Cara Pasang Iklan Di Google

gambar
Pembahasan cara pasang iklan di google skala usaha kecil ini bukan menjelaskan hal teknis yang berurusan dengan website Google. Kalau masalah cara yang bersifat teknik, sepertinya butuh pembahasan panjang yang disertai gambar-gambar. Tragisnya, malah pembaca tidak paham apa yang sudah dijelaskan. Di sini hanya menjelaskan teknik dan strategi yang mana tidak ada kaitannya dengan cara isi saldo, pasang sesuai jenis iklan dan lainnya. Oke, mari bahas cara yang ringan untuk kepentingan usaha kecil.


Apa sih makna usaha kecil? Entahlah, karena ada pembahasan usaka mikro juga yang juga sama-sama kecil. Yang jelas, usaha kecil adalah usaha yang masih mengandalkan gaya juragan bukan manajerial. Gaya juragan lebih menintikberatkan pengontrolan pekerja yang dilakukan pemilik usaha. Walau demikian, banyak pemilik usaha yang lepas kontrol atas aktifitas pekerja. Namun secara umum, bisa dikatakan bahwa usaha kecil gaya juragan adalah seperti misalnya usaha bakso yang memiliki beberapa karyawan namun si pemiliknya masih ikut bekerja seperti dalam pembayaran atau sekedar memantau aktifitas pegawai.

Nah, apa hubungannya usaha kecil dengan cara pasang iklan Google alias iklan Adword? Hubungannya adalah bahwa pemilik usaha skala apa saja bisa pasang iklan produk lewat Google dan berhak laku. Skala kecil kelas mikro sekalipun, bisa pasang iklan lewat Google, pada dasarnya. Namun untuk cara pasang iklan di Google di sini membatasi untuk bagi pengusaha yang memiliki usaha beserta pegawainya. Mengapa demikian? Karena semahal, sebagus apapun produk, biaya iklan tetap sama dengan produk asal-asala. Jadi cara pasang iklan di google tidak bisa untuk beberapa usaha, sesuai efektifitas modal usaha.

Artikel lainya: Iklan Online Artis, Media Apa Yang Terbaik?

Awal Cara Pasang Iklan Di Google Skala Usaha Kecil

Tentu, hal dasar cara pasang iklan di google harus dipahami dahulu. Sebagai cerita, sebelum pasang iklan di Google, saya memiliki beberapa kendala. Pertama, saya tidak punya kartu kredit. Tentu sangat pesimis beriklan di Google. Namun saya menemukan buku yang menjelaskan cara pembayaran menggunakan bank lokal. Akhirnya tahu kalau di Google sudah bisa menggunakan bank lokal sebagai cara transaksinya. Saya coba melakukan pembayaran via ATM BRI. Ternyata gagal. Saya tanya ke pihak bank BRI terdekat, malah mereka ngotot bisa melakukan dengan beberapa cara seperti pada rekening bank lainnya. Saya coba. Pegawai bank tadi tidak bisa juga. Padahal, sudah saya katakan, pemiliknya adalah perusahaan Google.

Akhirnya tanya ke pemilik buku (mengingat tidak detail menjelaskan soal bank) tentang cara transfer, eh ternyata bank yang di maksud tidak menjadi kriteria atau bank masuk kriteria tetapi pembayaran via ATM. Terjawab. Akhirnya bisa. Tetapi gagal menjalankan cara berikutnya. Mengapa? Hm...

1. Rekening Bank dan Cara Pembuatannya Untuk Kepentingan Pasang Iklan

Cara pasang iklan yang perlu dilakukan di awal adalah memikirkan pembayaran atau biasa disebut mengisi saldo untuk iklan. Namun tidak sembarang dalam pengisian saldo. Ada yang menggunakan jasa isi saldo akun Adword atau mengisi sendiri. Cara yang terbaik adalah mengisi sendiri dengan menggunakan rekening pribadi. Masalahnya, tidak semua rekening bisa digunakan sebagai cara pengisian saldo. Memiliki beberapa rekening yang direkomendasikan pun belum tentu bisa digunakan karena harus menggunakan internet banking. Tentu dong, harus minta diaktiftasi terlebih dahulu oleh pihak bank agar bisa melakukan pembayaran via internet banking.

