Bisnis Yang Bagus Sambil Kuliah

Bila anda masih kuliah, anda bisa menjalankan bisnis yang bagus sambil kuliah. Anda bisa melakukan seperti yang sudah dijalanakan mahasiswa dalam memenuhi biaya perkualiahannya. Dengan bisnis yang bagus sambil kuliah, anda bisa mencukupi biaya perkualiahan. Bisnis yang bagus sambil kuliah harus dilakukan bilamana anda kesulitan atau berkeinginan mandiri dalam hal keuangan kuliah. Tidak ada yang salah beraktifitas bisnis yang bagus sambil kuliah, seperti halnya anda beraktifitas ke acara perkumpulan malam hari ketika sedang menjalani sebagai anak kuliahan. Tentunya, bisnis sambil kuliah mengharuskan ada waktu yang dikorbankan. Biasanya anda berkumpul bersama teman di malam hari, sekarang mengurusi bisnis di malam hari.

Sumber gambar: anginbisniss.com

Nah, kata kuncinya adalah “bisnis malam hari yang bagus sambil kuliah”. Tentunya, ini kalau mahasiswa menjalani kuliah siang. Sebagian memang ada yang menjalani kuliah malam, entah seperti apa jam belajarnya. Tetapi, saya mengambil mahasiswa yang kuliah siang hari dalam pembahasan bisnis yang bagus sambil kuliah. Sambil kuliah tentunya setelah atau sebelum menjalani kualih untuk melakukan bisnis yang bagus.

Bagaimana bisnis yang bagus sambil kuliah bila itu dijalankan malam hari?

Banyak memang para penjual yang melakukan aktifitas penjualannya ketika masuk jam sore hari sampai malam. Hal ini memiliki alasan tersendiri yaitu produk yang dijual sangat cocok dimakan ketika malam hari. Atau, sebuah bisnis menghadirkan konsep makan malam yang biasa dimanfaatkan untuk kalangan anak muda yang beraktifitas malam hari menikmati suasana malam. Pada intinya, produk dan penjualan malam hari harus memiliki kesesuaian. Bagi mahasiswa, membuka penjualan di malam hari karena memang sesuatu keharusan. Tetapi, alangkah baiknya, memikirkan produk yang layak dikonsumsi malam hari.

Berikut beberapa jenis bisnis malam dan strateginya yang bagus untuk dijalankan mahasiswa sambil aktifitas kuliahnya di siang hari.

1. Bisnis Warung Kopi

Terlalu pasaran sebenarnya bila bisnis yang bagus untuk mahasiswa mengarah pada penjualan kopi. Tetapi bila memang pasar di sekitar tempat penjualan membutuhkan ini, mengapa tidak? Hal penting dalam membuka warung kopi adalah kopi dan teman-temannya. Makanan apa yang cocok dalam menikmati kopi? Sehingga nanti ada istilah “apapapun makanannya, seruputnya kopi”. Tentunya, makanan cemilan malam yang cocok sebagai teman meminum kopi. Mengapa harus kopi dan teman-temannya? Jelas, kejenuhan menikmati kopi. Maka untuk menyiasati kemrosotan jumlah pembelian, anda harus menyiasati dengan menghadirkan makanan cemilan malam hari.

Tentu, bisnis warung kopi bukan bisnis yang sederhana. Bagaimana stok kebutuhan makanan cemilan malam? Hal ini membutuhkan tim lain yang akan mengolah makanan cemilan

2. Bisnis Nasi Goreng

Bisnis yang bagus di jalankan malam hari untuk mahasiswa tentunya nasi goreng. Mengapa nasi goreng? Di samping rasanya yang enak dan gurih (tentunya sesuai standar resep memasak), makanan ini sangat cocok dikonsumsi malam hari. Bahkan, nasi goreng kurang cocok bila dimakan siang hari. Di samping itu, anda tidak perlu direpotkan dengan pengolahan bahan dan tidak juga menghadirkan makanan lain sebagai pelengkap. Bisnis nasi goreng sambil kuliah memang cocok dan bagus untuk mahasiswa yang lebih menginginkan kepraktisan dalam mengolah sebuah produk. Kalau membutuhkan pegawai, anda tidak perlu susah-pasah mentraining-nya. Anda tetap sebagai kontrol produksi.

