Usaha Rumahan Susu Kedelai Dan Tips Cepat Laku


Masih mencari peluang usaha rumahan? Kenapa tidak mencoba saja jualan susu kedelai yang bisa menghasilkan penghasilan sampingan. Anda bisa meriset di Google Keyword, apakah susu kedelai memiliki pasar yang bagus bila dijual, baik secara online atau ofline. Namun, secara kualitas produk, susu kedelai bisa menjadi produk unggulan karena kandungan gizi yang dimilikinya.


Susu kedelai, di samping bergizi, juga enak rasanya. Aromanya juga cukup wangi yang berbeda dari aroma kedelainya. Asalkan tahu cara membuatnya. Apakah anda ingin tahu cara membuat susu kedelai? Saya tidak seahli tukang kuliner, sehingga dalam memberi tips tidak bisa menentukan takaran kedelai dan yang lainnya.

Bahaya Susu Kedelai?

Walaupun susu kedelai enak, gurih, menyehatkan, tetapi ternyata memiliki efek yang berbahaya bila dikonsumsi secara rutin apalagi pada bayi. Berbahaya susu kedelai bukan karena olahan susunya melainkan kacang kedelai yang belum difermentasi. Harusnya difermentasi dahulu sebelum dikonsumsi. Hal ini berlaku untuk tahu dan makanan dari kedelai lainnya.

Apakah benar-benar berbahaya? Saya tidak memiliki kapasitas untuk membenarkan. Apalagi di sisi lain, susu kedelai sudah dikonsumsi masyarakat Tiongok ribuan tahun yakni kira-kira sekitar 1900 menurut Wikipedia. Bahkan susu kedelai sudah menyebar ke seluruh Asia dalam pengkonsumsiannya. Produsen susu ternama bahkan memanfaatkan bubuk kedelai sebagai bahan dari susu (disebut juga susu Soya) yang sudah diteliti para ahli kesehatan. Bila memang susu kedelai atau berbahan kedelai berbahaya bagi kesehatan bayi, mengapa merek susu ternama mendapat perlindungan dari BPOM? Salah siapa?

Bila mengharuskan untuk membuat susu kedelai maka alangkah baiknya untuk memfermentasi hasil olahannya yakni susu. Hal ini sebagai jalan penengah antara yang Pro atau Kontra soal mengkonsumsi makanan berbahan kedelai non fermentasi. Mungkin bila susu difermentasi, larinya ke yogurt dan rasanya sudah pasti asem. Belum tentu enek bila susu kedelai difermentasi. Namun anda bisa mencari cara bagaimana memfermentasi susu kedelai yang enak.

Tetapi, apakah bisa mem-fermentasi susu kedelai?

Sesuai informasi yang ada di Google, memang sudah ada tulisan yang membahas cara memfermentasi susu kedelai. Anda bisa mencoba hal itu agar menghasilkan susu kedelai yang benar-benar menyehatkan.

Mungkin Anda bisa membaca artikel yang ada di internet seputar cara membuat susu kedelai fermentasi.

Tips Membuat Susu Kedelai Murni Agar Enak Rasanya dan Juga Beraroma Wangi

Tentunya anda harus menyiapkan kacang kedelai terlebih dahulu. Membeli setengah kilo bisa dibuat susu sampai berliter-liter susu kedelai. Satu gelas cangkir berisi kacang kedelai bisa dibuat untuk setengah liter bahkan bisa ditambah satu 1 liter atau satu botol air kemasan ukuran besar. Hal yang saya lakukan untuk konsumsi pribadi. Bergantung kadar air. Kebetulan saya mencampurkan dengan susu krim juga sehingga banyak air pun tidak masalah. Tetapi bila untuk dijual, tentu harus memperhatikan nilai keuntungan.

Berikut langkah-langkah membuat susu kedelai:
  1. Rendam kacang kedelai sampai mekar. Biasanya membutuhkan waktu 5-10 jam
  2. Rebus kacang kedelai kira-kira 5-10 menit atau sekiranya sudah terlihat sedikit busa rebusan. Tujuannya untuk menghilangkan bau kacang kedelai. Atau bisa merendam sampai bau kedelai tidak terasa menyengat. Bisa juga tanpa direbus atau direndem di air hangat. Asalkan sudah direndam selama satu hari agar kacang kedelai membesar. 
  3. Diamkan sampai dingin atau cuci dengan air agar panasnya hilang. Lalu buang airnya.
  4. Siapkan blender dan masukkan kacang kedelai sebagai proses pelembutan
  5. Masukkan air secukupnya. Jangan terlalu banyak atau sedikit. Tujuannya agar bisa menghaluskan dengan maksimal
  6. Setelah di-blender, campurkan dengan air sekitar seperempat liter. Lalu saring dengan alat penyaringan, bila perlu pakai kain khusus untuk penyaringan agar bisa untuk diperas-peras. Pastikan alat saring dalam keadaan bersih.
  7. Blender lagi agar sari kedelai bisa keluar lagi. Lalu saring dengan air seperempat liter lagi. Ulangi lagi prosesnya.
  8. Setelah itu rebus sampai 15 menit atau sekiranya sudah agak lama mendidih. Aduh-aduk selama perebusan agar tidak membentuk gumpalan busa.
  9. Susu kedelai murni sudah jadi.

