Jualan di Haul Buntet Pesantren Memang Menguntungkan

Jualan produk di haul Buntet Pesantren bisa menguntungkan? Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah jualan produk di acara besar atau di di acara yang memiliki banyak orang dalam perkumpulan. Jualan di acara seperti ini sekilas mirip penjualan di acara bazar, pameran atau sejenisnya yang memang disengaja sebagai tempat berjualan. Namun, perbedaannya, jualan di haul Buntet Pesantren tidak menyengaja membangun sarana penjualan walaupun hal ini diatur oleh pihak panitia. Jadi, jualan produk di acara haul sama seperti jualan di acara hajatan atau acara lainnya. Sebagai pedagang, keramayan adalah target penjualan yang bagus. Hanya saja, memang, jualan produk di acara haul memiliki aturan sendiri seperti mematok harga sewa tempat penjualan dan lainnya.

 IG @cirebonbribin

Bagi mereka yang sudah pernah mengunjungi haul Buntet Pesantren akan memahami bagaimana kondisi atau keadaan orang-orang yang jualan produk di haul Buntet Pesantren. Bagi mereka yang belum mengetahui haul Buntet Pesantren, bisa membayangkan kondisi atau keadaan orang-orang yang berjuaan produk di pasar malam, pasar dadakan.

Namun, apakah benar jualan produk di haul Buntet Pesantren memang menguntungkan? Berikut alasan mengapa jualan produk di haul Buntet Pesantren dianggap menguntungkan.

Pertama, Ribuan Pengunjung Buntet Berasa Dari Berbagai Daerah

Saya tidak mengetahui secara detail, jumlah pengunjung haul Buntet Pesantren. Bisa saja, jumlah ribuannya sudah mencapai 10.000 pengunjung. Hal ini gabungan dari santri, keluarga santri, para alumni pesantren Buntet dan juga warga sekitar atau warga yang sengaja ingin ke haul Buntet Pesantren. Bisa dikatakan, haul Buntet Pesantren hampir seperti acara Muludan Keraton Cirebon keramayan kunjungannya.

Kedua, Memiliki Serangkaian Kemeriahan Acara

Hal yang menjadi keuntungan jualan produk di haul Buntet Pesantren adalah memiliki serangkaian kemeriahan acara, mulai dari acara bahstu masail, khitanan masal, seminar dan acara inti yaitu tahlil dan pengajian. Ini sudah menjadi potensi menghasilkan banyak kunjungan setiap harinya, terutama malam hari. Kalau ramai, tentunya, produk yang enak dan memang lagi trend bisa mendapatkan banyak penjualan.

Ketiga, Menjadi Tempat Hiburan Malam Hari

Sebelum acara di mulai, memang sudah banyak orang yang jualan produk terutama di malam hari. Kondisi seperti ini justru menarik para konsumen untuk berdatangan memilih produk yang diinginkan. Memang, sebagian besar pengunjung sekedar refresing malam di tempat yang memang bisa sebagai hiburan malam. Acaranya memang sekedar menikmati keramayan malam hari. Memang, ini bukan bagian dari acara haul. Tetapi, ini adalah kondisional penjualan yang melahirkan keramayan. Apalagi, sekarang ada tempat hiburan tersendiri yaitu kemidi puter, balon air dan sebagainya sehingga memang layak disebut tempat hiburan dadakan di malam hari.

Ketiga alasan di atas sepertinya sudah cukup menjadi alasan mengapa jualan produk di haul. Tentunya, masih ada beberapa lagi yang menjadi alasan jualan di haul Buntet Pesantren menguntungkan.

Namun, tidak semua penjualan produk menghasilkan keuntungan bagi si penjualnya. Hal ini bukan dikarenakan cara atau tempat jualan produknya melainkan dari produk itu sendiri.

Disini, saya akan menjelaskan beberapa kriteria produk yang memang berpotensi menguntungkan. Ukuran menguntungkannya tentu berdasarkan penjualan produk harian yakni penjualan di hari-hari biasa.

Pertama, Aneka Kuliner Atau Makanan Ringan

Di hari-hari biasa saja, kuliner atau makanan ringan sudah membuktikan penjualan yang memang menguntungkan. Katakanlah, kuliner bakso, mi ayam, tahu petis dan juga martabak yang memang produk khas dalam menyambut acara haul Buntet Pesantren. Rata-rata, penjualan produknya menguntungkan. Mengapa? Mereka yang menikmati acara hiburan di malam hari seperti naik kemidi puter, jalan-jalan malam, tetap membutuhkan makanan sebagai pengganjal perut.

