Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Butuh Ide Usaha Kreatif Untuk Usaha Dirumah

Apakah benar butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah? Untuk menajwabnya, saya harus menjelaskan seputar rumah terlebih dahulu. Apa sih pengertian rumah itu? Rumah bisa diartikan bangunan untuk tempat tinggal keluarga yang sifat bangunannya tidak bisa dipindah. Memang, ada rumah yang bisa dipindah ke temapt yang berbebeda tetapi jaraknya tidak bisa jauh. Jadi, bila berurusan dengan usaha di rumah, tentunya, usahanya tidak berpindah-pindah. Ibaranya, usaha di rumah sama seperti mini market atau penjualan lainnya yang penjualannya mangkal, menetap tidak pindah-pinda. 

Masalahnya, kondisi rumah berada pada tempat strategis atau tidak, bersifat kebetulan. Tidak seperti minimarket atau kios yang awal pembangunanya saja, sudah memikirkan untuk kepentingan jualan agar banyak pembelinya. Kebetulan berada di tempat strategis, ya bagus untuk jualan. Masalahnya, bagaimana bila rumah berada di tempat tidak strategis? Nah, sulit untuk dijadikan tempat jualan di saat anda ingin berbisnis.

Baca: Memulai Ide Bisnis Rumahan Online Ala Bob Sadino

Untuk rumah yang tidak berada di tempat strategis, ini yang butuh ide usaha kreatif agar bisa usaha di rumah. Tetapi, pembahasan “butuh ide usaha kreatif” ditulisan ini dipentingkan untuk semua usaha yang dijalankan di rumah. Memang, semua usaha memang butuh ide usaha kreatif, apalagi dijalankan di rumah. Tujuannya butuh ide usaha kreatif agar usaha yang dibangun, baik di rumah atau di luar rumah, mendapatkan kesuksesan yang memuaskan dalam penjualan.

Sekalipun ide usaha kreatif dibutuhkan untuk semua usaha khususnya usaha di rumah, tetap pembahasan di sini mengandalkan contoh usaha di rumah yang kondisinya tidak stategis bukan rumah yang strategis. Hal ini agar pembahasan yang lebih mengena untuk semua usaha di rumah.

Sediakan Lahan Untuk Menampung Tempat Penjualan

Butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah dengan memperhatikan lahan untuk tempat berjualan. Jangan salah, salah dalam penempatan tempat penjualan, bisa saja menyulitkan dalam penjualan. Disini anda butuh ide yang kreatif dalam mengatur lahan untuk kebutuhan usaha di rumah. Biasanya, memang tidak ada lahan kosong. Tetapi, maksud lahan kosong bukan berarti benar-benar kosong. Halaman teras juga bisa dianggap lahan kosong, dalam arti kosong yang tidak ditempati. Kalau tidak ada teras, bisa memanfaatkan ruang depan yakni ruang tamu. Saya sendiri membuat konter dengan memanfaatkan ruang tamu. Apakah ruang tamu belum cukup? Bila tidak ada tempat di ruangan depan, bagaimana bisa membuka usaha di rumah?

Masih butuh ide kreatif agar bisa membuka usaha di di saat tidak ada lahan?

Kasus usaha adik saya yang berawal di kios, sekarang usahanya berpindah ke rumah. Kebetulan memanfaatkan lahan kosong pinggir teras. Kalau tidak ada lahan kosong di pinggir teras, perpindahan usaha adik akan mengalami kendala penempatan. Artinya, perpindahan beresiko di saat tetap di kios Cuma menghabiskan biaya sewa.

Menciptakan Brand Usaha Yang Unik dan Enak Dibaca

Menciptakan brand usaha butuh ide kreatif. Hal ini penting ditekankan agar tidak sembarangan membuat brand. Apalagi, bila suatu usaha sudah mendaftarkan brand ke suatu lembaga, brand harus unik, berbeda dari brand lainnya, agar bisa diterima hak miliknya. Jadi, memang butuh ide kreatif agar menghasilkan brand usaha yang unik, enak di baca dan tepat sesuai dengan usaha anda, sekalipun usaha di rumah.

Apapun ide brand yang anda buat, menciptakan brand untuk usaha di rumah sudah bagian dari ide kreatif usaha. Karena, membangun usaha sendiri butuh ide kreatif yang salah satunya menciptakan brand. Sekalipun bagian dari ide kratif, banyak pelaku usaha yang abai dalam brand, merek. Artinya, mereka seolah meremehkan arti penting brand dalam usaha, sekalipun usaha di rumah.

Ketika kualitas usaha di rumah dianggap bagus dimata masyarakat, tentu, nama brand itu sendiri yang sering disebut bukannama pemiliknya atau nama PT nya. Ketika anda menyukai mi instan, anda langsung menyebut merek alias brand dari mi instan kesukaan, bukan nama yang lain.

