Cara Belajar Usaha Online Yang Baik Dan Benar - Kelas Pemula

blog
Bagaiamana sih cara belajar usaha online yang baik dan benar? Namun pembahasan baik dan benar sepertinya relatif. Jadi, cara pandang baik dan benar atas suatu cara belajar adalah subjetif saya sendiri. Setidaknya saya sudah menghadirkan artikel yang bisa membantu para pemula keluar dari permasalahan usaha secara online. Apakah anda mau artikel seputar usaha ini yang akan membuat anda percaya diri membuka usaha?


Mungkin anda akan berkata bahwa anda mau untuk mengetahui tips atau cara usaha online yang baik dan benar. Namun harus dijawab dulu, apakah mau menjalankan usaha ini dan apa alasannya? Bila mau namun belum memiliki alasan, saya akan bantu membuat alasan untuk anda, seperti ini:
  • Ingin mengembangkan skill
  • Ingin menghasilkan pasif income
  • Ingin mendapatkan uang dengan mudah
  • Ingin merubah hidup menjadi lebih baik
  • Emang gue ingin usaha online, gak yang lain

Nah, itu alasan anda mengapa menjalani aktifitas usaha online. Anda bisa menambahkan sesuai kemauan anda.

Baca: Aktifitas Harian Bisnis Rumahan Online

Lalu bagaimana cara belajar usaha online yang baik dan benar? Berikut adalah langkah atau cara sederhana yang bisa anda tempuh:

1. Belajar Blogging

Ada banyak pengusaha online yang sudah dikatakan cukup berhasil dalam menjalankan usaha namun ternyata memiliki blog yang tidak berkualitas. Dalam segi website, terlihat tidak enak dipandang; dalam segi SEO ternyata tiap konten artikel berisi duplikasi otomatis memakai plugin tertentu; penulisan pun dianggap kacau mengingat dituliskan oleh orang lain tetapi tanpa arahan; dan masih banyak lagi. Memang sih, kalau sudah menghasilkan uang, ya sudah, beres saja. Tetapi seandainya tampilan website atau terlihat profesional, tentu penghasilan usaha online akan lebih besar lagi.

Belajar blogging bukan berarti anda harus mengotak-otik html untuk menghasilkan tampilan template blog yang bagus. Bukan seperti itu. Belajar blogging adalah mengetahui hal penting apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam membangun blog. Masalah judul blog saja harus tahu rumusnya. Menurut pakar SEO, judul blog jangan lebih dari 7-8 kata. Ketika berlebihan, akan menguras point penting dari kata kunci yang ditargetkan. Ini artinya apa? Penting sekali belajar seputar judul untuk blog.

Saya pernah melayani klien yang ingin dibuatkan blog. Produknya adalah pemasangan parabola. Kira-kira bisa tidak tema parabola dibuatkan blog? Bisa saja kalau menyangkut acara televisi, pelayanan dan relevansinya. Namun masalahnya adalah blog yang dibuat untuk penjualan ‘jasa pemasangan parabola’ daerah tertentu. Bagaimana bisa? Sedangkan target kunjungan blog itu berasal dari berbagai daerah. Ini artinya apa? Si pengusaha tidak paham seputar blogging. Dan ketika lihat blog buatan dirinya, ternyata banyak kesalahan.

Mengaa penting belajar blogging? Tujuannya bukan berarti agar anda bisa menulis setiap hari. Bukan seperti itu. Memang seharusnya membuat blog adalah agar anda menulis setiap waktu. Tetapi kondisi orang berbeda-beda. Ada orang yang bisa menulis sesuatu tetapi terhalang waktu. Jadi tujuan belajar blogging adalah untuk mengetahui artikel seperti apa yang harus dipesan di jasa artikel atau pada tim penulis pribadinya. Jangan sampai artikel yang ditulis tim penulis tidak karuan, mengulang-ngulang tulisan saja tetapi tidak ada isi penting. Hal ini karena pemilik masa bodoh: emang bodoh.

