Mau Bisnis Jasa Artikel Dilirik Pelanggan? Atur Jasa Anda Seperti Ini

Apakah anda mau bisnis jasa artikel? Ini peluang yang sangat bangus, sobat! Satu pemilik yang sudah memiliki akun Google Adsense saja bisa menghasilkan 10 blog untuk kesuksesan bisnis adsensenya. Bila 1 pemilik blog rela berlangganan pada anda untuk 10 blog, berarti anda sudah kebanjiran job. Walaupun tidak harus menjadi kaya dengan mengandalkan bisnis jasa artikel, setidaknya tiap bulan penghasilan terpenuhi hanya sekedar untuk uang jajan, uang liburan, uang senang-senang.

Jasa Artikel

Tetapi apakah membangun jasa artikel semudah membalikkan tangan? Betul sekali, mudah. Hanya membutuhkan 1 halaman tulisan penawaran jasa artikel, anda sudah membuka jasa ini. Ya, ini bukan ucapan omong-kosong. Karena saya sendiri sudah membuktikannya. Ketika tulisan penawaran seputar jasa artikel diluncurkan, 1 bulan kemudian mendapat order-an yang lumayan. Walaupun statusnya masih jasa, bukan bisnis, setidaknya itulah logika kemudahan membangun bisnis ini.

Baca: Jasa Artikel 1000 Kata Spesial Tema Bisnis

Tetapi, apakah bisa bisnis jasa artikel anda dilirik oleh pelanggan? Wah, kalau soal ini bukan perkara yang mudah. Klien saya rata-rata beli-putus, tidak berlangganan. Namanya juga jasa artikel dengan menggunakan teknik menulis sederhana, rewrite standar, jadi belum ada pelanggan. Bisa jadi tidak berlangganan karena faktor uang dan efektifitas artikel. Ketika membeli artikel, mereka akan berpikir, “Emangnya artikel yang saya pesen bisa dibaca orang? Sudah bayar mahal, gak ada yang baca apalagi beli produknya.” (ya kenapa maksa pesan artikel kalau ragu-ragu?).

Tidak mudah agar bisnis jasa artikel anda dilirik pelanggan. Perbandingannya terletak pada siapa yang menulis? Bila si klien memesan artikel yang akan ditulis Mario Teguh, mungkin akan rela membayar mahal dan berlangganan untuk blog spesialnya. Namun kalau ditulis oleh seseorang penulis yang masih diragukan kualitasnya, hanya sekedar mahir menulis, sulit sepertinya agar si klien berlangganan.

Bagaimana langkah praktis membuka bisnis jada artikel yang dilirik banyak pelanggan tanpa harus menguras kantong si pelanggan namun tetap untung untuk kantong anda sendiri?

Ketahui Logika Informasi Internet Dan Penulisannya

Zaman dulu, zaman sebelum era online, informasi itu terkesan berharga walaupun sedikit. Kerja sebagai guru yang hanya menyampaikan informasi basi atau keliru pun dianggap hal yang istimewa. Sekarang, kebalikannya, informasi seakan tidak berharga walaupun melimpah. Guru dianggap bodoh dan tidak penting bila hanya memberikan informasi yang justru basi atau keliru. Bahkan informasi dahulu yang dianggap istimewa pun, sekarang sudah tidak istimewa karena sudah terlalu banyak informasi.

Berapa situs yang membahas ‘Cara Memulai Bisnis?’ Sangat banyak dengan berbagai variasinya. Tetapi apakah banyak yang berbisnis hanya karena informasi dari situs? Bisa jadi hanya beberapa saja. Itu pun masih membutuhkan referensi lain dari orang-orang yang sudah berpengalaman secara nyata. Kalau blog hanya sekedar membahas ‘Cara Memulai Bisnis’, apa pentingnya sebuah blog di saat sudah banyak yang membahas? Kalau berbentuk buku, mungkin akan terlantar di rak buku perpustakaan sampai berdebu.

Maka prinsip menulis di internet dalam sebuah 1 blog adalah:
  • Informasi yang bisa membangun konsep pribadi pembaca
  • Mengandung informasi yang inspiratif
  • Menampilkan informasi yang berbau aktual
  • Berpotensi meningkatkan skill dan pengetahuan yang benar
  • Dll

Masalahnya, bagaimana mengatasi 100 pelanggan untuk menulis tema yang sama, misal tema bisnis? Prinsip jasa artikel sederhana: mengulang-ulang tulisan. Namun, apakah sekedar mengulang tulisan dari tulisan lama? Kalau sekedar mengulang tulisan, apa efektifnya artikel “Cara Memulai Bisnis”? Ini sama saja membangun kejenuhan informasi di internet.

Di sinilah menuntut seorang penulis untuk memiliki kreatifitas berpikir dalam penulisan, mudah mendapatkan ide-ide penulisan yang baru. Tentunya, sebelum menjalankan jasa penulisan, harus belajar banyak mengenai penulisan yang kreatif. Hal ini pun sebagai PR untuk para pemilik jasa, bagaimana memilih tim penulis yang terbaik?

Mengambil Spesifikasi Tema Per Penulis

Jasa menulis bukan jual-beli yang bisa dengan mudah diproduksi. Masaah jasa artikel adalah, “Semakin banyak artikel, maka semakin sulit untuk dikerjakan.” Di sinilah anda harus paham bahwa memperbanyak pelanggan memang tidak penting untuk penghasilan “diri penulis”. Ya, bagi pemilik jasa artikel, semakin banyak pemesan, tentu semakin banyak penghasilan. Tetapi, tetap saja, penulisan berkaitan dengan orang yang mengerjakan tulisan. Jadi, anda tidak bisa seenak sendiri bekerjasama dengan seorang penulis.