Berikut beberapa bank yang bisa anda gunakan sebagai alat cara pembayaran:

➜ BCA
➜ BNI
➜ Mandiri
➜ CIMB Niaga

Dari keempat nama bank di atas, saya merekomendasikan menggunakan CIMB Niaga bila anda belum memiliki beberapa bank yang direkomendasikan. Atau bisa menambah bank yakni CIMB Niaga. Hal ini karena cocok sekali untuk pemilik usaha kecil yang ingin beriklan di Google. Di bank CIMB Niaga tidak mematok pembayaran administrasi tiap bulannya sehingga cocok sekedar rekening untuk pembayaran pasang iklan di Google. Anda bisa meminta pembuatan rekening Tabungan-ku tanpa buku. Nanti anda hanya mendapat kartu ATM dan selembar kertas nomer rekening dan pembayaran awal.

Kelemahan bank CIMB Niaga adalah penyebaran gedung bank dianggap kurang, menurut pantauan saya di Cirebon. Saya sendiri harus pergi ke kota untuk membuat rekening. Kalau anda hanya memiliki rekening CIMB Niaga, tentu pemenuhan saldo rekening harus mengunjungi bank yang ada di kota terlebih dahulu. Masak sekedar stor saldo uang harus menempuh perjalanan jauh? Maka dari itu, alangkah baiknya bila memiliki bank lain sebagai pemenuhan saldo ke rekening CIMB Niaga.

Tetapi kalau sudah punya bank yang direkomendasikan dan tidak mau menambah bank lagi, tinggal mengaktifkan transaksi pembayaran via internet banking. Tetapi menurut kabar, ada bank yang memberlakukan tarif administrasi ketika mengaktifkan internet banking.

2. Pengisian Saldo Di Google Adword Untuk Pasang Iklan Usaha Kecil

Dalam pengisian saldo sebagai awal cara pasang iklan di google tentunya anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Anda harus menyetting berdasarkan uang rupiah bukan dollar. Nanti ada proses berikutnya dalam pengisian saldo pasang iklan. Setiap akun katanya akan memiliki nomer rekening yang berbeda dari Google. Entah lah. Yang jelas, nomer rekening itu jangan sampai dipublikasikan (belum jelas alasannya) ke orang lain. Nomer rekening ada di member, tidak perlu dicopas mengingat terpasang terus. Dicopas juga tidak masalah agar tidak selalu login ketika mau transfer.

Bagaimana cara dalam pengisian saldo? Bila memang mau serius berfokus pada iklan Google, cara yang terbaiik menambah saldo minimal 500.000. Kalau minimal 10.000, bakal ada yang habis untuk biaya administrasi transfer beda bank. Jadi lebih banyak, lebih bagus. Saldo tersebut bisa habis tanpa kendali atau terkendali, bergantung penanganan dalam pasang iklan di Google. Makanya, cara yang terbaik pasang iklan di google adalah terus memantau perkembangan iklan, khususnya dalam hal pengurangan saldo.

3. Koneksi Internet Cepat

Website Google Adword cenderung berat. Bila memiliki koneksi internet yang lemot, bisa menghambat dalam pemasangan iklan. Penting sekali memiliki koneksi internet yang cepat. Agar bisa menghemat uang, alangkah baiknya internet cepat hanya digunakan untuk pasang iklan di Google adword. Memang bisa mengandalkan warnet yang dipercaya cepat dalam pelayanan koneksi internetnya. Tetapi kalau lewat warnet, tidak bisa melakukan pengontrolan pemasangan iklan. Bagaimana bila sampai respon cepat yang membuat saldo habis dalam 1 hari? Jadi cara terbaik adalah harus menggunakan koneksi internet sendiri. Koneksi internet di sini adalah koneksi pakai modem. Bisa menggunakan internet cepat yang habis dalam 1 hari agar biaya jauh lebih murah.

Walaupun ada smartphone, tetapi kalau urusasan pasang iklan di Google, jauh lebih baik lewat laptop atau tablet. Namun kurang jelas mengenai website Google sekarang, bisa jadi sudah bisa lewat mobile.