Anda bisa menikmati rasa dan aroma susu kedelai murni, tanpa gula dan tanpa campuran lain. Tetap enak rasanya, bahkan lebih enak dari susu sapi murni, menurut penilaian saya. Karena saya sendiri mengkonsumsi susu kedelai dan juga sapi murni juga. Kebetulan sebagai peralihan dari mengkonsumsi karbohidrat alias nasi. Lagi diet sehat ceritanya.

Di samping menghemat pengeluaran gula, manfaat susu kedelai murni bisa maksimal didapatkan, juga bisa untuk dikonsumsi jangka panjang. Cocok untuk penderita diabetes.

Mungkin anda menginginkan aroma dan rasa sebagai penambah nikmat susu kedelai. Bila mau, anda bisa menambahkan jahe ke dalam susu kedelai. Campuran jahe sangat tepat sebagai campuran susu kedelai. Bila ada campuran jahe, bukan susu kedelai murni lagi. Tetapi, lebih baik bila menghilangkan kemurnian susu kedelai dengan jahe.

Lalu bagaimana tips memulai usaha rumahan susu kedelai? Berikut saya akan memberikan tips mudah dalam menjalankan usaha sampingan hanya dari rumah. Pengembangannya bisa mikir lebih lanjut.

Tips Menjalankan Usaha Rumahan Susu Kedelai Cepat Laku

Daripada menjual susu sapi murni yang dianggap sulit didapatkan, lebih baik menjual susu kedelai murni namun bisa laku terjual. Namun apakah bisa apalagi cepat laku terjual bila menjual hanya sekedar susu kedelai murni? Masih pikir-pikir. Susu sapi murni saja sulit laku, bagaimana dengan susu kedelai? Sudah basi sebelum terjual. Yang jelas, saya akan memberikan tips menjualnya, baik yang murni atau yang campuran.

Sebagai sampel kemasan produk, anda bisa menggunakan seperti gambar di bawah.

Susu Kedelai


1. Cara Menjual Susu Kedelai Aneka Rasa Dan Aroma

Anggap anda sudah bisa menglola susu kedelai dengan berbagai rasa dan aroma. Bila sudah bisa membuat produk bisnis, tentunya tinggal menjualnya.

Bagaimana cara mudah menjual susu kedelai aneka rasa? Gampang. Kerjasama saja dengan para penjual yang sudah terbiasa menjual minuman dingin dalam lemari pendingin. Biasanya untuk yang menyediakan lemari pendingin, pembelinya memang cukup banyak tiap harinya. Anda bisa manfaatkan ini untuk bisa bekerjasama.

Agar mudah mendapat pembeli dan cepat laku terjual. Anda bisa membuat lembaran iklan untuk di pasang di pintu lemari es. Tujuannya agar tahu bahwa di lemari pendingin ada minuman baru. Jangan lupa berikan harga murah.

2. Menjual Susu Kedelai Murni

Dalam lembaran iklan, anda bisa menuliskan “Menerima Pesanan Susu Kedelai Berbagai Aroma dan Murni”. Nah, Langkah penjualan susu kedelai murninya bisa dengan cara seperti ini. Tujuannya agar membuat susu murni ketika ada pemesanan. Susu murni jarang peminatnya. Kebanyakan pembeli lebih memilih susu dengan aneka rasa dan roma.

Namun, teknik pemesanan susu kedelai murni sepertinya kurang efektif. Jarang ada yang memesan dalam jumlah banyak. Bila memesan hanya satu biji, untuk apa membuat susu murni dalam jumlah banyak? Banyak pemesan yang lebih memilih susu dengan aneka rasa dan roma. Biasanya yang dilirik adalah susu aroma jahe karena rasanya yang enak dan cocok untuk campuran susu.

