Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cari Kerja Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Bagaimana cara cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah tanpa harus mengganggu pekerjaan utama? Hal penting definisi kerja sampingan harus dipahami terlebih dahulu agar paham bagaimana jenis kerja sampingannya. Apa makna kerja? Kerja atau bekerja lebih kepada aktifitas atau kegiatan menjalankan sesuatu yang biasanya rutin dijalankan setiap waktu. Kalau definisi seperti ini, semua orang bisa dipastikan bekerja, entah bekerja mengurusi perusahaannya atau bekerja dalam perusahaan. Kecuali para investor sepertinya yang tidak bekerja karena memang cuma menanam modal atau uang saja. Bila sudah paham arti kerja, bekerja, tentunya, akan dengan mudah cara cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah.

 
Sumber: www.seon.co.id

Ada banyak cara cari kerja. Tentunya caranya bukan bermaksud mencari kerja di suatu tempat. Tidak. Bila yang diinginkan adalah kerja sampingan, cara cari kerjanya adalah menciptakan pekerjaan itu sendiri. Ini yang utama. Ya, kalau ada pekerjaan sampingan di suatu tempat hasil pencarian, ya silahkan saja.

Karena sebenarnya banyak sekali kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah, di sini, saya hanya akan menjelaskan cara cari kerja sampingan yang lebih mendukung kerja di rumah sambil aktifitas yang lain di rumah. Kerja sampingan juga berfokus pada kerja online. Tentunya, kerja sampingan yang akan dijalankan cocok untuk ibu rumah tangga juga. Ingat, di sini hanya menjelaskan cara cari kerja sampingan.

Memiliki Keahilan Kerja Sampingan Yang Siap Diperkenalkan Secara Online

Anda harus memiliki keahlian terlebih dahulu yakni keahlian membuat suatu karya agar bisa cari kerja sampingan. Tetapi, catatan keahlian di sini adalah keahlian yang bisa atau siap diperkenalkan secara online. Tidak semua keahlian bisa diperkenalkan secara online untuk melayani klien. Kalau tidak ada keahlian yang bisa diperkenalkan secara online, bisa transaksi secara online, anda tidak bisa menggunakan carai yang akan dibahas disini dalam cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah.

Mengapa cara cari kerja sampingan lebih kepada kerja online? Karena, mau kerja dimana kalau judulnya kerja sampingan? Kerja di luar rumah rata-rata bukan kerja samipngan. Kalaupun bisa kerja sampingan di rumah, paling sekedar usaha rumahan yang pekerjaannya di urus sendiri. Ingat, saya hanya membahas cara cari kerja sampingan sehingga membutuhkan ikhtiar pencarian. Cara cari kerja sampingan sebagai jalan ikhtiar lebih berfokus pada menggunakan media online. Kerja online memang yang bisa mudah dikerjakan di rumah sekalipun sibuk aktifitas lain.

Bila kerja sampingan lebih berfokus pada kerja online, keahlian apa yang bisa diperkenalkan secara online agar bisa mendapat pekerjaan secara online, pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah?

  • Kerja sampingan menulis artikel blog
  • Kerja sampingan membuat logo
  • Kerja sampingan membuat konten instagram
  • Kerja sampingan mengelola medsos
  • Kerja sampingan desain baju
  • Kerja sampingan desain web
  • Kerja sampingan membuat ebook
  • Jasa membuat aplikasi
  • Jasa menerjemahkan artikel/buku,
  • Jasa membuat dan mengedit video/multimedia,
  • Jasa merekam audio (voice talent),
  • Jasa beriklan online
  • Jasa menambah backlink untuk website

Daftar Ke Situs Marketplace Freelance Agar Penawaran Kerja Sampingan Anda Terpecaya

Dalam cara cari kerja sampingan secara online dengan keahlian yang dimiliki, alangkah baiknya anda mendaftar pada situs marketplace freelance yang banyak tersebar. Biasanya, ada situs freelance yang spesifikasinya bagian desain grafis, ada yang spesifikasinya bagian penulisan dan ada yang memang mengumpulkan berbagai bidang keahlian. Saya sendiri mengandalkan situs projects.co.id sebagai cara cari kerja sampingan di rumah. Situs ini pendaftaranya mudah dan memiliki rekening yang sesuai. Beberapa kali, saya mendapat orderan lewat situs projects.co.id.

Mengapa anda harus daftar di situs Freelance sebagai cara cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah? Begini alasannya yang saya ketahui.

Pertama, pihak situs terpercaya memberikan tanggung jawab demi kelancaran kedua belah pihak. Ketika ada permasalahan, situs pihak ketika -- dalam hal ini saya contohkan projects.co.id – memberikan bantuan sebagai solusi.

Kedua, memberikan fasilitas rekening bersama terpecaya. Jadi, ketika si klien mentransfer uang sesuai kesepakatan untuk pengerjaan proyek kerja pada anda, misal proyek menulis, uang akan dijaga oleh rekening milik situs freelance. Anda tidak perlu khawatir. Baru, setelah proyek selesai, anda akan mendapatkan uang hasil dari pengerjaan proyek. Ini sebagai pengaman untuk klien dalam mengandalkan jasa secara online. Jadi, ketika anda menggunakan situs freelance, anda memberikan rasa keamanan.

