5 Rahasia Website Bisnis Online 1 Juta Visitor


Apa yang disebut rahasia website bisnis online 1 juta visitor per bulan atau lebih kurangnya, bukan lagi sebuah sebuah rahasia karena semua orang sepertinya pada tahu atau paling tidak sebagian besar orang sudah mengetahui. Yang menjadi inti persoalan bukan lagi masalah rahasia website bisnis online tetapi mengimpelentasikan, menerapkan sebuah rahasia itu agar website bisnis online bisa menghasilkan kunjungan lebih dari 1 juta pengunjung/visitor. Masalah penerapan inilah yang dianggap sangat menyulitkan. Sangat menyulitkan bukanmasalah menghasilan kunjungan untuk website bisnis online tetapi masalah mencapai target kunjungan. Menurut anda, apakah mudah mendapatkan kunjungan dalam jumlah 1 juta pengunjung tiap bulan? Sangat sulit bukan?
Sumber: student.blog.dinus.ac.id

Lalu, kenapa membahas rahasia website bisnis online 1 juta visitor? Karena, apa yang disebut rahasia karena mereka belum mengetahui. Jadi, bagi pemula, tetap saja, cara meningkatkan kualitas website bisnis online tetap saja masih dalam rahasia. Kecuali bagi yang sudah tahu, ini sudah tidak dianggap rahasia lagi karena mereka sudah tahu. Intinya, bila pertanyaan “kenapa membahas rahasia website bisnis online 1 juta visitor?” Jawabannya tentu untuk mereka yang belum mengetahui alias untuk pemula. Apakah kebanyakan pemula ingin rahasia website bisnis online penghasil 1 juta visitor setiap bulan? Jangankan pemula, yang sudah senior sekalipun sampai banting tulang ketika mewujudkannya.

1. Mematuhi 2 Prinsip Dasar Website Bisnis Online 1 Juta Visitor

Apa prinsip dasar website bisnis online 1 juta visitor? Prinsip dasar yang harus didisiplin diterapkan adalah “variasi” dan “maksimalitas”. Prinsip ini jangan sampai lengah karena bisa mengakibatkan pekerjaan anda sia-sia saja bila berurusan dengan visitor.

a. Prinsip Variasi

Secara psikologis, pengunjung akan malas bila melihat tulisan yang selalu diulang-ulang sekalipun website bisnis online memiliki banyak tulisan. Ya, mereka bukan robot. Mereka manusia yang ingin sesuatu yang segar. Sesuatu yang segar bukan dalam corak gaya penulisannya saja yang baru, tetapi informasi yang disampaikan terbilang baru dan melengkapi. Hal ini ditandai dengan judul yang dibuat. Mungkin, anda memberikan isi yang berbeda. Tetapi, pengunjung sudah terlanjur diberikan informasi mengenai judul yang sudah dibaca. Hal ini sudah mengurangi minatnya.

Jadi, untuk bisa meraih visitor 1 juta per bulan untuk website bisnis online anda, harus menggunakan prinsip variasi.

b. Prinsip Maksimalitas

Bagaimana bila tidak memenuhi unsur maksimalitas?

Pengunjung akan malas mengunjungi website bisnis online bila memang jarang memberikan update. Pengunjung setia akan selalu melihat konten terbaru. Mungkin, mereka akan mengaktifkan notifikasi. Tetapi, notifikasi bisa menjadi sia-sia bila tidak website bisnis online jarang memberikan informasi terbaru.

Giliran anda memberikan informasi terbaru, informasinya sudah didapatkan para pelanggan dari website pesaing. Jadi, anda harus jeli dalam membaca informasi yang ada, kapan harus menulis segera dan kapan bisa dipending nanti. Hal ini akan menentukan jenis tulisan yang berbeda: berita atau narasi. Jadi, anda berupaya memberikan update informasi yang baru, yang berbeda dari pesaing. Juga, anda memberikan update informasi terbaru yang memang belum diberikan pesaing. Tujuannya, agar anda tidak membuat konten yang sia-sia – walaupun konten tidak ada unsur sia-sia bila berkualitas dan karya anda seniri. Kecuali targetnya hanya berfokus pada mesin pencari, anda tidak perlu memikirkan pembacaan informasi. Tetapi, untu meraih kunjungan melimpah, anda harus mendayakan semua sumber kunjungan.

Dalam prinsip maksimalitas, hal ini bukan masalah jumlah konten saja melainkan bagaimana jumlah topik pembahasan yang akan dibahas. Hasilnya, prinsip maksimalitas memang harus berhubungan dengan prinsip variasi, begitu juga sebaliknya. Ini sudah menjadi satu-kesatuan yang tidak bisa dipisangkan. Hal ini juga yang berpotensi menghasilkan 1 juta visitor setiap bulan. Ya, melakukan dua prinsip ini tidak mudah, tetapi, terpenting anda mengetahuinya.

