Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Cara membuat blog agar menghasilkan uang ini akan dibahas di blog “Peluang Usaha Kecil Sampingan Menguntungkan”. Bila sudah seperti ini, pembahasan cara membuat blognya di luar hal teknis membuat blog. Kalau masalah teknis, anda bisa membaca atau mendengarkan vidio di tempat lain. Tetapi, untuk masalah strategi cara membuat blog agar bisa menghasilkan uang, bisa mengandalkan pembahasan disini.


Sumber:www.liputan6.com

Saya perlu membahas kembali, sekalipun sudah dibahas, mengenai cara membuat blog agar menghasilkan uang di internet dengan cara yang mudah dijalankan.

Mengapa pembahasan cara membuat blog ada kata “mudah”? Karena, banyak dari mereka sepertinya sudah tidak mau melirik dunia blog dalam menghasilkan uang. Mereka lebih memilih membuat channel youtube alias menjadi youtuber, yang konon penghasilannya jauh lebih besar. Memilih jalur youtube tantangannya berat daripada jalur blog.

Padahal, cara membuat blog bisa dengan cara mudah: mengandalkan jasa penulis yang bisa dibayar murah. Mudah bukan? Tetapi, yang akan saya bahas, bukan soal mudah seperti ini dalam cara membuat blog agar bisa menghasilkan uang.

Memperbandingan Membuat Blog Dengan Membuat Channel Youtube

Banyak blogger yang pidah ke youtube di saat mereka belum merasakan berhasil di blog. Alasanya, blog sudah ditinggalkan para pembaca. Mereka lebih memilih youtube karena cukup didengar. Et, padahal, membaca di blog jauh lebih menghemat biaya daripada youtube. Kalau sekedar mendengarkan narasi, ngapain youtube?

Namun, di sini saya ingin mencoba membandingkan mengenai cara membuat blog dan membuat channel youtube.

1. Membuat Blog

Membuat membutuhkan seperangkat pengetahuan dasar pemrograman. Karena, mau tidak mau, si blogger akan mengedit sendiri kode-kode HTML dan CSS yang ada di blog.

Jadi, tidak hanya membuat blog lalu kemudian tidak diberesin. Bagaimana bisa membuat blog agar bisa menghasilkan uang tanpa pengurusan?

Sekalipun sulit dalam segi hal teknis pengurusan blog, tetapi mudah dalam pengurusan membuat konten tulisan yang bisa menghasilkan uang. Mudahnya bagaimana? Anda cukup menulis dengan baik, selesai. Setelah selesai, cukup melakukan editing sederhana pada kontent tulisan.

Tentunya, seperangkat pengaturan SEO offpage dan onpage harus dilakukan agar bisa menghasilkan kunjungan melimpah. Semakin banyak kunjungan, blog semakin bisa menghasilkan uang.

2. Membuat Channel Youtube

Membuat channel youtube tidak serumit membuat blog. karena sekali membuat channel, anda cukup melakukan settingan sederhana. Ya, channel youtube tidak mengandalkan penggantian tempale sehingga tidak menyulitkan.

Tetapi, sekalipun mudah dalam hal teknis membuat channel youtube, membuat konten vidio youtube tidak semudah membalikkan tangan.

Ya kalau sekedar merekam, saya bisa. Tetapi, bagaimana membuat narasi yang bagus? Sekalipun bisa, saya mengalami kesulitan membicarakannya. Terpaksa, saya menulis terlebih dahulu. Belum masalah editing, bisa lama.

Sudah capek membuat konten vidio youtube, apakah bisa berhasil? Jauh dari harapan berhasil. Sudah jauh dari harapan berhasil, tidak bisa diupayakan dengan teknik SEO off page-nya karena channel youtube lebih mengutamakan mengandalkan pencarian di Youtube.

Menang, ada youtuber sukses cuma modal konten iseng. Ya, ini hanya keberuntungan mereka saja.

Untuk tahap pemula, memang jangan melangkah ke youtube dahulu. Apalagi, bila kepentingannya agar menghasilkan uang, lebih baik memfokuskan pada membuat blog.

Alasan Pemula Harus Membuat Blog di Blogspot Agar Menghasilkan Uang

Simpel saja, yakni agar pemula bisa hidup tenang dengan perjalanan membangun blognya. Mengapa? Blog dari blogspot gratis tanpa syarat, asalkan mungkin tidak melanggar aturan blogger.com.

Saya selalu gagal menggunakan wordpress dengan alasan “biaya”.