4. Siapkan Situs Untuk Pasang Iklan di Google

Cara pasang iklan di Google berikutnya adalah memenuhi syarat situs yang sebagai landing pages. Landing pages tidak melulu homepage, bisa juga halaman artikel. Bahkan, bila situs berbentuk blog, maka yang diiklankan adalah halaman artikelnya bukan homepage. Terkecuali semacam situs minisite atau halaman statis, maka bisa langsung ke homepage.

Cara penjualan beberapa jenis produk, maka cukup mengandalkan situs minisite. Tetapi kalau sudah memiliki variasi jasa dan produk, maka bisa memilih situs statis. Situs statis adalah halaman semacam blog namun untuk update konten biasanya sudah dipecah di tiap kategori.

Berikut beberapa contoh minisite milik saya:

➜ www.clickbank-backlink.blogspot.com
➜ www.hpoppoac.blogspot.com
➜ www.kursusblogbisnis.blogspot.com

Bagaimana dengan situs statis? Dalam hal ini, saya sulit mencontohkan mengingat tidak punya situsnya. Namun hal yang pasti adalah situs tersebut terbuat dari wordpres. Blog wordpress memang menyediakan dua variasi homepage. Ada yang halaman utama berisi update konten dan ada yang hanya menghadirkan 1 halaman. Namun situs statis tetap berbentuk selayaknya tampilan blog yang memiliki hedaer, sidebar, body konten dan footer. Hanya berbeda settingan saja.

Berikut beberapa simpulan kriteria situs yang layak diiklankan di Google menurut buku Rahasia Jitu Berpromosi Dengan Google Adwords:

➜ Konten yang relevan, bermanfaat dan juga orisinil
➜ Transparan dan dapat dipercaya
➜ Kemudahan dalam navigasi
➜ Memiliki kecepatan loading situs
➜ Web situs dalam keadaan responsive

Maksud konten yang relevan adalah menyesuaikan diri dengan judul situs. Bila situs yang dibuat untuk penawaran “Jasa Minisite Blogspot” maka konten pun menghadirkan tulisan artikel seputar yang memuat penyebaran kata minisite blogspot. Ukuran relevan adalah 1,5%-2% dari total kata, dalam batas aman. Tentunya menghadirkan konten yang bermanfaat untuk pengunjung dan juga tidak melakukan copy-paste. Ini cara pertama pembuatan situs untuk kebutuhan pasang iklan di google.

Kalau cara kedua yakni transparan dan dapat dipercaya adalah seperti yang sudah anda kenal. Anda membuat menu khusus seputar tentang usaha yang sedang anda jalankan, data kontak untuk menghubungi anda, juga yang lainnya. Intinya semakin jelas, transparan maka otomatis akan terpercaya. Secara khusus, terpercaya dalam hal penawarannya yang akan menentukan keberhasilan cara pasang iklan di Google.

Kalau untuk minisite, memang katanya menurut mentor saya, #GM Susanto, sulit diterima iklannya oleh pihak Google. Tetapi cobalah seperti itu. Atau cara yang terbaik adalah memberikan navigasi seperti layaknya blog. Buatlah minisite itu seperti blog yang mana memiliki konten dan navigasinya. Maka saya memberikan solusi konten di bawah penawaran. Juga memberikan menu-menu khususnya sitemap artikel.


Untuk membuat minisite plus pengaturan, menu, sitemap dan artikel seperti di gambar di atas, anda bisa memesan lewat jasa minisite saya, selengkapnya disini

Untuk masalah cara mempecepat waktu loading situs, saya bukan ahlinya. Maka dari itu, saya memilih produk dari pakar yang menawarkan template blogspot yang bisa cepat waktu loading. Memang blogspot lebih cepat daripada wordpress dalam waktu loading, tetapi banyak template blogspot yang cenderng lemot. Hal ini sebagai cara pasang iklan yang efektif dalam menghasilkan koversi. Saya sering merasa malas mengunjungi situs penawaran produk dan jasa ketika situs dianggap lemot. Nah, jangan sampai anda menerapkan cara yang salah dalam hal ini untuk kepentingan pasang iklan di Google.