Ketiga, situs marketplace freelance ibaranya sebagai solusi bagi mereka yang tidak bisa atau tidak memiliki modal membuat situs jasa online. Memang, perlu upaya iklan juga agar jasanya diketahui. Bisa mengandalkan iklan berbayar atau gratis.

Keempat, bisa mewakili pemesan dari lintas rekening Bank. Kendala bagi mereka yang ingin membuka jasa online murah adalah masalah rekening. Biaya admin biasanya 6500 untuk bank BRI yang mentranfer ke lain bank. Jelas, percuma saja berharga murah kalau ada tambahan biaya admin bank. Namun, hal ini tidak berlaku ketika anda mendaftar di situs marketplace freelance. Mengapa? Jelas, situs ini akan menawarkan beberapa bank transfer.

Kelima, mengamankan data kontak pribadi. Biasanya, wanita paling takut membuka jasa online. Mengapa? Data kontak biasanya masih milik pribadi. Masa harus beli hp dan karut baru Cuma untuk cari kerja sampingan online? Jelas, hal ini tidak berlaku kalau mengikuti situs marketplace. Hanya saja, akun media sosial bisa sebagai alternatif data kontak.

Biasanya, ketika promosi di grup facebook atau lainnya, admin menyarankan untuk mencantumkan hastag #rekber alias rekening bersama. Daripada ikut seseorang sekalipun bisa dipercaya, lebih baik mengandalkan situs marketplace freelance yang terpercaya.

Silahkan Memperkenalkan Diri Sesuai Bidang Keahlian

Di sinilah awal anda untuk membangun brand sebagai cara untuk mencari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah. Anda harus mengisi biodata anda atau kolom about bila memang situs marketplace freelance menyediakan. Kalau di situs freelance yang saya ikuti, memang menyediakan halaman portofoio sehingga bisa memperkenalkan diri saya siapa. Tentunya, bukan sekedar perkenalan berupa deskripsi, melainkan perkenalan berupa bukti-bukti pengalaman.

Ketika perkenalan, alangkah baiknya jangan di simpan dalam file ebook. Anda harus menuliskan agar mereka tahu tentang anda. Pengalaman saya, malas juga melihat keahlian si dia bila harus mendownload biodata atau tentang dirinya.

Namun yang terpenting, jangan ada kebohongan tentang diri anda.

Membuat Penawaran Seputar Bidang Keahlian Agar Dapat Banyak Peminat

Membuat halaman penawaran dianggap penting juga dalam cara cari kerja sampingan. Dengan membuat halaman penawaran, tentunya ketentuan kerjanya sesuai anda sendiri. Misal, anda menawarkan jasa menulis artikel blog. Di dalam halaman penawaran, anda menulis rincian keterangan mengenai penawaran jasa artikelnya. Dalam penawaran, anda Cuma menerim artikel bisnis misalnya. Ketika si pemesan tertarik, tentunya dia hanya menerima yang sudah anda tawarkan. Si pemesan tidak bisa membuat kriteria-kriteria lagi kecuali kriteria yang memang bisa disepakati. Inilah keuntungan membuat halaman penawaran. Di samping itu, halaman penawaran bisa jadi dilihat banyak orang sepanjang waktu.

Saya tidak bisa memberikan pembahasan bagaimana membuat penawaran yang bagus dan memikat para klien. Hanya saja, kejujuran yang selalu ditekankan dalam membuat halaman penarawan.

Itulah cara cari kerja sampingan dengan membuat halaman penawaran.

Mencari-Cari Penawaran Sebagai Cara Cepat Mendapat Kerja Sampingan

Selain mencari penawaran, ada salah satu situs marketplace freelance yang  memfasilitasi pencarian kerja sampingan. Biasanya, ada orang yang membutuhkan sesuatu yang dibuat penawaran. Jadi, tidak hanya anda yang bisa membuat penawaran. Klien juga bisa membuat penawaran. Nah, penawaran dari mereka inilah yang bisa anda manfaatkan agar mendapat kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah. Ibaratnya, anda menjemput bola. Tetapi, anda harus mematuhi apa yang dimaui klien, sesuai penawarannya.

Perkenalkan Di Grup-Grup Jasa Yang Sudah Anda

Anda bisa aktif di grup-grup apalah yang ada di facebook yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan penawaran jasa anda. Halaman penawaran yang sudah anda buat bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan jasa anda kepada member grup. Caranya, memang tidak dibolehkan beriklan terus-menerus. Biasanya, anda membuat status yang mencirikan anda punya kemampuan dan siap kerja sampingan. Setelah ada yang tertarik, bisa dilanjutkan lewat pesan private. Di sinilah anda bisa menunjukkan halaman penawaran. Jadi, memang harus aktif di grup agar mudah dalam cari kerja sampingannya.

Terakhir: Membuka Usaha Jasa Dengan Tetap Bekerja

Carai cari kerja sampingan di atas adalah cara yang hanya melibatkan individu dalam cari kerja sampingan. Memang, cara ini tidak perlu repot karena cuma membawa diri sendiri. Tetapi, anda bisa mengambil cara lain yakni dengan membuka usaha jasa namun anda tetap bekerja. Tentunya, anda bisa meniru model situs marketplace freelance agar bisa memiliki usaha jasa. Anda hanya bertanggungjawab dalam meramaikannya agar para member bisa mendapatkan job yang banyak setiap harinya.

Apakah anda tertarik mengenai pembahasan cara cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah?