Bisnis Adsense Kelas Rumahan Online Sukses Pasang Iklan

Saya ingat pertama kali dalam memulai bisnis online rumahan, saya memanfaatkan program PPC atau yang sering disebut program bisnis adsense untuk mencari uang dari internet. Waktu itu saya mengikuti program adsense lokal lewat Adsensecamp. Memang mendapatkan uang walau sekitar kurang dari 10.000. Waktu itu belum memiliki banyak blog sehingga hasilnya tidak bisa ditingkatkan. Namun saya tidak lagi mengikuti program PPC alias adsense karena saya lebih menyukai program affiliate program. Terkecuali program adsense dari Google maka saya akan serius. Tetapi program adsense dari Google sulitnya bukan mainan (ribet aturannya bro...)


Namun bila Anda ingin memulai aktifitas bisnis rumahan dengan mengandalkan program bisis adsense, maka di sini saya akan mencoba membantu memudahkan jalan sukses di program bisnis ini khususnya di Google. Terpenting untuk sukses di bisnis adsense adalah selalu memberikan konten artikel terbaru yang bervariasi untuk menghasilkan pelanggan blog baru dengan mudah.

Pastinya Anda harus giat bekerja karena bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis rumahan walau dijalankan secara online. Bisnis rumahan ciri terpentingnya adalah menjadikan rumah sebagai kantor bekerja Anda. Bisnis rumahan ini sebagai pengalihan kerja, dari kerja kantoran di perusahaan orang lain ke kerja kantoran rumah sendiri. Bila 30% saja yang mengalihkan tempat kerjanya, akan mengurangi macet, jumlah persaingan kerja, dan sebagainya. Apakah Anda sudah siap berkorban melepas pekerjaan Anda?

Apakah Anda mau mencari uang dari internet memanfaatkan program bisnis adsense yang sukses sekali pasang iklan? Berikut adalah tips bekerja untuk bisnis online rumahan adsense sesuai dengan prinsip affiliate marketing yang sudah saya pelajari bersama #RSCB Gm Susanto dan pengalaman dari beberapa master adsense:

Baca: Rahasia Bisnis Eka Lesmana

Pahami Aturan Google Adsense Sebelum Sukses Sekali Pasang Iklan

Usahakan bila ingin membuat web informasi, harus memenuhi aturan-aturan Google Adsense. Walaupun pada akhirnya Anda tidak lagi memiliki keinginan mencari uang dollar dari Google Adsense. Rata-rata kegagalan pemula dalam berbisnis online lewat Google Adsense adalah karena tidak paham betul tentang aturan-aturan yang harus dipenuhinya.

Memang cukup merepotkan bila memahami aturan Google Adsense. Namun aturan itu setidaknya sebagai acuan untuk sukses di program bisnis adsense yang lain, entah lokal atau non lokal, bila ternyata masih saja ditolak Google Adsense. Bila membuat web informasi berdasarkan aturan Google, berpotensi untuk sukses di program bisnis adsense yang lainnya.

Untuk masalah konten, setidaknya Anda harus membuat konten artikel sebagai berikut:
  • Minimal menulis sampai 500 kata
  • Sesuai standar kaidah bahasa
  • Tulisan harus unik dan berbeda ketika sumber diambil dari berbagai artikel di internet
  • Pembahasan yang perlu ada gambar, harus diberikan gambar yang sesuai
  • Lengkapi dengan vidio jauh lebih baik bila memang perlu dan bisa membuatnya
  • Menghindari tulisan yang khusus untuk orang dewasa walaupun penjelasan secara ilmiah

Memang ada situs web yang kualitas artikelnya bisa dibilang masih lebih baik tulisan milik saya. Anehnya, bisa memasang iklan Google Adsense. Ini artinya, situs web diterima olehnya.

Untuk masalah umur blog agar diterima Google Adsense, setidaknya sudah berumur 6 bulan. Karena biasanya, blog yang sudah berumur lebih dari 6 bulan sudah memiliki banyak konten artikel. Aneh juga, ada situs web yang baru berumur 2 bulan dengan konten artikel yang sedikit tetapi diterimanya.

Buat Website Informasi Satu Tema Untuk Sukses Di Bisnis Adsense

Dalam membuat website, pastikan Anda memilih tema dengan tepat sesuai kemampuan dan kesukaan Anda. Ketika awal pembuatan salah langkah, bisa jadi berakibat fatal. Kenapa? Karena berkaitan dengan domain yang sudah Anda tentukan. Sekali salah memilih domain, tentu tidak bisa dirubah kecuali diganti domain baru. Anda bisa mempelajari penjelasan di bawah agar langkah awal berjalan dengan benar.

1. Memilih Tema Dengan Tepat

Ada hal yang penting diperhatikan. Untuk bisnis produk affiliate, semakin spesifik tema informasi dalam website maka semakin berpotensi mendapat penjualan. Asal produk yang ditawarkan memang untuk kebutuhan market. Misal menjual 'Panduan Rahasia Sukses Affiliate Clickbank', maka pembuatan situs web-nya seputar ‘Tips Sukses Affiliate Clickbank’.

Tetapi untuk bisnis adsense yang penayangan iklann diatur pihak adsense sendiri, maka memilih tema spesifik kurang bagus. Belum tentu tema yang diambil ada pemasang iklannya. Tema yang diambil sekiranya bisa untuk pengembangan informasi namun tidak juga terdiri dari berbagai tema alias campuran. Anda bisa membuat tema informasi seputar ‘bisnis online’ untuk situs web. Nanti juga pasti berisi ‘tips affiliate marketing’ karena bagian dari tema bisnis online.

Memilih tema gado-gado yang antar tema saling bertentangan pun tidak bagus bila dikerjakan secara personal. Ketika membahas bisnis online, Anda jangan dipusingkan dengan tema yang lain seperti tema kesehatan atau kecantikan yang memang bertentangan. Untuk itu, pilih satu tema saja sebagai gambaran besar untuk situs web informasi.

2. Kata Kunci Tema Memiliki Banyak Pengunjung

Tema yang dipilih tepat, yaitu tidak spesifik dan juga tidak umum. Namun tema yang dipilih bergantung kata kunci. Bila sudah masuk pemilihan kata kunci, memilih kata kunci yang spesifik adalah yang terbaik. Kata kunci yang spesifik belum tentu tema yang diangkap spesifik juga. Sebagai misal blog membahas tentang ‘diet’. Pembahasan tentang ‘diet’ memang tidak spesifik karena bisa berkaitan dengan banyak tema pendukung. Maka Anda bisa mengambil kata kunci yang spesifik seperti ‘tips diet sehat alami untuk wanita’.

Pertanyaannya, apakah kata kunci spesifik Anda memiliki pencarian?

Ada dua hal dalam pemilihan kata kunci berdasarkan banyak pencarian. Pertama, kata kunci dasar atau disebut juga short tail keyword. Kata kunci dasar biasanya terdiri dari 2-3 kata seperti ‘tips diet sehat’. Terpenting pencarian terbanyak ada di kata kunci dasar. Biasanya, kata kunci dasar memiliki banyak pencarian.

Kedua, kata kunci tambahan atau disebut juga long tail keyword. Kata kunci tambahan untuk memperkuat kata kunci dasar. Kata kunci tambahan terdiri dari kata kunci dasar dan juga kata tambahannya misal ‘tips diet sehat alami untuk wanita’. Usahakan kata kunci tambahan memiliki pencarian juga walaupun sekitar 500-1000 kata. Biasanya juga, kata kunci tambahan sedikit pencarian. Kata kunci tambahan juga bisa menggabungkan antar kata kunci dasar seperti ‘tips diet sehat dan penurunan berat badan’. Biasannya penggabungan kata kunci dasar bila kata kunci panjangnya tidak ada pencarian.

3. Tema Bisa Untuk Dibuat Beragam Pembahasan

Mengetahui tema bisa dibuat beragam pembahasan cukup melihat situs web informasi yang banyak beredar. Bila tidak ada web informasi yang membahas secara mendalam, tandanya tema yang akan diambil memang tidak bisa dibuat untuk beragam pembahasan. Bila ada beberapa situs web informasi yang mendalam menjelaskan suatu tema, lihat juga, apakah pembahasannya mudah ditulis ulang? Biasanya, ada tema yang bisa dijelaskan secara mendalam namun pembahasannya membutuhkan riset lapangan langsung dan sebagainya.