Tidak lupa, situs yang dibuat harus responsive atau biasa disebut mobile friendly. Bila situs anda belum responsive, alangkah baiknya untuk tidak pasang iklan di Google bila mau menarget mobile. Terkecuali bila mau menarget pengguna deskop, PC, boleh-boleh saja.

Cara Pasang Iklan Di Google Dengan Konten Yang Menarik Perhatian

Saya diajari #GM Susanto dalam membuat teks iklan di panduan RSCB. Namun saya memadukan tips yang diajarkan dalam panduan toko online juga mengingat teknik konten iklan di Google ada dua jenis yakni teks dan gambar. Anda bisa memilih teknik pasang iklan menggunakan teks atau tidak. Yang jelas, prinsipnya memang sama.

Dalam membuat konten, harus memuat beberapa hal yang bisa disingkat dengan WH-O-A. WH yang biasa disebut WHO adalah target market atau target buyer untuk konten iklan yang akan anda pasang. Sedangkan O adalah Offer. Offer ini adalah penawaran yang mampu memikat seperti testimoni artis, garansi, diskon dan sebagainya. Anda bisa membaca buku Tung Desem Waringin yakni Marketing Revolution untuk mempelajari bagaimana membuat sensasional penawaran menarik.

Dan yang terakhir adalah A atau dimaksud Action yakni seperti “Dapatkan Segera!”, “Daftar Disini” dan sebagainya. Memberikan perintah dianggap penting mengingat ada pengaruh tersendiri pada psikis target buyer.

Contoh konten iklan teks WH-O-A:

Ibu Guru Bisa Beli Rumah Mewah 3 Miliar Hanya Dalam 3 Tahun, Apa Sih Yang Dijual? Simak Disini

Hanya saja menurut Gm Susanto, WHO yang dimaksud adalah klien atau yang sudah menjadi pelanggan anda. Hasil pengalaman si klien atau pelanggan itulah yang bisa dijadikan bahan review produk. Jadi, menulis iklan bukan sekedar menulis melainkan sebagai simpulan review yang ada di landing pages.

Bagaimana dengan konten iklan gambar WH-O-A? Maka anda bisa membuat gambar yang mengandung makna kalimat di atas. Bisa memasukkan gambar ibu-ibu, sambil memegang rumah dan uang. Dalam gambar, diberikan gambar tombol “Klik Disini” dan sebagainya.

Tetapi, sesuai pengajaran Gm Susanto, teknik iklan model WHOA lebih cocok untuk iklan Facebook mengingat ada penyettingan target market yang jelas. Nanti akan dijelaskan cara iklan di Facebook bila sempat.

Cara Pilih Jenis Iklan Google Sesuai Tujuan Iklan

Ada beberapa jenis iklan yang ada di Google. Ada iklan berdasarkan kata kunci pencarian Google, berdasarkan penayangan, penayangan berdasarkan kata kunci, dan juga iklan penayangan via Youtube. Anda harus bisa memilih, jenis iklan yang tepat dengan tujuan anda. Tidak lupa juga kantong anda.

1. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Kata Kunci Pencarian

Iklan ini akan muncul di pencarian Google berdasarkan kata kunci. Ketika anda menjual produk baju dengan memilih kata kunci ‘jual baju’ maka orang yang mencari dengan kata kunci ‘jual baju’, muncullah situs anda.

Muncul situs anda di pencarian Google sesuai kata kunci karena tidak ada persaingan iklan. Namun kalau ada persaingan iklan, bisa saja tidak muncul. Syarat agar bisa muncul bisa dengan menikkan harga iklan. Tetapi pesaing pun bisa menaikkan harga iklan lagi. Maka memilih banyak kata kunci yang relevan dianggap penting.

Namun tetap jangan asal memilih kata kunci mengingat tidak semua kata kunci bisa untuk memunculkan iklan di Google. Cara yang terbaik adalah mengecek kata kunci ketika saat memasang iklan bukan di Google Keyword Planner (biasanya tidak memiliki pencarian).

