Manajemen Kerja Bisnis Rumahan Online

Sekarang, apakah anda mau menekuni bisnis rumahan online? Mungkin anda masih pelajar yang siap-siap bekerja saat lulus sekolah nanti. Atau bisa saja anda sekarang sudah menjadi mahasiswa yang sedang membutuhkan pengalaman kerja yang serius untuk kebutuhan karir dan uang. Apapun itu, anda bisa menjalankan bisnis skala internasional walau dari rumah.

Manajemen Kerja Bisnis Rumahan Online

Banyak pemula yang terjun ke dunia bisnis online, ternyata mereka gegabah dalam bertindak yang berujung kegagalan. Maklum, karena ada kalimat menarik “Bertindaklah walah salah”. Tetapi kalau sudah tahu bahwa tindakan yang dilakukan salah, maka jangan mengulang kesalahan atau tidak mempelajari sebuah kesalahan. Ada beberapa faktor yang membuat mereka gegabah dalam bertindak untuk bisnis, salah satunya adalah masalah “kesulitan keuangan”.

Sesuai pengalaman saya, yang ternyata gegabah juga dalam menjalankan bisnis di rumah online, maka saya akan menjelaskan sebuah manajemen kerja yang dirasakan cukup efektif mendapatkan kesuksesan dari membangun sebuah bisnis secara online. Saya pun sudah menerapkan dan membuahkan hasil berupa peningkatan skill dan penghasilan. Walau saya belum mendapatkan kesuksesan yang besar, namun manajemen kerjanya berpotensi untuk mendapatkan kesuksesan besar. Sukses besar hanya masalah keinginan “siap kerja besar atau tidak?”.

Saya akan menjelaskan manajemen kerja membangun bisnis rumahan secara online yang sudah saya lakukan sendiri. Jadi, manajemen kerja yang saya lakukan bukan rumus baku yang harus anda lakukan. Ada banyak manajemen kerja yang bisa anda pilih. Namun, bila ingin menempuh kesuksesan berbisnis sesuai pengalaman saya, maka lakukan saja manajemen kerja yang akan saya jelaskan.

PEMBELAJARAN

Tahap pembelajaran bisnis di rumah secara online tidak bisa disingkirkan dari kehidupan berbisnis anda. Bila tidak mau belajar, silahkan anda memiliki uang berlimpah lalu mempekerjakan tenaga ahli. Bila memang tidak mau mengandalkan tenaga ahli, mengawali dengan belajar adalah langkah terbaik. Namun, dalam belajar bisnis online pun masih harus dipertanyakan, “Belajar apa? Dan seperti apa proses belajarnya?” Untuk itu, anda bisa melihat penjelasan di bawah.

1. Belajar Blogging

Ini sebuah kisah-klasik, namun pembelajaran tentang blog masih menjadi tema menarik yang banyak dibahas para blogger. Karena pencarinya masih terbilang sangat banyak. Seperti yang anda tahu, manusia selalu bertambah umur. Nah, umur-umur remaja yang akan memasuki usia dewasa inilah yang masih merespon tentang tema belajar “cara membuat blog”. Mereka butuh itu karena mau menjalankan bisnis online di rumah.

Untuk itu, mau tidak mau anda harus belajar. Tetapi anda jangan terkaget-kaget kalau nanti akan menemukan beberapa kegagalan membuat blog. Kalau tidak menemukan kegagalan, berarti anda sudah terlebih dahulu mengetahui cara terbaik membuat blog. Tidak seperti saya, belajar membuat blog namun lebih berfokus mengurusi hal teknis seperti mendesain template dan sebagainya.

Cara terbaik belajar membuat blog itu bagaimana?

Untuk masalah belajar yang berurusan teknologi, apalagi teknologi selalu berubah, memang cara terbaik belajar membuat blog agak sulit. Bisa saja anda membeli panduan blogging, namun ternyata pembahasan sudah basi semua. Atau, anda bisa mengikuti kursus blogging sebagai cara terbaiknya, namun ternyata memiliki keterbatasan waktu belajar sehingga tidak bisa optimal menguasai blogging.