Karena memperbanyak pelanggan tidak penting untuk jasa artikel ini, yang diperlukan adalah melanggengkan si klien untuk tetap berlangganan. Satu blog saja bisa menghasilkan 100 bahkan 1000 artikel. Untuk melanggengkan pelanggan, tentu membutuhkan seorang penulis yang memang benar-benar ahli dan berpengalaman di spesifikasi tema. Mengambil spesifikasi tema per penulis jauh lebih bagus bila untuk melanggengkan pelanggan walaupun hasilnya sama saja dengan memperbanyak pelanggan.

Yang menjadi masalah adalah, bagaimana bila banyak pemesan untuk setiap tema? Otomatis per penulis akan mendapat jatah pesanan yang di luar kemampuannya. Ini menjadi masalah anda sendiri, mengapa memilih banyak tema? 1 tema atau banyak, sama saja, sama-sama membutuhkan penulis sesuai jumlah pesanan. Daripada memilih 10 tema untuk mencari 10 penulis ahli, lebih baik memilih 1 tema dengan memiliki 10 penulis ahli. Seleksi jauh lebih mudah karena berfokus pada 1 tema. Tinggal anda mau memilih tema yang seperti apa, terserah. Saran terbaik adalah sesuai keahlian anda sendiri.

Seleksi Tim Penulis Anda Dengan Keahlian Anda Sendiri

Memang cukup sulit bila sudah menyakut pencarian tim ahli. Ingat baik-baik! Jasa artikel profesional erat kaitannya dengan penulis ahli. Anda tidak bisa sembarangan menawarkan jasa artikel anda pada penulis yang sudah memiliki keahlian. Mereka biasanya ingin dibayar mahal. Bila ingin dibayar mahal, kasihan dong untuk para pemesan artikel. Kalau dibayar murah, tentunya tim penulis ahli tidak akan mau bekerjasama dengan anda.

Memang cukup sulit mencari penulis ahli. Bukan sulit tetapi sulit untuk diajak bekerjasama. Saya sendiri masih berfokus pada penulisan tema bisnis yang lebih menekankan untuk ‘pemula’ dan ‘modal kecil’ sehingga pembahasan pun masih sederhana walaupun berkualitas untuk kelas pemula. Bila saya mencari tim penulis ahli, tentunya cukup mudah karena sudah banyak penulis yang memiliki keahlian bisnis dan pengalaman bisnis kelas pemula modal kecil.

Namun hal penting adalah, anda sudah memiliki keahlian di tema yang akan dijadikan target jasa artikel. Hal ini penting dimiliki agar bisa menyeleksi tim penulis yang akan bekerja di bisnis jasa artikel anda. Anda bisa mengawalinya dengan menjadi pekerja alias penulis yang melayani pemesanan. Jauh lebih baik bila diawali dengan pengalaman sebagai pekerja.

Patut diperhatikan. Tim penulis bukan pekerja. Dalam arti mereka bukan anak buah anda. Mereka adalah orang-orang penting yang dengan rela, tulus melayani pemesanan artikel. Anda hanya sebagai tim yang mengurusi kegiatan operasional dan marketing jasa artikel. Pekerjaan atau bisnis mereka tetap pilihan mereka. Pekerjaan dari anda hanya sebagai sampingan saja, bukan hal pokok. Hal ini pun menguntungkan anda, karena tidak perlu khawatir dengan minimnya pemesanan artikel per bulan. Maka dari itu, pilihlah tim penulis yang lebih dekat dengan anda secara emosional bukan tim hasil pencarian semata. Bisa jadi anda tergabung dalam komunitas tertentu sehingga anda punya teman-teman yang ahli dalam menulis tema tertentu.

Variasikan Pelayanan Jasa Artikel Sebagai Strategi Langganan

Media marketing bukan hanya blog. Anda harus paham hal ini. Ada orang yang lebih memilih menggunakan media email untuk mengirim informasi ke pelanggan dengan alat autoresponder. Biasanya jenis pengiriman via email memiliki misi bisnis. Bahkan ada banyak orang yang menjual informasi berlangganan via email. Anda juga bisa memanfaatkan informasi yang dikemas dalam media ebook karena ada sebagian pebisnis membutuhkan ini.

Lebih jelas dalam memberikan pelayanan jasa artikel adalah sebagai berikut:
  • Jasa artikel media blog
  • Jasa artikel media email
  • Jasa artikel media ebook (bisa berupa PLR)
  • Jasa artikel + pelayanan pembuatan blog (termasuk domain+hosting)
  • Jasa artikel + pelayanan autoresponder
  • Jasa artikel + cetak ebook, desain cover dan sebagainya
  • Dan masih banyak variasinya

Cara seperti ini memungkinkan berpotensi untuk tetap berlanganan.

***

Ingat! Peluang bisnis jasa artikel menjadi peluang yang menjanjikan apalagi didukung periklanan Google Adsense. Satu pemilik saja bisa membutuhkan lebih dari 1 blog, sedangkan 1 blog saja bisa 100-1000 artikel. Banyak orang yang menginginkan jasa blog yang serius, mampu membangun brand namun tetap berharga murah sehingga mereka berani bayar mahal untuk kebutuhan blog adsense atau jasa iklan online. Sehingga fokus membangun sedikit pelanggan elit saja sudah cukup untuk menghasilkan penghasilan yang rutin.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!

0 Response to "Mau Bisnis Jasa Artikel Dilirik Pelanggan? Atur Jasa Anda Seperti Ini"

Post a Comment

Mohon komentar biasa saja, jangan iklan dan memberi link aktif di badan komen. Komentar spam akan dihapus