Cara pasang iklan di Google berdasarkan kata kunci bila anda memiliki tujuan untuk closing. Artinya langsung mengarah pada penawaran produk dan jasa. Hal ini karena orang yang mencari berdasarkan kata kunci karena sedang membutuhkan produk atau jasa.

2. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Penayangan

Pasang iklan berdasarkan penayangan sebenarnya diletakkan di dua tempat yakni iklan yang dipasang di website dan iklan yang dipasang di Youtube. Sama, namun penyetingan yang dilakukan si publisher bisa berbeda. Ada pendaftaran secara khusus bila mau menjadi publisher lewat Youtube. Namun di sini akan membahas pemasangan iklan yang muncul di dalam website selain Youtube.

Ketika anda memilih cara pasang iklan di google dengan jenis penayangan untuk target lokasi di wilayah Indonesia, iklan anda akan tayang di wilayah Indonesia. Penyettingan memang bisa dikatakan sama untuk beberapa jenis iklan seperti setting lokasi hanya saja tidak selengkap Facebook. Maka dari itu, bisa dikatakan pasang iklan di Google untuk jenis penayangan tidak terlalu tertarget. Misal anda membutuhkan target konsumen wanita. Jelas, anda tidak bisa menarget gender wanita mengingat tidak ada penyettingan.

Untuk itu, anda perlu memfokuskan iklan hanya untuk membangun pelanggan newsletter di situs anda. Tetapi menurut mentor saya, Gm Susanto, sekarang punya aturan ketat dalam mengiklankan halaman newsletter. Alangkah baiknya untuk dilakukan secara softselling yang tidak mencirikan bagi-bagi informasi gratis yang bersifat sensasional.

3. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Kata Kunci Penayangan

Bila sekedar penayangan iklan dengan settingan yang standar, tentu sulit mendapatkan pengunjung tertarget. Tidak seperti Facebook yang lebih banyak settingan target ikalnnya. Maka dari itu, solusi penayangan berdasarkan kata kunci dianggap penting untuk menarget pengunjung yang tepat dengan teknik penayangan iklan di web. Hal ini karena pengunjung tetap memasukkan kata kunci di Google seperti ‘Tips Cepat Hamil” yang kemudian mengunjungi situs yang kebetulan ada iklan adsense. Nah, ketika di situs itulah, jika situs dianggap layak untuk menerbitiklan iklan yang sesuai kata kunci, maka akan menghadirkan konten iklan sesuai kata kunci yang dicari.

Tujuan penayangan iklan berdasarkan kata kunci, bisa sama seperti iklan penayangan yang tidak berdasarkan kata kunci yakni untuk membangun pelanggan newsletter. Hal ini karena sifat penayangan jauh lebih cepat menghasilkan calon pelanggan. Namun karena berdasarkan kata kunci, tentu akan berkurang kecepatan menghasilkan banyak pengunjung. Efeknya, tentu bisa mahal harga tayang iklannya.

4. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Penayangan Iklan Lewat Youtube

Pasang iklan dengan target media Youtube sama seperti penayangan iklan di beberapa jenis. Iklan bisa dianggap efektif jika berbentuk vidio. Memang tidak harus menggunakan vidio, jenis teks pun bisa dipasang lewat Youtube. Hanya saja, menggunakan Youtube bermanfaat bagi mereka yang memasang iklan menggunakan vidio. Sepertinya bila iklan berupa vidio, butuh persiapan konten iklan yang matang. Rata-rata konten iklan yang ada di Youtube terlihat menarik, tidak asal buat.

Iklan di Youtube juga bisa berbentuk link. Namun sepertinya tidak efektif. Jadi, kalau berbentuk link, lebih baik lewat penayangan iklan di website.

***

Untuk sementara, seperti itu dulu cara pasang iklan di Google teknik WHOA. Teknik WHOA berikutnya akan dijelaskan di bagian iklan Facebook.

gambar

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!

2 Responses to "Cara Pasang Iklan Di Google"

Mohon komentar biasa saja, jangan iklan dan memberi link/url di badan komen. Komentar spam akan dihapus