Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jualan Sosis Bakar Yang Enak Di Pinggir Jalan

Menurut saya, jualan sosis bakar tidak terlalu unik bahkan tidak unik. Hal ini sama dengan jualan bakso bakar. Apalagi, jualan sosis bakar berada di pinggir jalan yang rata-rata dikemas dalam satu wadah kecil padahal harga sosis bakarnya sekitar 6000. Ya, sosis bakar terbuat dari daging sapi sehingga sekalipun bentuk sosisnya kecil tetapi isinya daging. Jelas, kalau Cuma membeli satu, tidak terlihat menarik di mata pembeli. Kalau pun membeli sosis berharga murah untuk dijadikan produk jualan sosis bakar, tentu rasanya tidak enak. Ya, karena itu tadi, Cuma bermain dalam pembakaran. Memang, ada bumbu penyedapnya sehingga agak lebih mendingan. Tetapi, rasa hasil pembakaran justru tidak menambah nikmat, tidak seperti pembakaran daging ayam atau kambing. Apalagi, pembakarannya menggunakan arang, kurang sedap.

Lalu bagaimana cara jualan sosis bakar yang enak sekalipun di pinggir jalan?

Penjualan sosis bakar di perumahan tidak cocok. Cocoknya, jualan sosis bakar di area sekolah. Mengapa? Karena di situ banyak anak-anak yang bersekolah. Atau, berjualan di tempat keramaian yang memang memiliki perkumpulan anak. Mengapa anak-anak? Karena rata-rata peminat sosis bakar tentu anak-anak. Mengapa? Proses pembakaran sosis menurut anak-anak dianggap masih unik. Biasanya, anak-anak akan menontot dalam prosesnya. Jadi, cara jualan sosis bakar yang enak sekalipun di pinggir jalan ya harus menarget anak-anak.

Anggap saja, cara jualan sosis bakarnya hanya berfokus pada sosis saja, tidak ada selain sosisnya. Terpenting, rasa sosis bakarnya menghasilkan rasa yang enak di akhir pembuatannya sekalipun berjualannya di pinggir jalan. Hal ini untuk pemfokusan pembahasan. Adapun anda ingin menambahkan jenis selain sosis bakar, terserah. Karena pada intinya, penjualan membutuhkan variasi produk.

1. Membeli Waralaba Sosis Bakar Di Tempat Terdekat

Mau jualan sosis bakar yang enak? Caranya adalah dengan membeli waralaba yang sudah dipercaya memiliki kualitas rasa yang enak, baik dalam hal sosisnya atau dalam hal pembuatan saosnya. Masing-masing waralaba biasanya memiliki keunikan rasa sendiri. Anda tinggal memilih saja. Tentunya, sulit juga menentukan. Jadi, anda bisa melihat berdasarkan testimoni. Bila banyak pedagang yang laris sosisnya, berarti lebih condong ke wirausaha yang menyediakan sosis bakar enak.

Memang, cara lain jualan sosis bakar yang enak adalah anda bisa membeli bahan-bahan. Tetapi, anda harus memahami terlebih dahulu beberapa sosis yang kegunaannya untuk sosis bakar. Begitu juga saus atau bumbu, mau bumbu yang seperti apa, anda harus terlebih dahulu mencicipi beberapa bumbi dari beberapa merek. Rancangan-rancangan yang melengkapi penjualan sosis seperti gerobak dan lainnya harus diamati dari pesaing. Ya, ini membutuhkan pemikiran juga. 

Tetapi, waralaba apa yang harus dibeli? Tentunya, waralaba yang menyediakan stok sosis bumbu alias saosnya yang sesuai khas dirinya. Jangan sampai anda dibiarkan dalam mencari stok sosis sendiri. Hal inilah yang membuat anda lebih memilih waralaba sosis bakar terdekat. Bila tidak ada yang terdekat, ya, dengan terpaksa mengurus sendiri.

2. Penjualan Sosis Harus Lebih Menonjol Di Mata Pengunjung

Pada dasarnya, penjualan di halaman rumah memang yang paling tepat. Mengapa? Penjualan sosis bakar yang enak milik anda bisa tampil di depan, menonjol di mata pelanggan. Tentunya, halaman rumah anda berada di area jalan sehingga nampak menonjol. Di samping itu, biasanya, tidak banyak penjual yang berada di situ. Hal ini dialami usaha hotang, corndog milik adik saya yang dijual di depan rumah sehingga lebih menonjol di mata pengunjung. Pada awalnya, usaha adik saya berada di kios yang ramai penjual. Jelas, ketika ada penjual di depannya, usaha adik saya cenderung pudar.

Bila memang anda bisa sanggup membayar kios hasil penjualan sosis bakarnya, bisa saja menyewa tempat kios. Tetapi, jarang sekali yang bisa menempati kios ketika Cuma mengandalkan penjualan sosis bakar. Terpenting, kios jualan sosis bakar enak anda berada lebih menonjol di mata para pengunjung.

3. Menggunakan Sistem Delivery Sosis Bakar

Sistem delivery atau pemesanan yang dikirim ke tangan pembeli memang cukup efektif dilakukan sekarang ini. Hal ini karena alat komunikasi yang semakin ramah finansial karena cukup menggunakan wa, sudah bisa memesan produk yang diinginkan. Hal ini yang dilakukan kedua adik saya, menerapkan sistem delivery. Nah, anda bisa menggunakan sistem delivery dalam mensukseskan jualan sosis bakar enak anda.

4. Di Dampingi Penjualan Minuman Es

Menikmati makanan sambil minum enaknya makanan yang memang renyah. Sosis bukan golongan makanan renyah, cenderng makanan cepat dilahap, apalagi pesannya cuma satu batang. Hal ini menjadi kendala sendiri. Tetapi, setidaknya, dengan kehadiran penjualan minuman es, bisa untuk mempertahankan usaha jualan sosis bakar. Ketika orang membeli sosis, bisa jadi disertai membeli es. Atau, anda menerapkan syarat pemesanan dua yakni sosis bakar dan minuman es ketika mau diantar pemesanannya. Bisa saja seperti ini. Mungkin, pembeli ingin membeli es saja, tidak masalah. Pada intinya sebenarnya, jangan menjadikan jualan sosis bakar sebagai jualan yang mandiri sekalipun rasanya enak. Perlu pendamping lagi. Namun, paling cocok adalah menghadirkan jualan minuman es.

Kesimpulan

Sebenarnya sulit mendapatkan penjualan dari jualan sosis. Mengapa? Sosis, sekalipun enak, bukan produk unik. Kecuali, anda produses sosis itu sendiri, berjualan sosis memang menguntungkan karena bisa digunakan di banyak masakan. Tetapi, kalau sekedar jualan sosis bakar, keunikannya tidak ada. Mengapa? Ya karena tinggal bakar saja. Apalagi, aroma hasil pembakarannya tidak ada, cenderung lebih terasa gosong.

Alangkah baiknya, sosis bakar bagian dari salah satu jenis produk yang ada di dalam bisnis kuliner anda. Hal ini yang dilakukan adik saya yang menjadikan jualan sosis bakar hanya salah satu jenis produk saja. Tetapi, adik saya sudah menutup jualan sosis bakarnya, tidak berlangsung lama.