3.  Penjualan Susu Kedelai Aneka Rasa dan Aroma Via Online

Saya merekomendasikan pembuatan susu kedelai campuran aroma dan rasa harus mementingkan selera pasar bila mau dijual secara online. Rasa atau aroma yang sudah memenuhi selera pasar adalah susu campuran jahe. Anda sering menikmati wedang jahe campur susu? Enak bukan? Nah, bagaimana bila jahe sebagai campuran susu kedelai? Tentu akan serasi.

Apakah susu kedelai jahe bisa dijual secara online? Bisa. Namun saya merekomendasikan untuk terlebih dahulu menseriuskan usaha susu kedelai. Produk yang terjual secara online harus memiliki kelengkapan usaha yakni yang mendukung produk. Produk membutuhkan sertifikat dari Diknas, MUI, HAKI, keterangan masa kadaluarsa dan sebagainya. Anda bisa mengikuti pelatihan usaha bagaimana mengurusi pengemasan produk. Mengapa membutuhkan ini? Tujuannya agar produk yang dijual tidak mendapat komplain dari pembeli.

Anggap anda sudah memiliki legalitas produk. Selanjutnya adalah melakukan penjualan secara online. Bagaimana? Tidak perlu repot. Anda bisa membuka toko lewat situs marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Apakah bisa laku? Kira-kira, harga susu kedelai per kilogram (ilustrasi untuk standar kurir) berapa? Nah, anda harus membuat produk yang sekiranya layak di kirim standar per kilogram. Anda bisa mencontoh produk susu kedelai baprikan yang sudah beredar. Ada banyak contoh yang bisa ditiru khususnya dalam kemasan. Tentu, pemilihan kemasan yang lebih mengamankan produk.

Apakah repot susu kedelai menjual secara online? Repot. Maka dari itu, anda harus membangun keseriusan dalam penjualan susu kedelai. Terpenting, pembuatan produk harus memenuhi standar produk yang banyak beredar: keterangan diknas atau bpom, logo MUI, keterangan kadaluarsa dan sebagainya.

Membangun Pelanggan Online dan Ofline Susu Kedelai

Menjual produk yang berpotensi cepat laku adalah membangun pelanggan potensial. Apalagi, produk susu kedelai merupakan produk konsumtif. Arti konsumtif adalah bisa atau sering dikonsumsi setiap hari untuk kebutuhan penting seperti menjaga kesehatan dan kebugaran. Maka dari itu, bila penjualan susu kedelai ingin cepat laku, anda harus membangun pelanggan. Tidak bisa dipunggiri, 300 penjualan bisa anda raih bila 10 pelanggan mengkonsumsi susu dari anda setiap hari. Penjualan yang dianggap cepat laku, bukan?

Bagaimana membangun pelanggan potensial? Anda akan mendapatkan tantangan yang berat dalam pengelolaan produk susu kedelai. Produk susu kedelai harus memenuhi selera konsumen sudah pasti harus diterapkan. Untuk itu, anda harus terlebih dahulu ahli dalam meracik susu kedelai aneka rasa. Pembeli akan memilih penjual susu kedelai yang lebih mementingkan variasi rasa dan aroma. Konsistensi dalam hal rasa dan aroma pun menjadi inti penting membangun pelanggan potensial. Pelanggan tidak akan mudah berpaling karena produk langganan sudah memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tetapi, apakah bisa menghadirkan aroma dan rasa untuk cairan susu kedelai? Sepertinya sulit kecuali campuran jahe. Anda bisa mencari bahan lain yang bisa serasi dengan susu kedelai.

Yang jelas, susu kedelai tidak bisa bercampur dengan buah-buahan seperti anggur, apel dan yang lainnya. Apakah bisa susu fermentasi menggunakan campuran buah? Masaahnya, susu kedelai fermentasi belum familiar soal kualitas rasanya. Saya sendiri belum tahu bagaimana rasa susu kedelai fermentasi. Bila susu kedelai fermentasi terbilang enak dalam rasa, sepertinya cocok bercampur dengan buah-buahan seperti apel, anggur dan sebagainya seperti halnya minuman yougurt.

Masalah variasi rasa dan roma, anda perlu memikirkan dengan matang. Bila anda berhasil mendapatkan variasi rasa dan warna selain jahe, akan dengan mudah membangun pelanggan potensial. Cacat!


***

Modal usaha rumahan untuk susu kedelai tergolong tidak terlalu besar. Juga bisa anda jalankan dengan mudah dari rumah. Anda bisa bekerja sama dengan sebanyak mungkin penjual yang masih bisa dijangkau tempatnya. Selamat mencoba.