Bisnis Paket Tri Grosir Cirebon


Bisnis paket Tri grosir market Cirebon yang akan dijadikan sebagai langkah pertama dalam penjualan grosir dengan target market Cirebon. Penjualan grosir paket Tri menarget pasar online yang ada di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Penjualan penargetan seperti ini menyulitkan dalam hal marketing. Saya hanya bisa melakukan kegiatan marketing melalui media iklan berbayar. Media marketing situs tidak cocok walaupun tidak menutup kemungkinan mendatangkan pengunjung dari Cirebon. Walaupun begitu, bisnis produk fisik mengharuskan diawali dengan penargetan wilayah terdekat. Saya tidak perlu khawatir. Penjualan produk harga grosir untuk paket Tri bisa menjadi senjata sendiri dalam menarget pelanggan area Cirebon.


Mengapa bisnis paket Tri (terdiri dari pulsa elektrik, ) memakai sistem grosir?

Baca: Internet Tri BM

Saya ingin menceritakan para pelaku online shop yang tidak memperhatikan standar penjualan secara online. Mereka sibuk beriklan di media sosial berbagai jenis produk fashion. Artinya, per orang menjual berbagai jenis produk produk fashion yang diiklankan lewat media sosial setiap hari tanpa peduli komunikasi pertemanan. Dengan foto uploadan yang menarik namun tidak peduli komunikasi (kata-katanya seakan tidak peduli), mereka berharap mendapat penjualan. Tetapi, mereka lupa, produk yang diupload adalah produk yang mudah di dapatkan di mal, toko kecil, kios secara offline. Tidak semua produk bisa dijual secara online terkecuali dengan beberapa strategi. Maka dari itu, penjual harus mengetahui standar penjualan yang dilakukan secara online.




Tetapi, banyak sekali kan produk-produk yang mudah didapatkan secara ofline tetapi dijual secara online? Betul sekali, banyak sekali. Mereka pun membeli secera online atas produk tersebut. Tetapi bila diselidiki, toko online yang laris-manis itu sudah dianggap terpercaya. Toko online yang terpercaya bukan standar Tokopedia atau Bukalapak. Tokopedia dan Bukalapak bukan toko melainkan mall yang berisi para pelapak alias pemilik toko. Toko online yang terpercaya adalah situs milik si penjualnya. Lebih hebatnya, produk yang dijual sengaja untuk kelas menengah-keatas. Produk tersebut hanya dijual di toko offline terpercaya dan berkelas seperti Matahari.

Bila melihat penjelasan di atas, apakah kelas menengah-ke atas mau membeli produk dari penjual recehan yang doyan upload foto produk di media sosial? Tidak!

Lalu bagaimana standar penjualan online berikutnya? Standar penjualan online berikutnya adalah produk-produk yang sulit didapatkan secara ofline di sekitar kita namun memiliki keunggulan. Ada banyak produk-produk yang sulit didapatkan secara offline tetapi ramai dijual secara online. Salah satu contohnya adalah produk Madu Kesuburan dengan contoh merek Almabur. Apakah produk tersebut mudah didapatkan secara ofline ketika dibutuhkan? Tidak! Karena butuh, mereka pun membeli secara online walaupun pada penjual kelas sosmed.

Nah, standar penjualan online berikutnya adalah produk grosir. Bagi produk yang mudah di dapatkan khususnya paket Tri harus memakai penjualan sistem grosir. Mengapa? Jelas, sistem eceran tidak bisa menghasilkan penjualan secara online untuk produk ini. Di konter tetangga seharga 13.000 untuk paket internet Tri BM 1 GB, mengapa penjualan online dihargai 13.000 juga? Kan nyaco? Belum masalah ongkos kirim yang bisa membengkakkan pengeluaran. Lebih ngaco lagi. Maka dari itu, penjualan sistem grosir wajib diterapkan. Bila seperti itu, harga harus lebih murah, misalnya 11.500 untuk paket internet Tri BM 1 GB.

Maka dari itu, Bisnis paket Tri market Cirebon yang akan didirikan akan menggunakan sistem grosir.

Pembagian Produk Bisnis Penjualan Grosir Dan Non Grosir

Apakah setuju, penjualan online grosir justru ada produk yang dijual secara non grosir? Mungkin anda akan berpikiran bahwa penjualan grosir harus semuanya serba grosir. Tetapi, bagi penjual yang sudah berpengalaman paham, penjualan grosir sering mensyaratkan jumlah pembelian. Ini artinya, orang yang tidak butuh pembelian berjumlah banyak bisa memanfaatkan penjualan non grosir. Namun, penjualan harus menghadirkan sistem grosir untuk produk-produk tertentu. Tujuannya jelas, penjualan grosir bisa mengangkut produk-produk non grosir tanpa melewati 1 kg dalam sekali kirim. Bila seperti itu, penjualan non grosir bisa menguntungkan.