Lebih jauh, dalam dunia blogging, mau tidak mau, seorang blogger harus bisa mengutak-atik hal teknis blog di blogger.com. Di sini, anda bisa memilih dua pilihan: sekedar bisa menjalankan blog yang benar atau menjadi programmer handal.

Di dalam blog di blogger.com, ada beberapa jenis pemrograman:
  • HTML khas Blogger: pemrograman dasar membuat blog di blogspot
  • CSS: pemgrograman untuk mempecantik desain blog
  • JavaScript/JQuery: pemrograman agar blog lebih kreatif.
Tentunya, langkah penggunaan pemgrograman di atas cukup mudah untuk pemula. Apalagi, tutorial seputar blog banyak bertebaran di internet.

Keuntungan ketika menguasai dunia pemrograman blog di blogspot sebagai cara agar menghasilkan uang:
  • Bisa membuka kursus cara membuat blog penghasil uang
  • Bisa membuat template premium untuk dijal
  • Bisa membuka kursus pemgraman web khas blog blogspot

Membuat Tulisan Di Blog Yang Bertujuan Menghasilkan Uang

Dunia blog tentunya dunia tulis-menulis. Memang, ada sebagian blogger yang memang memiliki hobi mempublish hasil foto di blog. Tetapi, sekalipun mempublish foto, kesan berkualitas suatu konten kalau disertai narasi atau tulisan.

Jadi, inti utama dalam cara membuat blog atau cara menjadi blogger adalah menguasai tulis-menulis khas blog. Yang lebih diutamakan lagi adalah menulis sesuatu yang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang.

Tidak semua kemampuan menulis bisa untuk bekal menghasilkan uang. Maka dari itu, pembelajaran menulis di blog lebih kepada kemampuan menyampaikan pada topik yang terpilih. Ya, tidak ada syarat khusus dalam menulis di blog. Ketika sudah mahir menulis dengan baik, ini sudah cukup.

Contoh topik blog untuk dibuat tulisan yang menghasilkan uang:
  • Topik bisnis dan investasi
  • Topi kesehatan
  • Topik kecantikan
  • Topik penulisan
  • Topik pendidikan
  • Topik wisata
  • Topik berita dari aneka topik
  • Topik kuliner
Cara yang harus diperhatikan ketika mau menulis di blog agar bisa menghasilkan uang adalah meningkatkan pada sisi pengamalan atas informasi yang ditulis. Jadi, anda tidak sekedar menulis. Anda juga harus bisa mengamalkan atau sudah mengamalkan. Sebagai contoh yang kental pengamalannya adalah topik seputar wisata dan kuliner.

Ketika tulisan anda diminati banyak orang dan menghasilkan banyak pelanggan atas tulisan anda, inilah modal untuk blog anda bisa menghasilkan uang. Jalur atau cara menghasilkan uang dari membuat blog bisa lewat jalan apa saja.
 

Cara Membuat Blog Yang Anda Buat Hasil Dari Kursus Blogging Oleh Mentor Terpercaya

Cara membuat blog agar bisa menghasilkan uang adalah ketika anda berani berinvestasi pada pembelajaran blogging. Saya sendiri berinvestasi pada pembelajaran tutorial menulis di blog dan panduan SEO.

Pembelajaran blogging bukan sekedar informasi hal teknis membuat blog yang bagus, tetapi juga teknik menulis di blog yang bisa berpotensi menghasilkan banyak kunjungan. Di samping itu, blogging juga berkaitan dengan informasi bagaimana cara membangun backlink untuk blog.

Di sinilah, anda harus memilah mentor yang bisa dipercaya dalam pembelajarannya. Memang, memilih mentor bisa dikatakan sulit. Tetapi, hal ini bisa diatasi dengan memilih mentor yang menghadirkan informasi terpercaya yang bisa membuat blognya sendiri berhasil.

Daripada anda kesulitan mencari, saya merekomendasikan di “Kepointernet.com” dalam panduan SEO blog. Menurutku, materi SEO blog jauh lebih penting dari hal teknis membuat blog.

Hal yang bisa dipercaya adalah, mentor dari situs Kepointernet.com berhasil mensukseskan situs dirinya dan banyak situs lainnya lewat jasa backlink yang dibangunnya.

Blog Berfokus Pada Penjualan Produk Affiliate dan Adsense Agar Menghasilkan Uang

Anda tidak perlu menambah lagi beban dalam pikiran anda dengan membuat produk bisnis atau pelayanan jasa. Ketika blog sudah menghasilkan kunjungan minimal 100/bulan, ini sudah menjadi modal untuk menjalankan bisnis yang siap pakai yaitu affiliate dan adsense.