4. Pilih Desain Website Yang Tepat Untuk Pasang Iklan Bisnis Adsense

Bisa dibilang ini bagian penting yang tidak bisa diremehkan. Pengunjung mengunjungi web informasi itu karena membutuhkan informasi bukan untuk mengklik iklan. Kenapa? Karena malas mencari-cari iklan. Ya buat apa pengunjung mencari iklan? Untuk itu, Anda sebagai publisher atau pemasang iklan harus menghadirkan iklan tepat dimata pengunjung. Posisi yang terbaik iklan terpasang adalah di bagian artikel, baik di atas atau di bawah. Untuk itu, memilih desain template yang mendukung pemasangan iklan memang penting.

Biasanya penjual template sudah merancang secara khusus tempate yang cocok untuk bisnis adsense. Anda bisa mencari-cari saja, template mana yang cocok untuk Anda dan pemasangan iklan adsense.

5. Kembangkan Website Dengan Tema Yang Berbeda

Bila mau menerapkan ini, syaratnya website informasi pertama sudah terbukti bisa menghasilkan dollar dari bisnis adsense. Kalau belum, mending jangan terlebih dahulu membuat yang baru. Di samping Anda pun ragu mengembangkan beberapa situs lagi, juga sebagai tanda situs pertama masih perlu banyak perbaikan.

Untuk menghasilkan klik itu mudah bila sudah memiliki banyak pengunjung. Biasanya pengunjung yang melihat link atau banner ada rasa penasaran yang kemudian meng-klik walaupun tidak butuh dengan penawaran produknya. Bila ternyata web informasi Anda tidak menghasilkan klik, bisa jadi kunjungan yang dibutuhkan kurang. Maka Anda harus segera memperbaiki dengan maksimal masalah kunjungan sampai berhasil.

Ketika situs web pertama sukses menghasilkan klik, minimal sampai mendapat ‘PIN Adsense Google’, baru Anda mengembangkan situs blog baru dengan tema yang berbeda-beda. Jangan temanya sama dengan situs yang pertama.

Rutin Kerja Menulis Selayaknya Pekerja Kantoran

Sukses di bisnis adsense terletak pada kedisiplinan menulis artikel. Makanya, sebelum membuat situs informasi, pahami dulu kadar dalam pengembangan informasinya. Bila tidak bisa atau sulit untuk dikembangkan informasinya, mending jangan dipilih sebagai tema situs. Bila bisa, ini sebagai modal untuk Anda dalam berdisiplin menulis.

1. Pahami Teknik Menulis Standar SEO

Sebagai pekerja kantoran walau dalam rumah sendiri, tetap harus memiliki standar kerja. Standar kerja bisa Anda buat sendiri atau mengikuti perkembangan. Dalam kerja menulis pun demikian, khususnya untuk kepentingan informasi di situs online. Nah, menulis sesuai standar SEO merupakan standar kerja yang harus Anda lakukan.

Apakah sudah paham mengenai SEO? Sebagai pemula dalam menulis, memang cukup rumit menerapkan standar SEO dalam penulisan. Namun bila sudah mahir menulis, cukup mengetahui bagaimana standar menulis sesuai SEO, maka sudah bisa menerapkannya.

Pada intinya menulis standar SEO adalah menyebarkan kata yang ada di judul ke dalam artikel. Misal judul ‘Memulai Adsense Untuk Bisnis Rumahan Online Pemula’, maka lakukan penyebaran kata tersebut ke dalam artikel. Setidaknya penyebaran tiap kata tersebut sekitar 2%-5% dari total jumlah kata. Tapi, mengalir saja dalam menyebarkan kata yang ada dalam judul, tidak perlu terfokus jumlah persen kata.

Standar SEO yang lain adalah mengenai jumlah kata. Biasanya menulis standar SEO yaitu sekitar 500. Untuk situs informasi berjenis berita memang sulit menerapkannya.

2. Teknik Mengembangkan Tulisan

Tantangan terbesar seorang blogger adalah terus memberikan informasi terbaru dalam situs blognya. Yang menjadi masalah, seorang blogger bukan sebagai penulis sejati, sehingga akan kesulitan dalam mengembangkan tulisan. Patut diingat bagi seorang blogger, bahwa kegiatan blogging inti utamanya adalah kegiatan menulis. Jadi aneh bila seorang blogger tidak mampu menulis. Ujung dari ketidakmampuan menulis akhirnya mencopy artikel orang lain. Bila seorang blogger tidak mampu mengembangkan tulisan dalam blognya, buat apa menjadi blogger?

