 eksemplar buku. Bila laku terjual tentu tinggal menerbitkan lagi 100 eksemplar. Bila ternyata responya bagus, tentu anda bisa terus-menerus menerbitkan buku maksimal 1000. Bila sudah 1000 eksemplar, lebih baik stop dulu saja. Buat buku baru lagi yang akan mendukung penjualan buku pertama secara otomatis.

Misalkan modal bisnis untuk biaya penerbitan 100 adalah 4.000.000 karena harga per buku sekitar 40.000. Ini misal saja, karena saya belum tahu pasti harga sebenarnya. Kalau misalkan buku anda dijual seharga 60.000, tentu akan mendapat keuntungan sekitar 20.000.

Bagaimana keuntungan dari bisnis buku kalau misalkan 20.000 dikali 100 eksemplar? Tentu akan mendapat keuntungan 2000.000. Kecil kan? Daripada anda hanya menjual 60.000, lebih baik menjual buku dengan harga 100.000. maka akan mendapat keuntungan 60.000 atau sekitar 6.000.000/100 eksemplar.

Apakah harga 100.000 tidak terlalu mahal? Memang mahal. Untuk itu, ketahui strategi bisnis bukunya.

Strategi Penjualan Bisnis Buku Laris-Manis 1000 Eksemplar

Untuk menjual buku seharga 100.000 adalah dengan memberikan sebuah bonus buku yang berbentuk ebook. Dengan menggunakan ebook, tentu anda bisa membuat buku berapa saja. Tinggal nanti ebook dimasukkan dalam CD atau download. Dengan memberikan beberapa bonus ebook, tentu harga 200.000 sekalipun tidak menjadi masalah. Karena memang pembeli sudah terbayar dengan informasi lengkap yang akan didapatkannya. Karena pembeli tahu, untuk pembuatan ebook tidak membutuhkan biaya mahal sehingga si penulis pasti berani untuk memberikan beberapa bonus ebook.

Terpenting adalah, juallah buku secara online dan jual buku dengan strategi sales letter minisite. Dengan strategi sales letter minisite, buku yang diberikan harga 100.000 akan dianggap murah oleh pengunjung online. Karena kekuatan sales letter yang anda buat mampu mengubah kesan mahal menjadi murah padahal buku memang layak untuk dijual mahal. Untuk itu, anda bisa mencari ahli copywriter di internet yang akan membuat sales letter yang ampuh memikat para pengunjung. Memang mahal, namun itu sekali beli.

Baca: Bisnis Toko Buku

Inti utama dalam sales letter adalah beberkan banyak keuntungan ketika pengunjung membeli buku. Bila memang ada 4 bonus ebook, cantumkan semua bonus dan keuntungannya. Dengan menyantumkan penjelasan yang memberikan kesan mewah, pengunjung kemungkinan akan cepat membeli.

Berikut cara membuat buku cerita fiksi