Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Digital Marketing & Penerapannya !!!

Ada beberapa strategi advanced advertising yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui media computerized. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, media yang digunakan untuk pemasaran advanced meliputi saluran komunikasi yang sebenarnya hampir setiap hari kita jumpai, baik melalui jaringan Web maupun telepon.


Advanced advertising memiliki beberapa strategi, tergantung pada media yang digunakan. Nah, untuk saat ini, jenis strategi advanced advertising adalah:

1. Web search tool Advertising (SEM)

Strategi advanced advertising yang satu ini melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yippee, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua region, yaitu Website optimization dan PPC.

Website improvement

Cara ini dilakukan dengan mengoptimasi konten advanced advertising Anda agar muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar ke penyedia iklan. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami tentang Web optimization dan cara menerapkannya.

Pay-per-Snap (PPC)

Berbeda dengan Web optimization, PPC dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada penyedia iklan agar materi computerized promoting Anda selalu berada di hasil teratas saat calon pelanggan mencari watchword tertentu sesuai produk Anda.

2. Powerhouse/Member Promoting

Benar, seperti yang sudah Anda duga, cara computerized promoting ini melibatkan pihak lain, yaitu powerhouse atau mitra afiliasi untuk membantu Anda memasarkan produk.

Powerhouse promoting dilakukan dengan membayar jasa force to be reckoned with di web, lalu powerhouse tersebut akan memasarkan produk Anda kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.

Subsidiary promoting melibatkan mitra, dan Anda membayarkan komisi kepada mitra tersebut apabila mereka berhasil menjual produk Anda. Contohnya, Hostinger memiliki program afiliasi untuk memasarkan produk secara lebih luas.

3. Content Promoting

Seperti namanya, content promoting adalah strategi pemasaran yang melibatkan berbagai jenis konten, baik dengan membuat, mengelola, maupun memposting konten. Anda menggunakan konten untuk "membujuk" pengguna membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, salah satu cara terbaik untuk menerapkan strategi advanced showcasing ini adalah membuat site sendiri, dengan memilih area yang tepat dan layanan web facilitating terbaik.

Apabila sudah memiliki site, khususnya yang Search engine optimization amicable, Anda bisa mengoptimasi konten di situs Anda agar muncul di halaman pertama mesin pencari sehingga bisnis Anda lebih dikenal secara luas.

4. Email Advertising

Email advertising ialah strategi computerized promoting yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan (endorser).

Poin utama cara ini bukanlah sekadar mengirimkan email, tapi bagaimana Anda membuatnya semenarik mungkin agar pelanggan mau membacanya, bahkan mengeklik promosi dalam email Anda.

Ada beberapa device email promoting yang bisa Anda gunakan untuk membuat email promosi yang menarik. Silakan baca artikel kami tentang aplikasi email promoting yang akan membantu Anda meningkatkan angka penjualan melalui promosi email.

5. Virtual Entertainment Promoting

Virtual entertainment promoting ialah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, baik dengan mengoptimasi konten Anda maupun dengan "menitip" iklan di jejaring sosial.

Anda bisa promosi bisnis di TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube. Hampir semua stage media sosial kini menyediakan layanan untuk mempromosikan bisnis.

6. Viral Promoting

Viral promoting adalah cara pemasaran yang dilakukan sekreatif mungkin agar orang tertarik untuk membagikannya secara luas. Masih ingat iklan es krim dengan tema show kolosal kerajaan nusantara yang ada adegan menaiki elang? Gab, ini salah satunya.

Perusahaan yang membuat iklan ini mengambil latar show kolosal yang sebenarnya cukup sering moving dan menjadi bahan pembicaraan orang.

Mereka quip turut menerapkan semua ciri khas show tersebut, mulai dari naik elang, menggunakan aktor dan aktris yang sama, bahkan jalan ceritanya.

Namun, ada beberapa hal yang sengaja dibuat "nyeleneh" agar menarik perhatian orang yang menontonnya. Hasilnya, iklan ini quip cepat sekali menjadi viral karena penonton terus membagikannya di berbagai stage jejaring sosial.

7. Versatile Promoting

Pemanfaatan perangkat versatile atau seluler untuk pemasaran computerized dilakukan selain menggunakan koneksi Web. Versatile promoting sendiri dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu selling dan SMS advertising.

Selling

Strategi computerized promoting ini dilakukan melalui telepon, dengan menghubungi nomor ponsel pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan yang kerap menggunakan cara ini adalah perbankan atau pembiayaan (finance).

Selling juga bisa digunakan sebagai metode yang cukup efektif untuk retensi pelanggan, karena dirasa lebih individual dan membuat pelanggan merasa spesial.

SMS Advertising

Metode ini dilakukan menggunakan layanan SMS untuk mengirimkan pesan promosi massal ke nomor ponsel pelanggan.

Meskipun kini SMS sudah jarang sekali digunakan untuk berkomunikasi, beberapa perusahaan masih menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Salah satu keunggulan SMS dalam strategi advanced showcasing adalah para advertiser bisa melakukannya dengan cepat dan lebih murah, menggunakan fitur yang disebut "SMS Impact".

8. Radio Publicizing

Radio publicizing juga termasuk strategi computerized showcasing loh. Memang, radio untuk advanced showcasing adalah metode yang sangat populer ketika perangkat ini masih menjadi salah satu hiburan utama dulu.

Tapi jangan salah, dengan kecanggihan teknologi saat ini yang memungkinkan radio didengarkan melalui Web, cara ini juga masih cukup ampuh untuk memasarkan produk Anda.

9. Television Publicizing

Selain radio, salah satu media lainnya yang masih sangat populer untuk advanced showcasing adalah televisi. Dengan television publicizing, Anda bisa membeli opening untuk beriklan dan memasarkan produk.

Semakin populer acara yang sedang tayang, biasanya semakin mahal pula space iklannya.

Jenis iklan yang ditampilkan juga beragam, seperti iklan di antara jeda acara, iklan running text, atau yang ditampilkan langsung dalam acaranya (support).

Untuk beriklan di television, Anda bisa menggunakan jasa agensi iklan. Kisaran biaya yang harus Anda keluarkan juga berbeda-beda, tergantung pada stasiun television yang menayangkannya, waktu penayangan, dan jenis iklan.