Tips Cari Tim Penulis Untuk Usaha Bisnis Jasa Artikel?

gambar
Tim penulis untuk usaha bisnis jasa artikel memang penting dimiliki agar kegiatan menulis ada yang membantu. Ingat, tim penulis bukan karyawan. Mereka tetap sebagai tim ekstern dan anda hanya sekedar memfasilitasi mereka untuk mendapatkan job penulisan. Karena sama-sama bekerja, tentu ada pembagian komisi. Penulis yang mengusahakan menulis mendapat jatah komisi yang besar, sedangkan anda mendapat komisi kecil karena hanya bertugas memarkingkan dan mengontrol penulisan.

Jasa Artikel

Bagaimana mencari tim penulis yang akan membantu usaha bisnis anda? Bagaimana kriteria penulis yang harus anda miliki untuk kepentingan jasa artikel anda?

Kenali Kemampuan Anda dan Raih Kepercayaan Di Mata Konsumen

Syarat terpenting adalah anda sendiri sudah memiliki keahlian dalam dunia tulis-menulis khususnya menulis untuk artikel blog. Mungkin awal-awal anda yang mengerjakan jasa artikel. Bila mendapatkan kepercayaan, dianggap tulisan anda menarik, bagus, maka itu bisa menjadi kriteria dalam mencari dan memilih tim penulis anda. Bila tidak diawakili dari melihat kemampuan diri sendiri, sulit sekali menilai kualitas tim penulis. Bila sulit, bagaimana bisa memilih penulis yang berkualitas bagus?

Setidaknya anda sudah memiliki kepandaian seputar:
  1. Kaidah bahasa Indonesia
  2. Penulisan
  3. Menulis blog
  4. SEO
  5. Artikel marketing

Kelima hal di atas memang penting dikuasai. Setidaknya adalah bisa untuk membuat tulisan dengan memenuhi standar 5 hal di atas. Tentunya, semakin baik penulisan yang memenuhi 5 standar di atas, tentu jauh lebih baik. Karena penulis ahli jauh lebih mendukung dalam kelancaran usaha jasa artikel anda.

Satu pelanggan, bila rela membayar besar, sudah cukup menghasilkan keuntungan yang stara dari 10 pemesan biasa. Makanya dalam usaha bisnis jasa artikel, terpenting bukan banyak atau tidaknya pemesan, tetapi bagaimana 1 pemesan menjadi pelanggan setia yang bisa mewakili banyak pemesan.

Mencari Tim Penulis Di Forum Penulisan

Langkah terbaik untuk mencari tim penulis adalah dengan bergabung dalam forum penulisan. Ada banyak grup penulisan di Facebook. Anda bisa aktif terlebih dahulu. Pilih beberapa penulis yang aktif memberikan tulisan dan dinilai bagus dalam penulisannya untuk menjalin komunikasi. Anda bisa berkomentar lewat karya tulis yang dipublisnya. Ini sebagai langkah pemilihan tim yang berawal dari menjalin hubungan baik. Kalau sudah bisa menjalin hubungan dengan baik, anda akan merasa nyaman memberikan tarif penulisannya.

Cara di atas memang terlalu lama bila anda tidak sabaran dalam menjalin kedekatan dengan tim penulis. Cara kedua bisa anda lakukan dengan syarat memang sudah ada job penulisan dari si klien. Ketika ada pemesanan artikel dalam jumlah banyak, anda bisa langsung mencari tim penulis yang siap menulis sesuai tema dipesen si klien. Cara ini terkesan buru-buru sehingga perlu strategi dalam menjalankan cara ini. Berikut starateginya:
  1. Infokan peluang menjadi tim penulis untuk usaha jasa artikel anda
  2. Berikan informasi seputar job pemesanan artikel tema tertentu dengan bayaran per artikelnya
  3. Infokan seleksi tulisan berdasarkan kemampuan dalam kaidah bahasa Indonesia, teknik penulisan blog, SEO dan juga artikel marketing
  4. Berikan 1 artikel yang akan dirubah oleh si calon tim penulis sekaligus sebagai usaha menyeleksi si penulis lewat tulisan
  5. Beri batas waktu 1 hari saja

Penting anda ketahui. Penulisan untuk usaha bisnis jasa artikel adalah mengubah artikel orang lain menjadi artikel karya diri sendiri yang tentunya tidak sekedar mengubah kata. Di sini tidak murni berpikir sesuai keinginan penulis. Hal ini beralasan harus kerja cepat, kerja tepat, dan juga kuat.

