Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Marketing Mix & Mengenal Konsep 4P dan 7P !!!

Promoting blend adalah kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target market. Advertising blend atau juga dikenal dengan istilah bauran pemasaran mengacu pada serangkaian tindakan, atau strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan dalam mempromosikan jasa atau produk yang mereka jual di pasar. 


Namun seiring dengan perkembangan strategi pemasaran, konsep bauran pemasaran ini diperluas sehingga menjadi 7P yaitu dengan tambahan Individuals, Cycle, Actual Proof. Ketujuh elemen tersebut, jika dapat diimplementasikan dengan baik maka sebuah bisnis akan memperoleh beberapa keuntungan.

Pada dasarnya, konsep advertising ini akan membantu sebuah bisnis dalam merencanakan strategi pemasarannya dengan tepat. Dengan demikian, suatu produk dapat diterima dengan baik oleh target market yang sudah ditentukan.

Konsep Showcasing Blend 4P

1. Item (Produk)

Produk merupakan sesuatu yang dapat dijual oleh sebuah perusahaan baik itu berbentuk jasa, layanan, barang, atau produk computerized. Ketika mengembangkan sebuah produk, sobat perlu memastikan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar atau tidak. Selain itu, produk yang sobat jual juga harus bisa memberi solusi untuk masalah yang dihadapi oleh target konsumen sobat.

2. Value (Harga)

Cost atau harga ialah biaya yang harus dikeluarkan oleh target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Harga yang ditetapkan tergantung dari nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika produk memiliki harga yang rendah, maka produk dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

Pada dasarnya, harga yang ditetapkan harus lebih tinggi dari biaya produksi sobat. Hal tersebut perlu sobat perhatikan karena konsep cost ini akan menentukan keuntungan dan kelangsungan bisnis sobat. Selain itu, harga yang sobat tentukan juga akan mempengaruhi persepsi konsumen mengenai produk sobat.

3. Place (Tempat)

Place mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain berbentuk lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik, atau gudang, saat ini unsur place juga dapat berbentuk computerized seperti media sosial, commercial center, site, dan lain. Ketika menentukan lokasi, sobat harus memikirkan dimana pelanggan sobat berada. Jika sobat menjualnya secara advanced, maka pikirkan stage apa yang sering digunakan oleh target pelanggan sobat.

4. Advancement (Promosi)

Setelah sobat menentukan item, cost, dan place, sekarang ialah saatnya untuk menerapkan strategi promosi. Advancement atau promosi adalah cara untuk mempromosikan produk sobat agar dapat menjangkau target market sehingga menghasilkan penjualan.

Promosi dapat sobat menggunakan katalog, papan reklame, brosur, iklan television, dan lain. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan strategi promosi computerized yaitu dengan menggunakan media sosial, site, iklan pay per-click, atau yang lain.

Konsep Showcasing Blend 7P

Setelah sobat mengetahui apa itu promoting blend dengan komponen 4P, berikut 3 komponen tambahan yang ada dalam konsep showcasing blend 7P.

1. Individuals

Individuals atau orang yang menjalankan pemasaran juga menjadi elemen penting bagi sebuah bisnis. Orang yang dimaksud dapat mencakup client assistance, staff showcasing, staff pengemasan dan pengiriman barang, mentor, dan lain. Orang dibalik bisnis sobat sebaiknya memiliki 3 aspek utama , yaitu mampu memberikan layanan yang berkualitas, memiliki semangat yang tulus, serta terbuka untuk menerima criticism atau masukan.

2. Process

Expositions ialah bagaimana produk atau layanan sobat dikirimkan ke pelanggan. Elemen ini dapat berupa prosedur, alur atau mekanisme yang perlu konsumen lakukan agar bisa mendapatkan produk atau layanan sobat. Perlu dipastikan bahwa expositions yang dibutuhkan sudah sobat atur dengan baik sehingga dapat meminimalkan biaya yang perlu sobat keluarkan. Selain itu expositions juga harus bisa memudahkan konsumen untuk mendapat produk sobat.

3. Actual Proof

Actual Proof atau bukti fisik merupakan segala sesuatu yang dapat dilihat oleh pelanggan ketika mereka berinteraksi dengan bisnis sobat. Beberapa contoh actual proof adalah kemasan produk, tanda terima, kwitansi pengiriman, desain inside toko, situs site, logo, dan masih banyak lagi. Selain itu, elemen ini juga dapat mengacu pada cara staff sobat bekerja atau cara mereka berpakaian. Dengan lebih memperhatikan kelengkapan komponen pada bukti fisik ini, pelanggan dapat lebih yakin untuk menggunakan produk sobat. Dengan demikian, bisnis dapat menghasilkan penjualan yang lebih banyak daripada sebelumnya.