Cara terbaik belajar tentang membuat blog adalah mau menyibukkan diri mencari informasi terbaru, baik informasi gratisan atau berbayar. Saya sendiri mencari berbagai informasi dan belajar sampai berbulan-bulan walau hanya mengandalkan informasi gratisan. Bila tidak mau seperti ini, anda tidak bisa menguasai pembahasan membuat blog. Karena membuat blog tidak sesederhana membuat subdomain di Blogspot. Membuat blog jangkauannya mendalam yaitu tentang bagaimana riset blog dan yang lainnya sampai membuahkan kesuksesan.

Namun pada intinya, anda harus belajar:
  • Spesifikasi skill dan pengetahuan untuk konten blog
  • Menulis artikel blog. Bila perlu tambahi tentang membuat vidio.
  • Belajar HTML

2. Belajar SEO Marketing

Belajar SEO marketing masih ada kaitannya dengan blogging. Namun saya membuat terpisah karena inti dari sebuah SEO adalah hanya masalah manajemen SEO saja. Pada dasarnya, SEO memang sederhana. Yang menjadi tidak sederhana adalah manajemen SEO. Ada orang yang sudah menjalani kursus SEO selama sebulan, namun pertanyaan akhirnya adalah “Bagaimana mecari backlink-nya, kok sulit ya?” Dari pertanyaan itu, jelas, orang tersebut tidak memiliki manajemen SEO. Padahal materi mencari backlink kesulitannya adalah terletak pada mencari dan menemukan situs “dofollow” yang berkualitas.

Walau SEO kesulitan terbesarnya hanya pada manajemen SEO, namun anda harus belajar dasar-dasar SEO untuk kepentingan:
  • Riset dan pembangunan blog yang SEO friedly
  • Penulisan artikel yang SEO friedly
  • Optimasi blog dengan backlink SEO

Banyak kursus SEO secara online. Namun kalau berbicara kursus, pasti ada keterbatasan waktu belajar. Rata-rata materi SEO diberikan gratis di setiap blog bertema blogging. Tapi, informasi bisa menyesatkan anda. Cara terbaik adalah mau tidak mau harus mengikuti kursus. Saya sendiri, belajar dari informasi gratis tidak mendapatkan hasil yang dicari-cari. Kenapa? Karena saya tidak tahu kata kunci utama apa yang harus dicari. Setelah saya mengikuti kursus SEO, ternyata hanya materi sederhana yang membuat saya bisa menguasai aktifitas SEO.

Sebelum kursus, anda kuasai terlebih dahulu materi gratis. Setelah itu pilih kursus SEO yang tidak memiliki batasan waktu konsultasi. Karena bila ada, anda akan kesulitan sendiri mengoptimalkan SEO terutama dalam backlink SEO.

3. Belajar Affiliate Marketing

Penting juga menguasai pembelajaran bisnis online yang membahas affiliate marketing. Tujuannya untuk sukses affiliate di Clickbank. Bila belum mampu pasar internasional, anda bisa mencoba program affiliate di Ratakan.com.

Masalah sukses di Google Adsense pun menggunakan prinsip affiliate marketing. Memang saya belum mencoba tentang Google Adsense. Namun ketika membaca berbagai artikel tentang kiat sukses Google Adsense, ternyata prinsipnya seperti menjalankan bisnis affiliate. Karena untuk mendapatkan penjualan, harus terlebih dahulu mendapatkan “klik”. Nah, semakin banyak klik yang menghasilkan penjualan, tandanya blog anda relevan dengan iklan. Karena hal itu, bisa jadi Google Adsense akan memberikan bayaran tinggi untuk per klik-nya.

PEMBANGUNAN

Setelah menguasi hal-hal yang harus dikuasai dalam menjalankan bisnis di rumah secara online, selanjutnya adalah mewujudkannya. Anda bisa membangun bisnis dari berbagai pilihan bisnis yang banyak beredar. Ada tiga hal yang bisa anda lakukan sesuai pengalaman saya sendiri. Bila memang tidak ada yang cocok, anda bisa mencari yang lain.

1. Affiliate Program

Sekedar informasi, bisnis yang masuk dalam affiliate program pun banyak jenis produknya. Katakanlah anda mengikuti di Ratakan.com, maka akan ada banyak produk yang siap untuk dijual. Pertanyaannya, produk apa yang tepat untuk dijual? Nah anda harus memikirkan hal ini. Bila salah memilih, bisa jadi tidak akan mendapat penjualan ketika trafiknya tidak terlalu banyak. Ketika tepat, maka akan mendapatkan penjualan.

Contoh, saya menjual produk Rahasia Sukses Clickbank. Produk tersebut memang tepat untuk dijual karena pembelajarannya lewat mentor berpengalaman yang siap berbagi, memakai vidio dan saya pun cukup menguasai materinya. Hasilnya, saya mendapatkan jutaan rupiah dengna trafik rendah. Lumayan, karena balik modal. Baca: Jual Rahasia Sukses Clickbank Dapet 2.775.000 Modal Cekak

Program adsense dari Google bisa anda masukkan dalam proyek ini.

Dalam hal ini, anda bisa mengusahakan:
  • Membuat blog yang sekiranya relevan dengan produk
  • Riset kata kunci blog untuk melihat pencarian dan persaingan
  • Memilih produk dengan sales letter yang terlihat bagus
  • Memilih produk berdasarkan kebutuhan anda sendiri. Barangkali nanti mau beli
  • Membuat review produk dengan beberapa artikel

Anda bisa mengusahakan meningkatkan jumlah kunjungan ke blog anda. Cara yang bisa dilakukan adalah:
  • Membuat blog jaringan dari 10 domain berbeda
  • Isi 5 artikel dengan menarget kata kunci yang mau dioptimalkan. Pilih kata kunci untuk blog dan untuk artikel produk
  • Optimalkan dengan backlink SEO untuk 10 blog jaringan bersama blog utama.
  • 1 blog jaringan diberi backink besama artikelnya, minimal 20 backlink dari 20 domain berbeda. Antar blog jaringan terpisah dalam pemberian backlink.

Dengan cara seperti di atas, akan memaksimalkan kunjungan. Harapannya akan mendapatkan banyak penjualan. Bila tanpa kunjungan gratis, bisnis online di rumah, anda akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk iklan, walau hasilnya pun diragukan.

2. Jasa Online

Kalau bisnis online hanya mengandalkan affiliate program, menjual produk orang lain, tentu akan sulit mendapatkan tambahan penghasilan. Kalau pun ingin mendapat tambahan penghasilan dari penjualan produk affiliate, anda harus membuat blog baru yang bisa saja sangat merepotkan. Saya memiliki beberapa blog, namun akhirnya yang terurus optimal hanya blog yang anda lihat. Itulah alasannya ketika harus fokus dalam satu blog.

Anda bisa memilih untuk membuka jasa online. Keuntungannya bisa saja melebihi penghasilan dari affiliate program. Namun bergantung jasa online yang anda tawarkan. Kalau jasa online anda bertarif jutaan, maka sekali transaksi sudah mendapatkan untung besar.

Waktu pertama mendirikan jasa online, saya memiliki penawaran jasa dengan tarif 1 juta. Hanya dalam waktu cepat ketika artikel penawaran di-publish, saya menghasilkan 2 juta. Namun karena pengerjaannya cukup mengganggu konsentrasi dengan jasa yang lain, saya menutupnya.

Baca: Jasa Artikel Blog, 2 Bulan Raih 2+ Juta Tanpa Modal

Dalam hal ini, anda pun bisa menjalankan sesuai skill yang anda miliki. Tidak harus sama dengan saya. Berikut jasa online yang cocok dijalankan secara online:
  • Jasa konsultasi bisnis
  • Jasa menulis artikel
  • Jasa penerjemah
  • Jasa Google Ads
  • Jasa Facebook Ads
  • Jasa backlink SEO
  • Jasa pembuatan blog
  • Jasa desain grafis (banner, cover dan sebagainya)
  • Jasa desain kaos+penjualan kaosnya
  • Dan sebagainya

Bagaimana menjalankan jasa online? Perlu diketahui, terlalu banyak pemesan, maka pekerjaan telalu berat dijalankan bahkan sampai ada yang tidak diterima. Tetapi terlalu sedikit pemesan, bisa rasakan sendiri bagaimana pekerjaannya. Untuk itu, berikut saran menjalankan jasa online:
  • Lakukan pengerjaan sendiri bila bisa diatasi sendiri
  • Siap untuk tidak menerima pemesanan ketika sudah tidak sanggup melayani banyak pemesan
  • Mengandalkan karyawan ketika potensi keuntungan besar per transaksi dan banyak pemesan
  • Ketika mengandalkan karyawan, sediakan tempat khusus seperti di kios atau kantor khusus