Lalu bagaimana teknik mengembangkan tulisan bagi blogger pemula yang ingin mahir dalam dunia blogging? Rata-rata blogger pemula tentu sebagai penulis pemula yang masih membutuhkan teknik menulis dan mengembangkan tulisannya. Bagaimana tekniknya yang bisa membantu penulis pemula?

Cara terbaik mengembangkan tulisan adalah mencari beberapa blog atau situs informasi lainnya yang bisa dijadikan referensi untuk menulis. Pilih blog yang memiliki banyak konten artikel. Setiap Anda mau menulis, bisa mengandalkan artikel yang ada di situs tersebut. Anda bisa me-rewrite artikel tersebut sampai berubah dan 100% asli karya Anda. Anda bisa menggabungkan dengan referensi artikel yang lainnya untuk mempertegas bahwa tulisan benar-benar karya Anda.

Bila pembahasan sudah mentok, Anda bisa melihat-lihat artikel lama lalu ambil salah satu poin (sub judul) tulisan untuk dikembangkan menjadi artikel baru. Biasanya sebuah artikel menjelaskan gambaran besar suatu masalah. Maka Anda bisa ambil sebagian dari gambaran besar tersebut untuk dijadikan artikel baru. Contoh membahas ‘Cara Cantik Alami’ yang salah satu bagian pembahasannya membahas, misal ‘Cara #1: Merawat Dengan Buah Agar Cantik’. Maka salah satu bagian itulah yang bisa dikembangkan menjadi artikel baru, dan seterusnya seperti itu.

3. Usahakan Satu Hari, Satu Artikel

Kegiatan blogging itu membutuhkan waktu yang lama kecuali bila serba mengandalkan jasa online orang lain. Bila ditambah jarang memberikan artikel, maka proses blogging akan lebih lama lagi. Apalagi bila bisnis online lewat Google Adsense, maka sangat membutuhkan percepatan dalam memberikan artikel. Ketika blog pertama gagal diterima Google Adsense, Anda bisa langsung membuat blog baru atau memperbaiki lebih bagus lagi. Ketika pengerjaan konten artikelnya lambat, maka akan lama menunggu agar blog siap didaftarkan ke Google Adsense.

Untuk awal-awal, memang Anda harus bekerja keras menulis setiap hari. Idealnya satu hari, satu artikel. Usahakan seperti ini. Sampai berapa lama rutin menulis satu artikel per hari? Cukup sampai satu tahun untuk satu blog. Namun hal ini bila Anda sudah merasa percaya bahwa blog untuk bisnis di Google adsense akan diterima.

Bila ragu situs bisnis online Anda diterima Google Adsense, seperti ini rinciannya:
  • Tetap menulis 1 artikel per hari. Total 180 dalam waktu 6 bulan
  • Buat 3 blog yang berisi masing-masing 50 artikel
  • Tunggu sampai berumur 6 bulan agar bisa didaftarkan ke Google Adsense
  • Daftarkan 1 blog terlebih dahulu. Tunggu sampai ada keputusan diterima atau ditolak.
  • Bila disetujui, cukup menambahkan 2 blog baru ke akun Google adsense.
  • Bila tidak setujui, daftarkan blog yang lainnya sambil memperbaiki blog yang tidak disetujui.

Saran saya sih, Anda tidak perlu susah payah membuat tulisan agar situs anda diterima. Langkah instan saja mengandalkan orang yang paham menangani akun adsense.

Juga, Anda tidak perlu membuat banyak situs diawal-awal pembangunan situs bisnis adsense. Caranya? Bagi pemula memang sangat sulit melakukan hal ini. Namun anda harus memecahkannya karena ini adalah inti sukses di bisnis Adsense. Apa? Situs harus membangun brand situs yang kaya informasi. Tentunya, anda sendiri harus berani terjun dalam penulisan dan memperdalam pembahasan untuk tema situs yang anda buat. Bila membahas seputar "tips hamil", Anda bisa membaca banyak artikel, buku dan lainnya. Sulit kan? Sulit! Kalau mau mudah, anda bisa membayar orang lain. Kalau membayar orang lain, ini bukan lagi kelas rumahan.

4. Target Artikel Memuat Kata Kunci Yang Banyak Diterapkan Para Pemasang Iklan


Pembahasan ini penting diperhatikan. Tentunya, Anda harus membuat konten yang menarget kata kunci tertentu yang sering digunakan para pemasang iklan. Tentunya, ini sebagai upaya mendapatkan klik jumlah besar. Pemasangan iklan yang menarget kata kunci memang berharga mahal. Nah, semakin banyak orang yang menarget kata kunci tertentu, itulah kata kunci yang memiliki klik yang besar. Tetapi, pesaingan artikel di search engine pun semakin sengit. Hal ini tidak menjadi persoalan. Terpenting, anda harus berlelah-payah memperhatikan kata kunci yang memiliki harga per klik-nya. Kalau di Indonesia, kata kunci memiliki harga minimal 1000 per klik. Inilah salah satu rahasia sukses pasang iklan menghasilkan ratusan juta.

Lakukan Optimasi SEO, Syarat Mutlak Sukses Adsense

Dalam bisnis online, tidak lepas dari yang namanya optimasi SEO. Bila merasa tidak mau membuang-buang uang hanya untuk membayar iklan online, Anda bisa mengandalkan teknik SEO. Lagi-lagi, Anda tidak bisa sendirian mengerjakan hal ini. Anda membutuhkan tenaga ahli backlink SEO untuk mengurusi situs blog bisnis Anda. Anda akan mengeluarkan uang tentunya. Bila dibandingkan iklan online, optimasi SEO jauh lebih baik bila situs blog bisnis untuk kepentingan bisnis adsense.

Anggap saja Anda mengeluakan modal sekitar 500.000 untuk iklan online atau jasa backlink SEO. Untuk membayar jasa 1000 like fanspage yang tergolong murah, Anda akan mengeluarkan uang sebanyak itu. Untuk membayar jasa SEO, Anda pun akan mengeluarkan uang sebanyak itu juga. Efektifkah likers Facebook untuk kebutuhan trafik? Tidak efektif menurut pengalaman saya bila hanya 1000 likers. Bagaimana dengan SEO? Bila situs bisnis Anda lolos diurutan pertama di Google ketika jumlah pencarian sekitar 5000/bulan dengan modal jasa SEO sekitar 500.000, setidaknya Anda akan mendapatkan 2000-3000 kunjungan tertarget per bulannya. Lebih baik mana modal 500.000?

Jaga Rahasia Website Bisnis Adsense Anda

Ini sangat penting. Walau situs Anda berupa blog personal, usahakan jangan menulis yang menonjolkan ‘diri pribadi’. Artinya, dalam menulis tidak perlu menggunakan kata ‘saya’. Bila menggunakan kata saya, otomatis yang dibeberkan adalah diri pribadi. Ketika diri pribadi yang dibeberkan, otomatis identitas diri pun ditujukkan seperti foto dan lainnya. Ketika tulisan Anda menyinggung pengunjung yang kebetulan iri dengan situs blog Anda, bisa-bisa akan melakukan ‘bom klik’ agar akun adsense dan nama anda dibanned selamanya.

Lebih baik menggunakan tulisan yang tidak menonjolkan pengalaman diri melainkan pengalaman kelompok atau tim. Biasanya yang ditonjolkan dalam tulisan adalah kata ‘kami’ atau tidak menyebutnya.

Menulis saja yang wajar. Berbagi pengalaman tanpa harus menunjukkan siapa yang berbagi pun sudah cukup. Pengunjung pun akan mengerti tentang kualitas sebuah artikel tanpa harus menonjolkan tentang diri pribadi atau tim. Karena bisnis adsense tidak membutuhkan pembangunan ‘personal brand’.

Berikut rincian penjelasan larangan yang lain untuk merahasiakan website informasi Anda:
  • Tidak perlu aktif di forum
  • Tidak perlu aktif blokwalking
  • Tidak perlu meladeni komentar
  • Tidak perlu share di facebook pribadi kecuali di fanspage khusus
  • Tidak perlu menulis tebar pesona atau perlawanan halus
  • Dan sebagainya yang bisa Anda pikir sendiri

***

Semoga informasi mengenai cara memulai bisnis adsense untuk bisnis online rumahan bisa bermanfaat untuk Anda. Anda bisa mengembangkan lagi pembahasan di atas dengan mencari referensi yang lain untuk kesuksesan dalam mencari uang dari internet lewat bisnis adsense. Jadikan bisnis ini sebagai bagian dari pilihan hidup Anda.