Bayangkan, bagaimana otak anda bila menghadapi pemesanan artikel sampai 100 artikel atau sehari menulis harus 5 artikel dengan masing-masing 500 kata? Hasil menulis bisa kacau bila tidak disertai referensi dan mengubahnya menjadi karya pribadi. Maka dari itu, memilih tim penulis harus yang bisa mengubah tulisan orang lain menjadi karya diri sendiri. Beri tantangan 1 artikel untuk dirubah. Bila sanggup menulis dengan cepat namun bagus, itulah yang dipilih.

Baca: Peluang Usaha Jasa Penulis Artikel Tanpa Bangkrut

Memilih Berdasarkan Spesifikasi Keahlian Penulis

Memilih tim penulis yang memiliki spesifikasi keahlian memang penting. Memang hal ini berat untuk mencarinya. Hal ini sulit untuk menemukan penulis yang rela dibayar murah. Rata-rata menulis berdasarkan keahlian tidak mau dibayar murah. Kalaupun anda menetapkan harga pasar misalkan 200 kata seharga 10.000 alias mendapat 8000 untuk penulis, tetap saja mereka sulit menerima.

Hal terbaik adalah terlebih dahulu menjalin kedekatan dengan si penulis ahli. Baru bisa lah untuk dibayar sesuai harga pasar alias 200 kata seharga 8000.

Tetapi tetap harus memiliki spesifikasi keahlian dalam penulisan walaupun tidak harus berstatus ahli. Setidaknya bahwa si penulis tersebut adalah orang yang bisa menuliskan keahliannya. Tidak banyak orang ahli yang bisa menuliskan keahliannya. Contoh saja dokter, tidak menjamin bisa menulis seputar kesehatan. Ini juga bisa menjadi ukuran kemampuan menulis dengan tema lain yang belum dikuasai.

Bila anda mau membuka usaha bisnis jasa artikel, alangkah baiknya bila 1 tema artikel diurus oleh 1 penulis saja. Hal ini untuk fokus job pada 1 penulis saja. Sehingga bila banyak tema yang ditawarkan, bisa memilih tim penulis sesuai jumlah tema. Namun melakukan hal ini memang sulit. 1 penulis ahli saja sulit untuk dimintai kerjasama, bagaimana banyak penulis?

Langkah mudah adalah memilih beberapa penulis yang mampu menulis berbagai tema walapun memiki keahlian dalam menulis di tema tertentu. Syarat seleksinya sudah dijelaskan di atas.

Memilih Berdasarkan Kreatifitas Penulisan

Ini langkah penting. Menulis artikel yang berdasarkan referensi dari artikel orang lain bukan sekedar merubah kata-kata agar menjadi berbeda. Bukan seperti itu teknik “rewrite”. Melainkan bagaimana kreatifitas penulis dalam menghadirkan tulisan baru berdasarkan pikirannya walaupun mengandalkan referensi artikel lain.

Lalu apa kriteria si penulis memiliki kreaifitas dalam penulisan?:
  1. Bisa kreatif menulis kalimat pembuka artikel yang berbeda dengan panjang paling tidak 200 kata
  2. Bahasa yang ditulis cenderung mengalir, komunikatif dan menghadirkan ide baru
  3. Tentunya berbeda dengan artikel asli walaupun poin besarnya sama.

Hal ini penting dimiliki penulis artikel untuk usaha bisnis jasa artikel. Bila tidak, bagaimana bisa menghadapi banyak pemesanan atau yang akan ditulis sampai 5 artikel setiap hari?

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!