Tips Mencari Modal Bisnis Dengan Mudah

blog
Modal bisnis adalah salah satunya penggerak roga bisnis. Tanpa modal maka bisnis tidak bisa berjalan. Modal yang di maksud adalah modal uang yang menjadi permasalahan banyak orang dalam bisnis. Modal bisnis berupa uang sering menjadi penghambat untuk memulai bisnis. Namun bagi orang yang kreatif, modal bisnis bisa didapatkan dengan mudah. Tentu karena memang sudah terbiasa mencari modal untuk bisnis.


Bagi pemula, yang penting adalah mencari modal yang tidak berupa uang. Mencari modal yang tidak berupa uang saja perlu usaha yang tidak ringan. Seperti modal berani. Modal berani sulit untuk diraih karena perlu latihan-latihan mendapatkan keberanian. Modal semangat dan tekad kuat juga perlu didapatkan untuk pemula yang belum memiliki semangat dan tekad yang kuat.

Setelah itu berupa modal uang untuk bisnis perlu anda cari dengan berbagai cara. Hal penting adalah sistem pembagian. Bila memang membutuhkan modal 10 juta maka tidak hanya mengandalkan 1 orang saja tetapi perlu 10 orang agar ke sepuluh orang merasa ringan mengeluarkan uang yang hanya 1 juta.

Berikut 4 cara yang bisa anda lakukan dalam usaha mencari modal bisnis yang akan anda bangun untuk bisnis:

Mencari Modal Bisnis Melalui Investor

Bila memang ingin mengandalkan investor dalam mencari modal bisnis maka tentu anda terlebih dahulu membangun sistem bisnis dan proyeksi ke depan sebuah bisnis yang anda buat. Bukan hanya penawaran rencana-rencana produk saja yang anda tawarkan kepada investor tetapi juga penawaran sistem bisnis kepada investor.

Banyak investor yang lebih mementingkan sistem yang menguntungkan untuk jangka panjang pada sebuah bisnis. Mereka tidak melihat keunggulan produknya saja. Untuk itu, anda perlu perhatikan sistem bisnis bila ingin mendapatkan modal bisnis dari investor.

Namun sulit mencari modal lewat investor. Hal ini karena bukan lembaga atau bentuk gedung, sehingga tidak bisa dituju siapa yang menjadi investor. Untuk jalan mudah mencari modal adalah seperti langkah di bawah ini.

1. Mengikuti Komunitas Para Pengusaha

Memang sulit mencari investor. Maka dari itu, alangkah baiknya anda mengikuti perhimpunan pengusaha/pebisnis yang mana ada program penggalangan dana dengan menghadirkan presentasi bisnis kepada para investor. Namun hal ini belum jelas pasti, apakah di Indonesia ada seperti ini atau tidak. Namun yang pasti, bila mengikuti komunitas, perhimpunan pengusaha, sudah menjadi langkah awal mempermudah menemukan investor.

Namun hal yang perlu diingat. Mencari modal bisnis yang mengandalkan investor lebih kepada pengembangan bisnis bukan modal awal suatu bisnis. Karena presentasi bisnis yang dihadirkan memang sudah berbentuk rencana impelentatif, rencana yang sudah diterapkan. Kalau belum ada rencana yang diimplementasikan, tentu tidak bisa berpresentasi bisnis.

2. Mengikuti Pelatihan Bisnis

Lebih tepatnya bukan bisnis tema umum. Biasanya pelatihan atau seminar mengambil tema niche seperti seminar internet marketing, bisnis properti, seminar membangun startup dan sebagainya yang berkaitan dengan pembangunan bisnis. Di tempat seperti ini memungkinkan anda bertemu dengan investor jalur lewat informasi yang diberikan di dalam seminar/pelatihan.

3. Sponsorship Lewat Website

Situs KitaBisa, Wujudkan, atau AyoPeduli, menurut informasi memberikan pelayanan mempertemukan pengunjung yang siap jadi sponsor dengan bisnis anda. Caranya bisa mengajukkan semacam proposal atau ketarangan bisnis yang akan anda bangun. Ketika tulisan anda dibaca para pengunjung, bisa jadi ada salah satu yang tertarik berinvestasi dengan pembagian sesuai kesepakatan. Hanya saja jumlah nominal yang diberikan sedikit. Tetapi kalau anda menghadirkan proyek bisnis yang berkualitas, maka bisa jadi akan dengan mudah mendapatkan modal besar mengingat pengunjung yang tertarik adalah investor yang sudah paham mengenai sistem bisnis yang anda ajukkan.

Mencari Modal Bisnis Lewat Pinjaman Ke Bank

Pinjaman ke bank bisa cair asal Anda tahu mengenai strategi pengajukan pinjaman ke bank. Bank-bank swasta saat ini memberikan banyak peluang kepada para pebisnis muda yang ingin mengajukan peminjaman untuk sebuah usaha bisnis.

Namun bila memang takut akan bunga dari pinjaman di bank maka anda bisa memilih bank yang tidak mematok bunga berapapun persennya. Biasnya bank yang tidak mematok persen bunga pinjaman menggunakan sistem bagi hasil antara pihak pemberi peminjaman dengan pebisnis.

