Membuat Situs Penjualan Toko Online?



Membuat Situs Penjualan Toko Online - Salah satu situs yang saya sukai sangat mendukung sekali mengenai pembahasan ini. Sebut saja situs ini adalah “Duniafitnes.com”. Kebetulan, situs ini termasuk situs terpercaya dalam hal diet dan fitness. Produk-produk tentang kepentingan latihan binaraga dan diet pun bisa dipercaya sehingga memiliki pelanggan yang tidak sedikit. Kalau bukan Deni Santoso yang sebagai pakar dan pemilik situsnya, siapa lagi?

Dalam situs tersebut, lebih dahulu menghadirkan “Tips” daripada “Buy”. Bisa dikatakan ini adalah teknik softselling.

Dalam strategi penjualan untuk memperbanyak pelanggan bukan hanya langsung mengarah ke website toko online. Tetapi terlebih dahulu memperkenalkan sebuah “tips” mengenai sesuatu yang nantinya diarahkan ke toko online penjualan produk.

Tentu tips yang diberikan dipublis menggunakan media blog. Dan banyak media lain sebagai pendukung blog seperti autoresponder, facebook, dan twitter.

Baca: Blog Jasa Iklan Online - Proyek Untuk Membangkitkan Para Blogger 

Strategi ini sudah populer dikalangan internet marketer kelas dunia. Blog tidak hanya bersifat personal tetapi lebih kepada blog personal bisnis. Artinya apa? Yang menjalankan pengisian blog tidak hanya si pemilik namun admin yang bertugas mengurusi pengisian blog. Bila memang sanggup mengurusi sendiri beberapa blog walau bisnis sudah berkelas menengah, silahkan saja. Namun bila memang kita sanggup membayar orang lain, kenapa masih mengurusi sendiri?

Guru internet marketing saya, Gm Susanto, bilang bahwa para praktisi internet marketing punya puluhan blog bisnis bahkan ada yang sampai ratusan. Masing-masing blog menghasilkan income yang lumayan. Beberapa blog memiliki penghasilan yang berlimpah karena sesuai spesialis dirinya. Kebayangkan bagaimana si marketer itu menulis untuk blog? Hm... tidak lain adalah membayar orang lain yang pandai menulis sesuai tema yang diinginkannya.

Namun banyak sekali orang yang sudah mengetahui starategi ini namun tidak menjalankannya. Padahal, potensi penjualan bisa sangat menguntungkan bila blog terus mengalami perbaikan kualitas dan penampilan. Mungkin masih kurang percaya diri membuat blog untuk kepentingan bisnis. Apalagi blog yang diurusi orang lain maka lebih tidak percaya diri lagi.

Strategi membuat blog adalah di awali dengan menggunakan kata kunci pencarian. Dengan menggunakan kata kunci pencarian maka bisa untuk pembuatan blog. Saya sudah singgung mengenai kata kunci di “Training 1”.

Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua bisa untuk pembahasan blog. Sebagai contoh adalah pembahasan mengenai parfum, sepatu, baju, dan lainnya. Bila kita membuat blog mengenai parfum atau lainnya, apakah bisa membahas mengenai parfum sampai ratusan?

Sebagai contoh adalah kata kunci “Parfum Original Wanita”. Apakah bisa membahas mengenai parfum dan parfum original? Kita sepakat bahwa kita bukan ahli parfum. Dan dalam pembahasan di internet, kebanyakan penjelasan parfum adalah mengenai jenis parfumnya sehingga tidak bisa untuk dijadikan tips.

Memang bisa bila beberapa artikel mengenai parfum namun tidak untuk ratusan artikel mengenai parfum. Karena memang sulit. Kata kunci parfum sudah mengarah kepada penjelasan produk yang dijual alias “Buy”.

Namun, hukum kesesuaian tetap berlaku. Kita sepakat bahwa untuk cantik, tidak hanya harus berpenampilan wajah yang mulus, putih dan seksi. Tetapi memiliki badan wangi juga dikatakan cantik. Sehingga wewangian identik untuk kecantikan bila memang dipakai wanita.

Sehingga bila kita ingin menembak kata kunci “Parfum Original Wanita” untuk dijadikan blog maka silahkan memakai kata kunci tersebut. Walau memang pasti banyak artikel yang bukan membahas mengenai parfum. Namun yang menjadi titik tekan adalah mengenai parfumnya.

Untuk itu, kita harus menjalankan sebuah langkah mudah sebagai berikut.

1.    Domain/subdomain penjualan produk

Kita harus memikirkan tentang nama “Parfum Original Wanita” sebagai domain toko online atau blog. Ini terserah Anda. Yang jelas, kenyataannya Anda memiliki dua hal yang perlu di urus. Saya akan memberikan contoh praktisnya.

