Bisnis Sampingan Mahasiswa Untuk Mahasiswa Baru

Bisnis sampingan untuk mahasiswa ini adalah bisnis mengenai jasa tur yang akan memandu mahasiswa baru mengenai tempat-tempat yang belum kenal oleh mahasiswa baru. Mengenai hal ini adalah untuk memandu mahasiswa baru menjelajah lokasi sekitar kampus, lokasi kos, tempat makan dan belanja murah, tempat-tempat layanan lainnya yang penting.

Bisnis Sampingan Mahasiswa Untuk Mahasiswa Baru

Anda pernah pengalaman kuliah di kota besar yang letak kampus dikelilingi tempat yang tidak anda kenal? Juga, ditambah dengan gedung kampus yang membuat anda bingung melangkah. Anda pernah mengalaminya? Pasti hal yang anda alami ini saat anda masih sebagai mahasiswa baru. Hal serupa akan terjadi pada mahasiswa baru lainnya.

Baca: Bisnis Sampingan Karyawan

Dengan keadaan ini, peluang bisnis tentang jasa tur untuk panduan mahasiswa baru bisa anda manfaatkan. Dengan catatan memang anda menguasai wilayah-wilayah yang penting untuk kebutuhan mahasiswa. Bila anda memang menguasai, anda bisa memanfaatkan ini untuk kepentingan memandu mahasiswa baru. Hal ini banyak dialami mahasiswa perantawan yang baru mengenal wilayah huniannya.

Mungkin hal yang terbaik untuk bisnis sampingan mahasiswa adalah di samping anda menguasai wilayah yang penting untuk kebutuhan mahasiswa baru, juga anda sebagai mahasiswa senior yang memang sudah mendiami kota yang dimaksud. Terlebih memang harus satu kampus. Karena ini berkaitan dengan kepercayaan.

Dari segi lokasi bisnis, memang sebaiknya bisnis sampingan mahasiswa ini ditargetkan untuk kota-kota besar dengan kampus yang cukup megah. Karena biasanya mahasiswa baru akan kesulitan memahami kota besar dan kampus megah yang baru dihuni.

Berikut adalah cara memanfaatkan peluang usaha jasa tur untuk mahasiswa baru:

1. Buat fanspage

Sekarang ini yang diutamakan adalah jejaring sosial. Bila mahasiswa baru ingin mencari yang berkaitan dengan kampus maka yang pertama adalah mencari di jejaring sosial. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan peluang bisnis mahasiswa.

Buatlah fanspage sesuai nama kampus seperti "Jasa Tur Universitas Indonesia".

Buatlah informasi mengenai informasi-informasi kampus dan lainnya sebagai konten dalam fanspage anda.

2. Membuat buku panduan tur

Buatlah buku panduan untuk mahasiswa yang tertarik memakai jasa anda. Tentu membuat buku panduan yang berkaitan dengan kepentingan mahasiswa baru seperti peta jalan utama, peta kamus, lokasi berbagai kos dan rinciannya, perpustakaan, bank, tempat makan dan lainnya.

Bagunglah dengan teman baik dari kampus yan sama maupun berbeda dan membuat program tur untuk membantu mahasiswa baru.

Tujuannya agar mahasiswa baru percaya dengan pelayanan bisnis jasa tur anda.

3. Buatlah kepastian tur untuk mahasiwa baru

Tentukan waktu yang tempat untuk melakukan tur bersama mahasiswa baru. Atur jumlah kelompok bagi mahasiswa baru yang ingin gabung bersama jasa tur anda. Tentukan tarif per kelompok atau per individu yang ramah di kantong mahasiswa baru. Atur rincian tur yang sesuai buku panduan.

Dan yang penting lagi adalah penawaran tempat kos untuk membantu mahasiswa baru.

4. Kerjasama dengan pemilik kos sebagai penghasilan tambahan

Jangan sia-siakan mengenai peluang jasa marketng ini. Anda sebagai pihak yang mengelola jasa tur, sekaligus sebagai pihak marketing untuk bisnis kontrakan. Anda bisa memilih target rumah kos yang akan ditawarkan pada mahasiswa baru. Anda bisa memilih banyak tempat kos.

Bila berhasil, maka tentunya akan ada komisi dari pemilik kos untuk anda. Masalah pembagian keuntungan bisa anda tentukan dengan pemilik kos.

***

Anda bisa menciptakan peluang bisnis yang cocok dengan baik dengan sedikit kreatifitas dalam bisnis, pergaulan luas dan wawasan kota yang menjadi target tur untuk mahasiswa baru.