4 Tips Peluang Bisnis Jasa Rental Komputer


Anda mau membuka bisnis jasa rental komputer? Perlu kita tahui dulu bahwa komputer sudah menjadi kebutuhan pokok dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Sampir semua orang membutuhkan komputer walau tidak mesti memiliki komputer. Dengan kondisi yang penting ini, pantaskah bila membuka bisnis jasa rental komputer? Pantas!

Bisnis Jasa Rental Komputer

Memang sudah banyak orang yang punya komputer atau leptop bahkan tablet. Apalagi komputer/laptop untuk kalangan mahasiswa maka sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan karena memang selalu dihadapkan dengan berbagai tugas karya tulis.

Tapi tidak jarang orang bahkan mahasiswa malas untuk memanfaatkan secara maksimal pada komputer atau laptop yang dimilikinya. Mereka lebih senang bila orang lain yang mengerjakan. Dengan begitu, maka akan membutuhkan jasa rental komputer untuk mengetikkan tulisan yang diinginkan.

Memang banyak mahasiswa yang mengetikkan karya tulis dengan bantuan jasa rental komputer walau tugas yang dibuat seharusnya mereka yang mengerjakan. Mereka hanya memberikan buku referensi dan memerintahkan tukang rental untuk mengetik.

Karena Anda berkacamata bisnis, maka kondisi malas mahasiswa bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis rental komputer. Memang alasan Anda membuka bisnis rental komputer bukan hanya dikarenakan mahasiswa malas membuat karya tulis sendiri namun juga karena memang tugas mahasiswa yang banyak sehingga ada sebagian tugas yang dikerjakan orang lain dalam hal mengetik. Tentu sebagian mahasiswa pun ada yang tidak punya komputer/laptop sehingga membutuhkan jasa rental komputer.

Bisnis jasa rental komputer terbilang tidak membutuhkan modal besar. Untuk 1 komputer hanya mencapai 2 juta untuk pentium 4. Di tambah membeli yang lainnya mungkin hanya mencapai 5 juta untuk sekedar peralatan kerja. Tetapi kalau di total memang tidak lebih dari 10 juta.

Baca: Bisnis Komputer

Bila memang mau membuka bisnis rental komputer maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut penjelasannya:

1. Lokasi

Hasil pengamatan yang didapat, maka untuk lokasi rental komputer memang harus yang berdekatan dengan dunia pendidikan. Dengan catatan, lembaga pendidikan yang berada di area jalan raya atau samping jalan raya yang ada kios-kios penjualan lainnya. Rata-rata memang yang menggunakan jasa ini adalah kalangan pelajar dan mahasiswa secara khusus mahasiswa.

Walau di area pendidikan kalau tempatnya sepi dan tidak ada pendidikan untuk mahasiswa yang berdekatan dengan jasa rental Anda maka sulit untuk mendapatkan banyak pelanggan.

2. Peralatan

Untuk peralatan yang diperlukan dalam jasa rental komputer ini adalah komputer, printer, scanner, meja komputer, alat tulis, CD room, kertas HVS, dan lainnya.

Karena lewat kios dalam menjalankan bisnis jasa rental komputer, tentu Anda harus memiliki beberapa komputer agar ruang kios bisa dimanfaatkan. Biasanya ada mahasiswa yang ingin mengetik sendiri sehingga bisa memanafaatkan komputer yang lain.

Lebih baik memang bila disertai dengan penjualan lain sepeti penjualan pulpen, pensil, spidol, penghapus, dan lainnya yang kepentingannya untuk kegiatan belajar.

3. Kemampuan mengetik

Seorang yang mengandalkan jasa pengetikan karena memang ingin dikerjakan dengan cepat. Bisa saja seorang tersebut lambat dalam mengetik atau tugas harus segera selesai di hari tertentu sehingga membutuhkan jasa rental yang cepat.

Untuk itu, demi kelancaran bisnis jasa rental komputer maka Anda dan karyawan harus memiliki kemahiran dalam mengertik 10 jari tanpa melihat keybord. Bukan hanya bisa mengetik namun bisa juga dalam mensetting MS Word dan. Bila perlu tahu mengenai tata penulisan Bahasa Indonesia barangkali ada yang menanyakan hal ini.

4. Berikan bonus atau diskon

Anda bisa menentukan jumlah lembar yang bisa untuk mendapatkan bonus atau diskon. Bila mencapai jumlah lembar yang ditargetkan Anda, Anda memberikan diskon atau bonus. Anda bisa memberikan bonus berupa gratis kertas prin atau memberikan potongan harga.

Dengan memberikan hal ini maka pelanggan Anda akan banyak dan tetap setia pada jasa Anda. Bila memang pelanggan Anda bertambah banyak maka perlu menambah jumlah komputer dan karyawan. Karena semakin banyak orang yang meminta diketikkan biasanya akan semakin lambat dalam menyelesaikan ketikan.

4. Promosikan

Cara memprosikan adalah dengan menempelkan selembaran di papan yang memang diijinkan oleh pihak sekolah atau kampus. Anda tidak perlu menyebarkan brosur karena memang membutuhkan modal kertas dan memang tidak efektif bila menggunakan brosur dalam jasa rental komputer.

Mempromosikan hal ini bila memang bisnis jasa rental komputer sudah memiliki min 5 komputer. Di samping itu dalam bisnis Anda memang menjual perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk kegitan belajar atau kerja kantor.


↪ Mau Jasa Pembuatan Blog Dan Minisite Blogspot Dengan Template Keren Plus Konsultasi?

↪ Mau Jasa Menulis Artikel Blog Dengan Harga Murah Kualitas Tidak Kalah Bagus?

↪ Mau Jasa Cover Buku dan Ebook Beserta Banner Cover?


Segera hubungi saja di data kontak milik saya pribadi:

Facebook: @bisniselbuy
Facebook @karyatuliselbuy
Email: ezaman45@gmail.com
WA: 089664625610
IG: @ubayzaman Projects.co.id: bit.ly/jasablogspot Projects.co.id: bit.ly/jasartikel