2. Pilih Dua Jenis Website Bisnis Online 1 Juta Visitor

Semua website bisnis online yang memiliki visitor lebih dari 1 juta per bulan lebih mengunggulkan konten, biasanya konten tulisan. Artinya, di samping membangun bisnis melalui website bisnis online, juga membangun konten yang masih berkaitan dengan bisnis atau campuran. Hal ini tidak bisa dihindari. Namun, jenis website bisnis online bisa anda pilih. Di sini, saya mengambil dua jenis website bisnis online. Memeng, jenis website bisnis online yang berisi konten memiliki beberapa jenis. Namun, saya lebih memilih dua saja tetapi sudah cukup mewakili banyak jenis website bisnis online.

Berikut dua jenis website bisnis online:

a. Website Homepage Laman (Page)

Website jenis ini biasanya digunakan untuk bisnsis-bisnis jasa seperti jasa hosting, jasa website dan jasa lainnya. Pada intinya, website homepage laman bisa anda pilih bila memang seharusnya begini. Hal ini untuk lebih memudahkan dalam menjaring pengunjung yang membutuhkan produk atau jasa. Sekalipun website bisnis online bisa meraih 1 juta visitor tiap bulannya, belum tentu dihasilkan dari halaman homepage. Jadi, alangkah baiknya bila memang membutuhkan konversi kunjungan ke transaksi, anda memilih website bisnis online yang seperti ini.

Sayangnya, website bisnis online jenis ini tidak bisa untuk memperhatikan kebutuhan pelanggan. Bahkan, website bisnis online jenis ini hanya berfokus pada niche yang justru kurang memenuhi prinsip “maksimalitas” dan “variasi”. Website bisnis online jenis ini akan kesulitan dalam pengembangan konten. Lagi pula, untuk apa meraup banyak kunjungan bila tanpa konversi?

Namun, hal ini bisa diatasi dengan menarget bisnis cadangan, salah satunya adalah bisnis adsense. Tujuan membangun bisnis baru dalam website bisnis online adalah untuk memenuhi prinsip maksimalitas dan variasi. Pada ujungnya, anda akan selalu menghadirkan konten terbaru sekalipun hanya dari mesin pencari Google.

b. Website Homepage Posting (Post)

Website bisnis online jenis “Website Homepage Posting” biasanya mengunggulkan tampilan konten tulisan di kebanyakan tempatnya. Website bisnis online jenis ini biasanya bagi mereka yang berfokus pada bisnis adsense saja atau menjadikan website bisnis online sebagai media marketing atau suatu bisnis. Website bisnis online jenis ini pun dipakai situs berita dan sebagainya yang memfokuskan pada pembangunan pelanggan. Jenis inilah yang seharusnya dipakai bila mau mendapatkan 1 juta visitor dalam sebulan.

Kelemahannya, hal ini kebalikan dari website bisnis online jenis “Website Homepage Laman” yaitu tidak bisa dijadikan website yang mengurusi transaksi online. Jelas, bila ingin membuat situs yang mengurusi transaksi, harus membuat website lagi yakni website jenis pertama. Memang bisa dimanfaatkan namun hanya untuk pengiklanan bisnis yang dituju saja.

3. Mengatur Konten Tulisan Lintas Topik Kepentingan Bisnis Online

Dalam rahasia website bisnis online penghasil 1 juta visitor, tidak mengenal istilah “niche market” atau “niche konten”. Semua website bisnis online bertrafik kunjungan banyak memakai website lintas topik atau biasa disebut website gado-gado. Namun masalahnya, bagaimana mengatur konten tulisan lintas topik yang berkepentingan juga untuk bisnis yang anda bangun selain bisnis adsense. Pengaturan inilah yang diabaikan pemula. Mereka membuat website lintas topik tetapi secara asal-asalan. Kepentingannya apa membangun website lintas topik alias gado-gado? Hasilnya, mereka yang memiliki website gado-gado tidak memiliki keberhasilan.

Berikut cara mengatur konten tulisan untuk website bisnis online agar bisa meraih keberhasilan mendapatkan 1 juta visitor.

1. Tentukan Konsep Website Bisnis Online Anda

Memang, rata-rata konten tulisan website bisnis online lintas tema tidak memiliki konsep yang spesifik pada konten tulisannya. Biasanya, konsepnya lebih bersifat universal, umum, yang mewakili banyak konten. Tetapi, entah spesifik konsep atau tidak, anda harus membuat konsep website bisnis online yang memiliki variasi tema konten artikel. Konsep ini searah dengan visi ke depan sebuah situs agar dalam memberikan konten tulisan selalu berdasarkan konsep. Mungkin, anda berkeinginan membuat website bisnis online dengan konsep “kenusantaraan” yang mana akan memberikan informasi hal ini yang berkaitan dengan kearifan lokal nusantara. Tentunya, di dalam konsep ini bisa masuk berbagai topik atau kategori tulisan.

2. Me-niche-kan Halaman kategori

Jadikan halaman kategori sebagai pengganti halaman homepage. Hal ini akan menentukan kunjungan melakui di halaman kategori. Maka dari itu, anda mengharuskan memakai hosting pribadi agar bisa memakai CMS wordpress. Memakai wordpress bisa membuat halaman kategori sebagai homepage itu sendiri yang bisa sebagai sumbangsih kunjungan. Maka, kategori bisa menjadi tempat topik spesifik alias niche. Karena mengharapkan kunjungan dari halaman kategori, kata kunci kategori harus niche atau sesuai tingkat pesaingan.

Bila halaman kategori membahas bisnis, maka sebagian besar konten tulisan harus membahas bisnis. Bukan sekedar membahas bisnis, judul dan isi pun harus memuat kata “bisnis.”. Tentunya, ini sebagai penguatan memenangkan pesaingan di mesin pencari.

3. Lintas Topik Untuk Kepentingan Bisnis

Bagi website bisnis online berjenis Website Homepage Laman, membutuhkan konten tulisan dari lintas topik yang mengarah untuk kepentingan bisnis. Sebagai misal, anda membuka bisnis sewa hosting+domain. Nah, bagaimana lintas topik yang anda di website bisnis online berkepentingan untuk satu tujuan yakni mensukseskan bisnis hosting? Pembahasan ini masuk dalam pengkonsepan yang berkepentingan mensukseskan usaha hosting. Disini, anda harus memilih topik apa saja yang lebih mendukung bisnis hosting anda.

Contoh:
  • Seputar pemrograman
  • Seputar bloging
  • Seputar bisnis
  • Seputar teknologi informasi
  • Seputar aplikasi
  • Dll

Tentunya, penfokusan ini bisa mengabaikan topik lain yang justru bisa diandalkan sebagai kunjungan terbanyak untuk meraih 1 juta visitor tiap bulan. Maka, anda tidak perlu mengabaikan topik yang tidak mendukung dalam bisnis online anda. Hanya saja, pembahasan ini dikhususkan pada kategori “umum” saja. Ini jauh lebih baik daripada mengabaikan topik lain.

Atur Topik Tulisan Target Jangka Panjang

Hal paling mendasar adalah mengatur topik berdasarkan kata kunci. Semakin banyak target kunjungan yang ingin diraih, variasi topik berdasarkan kata kunci harus semakin banyak. Karena, masing-masing kata kunci yang berbeda akan menghasilkan kunjungannya masing-masing. Penggabungan kunjungan dari kata kunci yang berbeda inilah yang membat website binis online bisa menghasilkan kunjungan atau visitor yang diinginkan. Tetapi, mengatur topik berdasarkan kata kunci itu menyulitkan. Tentunya, pengaturan topik berdasarkan kata kunci harus mampu untuk kebutuhan konten masa depan. Tentunya, website bisnis online membutuhkan update agar pengunjung non mesin pencari bisa terus menjadi pelanggan.

Bila perlu, setelah mengatur topik berdasarkan kata kunci, anda mengembangkannya dengan membuat judul. Biasanya, ada kata kunci yang berbeda namun bisa memiliki kesamaan dalam tulisan. Padahal, tujuan mengatur topik berdasarkan kata kunci adalah untuk menciptakan pembahasan yang berbeda. Perbedaan pembahasan ini bisa diatur dengan pembuatan judul. Tujuan pembuatan judul pun berguna untuk menciptakan sebuah pentautan antar konten tulisan.

Membangun Backlink Jangka Panjang

Bagaimana mengatur backlink jangka panjang? Di sini, anda tidak perlu membangun backlink dalam waktu jangka panjang. Maksud membangun backlink jangka panjang adalah pembangunan backlink yang mampu bertahan lama. Kalau anda mengandalkan backlink komentar di situs orang lain, bisa jadi backlink ini akan terhapus. Tetapi bila anda menyengaja membangun backlink dengan cara membangun jaringan blok atau biasa disebut PBN (private blog network), backlink akan bertahan lama selagi situsnya tidak dinonaktifkan. Inilah backlink jangka panjang yang perlu diusahakan dan dimaksimalkan.

Saya menyarankan untuk mengandalkan Kepointernet.com, milik mentor saya dalam membangun PBN. Harganya saat tulisan ini ditulis adalah 600.000. Tetapi, ada harga yang bisa membuat anda tidak perlu mengurus apapun.

Kalau anda ingin mencoba backlink standar lewat blog komentar, bisa mengandalkan jasa saya, seharga 50.000 per 500 url. Backlink ini juga disertai backlink relevan yang berasal dari tulisan buatan saya sendiri. Baik situs anda atau halaman backlink relevan, akan diberikan backlink komentar. Saran saya, anda bisa mengambil paket 1000 url dengan harga 100.000. Anda akan mendapatkan laporan backlink.