Bisnis Digital Printing dengan Tips Mudah

Mau memanfaatkan peluang bisnis digital printing? Ini waktu yang tepat membuka bisnis ini di saat era sudah memasuki era digital. Banyak organisasi, perusahaan dan lembaga untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan marketing, kegiatan partai, kegiatan seminar, bisnis dan pertemuan-pertemuan lainnya membuat banyak permintaan atas jasa percetakan. Dengan begini peluang bisnis digital printing sangat potensial.


Anda bisa memulai bisnis digital printing bila anda memiliki cukup modal untuk bisnis digital printing yang digunakan untuk membeli mesin cetak dan seperangkat alat yang melengkapi, sewa lokasi seperti kios atau ruko, dan membayar teknisi yang mampu menjalani, merawat dan memperbaiki mesin cetak anda.

Bisnis jasa digital printing sederhana saja seperti percetakan foto sangat banyak yang mendirikan dan berjejeran di sepanjang kios-kois. Tentunya, karena memang pasar sangat banyak yang membutuhkan jasa percetakan.

Patut diakui, semakin banyak memang bisnis percetakan digital printing yang membuat persaingan harga begitu menguat. Penawaran harga cetak menjadi menurun agar mendapatkan banyak pelanggan. Tentunya orang alias para pelanggan pun makin tertarik menggunakan jasa percetakan digital.

Apa saja hal yang perlu untuk memanfaatkan peluang bisnis digital printing?

1. Apa Maksud Bisnis Digital Printing?

Untuk pembahasan bisnis digital printing, saya perlu menjelaskan kemana arah pembahasan dari bisnis digital printing ini. Masalahnya, ada dua target dalam pembahasan bisnis digital printing. Pertama, pebisnis yang membuka jasa digital printing. Bisnis model ini adalah bisnis yang memanfaatkan alat, mesin digital printing. Disini, pebisnis tidak melakukan penjualan mesin digital printing. Kedua, tentu, pebisnis yang menjual-belikan produk mesin digital printing. Dari sini, apakah ada perbedaan antara bisnis jasa dan bisnis penjualan digital printing? Tentu ada perbedaan yang mencolok.

Lalu kemana arah pembahasan bisnis digital printing di sini? Saya lebih memfokuskan pada pembahasan bisnis jasa digital printing. Inilah yang akan anda dapatkan di pembahasan berikutnya.

2. Memiliki Seorang Teknisi Digital Printing

Biasanya seorang teknisi dalam digital printing adalah orang yang sudah mahir dalam dunia komputer, baik masalah komputer sendiri, software desain percertakan seperti Photoshop dan lainnya, juga mesin print itu sendiri. Dengan memiliki seorang teknisi maka hal mesin percetakan bisa terkontrol dengan baik

Lebih baik memang bila yang memulai bisnis digital printing adalah orang yang sudah memiliki kemampuan dalam hal percertakan sehingga menghemat permodalan diawal membangun. Namun, tidak masalah juga bila memang bila membangun bisnis digital printing adalah orang yang belum mengerti asal modal mencukupi.

3. Bisnis Digital Printing Dengan Berbagai Macam Pelayanan Percertakan

Bila bisnis hanya dengan pelayanan percetakan foto, mungkin pelanggannya hanya orang-orang yang ingin memajang foto. Tetapi kalau bisnis disertai berbagai pelayanan jasa percertakan seperti jasa spanduk, baliho, stiker, kaos dan sebagainya maka akan bermunculan berbagai pelanggan dengan berbagai macam kepentingan.

Dengan memiliki variasi pelayanan dalam bisnis digital printing memungkinkan bisa membuka penghasilan yang berlimpah dari hasil memanfaatkan peluang bisnis digital printing. Tetapi, menjalankan bisnis digital printing seperti ini membutuhkan banyak biaya. Semakin banyak pelayanan digital printing, anda membutuhkan semakin banyak bahan seperti bahan kaos, bahan stiker, kertas foto dan sebagainya. Hal ini perlu dipikirkan matang mengingat bisnis digital printing adalah bisnis jasa yang mana mengandalkan pemesanan.

Nah, agar mudah menerapkan multi percetakan dalam bisnis digital printing, anda tidak perlu mengambil jenis pecetakan yang membutuhkan banyak biaya. Inti dari melayani berbagai penawaran digital printing adalah untuk mencegah kejenuhan pasar. Bayangkan bila anda hanya menerapkan pecetakan foto, sampai kapan anda bertahan mengandalkan penghasilan dari percetakan foto? Rata-rata para pelaku bisnis digital printing menerapkan apa yang disebut “variasi percetakan”. Di samping mencetak foto digital, bisnis digital printing milik mereka pun melayani pembuatan sertifikat sebuah acara, undangan, print naskah dan yang lainnya.