Sambil kuliah, anda memiliki bisnis nasi goreng yang bagus dalam segi penjualan. Bila seperti itu, anda tidak perlu lagi khawatir mengenai pemenuhan biaya perkualiahan.

Pada dasarnya, nasi goreng sepadan dengan mi goreng. Anda bisa menghadirkan keduanya dalam bisnis nasi goreng atau mi goreng. Alasanya, keduanya memang menggunakan alat pemasakan yang sama dan bisa bergantian. Perbedaannya terletak pada bahan utama yakni nasi dan mi. Bila anda ingin bisnis yang bagus sambil kuliah, anda bisa memilih bisnis nasi goreng plus mi goreng yang akan dijual di malam hari.

3. Bisnis Martabak

Bagaimanapun variasi martabaknya, bisa dijadikan produk bisnis yang bagus dijalankan di malam hari bagi mereka yang masih menjalani kuliah siang hari. Sambil kuliah, anda bisa mengurusi penjualan martabak. Martabak memang sejenis makanan yang memang layak dihadirkan di malam hari. Saya menjumpai, banyak penjual martabak akan menghadirkan bisnis martabaknya sejak sore hari, sekitar jam 4 ke atas. Setelah anda selesai mengikuti jadwal kuliah, anda bisa mengurusi penjualan martabak. Lagi pula, bisnis martabak tidak terlalu membutuhkan persiapan yang merepotkan sebelum melakukan penjualan.

4. Bisnis Tahu Petis

Kalau bisnis gorengan, banyak penjual yang melakukan penjualan gorengan di siang hari mengingat gorengan ini sangat digemari banyak orang. Entah kenapa, bisnis tahu petis kurang diminati bila dijual di siang hari. Bisnis tahu petis seperti memiliki jadwal khusus padahal ini termasuk bisnis makanan gorengan. Maka dari itu, anda yang memilih bisnis sambil kuliah, bisa memilh bisnis tahu petis karena bisa dijalankan malam hari. Ada sebuah pertimbangan bisnis: bisnis yang bagus adalah bisnis yang mengikuti tradisi yang berkembang. Jadi, bila bisnis tahu petis hanya bisa dijalankan atau di jual malam hari, anda bisa melakukan ini sambil menjalankan dunia kuliah yang sudah dijalankan siang hari.

5. Bisnis Pecel Ayam

Di sini, saya mencontohkan pecel ayam. Tentunya, ini bisa dikorelasikan pada pecel lele yang memiliki bahan daging-dagingan. Keduanya sudah dianggap terkenal dijual malam hari sesuai pengamatan saya di wilayah sekitar. Bila malam hari, penjual pecel, baik pecel ayam atau lele, akan menghadirkan jualannya untuk mereka yang membutuhkan.

Apakah bisnis pecel ayam cuma dijual malam hari? Sepertinya, bila pecel ayam atau lele hanya dijual malam hari, ini memiliki batas penjualan yang singkat. Bagaimana bila kurang laku dalam penjualan dengan keterbatasan waktu? Kalau dijual siang dan malam hari, tentu memiliki memiliki banyak kesempatan untuk bisa terjual habis. Tetapi rupanya, para penjual yang menjual pecel di malam hari karena mereka memanfaatkan layan di depan kios atau ruko yang sedang tutup di malam hari. Mungkin, sebagian besar penjual pecel ayam dan lele menjual dagangannya di siang dan malam hari karena memang memiliki tempat. Bagi mereka yang tidak memiliki tempat, area ruko atau kios yang sudah tutup bisa menjadi alternatif.

Bila memang anda menginginkan bisnis pecel ayam dan lele, ini salah satu bisnis yang cukup bagis dijalankan sambil kuliah. Tentunya, karena harus malam hari, anda bisa menjual pecel ayam dan lele di malam hari.

Kesimpulan

Bisnis yang bagus sambil kuliah yang bisa dikerjakan pada malam hari memang banyak sekali. Untuk membuktikannya, anda bisa berkeliling di sepanjang jalan raya yang memiliki jejeran kios dan memang sudah terbiasa dijadikan tempat jualan. Anda bisa mengamati bisnis apa saja yang ketika waktu malam banyak yang membuka penjualannya. Anda bisa melihat makanan apa saja yang memang digemari anak muda. Jadi, anda yang sebagai anak kuliah bisa menarget bisnis yang memang menarget para remaja, para pemuda. Ini solusi bisnis yang bagus yang bisa anda lakukan di malam hari.