Kedua, Aneka Minuman Dingin

Ketika makanan atau kuliner laku, tentunya, aneka minuman dingin pun laku. Sekalipun minuman dingin dijual malam hari, tetap saja, para pengunjung membutuhkan minuman dingin bukan hangat. Bahkan, penjualan minuman hangat seperti kopi, susu jarang atau mungkin tidak menjadi produk inti penjualan. Sepanjang pengamatan saya, minuman dingin seperti teh, kopi, susu, jus, menghiasi penjualan. Apalagi, ketika acara haul dimulai, banyak penjual minuman dingin.

Maka dari itu, penjual yang mau mencoba menjual minuman hangat, apapun jenisnya, siap menerima kegagalan penjualan porduk. Mungkin anda berpikir bahwa kopi hangat bisa laku. Tetapi, untuk penjualan di haul Buntet Pesantren, tidak bisa laku mengingat pengunjungnya adalah orang yang sedang menikmati hiburan malam hari.

Ketiga, Mainan Anak-Anak

Mainan anak tergolong banyak. Tetapi, mainan anak tergolong produk yang memang dianggap laku. Banyak anak-anak yang membeli mainan ketika haul. Hal ini menjadi sesuatu kegembiraan tersendiri seperti yang pernah saya alami waktu kecil. Namun, mainan anak ini tidak bisa dijadikan target untuk produk jualan anda yang memang sebelumnya tidak memiliki pengalaman dan lapak dalam penjualan produk mainan selain di haulan.

Keempat, Perabotan Ibu Rumah Tangga

Produk yang ini menjadi langganan ibu-ibu. Biasanya, prabotan rumah tangga akan laris-manis bila diberi harga yang memang lebih murah dari harga yang biasa dibeli di toko. Kalau harga tidak lebih murah, sepertinya, ibu rumah tangga akan menolak membeli kecuali memang produk rumahan yang memang keluaran terbaru.

Sepertinya, pembahasan di atas sudah cukup.


Produk Spesial Untuk Haul Buntet Pesantren

Spesial produk adalah produk-produk milik saya, adik-adik saya dalam melengkapi produk-produk jualan di haul Buntet Pesantren. Untuk produk milik saya memang sudah dijual lama dalam konter yang berada di rumah. Namun untuk produk milik adik, bulan-bulan ini, baru dihadirkan untuk menyambut haul Buntet Pesantren di bulan April 2020. Memang, produk ini akan dijual dalam jangka lama, tidak mangkal untuk sementara seperti kebiasaan para pedagang di haul Buntet Pesantren.

Berikut beberapa produk spesial yang ikut meramaikan haul Buntet Pesantren:

1. Pulsa, Vocer Kuota Internet dan Perlengkapan Ponsel

Produk ini adalah produk milik saya. Saya sudah berjualan lebih dari dua tahun. Tentunya, penjualan yang dianggap ramai salah satunya adalah saat kedatangan Haul Buntet Pesantren. Mereka akan membeli pulsa, cover kuota internet dan juga perlengkapan ponsel. Perlengkapan ponsel yang dijual adalah headset, carger, kabel data, lilitan. Sedangkan untuk pulsa memang sudah otomatis all operator. Kalau kuota internet, saya Cuma menjual vocer tri dan axis.


Apakah anda kalau datang ke haul Buntet Pesantren akan mampir ke konter saya? Datang saja di area pesantren Kiai Adib Rofiuddin Al-Inaroh.



2. Dimsum Dan Es Susu Ketan

Produk ini adalah produk milik adik saya. Sudah beberapa bulan memang berjualan. Tetapi, baru bulan Februari ini mangkal di kios area LPI Buntet Pesantren. Produk yang dijual adalah dimsum yakni dimsum ayam dengan kemasan yang rapih dan aman

 

Sekarang ini, sudah membuka susu ketan dengan wadah gelas plastik agar cukup disedot susu dan ketannya. Rasanya susu ketannya seperti susu anline namun tidak lengket dan amis. Intinya susu ketan ini seperti minuman cokelat karena memang diberi campuran cokelat.



Dimsum dan susu ketan bisa menjadi teman anda ketika berhaulan di Buntet Pesantren.

3. Kentang Goreng Long Potato Dan Lainya

Tanggal 8 Maret 2020 ini, gorengan long potato diluncurkan atau bahasa lainnya grand opening. Dengan merek, Papas, siap menghadirkan long potato yang bisa menggoyang lidah dengan bumbu dan saosnya.  Long potato adalah jenis makanan ringan sehingga kebutuhannya untuk mengemil biasa, seperti jajanan. Tentunya, akan menghadirkan makanan jenis kentang lainya untuk memanjakan lidah konsumen.



Makanan ini cocok ketika anda mengunjungi haul Buntet Pesantren. Anda akan menikmatinya.

Apakah anda mau menikmati? Anda bisa mengunjungi kios area kios jalan LPI Buntet Pesantren