1. Produk Utama Grosir

Penjualan dan pembelian utama tetap pada produk grosir. Saya menarget penjualan paket Tri yang menggunakan sistem grosir. Mengapa produk paket Tri yang sebagai produk utama grosir? Produk paket Tri sebagai produk utama grosir karena memiliki tingkat penjualan yang tinggi. Ada produk lainya yang memiliki penjualan tinggi yakni paket Axis. Untuk permulaan, saya memfokuskan pada penjualan paket Tri grosir saja.

Apa yang dimaksud produk paket Tri grosir? Paket Tri grosir memiliki banyak variasi. Penjualan pulsa Tri masuk dalam grosiran namun dalam bentuk vocer fisik. Bagaimana dengan perdana Tri? Bisa juga karena saya sendiri menjual harga eceran hasil belanja grosir. Tentu, saya melakukan penjualan kuota internet Tri juga dalam sistem grosir ini.

Dari pengalaman saya membeli secara grosir, pembelian lembaran vocer mematok jumlah sekitar minimal 20 lembar. Waktu itu, saya membeli paket vocer kuota Tri 20 lembar. Masing-masing lembaran dihargai 11.500. Total harga pembelian paket Tri kuota sekitar 220.000-,. Kebetulan membeli produk yang lainnya yaitu paket Axis aigo sekitar 20 lembar sehingga satu ongkos kirim berisi 40 lembar. Per lembar Axis Aigo dihargai 13.500. Cara seperti ini bisa menguntungkan untuk penjual.

Seandainya ongkos kirim mematok harga 18.000, bagaimana keuntungan bila dijual kembali? Saya menjual paket Tri kuota sekitar 13.000 dan Axis Aigo sekitar 15.000. Saya mendapatkan keuntungan 1500. Seandanya saya mengambil 500,- per lembar untuk keperluan ongkos kirim, jumlah 40 lembar akan menghasilkan uang ongkos kirim sekitar 20.000. Saya masih mendapatkan keuntungan 1000 per lembar. Lumayan untung.

Dari berbelanja produk utama grosir saja, saya sudah mendapatkan keuntungan 1000 dengan jaminan lunas untuk ongkos kirim. Bagaimana bila saya menambah jumlah belanja produk non grosir untuk kepentingan pribadi? Lebih diuntungkan lagi.

2. Produk Sampingan Non Grosir

Saya tidak akan mematok harga grosir untuk produk sampingan. Produk sampingan yang non grosir adalah aksesoris smartphone. Mengapa tidak memakai harga grosiran? Di samping harga jual yang mahal, produk aksesoris sulit untuk laku. Produk aksesoris sulit laku karena bukan barang konsumtif. Walaupun tidak laku, saya akan menjual produk aksesoris. Bukan tanpa alasan bila saya menjual produk itu. Kebetulan, produk aksesoris sudah tersedia di dalam konter. Bila hanya menganggur dipajang di dalam konter, bagaimana bisa mempecepat penjualan produknya?

Apakah bisa terjual? Begini. Konsumen pembeli produk menarget pembelian untuk produk utama grosir berjumlah yang banyak. Pembelian jumlah banyak tidak sampai melebihi 1 kilo gram. Artinya, pembeli bisa membeli produk baru yang ingin dimiliki, misal casing smartphone. Bukankah konsumen juga memiliki smartphone? Daripada harus ke konter, dalam arti melakukan pembelian dua kali, lebih baik pembeli membeli sekaligus dalam satu kali ongkos kirim.

Hal yang penting diperhatikan online shop adalah pembeli tidak akan berpindah ke toko online yang lain hanya untuk menambah barang belanjaan. Hal ini bisa menambah biaya ongkir. Ketika sudah membeli produk ke online shop milik anda, mereka tidak akan pindah ke toko yang lain di saat barang yang dibutuhkan tersedia. Maka dari itu, penjual harus mementingkan penyediaan kekomplitan produk toko online.

Namun perlu diingat, untuk memenuhi kekomplitan suatu produk atau barang, penjual tidak harus membangun online shop berbagai tema produk alias gado-gado. Ketika penjual ingin berfokus menjual grosir paket Tri dan juga Axis maka harus memperhatikan tema utamanya. Tema utama paket Tri dan Axis itu apa? Seputar kebutuhan ponsel, bukan? Bila seperti itu, fokus pembangunan online shop adalah seputar “Sellular”. Bila komplit dalam tema tersebut, pembeli akan berfokus belanja pada toko anda walaupun ada yang bukan grosiran.

