Peluang Usaha Kursus Belajar Bahasa Indonesia Dan Sastra

gambar
Apakah anda mau membuka kursus belajar bahasa indonesia? Mungkin anda sudah mahir dalam menulis artikel, tidak lupa karya sastranya diterbitkan di berbagai media, dan tentunya mahir dalam bahasa Indonesia plus bahasa orang asing (Inggris). Bila memang sudah memiliki skill yang menjual untuk membuka kursus, tentu akan lebih mudah dalam menjalankan kursusnya, baik lewat online atau offline.


indonesia

Seperti yang anda ketahui, market mengenai belajar bahasa indonesia bisa dibilang kurang potensial daripada belajar bahasa inggris. Walaupun begitu, masih memiliki market tersendiri bila dijalankan secara online. Namun sebelum menarget kursus online, pengembangan kursus bahasa indonesia secara offline pun masih bisa dilakukan untuk menarik banyak calon peserta kursus. Tinggal anda menerapkan teknik penggabungan yang sering dilakukan para pebisnis agar usaha kursus mengalami kesuksesan.

Tujuan utama menguasai bahasa Indonesia adalah untuk persiapan Ujian Nasional. Tentunya target marketnya adalah remaja atau pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Tujuan lainnya tentu untuk persiapan karir bekerja di perusahaan yang mengharuskan bisa menguasai berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bisa juga bertujuan untuk terjun dalam dunia tulis-menulis. Intinya tetap sangat penting menguasai bahasa Indonesia.

Bagaimana cara menjalankan kursus bahasa Indonesia yang membuat lembaga kursus bahasa inggris mikir 3 kali lipat untuk menyainginya atau terpaksa mengikuti gaya kursus anda? Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan mengandalkan tagline, “Cintailah Bahasa Indonesia Untuk Menguasai Dunia,” sebagai kunci kesuksesan membuka kursus belajar bahasa indonesia. Bagaimana langkah detailnya? Wah, bisa jadi akan menjadi tips kursus yang menarik.

1. Manfaatkan Ruangan Terbuka Sebagai Tempat Belajar Bahasa Indonesia

Memanfaatkan ruangan terbuka dalam arti memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah anda. Anda bisa membuat bangunan sederhana yang tindak membutuhkan banyak modal. Bisa menggunakan bangunan yang terbuat dari bambu. Menggunakan bilik sekedar penutup sebagian ruangan. Bisa dibuat semenarik mungkin karena target peserta kursusnya adalah anak-anak usia remaja yang masih duduk di sekolah. Dengan membangun tempat seperti ini, tentunya ruang belajarnya menjadi terbuka.

Kalau sudah sukses, bisa membangun tempat yang lebih bagus dan luas lagi. Tentunya ruangan belajar dianjurkan tetap terbuka agar tetap terjaga mood belajarnya.

2. Berikan Modul Kursus Bahasa Indonesia

Kesulitan membuka kursus salah satunya adalah dalam hal menyiapkan modul belajar. Ada berapa lembaga kursus yang tidak menyediakan modul belajar. Hal ini justru akan menghilangan karakter dari kursus. Kecuali hanya sekedar membuka les bahasa saja, tidak membutuhkan modul juga tidak menjadi persoalan.

3. Penguasaan Kamus Dua Bahasa: Indonesia dan Inggris

Kursus belajar bahasa Indonesia bisa untuk menarget penguasaan dua kamus. Di samping menguasai bahasa kita sendiri yakni bahasa Indonesia, juga menguasai bahasa internasional. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengandalkan kamus Indonesia yang sebagai rujukan namun dalam penerjemahannya bisa memakai bahasa Inggris. Ini kolaborasi pembelajaran yang menarik.

4. Pembelajaran Dialog Dua Bahasa

Kalau tidak mengandalkan bahasa Indonesia dalam menguasai bahasa Inggris, terus menggunakan bahasa apa? Ini menandakan bahwa kursus bahasa Indonesia bisa digabungkan dengan bahasa Inggris. Walaupun berbeda bahasa, namun keduanya saling melengkapi. Khususnya melengkapi dalam hal pembelajaran dialog bahasa.

Bila siswa A sedang bercakap bahasa Indonesia, siswa B bercakap dengan bahasa Inggris. Dan bisa bergantian penggunaan bahasanya. Teknik gabungan ini membuat kondisi belajar bisa kreatif dan tentunya seru.

5. Sertakan Praktek Belajar Sastra

Kurang seru pembelajaran bahasa Indonesia bila tidak ada praktek menulis karya sastra. Jangan lewatkan masalah pembelajaran sastra khususnya sastra Indonesia. Apalagi untuk pelajar, membuat karya sastra adalah permulaan yang bagus untuk tulis-menulis.

Rata-rata orang akan kesulitan berbicara dengan baik dan benar. Memang hal yang wajar. Namun yang menjadi masalah adalah tidak ada pengeditan dan cakupan bahasanya pun sempit. Nah, bila melalui tulis-menulis maka bisa mengalami proses mengedit tulisan untuk pembenarannya. Tinggal untuk belajar pengucapan, siswa bisa melihat teks yang sudah dibuatnya.

Pembelajaran sastra ini sebagai bukti rill tingkat keberhasilan dalam menguasai bahasa Indonesia.

Dalam hal ini, pembelajaran bahasa Inggris tidak masuk karena masih perlu pendalaman lebih lanjut.

6. Tidak Lupa Praktek Belajar Menulis Artikel Secara Umum

Tidak hanya menulis sastra yang sebagai bukti rill keberhasilan. Menulis artikel secara umum pun bisa sebagai bukti rill-nya. Dalam penguasaan menulis artikel, tidak berfokus membahas yang sifatnya opini melainkan hanya menulis tulisan standar cerita harian atau catatan harian. Pembelajaran menulis standar cerita harian paling tepat bila diterapkan untuk anak remaja usia sekolah, apalagi anak SD.

Dalam hal ini, pembelajaran bahasa Inggris tidak masuk karena masih perlu pendalaman lebih lanjut.

7. Kenalkan Usaha Kursus Bahasa Indonesia Di Fanspage Facebook Target Desa

Kenalkan lembaga kurusus belajar bahasa Indonesia dalam lingkup wiilayah kecil saja yaitu target desa. Dengan mengandalkan strategi iklan Facebook, bisa mengiklankan lembaganya untk audiens tingkat desa. Namun lihat apakah jangkauan dianggap mencukupi atau tidak. Biasanya ada pemberitahuan bahwa jangkauan kurang mencukupi atau berlebihan. Bila lingkup desa kurang mencukupi, bisa menarget kecamatan, atau kota. Intinya target akhirnya hanya kota bukan provinsi apalagi nasional.

Bila sanggup menarget wilayah terkecil yaitu desa, anda akan mendapatkan target market yang tepat. Kenapa tepat? Karena lembaga kursus anda berada di desa dimana target wilayah iklan ditujukan. Bisa jadi mereka akan mengikuti kursus karena merasa lembaga kursusnya berada di desa dimana mereka tinggal.

gambar

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!