Intinya, anda bisa menyediakan berbagai pelayanan percetakan yang tidak sampai membutuhkan mesin digital printing kelas berat. Cukup mesin digital printing sekelas percetakan naskah, bisnis digital printing bisa melayani berbagai hal.

4. Lokas Yang Tepat Untuk Bisnis Digital Printing

Kalau dalam hal peluang bisnis percetakan foto, maka mendirikan tempat bisnis di sekitar kampus dan kawasan pendidikan formal sangat tepat mengingat banyak mahasiswa yang membutuhkan percetakan foto.

Sebagai strategi lain dalam kesuksesan percertakan foto adalah menawarkan percetakan lain seperti baloho, spanduk. Karena biasanya aktifitas pendidikan membutuhkan hal demikian untuk berbagai kepentingan seperti seminar dan lainnya.

Intinya, mendirikan tempat usaha di wilayah sekitar pendidikan adalah sangat tepat. Namun kawasan pendidikan untuk peluang lokasi bisnis digital printing berada di wilayah jalan raya yang sebagai sentral keramayan.

5. Kerjasama Usaha Menjadi Perantara Dalam Bisnis Digital Printing

Peluang bisnis digital printing mengandalkan mesin cetak. Kemungkinan bagi pebisnis bermodal cekak sangat sulit melakukannnya. Kalau bisnis cetak hanya pada percetakan foto mungkin bisa diatasi namun kalau berbagai jenis percetakan maka sulit karena harus membeli alat percetakan untuk mencetak yang berukuran besar.

Maka dari itu maka Anda bisa memulainya dengan kerjasama usaha yakni menjadi perantara antara pihak konsumen dan pihak perusahaan percetakan. Hal ini mirip seperti kasus teman saya yang menjalankan usaha ini dengan melakukan kerjasama menjadi perantara. Tinggal memasang spanduk yang menjelaskan bisnis Anda. Kebetulan teman saya melakukan kerjasama dengan pihak yang memiliki mesin percetakan undangan. Tentu dong, perusahaan jasa cetak digital printing menginginkan banyak pelanggan udangan. Karena sulit mencari pelanggan undangan karena sifatnya momentum, perusahaan bisa menerima mereka yang berniat melakukan kerjasama, salah satunya teman saya. Ia cukup memasang spanduk di rumahnya sebagai simbol menerima pemesanan undangan.

Apalagi bila Anda memiliki kemampuan desain profesional dalam hal pembuatan baliho, spanduk dan sebagainya maka akan lebih menguntungkan lagi. Tinggal masalah percetakan bisa bekerja sama dengan bisnis yang sudah memiliki mesin percetakan.

6. Bagaimana Prospek Bisnis Digital Printing Secara Online?

Apapun penjualan produk fisik, inti utama penyampaian produk adalah tenaga jasa kurir. Jadi, permasalahan bisnis jasa digital printing atau bisa disebut bisnis digital printing adalah pengiriman barang. Bagaimana pengiriman baliho dan sejenisnya? Karena itulah, anda membutuhkan pengetahuan tersendiri bagaimana pengepakan barang khususnya yang mudah rusak akibat tertekuk seperti undangan, stiker dan sejenisnya. Setelah masalah teknik pengepakan teratasi, anda bisa memulai bisnis digital printing.

Bagaimana prospek bisnis digital printing? Dari kasus di atas, permasalahan hanya ada pada jasa kurir, pengiriman produk. Hal lainnya, bisnis digital printing memang layak untuk online. Banyak sekali penawaran jasa pecetakan atau disebut digital printing secara online. Anda cukup membuat website penjualan yang memadukan dengan artikel.

Masalahnya, bisnis digital printing hanya bisa menarget wilayah satu kota. Kalaupun mau lintas kota, bisnis digital printing hanya bisa menarget yang satu pulau. Hal ini berurusan dengan jasa kurir. Tidak mungkin anda mengirimkan barang 1 kg untuk daerah yang menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Sekalipun bisa lintas provinsi, bisnis digital printing tidak bisa menarget pasar secara luas. Mengapa? Masing-masing wiayah provinsi memiliki jasa digital printing masing-masing.

Jadi, prospek bisnis digital printing secara online memang bagus dan ini salah satu usaha yang sedang naik daun, apalagi musim pemilihan umum, acara skala nasional dan yang lainnya. Hanya saja, prospek bagus atas bisnis ini dihalangi apa yang disebut “pengiriman barang”.