Itulah salah satu alasan saya mengapa memberikan fokus produk grosir yakni paket Tri dan Axis dan non grosir yakni aksesoris.

Pembangunan Online Shop Paket Tri Di Situs Mal Online Terpercaya

Seperti kalimat iklan Tokopedia, “Coba aja dulu”, saya pun akan mencoba. Mencoba penjualan lewat Tokopedia adalah solusi terbaik ketika memikirkan penghematan modal di awal. Untuk membuat situs secanggih Tokopedia dan Bukalapak, anda bisa menghabiskan biaya lebih dari 5 juta. Tetapi ketika anda mengandalkan Tokopedia atau Bukalapak, anda seolah sedang dimanja situs tersebut tanpa mengeluarkan biaya berapapun kecuali koneksi internet Anda. Kebetulan, saya sudah mencoba membangun lapak di Tokopedia sebagai rencana awal bisnis paket Tri dan Axis, baik vocer pulsa atau kuota internet.

Baik, saya akan menjelaskan pembukaan lapak dari Tokopedia saja.

1. Membuat Akun Di Tokopedia

Baik pembelian atau penjualan, anda harus memiliki 1 akun Tokopedia. Dengan 1 akun tersebut, anda bisa berbelanja dan membuat toko. Anda bisa mengisi data yang dibutuhkan yakni: nama, data kontak, alamat, dan rekening bank.

2. Membuat Toko

Walaupun sudah punya akun Tokopedia, anda masih belum memiliki toko. Tahap selanjutnya adalah membuat toko. Membuat toko dengan nama dan url toko yang belum pernah di tulis orang lain. Sepertinya, Tokopedia memperhatikan keamanan toko dalam segi penamaan dan url toko. Ketika ada permasalahan ulah si toko A, toko A itulah yang bisa ditindak karena tidak ada yang lain. Dalam segi sistem pemrograman, url toko memang hanya satu nama saja yang bisa dipakai.

3. Mengisi Bagian Etalase

Penjualan banyak produk yang berbeda jenis membutuhkan pembagian etalasi. Misal, saya menjual produk paket Tri internet, Paket Tri Pulsa, Paket Axis Internet, Paket Axis Internet, Perdana Tri, Perdana Axis dan Aksesoris. Bila sudah jelas produk-produk yang akan dijual, pembagian bisa dengan mudah. Cukup dengan membuat kategori etalase: Tri, Axis, Casing, Kabel Data, OTG, dan lainnya. Ketika satu kategori masih memiliki banyak produk, bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori yang lebih spesifik.

4. Membuat Catatan Toko

Pembuatan catatan membahas kegiatan operasional toko sangat penting. Catatan yang dimaksud bisa dikatakan adalah aturan kerja. Anda bisa membuat aturan kerja seperti pengemasan, pengiriman, tanggungjawab dan sebagainya. Ketika ada komplen-komplen pembeli yang tidak perlu, anda sudah membuat pernyataan atas komplen si pembeli.

5. Pengisian Rekening Bank

Pengisian rekening hukumnya wajib. Anda tidak akan mendapat pembayaran dari pembeli ketika tidak mencantumkan rekening. Pembayaran pembeli atas produk ditangani pihak Tokopedia. Pihak Tokopedia akan membayar anda ketika produk sudah di kirim ke tangan pembeli.

6. Upload Foto Produk Dengan Jelas

Foto produk yang diupload, itulah yang akan dikirim. Jangan sekali-kali mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan foto walaupun satu tipe merek, misal perdana Axis. Maka dari itu, anda perlu memikirkan kejelasan foto yang akan diupload. Misal, anda mengupoad foto casing Samsung. Plis, foto casing itu jangan dijadikan sebagai perwakilan produk karena casing Samsung memiliki berbagai jenis dan desain yang berbeda. Intinya adalah foto produk yang ditampilkan itu lah yang akan dikirim.

Lebih baik mengandalkan foto produk hasil buatan (jepretan) sendiri daripada mengandalkan foto siap pakai dari internet atau suplier. Walaupun foto buatan sendiri dianggap jelek, tetapi itu sebagai bukti bahwa produk yang dijual ada di tangan kita dan asli seperti yang ada di foto.

Terkecuali sudah dianggap toko besar dan mudah dipercaya, anda bisa memanfaatkan foto yang sudah jadi karena tampilannya jauh lebih bagus.