Membuat Gerobak Untuk Tempat Penjualan di Rumah

Langkah awal, ide kreatif usaha rumahnya cukup dengan membuat kerobak terlebih dahulu. Mengapa? Ini dalam rangka memanfaatkan lahan sempit. Barangkali, anda hanya punya lahan yang sempit. Sekalipun ada lahan yang bisa untuk membuka warung, biarkan terlebih dahulu lahan untuk membangun warung. Biarkan lahan untuk penempatan gerobak terlebih dahulu. Pikiran ide kreatif usaha berfokus pada pembuatan gerobak terlebih dahulu. Gerobak yang dibuat adalah gerobak pasif, yang tidak untuk didorong berbagai tempat jauh. Gerobak pasif masih memiliki roda walaupun kecil sehingga bisa untuk dipindah-pindah. Namun, tidak semua desain gerobak bisa anda tiru pembatannya.

Bagaimana membangun ide kreatif dalam membuat gerobak? Tentunya, anda tidak mungkin bisa membuat gerobak sendiri bila belum berpengalaman. Ada baiknya, mengandalkan tukang ahli gerobak yang khusus untuk jualan. Mungkin saja, tukang ahli gerobak menawarkan ide-ide desain pembuatan gerobak usaha. Bila tidak ada yang disukai, bisa mengandalkan ide desain dari anda sendiri. Anda bisa mencari ide desain gerobak secara ofline atau online. Ini cara membangun ide kratif membuat gerobak.

Karena pembuatan gerobak bagian dari ide usaha kreatif, alangkah baiknya rela menyediakan modal untuk pembuatan gerobak usaha. Kebutuhan gerobak tentunya untuk daya tarik dalam usaha di rumah. Usaha di rumah tanpa gerobak, kesan usahanya tidak serius sehingga menyebabkan konsumen malas mengunjungi usaha anda di rumah.

Membuka Usaha Produk Olahan Makanan dan Minuman Kekinian Khas Semua Umur

Produk menjadi bagian penting dalam ide usaha kreatif. Banyak pemula yang memang sulit mendapatkan kesempatan ‘bisa memilih’ suatu produk sebagai bagian usaha. Padahal, peluang usaha dengan berbagai macam produk tersebar banyak sampai mungkin tidak perlu lagi memikirkan atau mencari ide membuat produk. Anda tinggal memilih produk untuk usaha di rumah. Faktanya, kesemapatan bisa memilih produk memang sulit. Butuh ide usaha kreatif yang matang agar tepat.

Saya ingin cerita proses sulitnya mencari ide pemilihan suatu produk.

Pada awalnya, adik saya berfokus pada penjualan long potato dan kentang goreng biasa. Makanan ini masuk makanan kekinian semua umur. Berjualan di kios dengan melakukan grend opening. Pernjualan pertama bisa dikatakan laku. Hanya saja, tingkat lakunya bagaimana bila long potato dan kentang goreng membutuhkan penggorengan dadakan? Penjualan berikutnya, menurun. Kalau dipertahankan cuma dua produk, di saat per tahun sewa kios 10 juta, usaha adik saya bisa bakalan tutup, gulung tikar.

Kata saya, harus banyak produk khususnya yang murah biar banyak pelanggan sekalipun produk gorengan. Saya pun menyarankan, buat minumannya juga biar sehabis makan gorengan, bisa minum es yang rasanya dingin enak.

Sekarang, usaha adik saya sudah bertambah produk. Produk tambahannya yakni hotang, cordog, sosis telur, bakso telur. Makanan ini makanan viral di korea. Penggemar KPOP dan drakor mungkin tahu. Lalu, ditambah lagi produk aneka minuman yang bahan dasarnya susu. Penjualanya laku keras tiap hari dari produk keluaran terbaru. Semua umur menyukainya, bahkan balita. Malah, long potato yang sebagai produk di grend opening, di awal launching, tidak laku terjual, jarang ada yang beli. Kecuali kentang goreng biasa, setiap hari selalu ada yang beli.

Pernah berniat ingin membuka penjualan sosis bakar dan olahan mirip martabak. Namun, adik saya menghentikannya sekalipun sudah membeli alat-alatnya.

Cerita di atas menggambarkan bahwa anda butuh ide usaha kreatif dalam perprodukan agar tepat dibutuhkan pasar setiap harinya.

Pilih Kemasan Yang Kekinian Aman Di Bawa Jauh Dalam Posisi Apapun Untuk Produk Khas Semua Umur

Pembahasan kemasan tidak perlu pembahasan panjang. Intinya, anda harus memilih kemasan kekinian yang aman di bawa jauh dalam posisi apapun untuk produk khas semua umur. Misal, kemasan untuk corndog, hotang, sostel, maka kemasannya harus bisa mengamankan produk sekalipun produknya jatuh ke bawah. Misal, 5 produk di bawa menggunakan motor, lalu jatuh, maka produk masih bisa aman di dalam kemasan sekalipun agak kotor, misal. Artinya, kemasan menggunakan penutup.