2. Belajar Spesifikasi Usaha Online

Pada awalnya anda harus campuran mempelajari berbagai hal usaha online, mulai dari adsense, program affiliate, produk owner, dan online shop. Anda pelajari semua dari artikel gratisan yang banyak betebarab di internet atau mengkonsultasikan pada praktisi usaha online. Memadukan antara artikel gratisan dengan konsultasi pada praktisi adalah langkah yang baik dan benar.

Banyak orang membuat informasi hanya untuk menarget kata kunci sehingga untuk memenangkan persaingan harus ada variasi kata kunci. Ketika mencari informasi di internet, jangan salah, ada satu situs yang terkesan membahas persoalan yang sama berulang kali. Efeknya, pemula yang masih baru terjun dalam informasi internet akan dibuat kebingungan. Percaya atau tidak, saya pun mengalaminya. Walaupun pada akhirnya saya mengerti, walaupun lambat. Setelah mengerti, malah baru membeli panduannya, hehe... terbalik.

Anda harus menimbang antara peluang usaha yang satu dengan yang lainnya. Pertimbangkan dalam segi kemampuan fisik, keuangan dan juga waktu. Bila anda seorang yang sibuk, maka tidak cocok membuka online shop. Harusnya anda memilih jalur adsense. Ketika anda sibuk tetapi tidak punya banyak uang untuk modal, maka anda bisa memperbanyak berdoa dan menabung, hehe. Pada intinya memilih peluang usaha harus memperhatikan kondisi anda sendiri.

3. Belajar Spesifikasi Skill Pendukung Usaha Online Yang Dipilih

Andai anda memilih usaha adsense, maka otomatis harus membuat blog. Blog yang seperti apa yang mau anda buat? Nah, anda harus segera memikirkan spesifikasi skill pendukung. Misal anda seorang guru Matematika. Maka bisa membuat blog seputar pendidikan. Ketika skill mengajar kurang mendalam, tinggal ditingkatkan lagi dengan membaca banyak buku. Atau bahkan skill mengajar masih sulit untuk dituliskan, bisa mencoba untuk belajar menulis.

Memang, dalam membangun blog bisa mempekerjakan orang lain dalam hal tulis-menulis, baik lewat jasa artikel atau lewat penulis pribadi. Namun tetap saja, si penulis pun harus memiliki keahlian yang membantu. Kalau mengandalkan penulis yang memiliki keahlian dalam pendidikan, bayaran per artikel pun mahal (walaupun tidak di jasa artikel milik saya khusus seputar bisnis). Kalau si penulis tidak punya keahlian, lebih baik anda sendiri saja yang menulis. Apa susahnya sih menulis 500 kata yang hanya membutuhkan 1 jam?

Begitu juga dalam usaha lewat program affiliate harus juga memiliki spesifikasi skill pendukung. Pada dasarnya program affiliate ada banyak jenis seperti Pay Per Download, Pay Per Review dan sebagainya. Namun yang terkenal adalah Pay Per Sale atau yang biasa disebut program affiliate marketing. Ketika anda memilih usaha ini, produk apa yang mau anda jual? Kan masih ada pertanyaan lagi yang harus dijawab.

Hanya mengambil 1 produk saja, harus memiliki skill atau pengetahuan yang mencukupi. Misal adalah produk “Diet Guide”. Ketika memilih produk diet, apakah punya skill atau pengetahuan seputar diet? Hal ini penting untuk bisa membuat artikel marketing seputar produk diet. Banyak sekali internet marketer yang sukses besar hanya mengandalkan satu situs niche produk berdasarkan keahlian dirinya. Ketika satu niche produk sukses, si marketer mengembangkan banyak sits niche produk baru walaupun pengembangannya di luar kemampuan dirinya.

***

Sudah paham belum seputar informasi dan inspirasi cara belajar usaha online yang baik dan benar? Bila sudah paham, syukurlah. Pasti yang sudah paham tetap masih mikir, “Pendalamannya bagaimana?” Tidak perlu mikir, belajar bersama aritkel gratisan dan praktisi berpengalaman akan membuat anda bisa mendalaminya.

Yuk, Ikuti Langkah Mentor Berpengalaman:


jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!