Langkah Penjualan Paket Tri Grosir Market Cirebon

Penjelasan penjualan secara online untuk produk vocer pulsa dan kuota internet khususnya paket Tri sepertinya sudah dijelaskan di pembahasan terdahulu. Anda bisa melihat-lihat di kategori Bisnis Pulsa. Bila sudah dijelaskan, untuk apa lagi dijelaskan kembali? Namun, pembahasan di sini lebih mengarah pada teknik penjualan berdasarkan strategi SEO.

1. Buatlah Situs Yang Menarget Pembahasan Bisnis Pulsa

Mengapa saya membahas banyak seputar pulsa dan paket internet? Nah, kalimat di atas itu lah jawabannya. Anda bisa membuat situs spesifik pulsa dan paket internet atau membuat kategori khusus pembahasan tersebut. Hal ini untuk menjaring pengunjung yang membutuhkan informasi dan produk khususnya paket Tri.

Pembahasanya yang saya buat menarget dua sekaligus yaitu: penjual alias reseller atau konsumen murni.

Ketika sudah terlihat kunjungan memuaskan atas artikel-artikel seputar pulsa dan kuota internet, anda bisa memasang banner iklan produk paket tri dan lainnya. Kunjungan itu lah yang berpotensi menghasilkan penjualan. Mengapa? Penjelasan yang dibahas menarget produk yang dijual yakni pulsa dan paket internet.

Kalau ingin memenuhi standar SEO, anda bisa membuat 1 artikel yang menjelaskan review toko anda. Di dalam review, anda bisa memasang 1 banner menuju toko online di Tokopedia. Cara seperti ini jauh lebih mengamankan point (baca:pont backlink) atas situs anda.

2. Buatlah Deskripsi Produk Standar SEO

Rata-rata penjelasan produk online shop tidak sampai 50 kata. Seandainya, kebanyakan pembahasan produk tidak sampai 50 kata, anda tetap bisa menulis penjelasan alias deskripsi produk dengan memenuhi unsur SEO. Pakar SEO memerintahkan harus ada minimal 1% kata kunci dari jumlah total kata. Anda bisa membuat 1 atau dua kata kunci dalam 50 kata penjelasan produk.

Misal sesudah di riset, Paket Tri Kuota memiliki jumlah pencarian sebesar 1000/bulan. Anda bisa menargetkan kata kunci “Paket Tri Kuota” dalam penjelasan produk Kuota Tri 1, 2 atau 3 GB. Misal judul produk berkalimat “Paket Tri Kuota BM 1 GB”. Anda tinggal membuat deskripsi sebagai berikut:
“Jual Paket Tri Kuota BM 1 GB dengan harga murah dengan pemesanan minimal 10. Paket Tri Kuota BM 1 GB bisa untuk dijual kembali atau dikonsumsi sesuka anda. Yuk Mari membeli produk dengan paket hemat. Anda bisa membeli minimal 10 lembar paket tri.”

3. Lakukan Aktifitas Membangun Backlink

Membangun backlink sangat penting untuk mendongrak penjualan. Bila penjualan tidak berasal dari kunjungan, terus dari apa? Untuk itu, anda harus mementingkan membangun kunjungan atas situs dan toko online. Cara yang murah dan tahan lama adalah pertama-tama membuat artikel. Namun, bila sekedar membuat artikel, banyak pesaing yang belum terkalahkan. Akhirnya, artikel marketing anda tidak memberikan dampak kunjungan yang memuaskan. Salah satu membangun kunjungan lewat artikel adalah mmebangun backlink.

Apakah anda paham backlink SEO? Kalau tidak paham, apa boleh buat bila anda harus mengiklankan lewat Google Ads.

4. Beriklan Lewat Google Ads

Cara yang paling cepat meraih peringkat di halaman pertama adalah dengan beriklan lewat Google. Beriklan lewat Google sebagai pengganti aktifitas membangun backlink. Tidak salah lagi bila anda harus mengeluarkan modal untuk iklan. Masalahnya, apakah anda sudah paham teknik beriklan lewat Google? Ah, anda seharusnya perlu banyak belajar.

Anda harus paham riset kata kunci adalah hal inti berjualan lewat bantuan Google. Pembuatan teks iklan yang memikat pun harus dikuasai untuk meningkatkan CTR. Anda pun perlu mempelajari bagaimana mendapatkan harga iklan yang murah dengan cara yang efektif.

Nah, keuntungan iklan Google inilah yang bisa diraih dengan bisnis paket Tri grosir menarget kota Cirebon. Dengan beriklan, Anda bisa menarget penjualan hanya di area Cirebon. Anda bisa mengandalkan artikel review untuk diiklankan bukan langsung ke tokonya.