Banyak produk yang dikemas tidak tertutup. Artinya, menggunakan kemasan yang memang terbuka bagian atasnya. Biasanya, produk dengan kemasan seperti ini dijual di mal-mal karena memang bukan produk untuk dikirim, tetapi langsung dimakan.

Kemasan juga harus butuh penyertaan stampel produk sebagai langkah kreatif usaha. Memang, stampel atau tempelen logo produk membutuhkan tambahan biaya percetakan. Ada kemasan yang langsung terpasang logo ketika pembeliannya karena memang sesuai pemesanan. Tetapi, tidak semua jenis kemasan bisa di beri logo produk.

Jangan lupa, simpen file matangnya karena akan dipakai setiap habis logonya. Bila perlu, file mentahnya di simpan, barangkali mau ada perubahan.

Membuat Daftar Harga Produk Khas Semua Umur

Masalah butuh ide keratif untuk usaha di rumah, lantas apa lagi ide kreatif usahanya? Ide kreatif usaha berikutnya adalah membuat daftar harga produk. Di samping untuk memudahkan, juga untuk kejelasan harga tetap untuk konsumen. Biasanya, penjual menaikan harga ketika ada orang baru. Jelas, ini salah. Bagaimana bila karyawan anda menaikan harga seenaknya? Jelas, ini tidak bisa dikontrol bila memang tidak ada daftar harga. Jadi, anda sudah membangun ide kreatif usaha di rumah dengan penyertaan daftar harga produk.

Membuat daftar harganya bagaimana seharusnya? Buatlah daftar harga selayaknya poster artis. Artinya, anda bisa memfoto produk sebagai modelnya. Lalu manfaatkan jasa desain untuk membuatkan poster daftar produk. Jangan lupa, simpen file mentah di simpan juga untuk penggantian gambar atau harga sehingga tidak perlu membuat ulang.

Membuka Usaha Warung Sembako Khusus Rumah Tangga

Membuka warung sembako ketika penjualan produk makanan dan minuman kekinian memang kurang memuaskan. Sebagai daya tariknya, perlu menghadirkan usaha lain yang diminati pasar lain yakni diminati para ibu rumah tangga. Ide kreatif usaha yang tepat adalah membuka warung sembako. Warung sembako yang terpisah brand dari usaha sebelumnya. Ketika ada warung sembako, ada saja ibu-ibu yang mau berbelanja. Apalagi, ada beberapa produk grosiran yang murah, ibu-ibu bakalan berminat membeli. Ketika membeli sesuatu sambil membawa anaknya atau anaknya disuruh ibunya, disitulah kesempatan mendapat penjualan baru pada usaha sebelumnya yakni usaha jajanan makanan dan minuman kekinian. Jadi, ini bentuk ide usaha yang dianggap kreatif yakni adanya penggabungan usaha sekalipun berbeda brand.

Bagaimana kalau sudah laku? Ya terserah saja, mau menambah usaha atau tidak.

Tentunya, ide usaha membuka warung sembako ketika tersedia lahan untuk membuka warungnya. Ketika tidak ada, bisa pilih ide usaha lainnya yang bisa mendukung usaha lama.
 

Membuka Akun Media Sosial

Tidak semua orang tahu usaha anda. Ini catatan pentingnya. Sekalipun anda membangun usaha dengan ide kreatif usaha rumahan, sehingga anggapannya bisa dibeli banyak orang, hal ini akan sia-sia bila tidak banyak orang tahu. Anda jangan memiliki anggapan bahwa mereka tahu usaha rumahan anda. Apalagi, usaha rumahan anda berada di tempat yang tidak strategis, harus lebih banyak memperkenalkan.

Cara yang sederhana namun efektif adalah menggunakan media sosial Facebook. Bila belum punya, anda harus membuat akun media sosial facebook. Hanya saja, anda jangan selalu memposting jualan. Anda bisa memposting sesuatu yang baru. Atau setidaknya, seminggu sekali. Pada intinya, jangan jadikan facebook anda penuh iklan. Tujuan anda kan Cuma memperkenalkan biar semua orang bisa tahu. Maka, kalau sudah tahu, ya sudah tidak perlu dikasih tahu lagi? Kecuali ada info baru mengenai penurunan harga atau produk baru, bisa diperkenalkan lagi dengan beberapa postingan.

Mengadalkan Jasa Pengiriman Gratis Untuk Target Tempat Yang Bisa Dijangkau

Nah, jasa pengiriman gratis salah satu bentuk ide kretif usaha yang bisa membuat usaha rumahan tidak strategis bisa mendapatkan penjualan yang bagus seperti di tempat strategis. Tentunya, syarat utama harus diketahui konsumen dahulu. Semakin banyak yang tahu, bisa berpotensi semakin banyak pembelian.

Makanya, dalam usaha yang mengandalkan jasa pengiriman gratis, harus memiliki minimal 2 pekerja. Mungkin anda ikut bekerja mengurusi usaha di rumah. Bila ikut bekerja, bisa mengandalkan 1 pekerja saja.