Peluang Usaha Sambal Pecel Laku Secara Online

Mau memanfaatkan peluang usaha sambal pecel? Bila mau, anda perlu memperhatikan strategi khusus dalam penjualannya. Kalau tidak, bisa jadi usaha yang dilakukan bisa sia-sia. Kenapa? Karena rata-rata pembuatan sambal pecel terbilang mudah. Hanya memperhatikan caranya, bisa dijalankan dengan mudah. Kalau ingin rasanya enak, tentu langsung saja beli nasi pecelnya, sayur pecelnya atau apalah.

Sambal Pecel

Nah, mereka, para pecinta sambal pecel, akan lari ke makanan yang menggunakan bumbu pecel atau yang biasa disebut sambal pecel. Ini menandakan bahwa target penjualannya bukan untuk para pecinta melainkan untuk para pedagang yang menggunakan bahan utama bumbu pecel. Namun, bisa jadi para pedagang sudah bisa atau telaten meracik bumbu pecelnya sehingga penjualan ke target para pedagang tidak cocok. Namun tidak perlu khawatir, ada banyak acara yang membutuhkan kepraktisan dalam hal memasak terutama masalah membuat sambal pecel.

Dari hasil pemikiran sederhana dalam hal peluang usaha sambal pecel, ada target konsumen yang menjadi target penjualan yakni para pengusaha rumah makan dan orang yang mengadakan suatu acara besar. Masing-masing memiliki halangan dalam proses penjualan sambal pecel. Namun bila memilih kedua target, tentu bisa meminimalisir halangan dalam penjualannya.

Apakah tidak bisa menarget konsumen biasa atau pecinta sambal pecel? Ya bisa. Cuma mereka mikir, “masak belanja online sekedar membeli sambal pecel?” Kalau mau menarget pecinta sambal pecel, jangan hanya menjual sambal satu jenis. Perlu banyak variasi sambal yang dijual-belikan. Dalam hal ini, membutuhkan pembangunan “toko online sambal”. Akhirnya konsumennya lebih luas lagi yaitu para pecinta sambal, termasuk sambal pecel.

Lalu bagaimana cara penjualan sambal pecel agar bisa menghasilkan pemasukkan yang lumayan besar tiap bulannya? Ini yang perlu anda catat. Berikut penjelasannya:

Membuat Fanspage Dan Penjualan Target Kota

Jangan bermimpi untuk menguasai penjualan skala nasional. Jangankan skala nasional, skala kota saja belum tentu bisa menguasai penjualan. Maka dari itu, cukup menargetkan skala kota dalam penjualan sambal pecel. Menarget konsumen yang satu kota membuat pengiriman produk pun jauh lebih mudah. Ini strategi yang bagus juga untuk menjalin kedekatan terlebih dahulu dengan konsumen. Biasanya kalau sesama orang Cirebon atau Semarang, mudah menjalin kedekatan.

Membuat fanspage Facebook memang penting untuk menarget konsumen yang berada di kota. Solusi membuat fanspage yang terbaik adalah mencantumkan judul sesuai nama produknya. Misal produknya sambal pecel, maka bisa membuat judul “Sambal Pecel Semarang” atau “Sambal Pecel Madiun”. Ini penting agar mereka tahu bahwa fanspage tersebut menjual atau menerima pemesanan sambal pecel.

Rata-rata pembeli produk sambal pecel atau kuliner yang cepat basi, mereka bukan mencari di Google melainkan sudah kenal terlebih dahulu mengenai penjualnya. Mereka sudah kenal dekat walaupun hanya lewat online. Mereka yang ingin membeli sesuatu yang sedang mereka butuhkan, tinggal menghubungi pemilik produk lewat inbox atau sms. Jadi tidak ada judul mencari di Google. Memang ada pencarian, namun sedikit. Rata-rata pencarian hanya masalah tips resepnya bukan pembeliannya.

Membuat Fanspage bisa juga lewat Instagram dengan teknik pembuatan yang sama. Karena Instagram juga sudah dimiliki Facebook. Di saat beriklan, cukup mengandalkan Facebook agar bisa ditampilkan di Instagram.

Setelah itu, iklankan fanspage Facebook atau Instagram anda. Sekarang ini sudah bisa beriklan dengan bank lokal lewat ATM. Anda hanya perlu belajar bagaimana cara beriklan di Facebook. Terpenting, ketika memasang iklan, barus menarget kota tempat dimana anda tinggal. Tujuannya agar mudah menjalin kedekatan dengan orang yang berada di kota yang sama dengan anda.

Hal yang penting adalah, selalu update mengenai kegiatan anda yang berkaitan dengan sambal pecel. Tentunya harus disertai foto-foto kegiatan rill anda dan tim dalam bisnis sambal pecel. Bisa mengupload proses pembuatan sambal, iseng-iseng berbagi resep atau yang lainnya. Jangan selalu berisi jualan sambal pecel.

Tekankan “Menerima Pemesanan Sambal Pecel”

Memberi sebuah tagline mengenai kesiapan menerima pemesanan memang penting. Penjualan anda menarget untuk orang-orang yang mau mengadakan sebuah acara seperti tahlilan, selametan, haul, maulidan dan sebagainya. Biasanya mereka membuat kemasan masakan atau disebut ‘besek/berkat’ yang membutuhkan sambel pecel sebagai pelengkapnya. Anda bisa manfaatkan keadaan ini.

Membuat Blog Untuk Target Marketing Toko Online Sambal

Nah, kalau membuat blog, tujuannya harus untuk target penjualan produk yang lebih bervariasi lagi. Artinya menarget penjualan kuliner sambal bila memang siap dalam hal proses pembuatannya. Bisanya mengandalkan produk suplier bila mau menjual variasi sambal di toko online. Sangat merepotkan bila harus membuat variasi sambal bila mengandalkan usaha rumahan.

Namun yang terpenting, ada sambal khusus hasil olahan anda sendiri yakni dalam hal ini adalah sambal pecel.

Target pembuatan blog untuk marketing toko online sambal, jangan berfokus pada tema kuliner sambal. Harus menarget berbagai kuliner dan secara khusus membahas kuliner yang berdampingan dengan sambal atau sambal pecel. Keuntungan lain membuat blog kuliner adalah untuk kepentingan bisnis yang lain seperti Google Adsene dan jug jasa pemasangan iklan.

Tujuan membuat blog pun untuk menarget pelanggan lebih luas lagi. Jalan satu-satunya yang terbaik adalah menggunakan blog sebagai media iklannya.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!