Langkah mudah mendapatkan modal bisnis lewat bank tentu adalah terpenuhinya syarat-syarat inti yang diberlakukan pada bank seperti surat tanah dan surat berharga lainnya. Untuk apa kalau tidak memenuhi syarat memaksa pinjam ke bank? Hal ini karena aturan bank sudah paten, tidak bisa dirubah untuk orang tertentu. Maka langkah mudahnya tentu memenuhi syarat peminjaman.

Bagaimana hal yang lebih masuk akal mudah mendapatkan pinjaman modal bisnis? Maka bisa pilih bank yang memang mensyaratkan mudah pemberian pinjaman modal bisnis. Mungkin bank BPR karena memang memfokuskan dalam pengkredtan sehingga bisa mudah. Untuk apa memilih yang sulit bila ada yang mudah? Bila bisnis yang akan anda bangun hanya menggunakan modal kurang dari 5 juta, untuk apa meminjam ke bank yang ketat persyaratannya? Ada bank yang memang tidak ketat persyaratannya walaupun jumlah nominal peminjaman tidak besar.

Modal Bisnis Pinjaman Keluaga, Saudara, Atau Orang Terdekat

Ini bisa dijadikan tempat untuk menghasilkan modal bisnis dengan cara meminjam ke orang yang punya duit. Dalam hal ini adalah orang tua, keluarga, atau teman dekat. Namun ada yang perlu diperhatikan dalam peminjaman ini. Bila untuk bisnis, maka harusnya ada pengajuan surat hutang inisiatif anda sendiri. Mereka pun perlu keamanan.

Ada dua cara dalam peminjaman.

1. Sisitem Pecah Utang

Bila memang lewat keluarga, saudara, atau orang terdekat dalam mencari modal bisnis maka anda tidak perlu membebankan kepada satu orang saja. Tetapi yang anda lakukan adalah dibagi-bagi penghutangan. Artinya bila butuh modal 10 juta maka anda membutuhkan 10 orang untuk memberikan pinjaman 1 juta saja. Bila hanya mengandalkan 1 orang tentu akan berat dirasakan orang yang anda pinjami. Tentunya, tidak perlu banyak orang karena cukup membingungkan.

2. Sistem Kerjasama Bisnis

Berbeda dengan pembahasan yang di atas. Kalau di atas, mendapatkan modal lewat jalan investor. Status modalnya bukan hutang melainkan murni kerjasama yang akan mendapat jatah saham. Kalau pembahasan ini, berbeda, walaupun sama-sama sistem kerjasama. Di sini mengandalkan penghutangan dalam kerjasamanya. Karena kerjasama, maka status bisa seperti investor walaupun pembagian saham untuk si pemberi hutang hanya jumlah persen yang sedikit. Tujuannya hanya untuk memudahkan memberi hutang mengingat uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Hanya saja, si pemberi hutang tidak boleh mengajukkan hadiah. Cukup yang diberikan hutang saja.

Anda bisa berkreasi dengan cara di atas agar mudah mendapatkan modal bisnis yang lebih besar lagi dengan jaminan bisnis bisa berkembang dengan cepat menuju kemajuan bisnis

Mendapatkan Modal Bisnis Dengan Menjual Aset

Memang sulit memiliki alasan menjual aset hanya untuk kepentingan membangun bisnis, apalagi asetnya yang masih berhubungan untuk kepentingan bisnis atau aset bernilai mahal. Namun bila sebelumnya sudah berinvestasi pada aset tertentu, dan sudah layak jual, bisa juga digunakan sebagai modal bisnis. Tetapi kalau mendadak menjual untuk kebutuhan mendesak, solusinya bukan dengan cara menjual aset. Karena kebutuhan mendesak ini untuk kepentingan membangun bisnis. Tetapi kalau mau dihargai murah, terserah saja.

Menggadaikan Aset

Langkah mencari modal bisnis berikutnya adalah menggadaikan aset. Daripada aset berharga terjual yang otomatis tidak bisa kembali, lebih baik dengan cara menggadaikan aset ke lembaga yang mengurusi pegadaian. Statusnya masih berupa pinjaman uang sehingga kalau barang yang digadaikan tetap bisa kembali, maka harus melunasi sejumlah uang yang dipinjamnya. Status penggadaian aset sepetinya sama dengan perbankan. Hanya saja pegadaian bisa berupa barang fisik seperti sepeda motor, televisi, emas dan sebagainya tanpa perlu ada surat aset. Syarat dan ketentuan tetap berlaku sehingga barang yang digadaikan tidak untuk semua barang.

Cara ini jauh lebih efektif dan mudah daripara mejual aset. Tetapi, apakah stok peminjaman uang dari lembaga terkait bisa memenuhi kebutuhan modal bisnis anda? Misal anda menggadai emas 1000 gram. Misal saja. apakah bisa mendapatkan peminjaman modal dengan cepat? Lembaga terkait tetap saja berhubungan dengan stok keuangan. Kalau lagi sedang banyak penggadai, bagaimana kebutuhan modal bisnis anda? Mungkin langkah mudahnya adalah mengandalkan beberapa lembaga penggadaian.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!