Bila memang www.parfumoriginalwanita.com sebagai blog maka untuk toko online-nya menggunakan www.store.parfumoriginalwanita.com. Bila memang www.parfumoriginalwanita.com sebagai situs toko online maka untuk blognya www.blog.parfumoriginalwanita.com. Karena memang, awal pembelian menggunakan nama “Parfum Original Wanita” sehingga kita hanya menggunakan “Store atau Blog”.

Namun bisa menggunakan nama yang lain baik media gratisan seperti Blogger.com atau berbayar. www.tipscantikwanita.blogspot.com atau www.tipscantikwanita.com untuk blog-nya dan www.parfumoriginalwanita.com atau www.store.tipscantikwanita.com untuk nama toko online-nya.

Nah, blog menggunakan media gratisan inilah yang cocok untuk pemula pemodal cekak. Saya pun menggunakannya.

2.    Judul penjualan produk

Blog Media Gratisan=> Tips Kecantikan Wanita | Tips Parfum Untuk Wanita
Blog Media Berbayar => Tips Parfum dan Kecantikan Wanita | Parfum Original Wanita
Toko Online => Parfum Original Wanita Murah Dan Bebas Ongkir

3.    Deskripsi penjualan produk

Deskripsi  blog => Tips Dunia Kecantikan dan Parfum Untuk Wanita. Dapatkan Parfum Original Khusus Wanita.
Deskripsi toko online  => Dapatkan Parfum Original Khusus Wanita Yang Murah Dan Bebas Ongkir.

4.    Membuat menu dan banner

Membuat menu, slide atau banner dalam blog yang mengarahkan ke toko online parfum dan membuat menu dalam toko online yang mengarahkan ke blog tentang tips cantik dan parfum.

5.    Membuat kategori parfum dan kecantikan

Membuag katagori dalam blog seperti: tips memakai parfum, bunga parfum, membuat parfum, bau badan, krim pewangi, merawat kulit, tampil gaya, dan sebagainya.

6.    Artikel blog

Isilah blog Anda minimal 100 artikel. 2 bulan bisa selesai kalau menulis 2 hari sekali. Mengenai artikel, bisa mencari di internet dan rubah sampai 100% original content. Bila mengandalkan orang lain dalam menulis maka perlu memperhatikan keseriusan penjualan dan modal.

Begitulah langkah mudahnya.

“Pak, kenapa kita tidak langsung saja membangun situs toko online?”

Mungkin Anda bertanya demikian.

Maka saya akan menjawab bahwa pengunjung lebih suka untuk terlebih dahulu mengetahui informasi sebelum membeli walau pada dasarnya ingin membeli. Bukan itu saja, kita pun perlu menjalin hubungan.

Bila pengunjung mengetikkan “Parfum Original Wanita” dan ternyata mampir ke toko online Anda maka kemungkinan besar mereka mau membeli parfum. Ini secara teori. Namun pengunjung tidak langsung membeli. Pengunjung akan klik sana-sini termasuk ke halaman blog Anda yang tertaman dalam menu situs toko online. Setelah mantap pada produk dan penawaran di situs toko online Anda maka pengunjung akan membeli.

Lagi pula, trafik ke blog lebih banyak daripada langsung ke situs toko online. Sehingga bisa menghemat dalam permodalan iklan.

Itulah alasannya mengapa kita harus membuat dua situs penjualan.

Sudah paham? Bagaimana hasil penjualannya?

Kita perkirakan, dari 100 pengunjung maka yang akan bertanya mengenai parfum dan membelinya sekitar 1% alias satu orang. Bila memang dalam satu bulan mendapat pengunjung 1000 maka diperkirakan menghasilkan 10 pembeli.

Kita tidak mungkin membiarkan hanya mendapatkan penjualan 10 orang dengan pembelian 1 produk. Dan kita tidak mungkin membiarkan 10 pembeli itu lenyap begitu saja alias tidak membeli kembali.

Disini kita mulai harus memperhatikan siapa diri kita dan bagaimana bisnis kita. Seperti halnya kita yang tidak mau mendapatkan pembelian dalam jumlah kecil, mereka alias pembeli pun tidak mau membeli produk dalam jumlah besar. Bagaimana agar mendapatkan penjualan dalam jumlah besar namun tetap menguntungkan kedua belah pihak?

Anda tahu mengapa Anda suka jajan bakso ke Pak Amin? Bila Anda bisa menjawabnya maka untuk toko online Anda pun bisa menjawabnya.

Tentu, kita harus melihat kualitas parfum dari harga yang ditetapkan. Kita harus memikirkan pelayanan. Dengan ini maka bisa terjadi pembelian berulang.

Bila memang ingin mendapatkan penjualan yang banyak ada satu kata, “Sistem Paket”. Dalam menerapkan sistem paket harus memperhatikan berat produk, jenis-jenis produk, harga, dan penawaran spesial. Dengan sistem paket, lebih baik diberikan gratis ongkir. Yang penting produk yang dijual masih tetap mendapatkan untung bersih.

Click disini untuk mendapatkan panduan Sukses Membangun Toko Online

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!