Jasa online memang bukan sejenis bisnis ketika dilakukan sendiri, tanpa ada karyawan sebagai tim pengerjaan. Namun, catatan penting ketika membuka jasa online adalah untuk kepentingan studi kasus. Orang yang membuka jasa online adalah orang yang bisa dianggap “ahli”. Ketika membuka jasa backlink SEO, berarti kemungkinan besar cukup atau ahli dalam SEO, misalnya. Maka ini bisa sebagai studi kasus ketika mau membuka bisnis baru yang menjual produk informasi. Karena sudah terbukti memiliki skill, maka produk informasinya pun akan dianggap berkualtas oleh konsumen.

3. Membangun Bisnis Dengan Produk Informasi Pribadi

Ini adalah manajemen kerja untuk bisnis online saya ketika memiliki waktu untuk membuat produk informasi (ebook dan vidio). Untuk saat ini, saya belum memiliki waktu luang karena masih mengandalkan jasa online sebagai sumber penghasilan. Ketika mau membuka bisnis dengan produk informasi pribadi, kemungkinan jasa online harus saya tutup sementara. Lah, terus kalau ditutup, bagaimana mencari uangnya? Paling yang ditutup jasa menulis artikel saja karena bentrok dengan aktifitas menulis.

Bisnis online ini bukan dianggap sebagai bisnis utama, melainkan pelengkap dari beberapa kegiatan yang sudah dijalankan seperti mengikuti affiliate program, adsense, dan juga jasa online. Namun begitu, bisa jadi penghasilan jauh lebih besar dari membuka bisnis jasa online atau lainnya. Intinya, jadikan sebuah bisnis dan jasa online menjadi hal yang utama.

Apakah harus menggunakan produk informasi buatan sendiri dalam membangun bisnis di rumah secara online? Tidak harus. Namun harus ada beberapa produk informasi hasil buatan sendiri. Untuk kebutuhan pengembangan bisnis, tentu harus mengandalkan produk buatan orang lain namun dalam manajemen kita sendiri.

Dalam membuat produk informasi, harus menyesuaikan dengan jasa-jasa online yang sudah kita tawarkan. Sudah saya katakan bahwa jasa online adalah studi kasus yang nyata untuk referensi produk informasi. Misal saja saya membuat produk informasi “kursus blogging bisnis”, maka akan menyesuaikan dengan yang terkumpul dalam kategori JasaPembuatan Blog sebagai materinya, seperti:

  • Belajar membangun blog bisnis
  • Bejalar pemrograman HTML+CSS
  • Belajar menulis cepat dan berkualitas untuk blog
  • Belajar memarketingkan blog bisnis dengan SEO
  • Belajar bisnis online dengan blogging
  • Dll...

Ketika produk sudah dilaunching, konsumen sudah bisa menebak bagaimana kualitas produk yang dijualnya karena mereka melihat dari jasa online yang sudah didirikan.

Berikut hal-hal yang harus dipenuhi untuk menjalankan bisnis produk informasi buatan sendiri:
  • Komputer/laptop
  • Ms Office
  • Software pencetak ebook
  • Software pembuat vidio
  • Software Photoshop (bila mengharuskan memiliki gambar-gambar)
  • Hosting. Tambah domain bila butuh
  • Menjadi member situs marketplace untuk memudahkan menjual produk
  • Dan yang lainya

Berikut hal-hal yang harus dipenuhi dengan mengandalkan produk dan jasa orang lain bila tidak menyanggupi ditangani sendiri:
  • Pembuatan desain cover dan lainnya
  • Pembelian minisite Blogspot atau Worpress
  • Jasa hosting+domain
  • Pembuatan kaset CD fisik (bila menggunakan sistem antar produk)
  • Dan yang lainnya.

Ada berbagai hal yang melengkapi bisnis rumahan online. Bila dijelaskan semua, tentu akan merepotkan saya. Bila anda sudah belajar tentang blogging, SEO marketing dan teknik bisnis online, tentu akan mengerti apa yang harus dilakukan dan disediakan.