Sebenarnya, tahap pemula tidak perlu bermain adsense. Pemula lebih memilih bisnis affiliate. Tetapi, karena bisnis adsense jauh lebih mudah, asalkan punya akun adsense, bisa dijadikan bisnis sampingan. Kemudahan dalam menjalankannya bukan dalam hal jumlah melainkan caranya yakni cukum memasang iklan.

Kalau affiliate, sulit dalam prosesnya karena harus memahami isi produk dan membuat banyak tulisan review. Walaupun, ketika terjadi penjualan 1 kali setiap bulan, ini sudah dianggap cukup untuk tahap pemula. Biasanya, sekali transaksi bisa menghasilkan minimal 25.000. Padahal, kunjungan blog masih sedikit.

Bagaimana bila mendapatkan uang 25.000 per bulan berasal dari adsense? Ini bisa membutuhkan kunjungan lebih dari 5000/bulan. Kasus sekarang, 1000 kunjungan Cuma mendapat di bawah 8.000 per bulan.

Saran Terbaik Membuat Blog Affiliate Agar Menghasilkang Uang

Saya berhasil mendapatkan atau menghasilkan uang jutaan rupiah dari bisnis affiliate karena menjual produk bertemakan “make money” atau “panduan bisnis”.

Atau, anda bisa memilih produk yang mendukung pembangunan web bisnis seperti template/theme, hosting, dan lainya. Agar tidak memberatkan dalam modal bisnis, lebih baik mengambil affiliate penjualan template/theme.

Tetapi, produk make money memang produk unggulan. Sayangnya, sekarang jumlah produk ini sudah berkurang peredarannya. Lantas bagaimana? Kembali pada produk yang masih berkaitan untuk kepentingan bisnis.

Anda boleh memilih langkah pemilihan produk di atas agar berhasil mendapatkan uang dari membuat blog.

Perincian langkah mudah cara membuat blog untuk penjualan produk make money atau panduan bisnis serta produk pendukungnya agar mudah menghasilkan uang:

  • Memilih topik blog bertemakan bisnis
  • Memasukkan tema lain yang bisa dibisniskan seperti tema kecantikan, kesehatan, fashion, kuliner dan sebagainya.
  • Memakai subdomain, judul dan deskripsi niche sesuai topik bisnis dan sesuai kata kunci yang banyak dicari
  • Membagi banyak label/kategori seputar bisnis
  • Menghadirkan label/kategori pembahasan review produk
  • Memakai template yang cocok untuk affiliate dan sekaligus untuk adsense
  • Memberikan lebih dari 100 posting artikel yang memuat variasi kata kunci.
  • Membuat tulisan yang bervariasi: berita, tips, review produk, opini, dan sebagainya.


Saran Terbaik Membuat Blog Adsense Agar Menghasilkang Uang

Lalu bagaimanakah membuat blog untuk adsense agar bisa menghasilkan uang dari bisnis adsense? Cukup satu agar sukses adsense yaitu: perjuangkan kunjungan sampai minimal 10.000/hari.

Jadi, membuat blog affiliate pada dasarnya untuk kebutuhan bisnis adsense juga.

Mengapa harus 10.000 per hari agar sukses bisnis adsense? Kasus dahulu, saya mendapatkan uang, katakanlah 100.000 per bulan dengan kunjungan 5000 memakai blog bertopik bisnis. Sehingga kalau mau mendapatkan uang lebih dari 3.000.000, kunjungan blog harus lebih dari 5000 kunjungan per hari. Berat kan?

Perincian membangun pengunjung lebih dari 5000 per hari agar bisa mendapatkan uang dari membuat blog:

  • Menghadirkan pembahasan tutorial sekalipun bertopik bisnis (bisa tutorial membangun website toko online)
  • Menghadirkan pembahasan berita non copas (anda bisa sebagai pihak pewawancara)
  • Membangun pembahasan tips yang bersifat solusi-praktis
  • Memvariasikan kata kunci pembahasan yang masih berpayung pada topik bisnis.
  • Sering mengupdate tulisan blog


Pada dasarnya, anda ada upaya membangun pelanggan dengan cara pembahasan blog di atas. Jadi, meraih 5000 pengunjung per hari bukan selalu mengandalkan mesin pencari.

Lalu bagaimana? Selalu memberikan info untuk berlangganan.

Berikan Template Blogspot Yang Berkualitas Premium

Bila urusan template blogspot berkualitas sebagai cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang, anda tidak perlu pusing-pusing membuatnya. Anda cukup membeli template blogspot yang memang cocok untuk adsense dan affiliate.

Kenapa harus membeli bukan mencari template gratis di internet? Tujuannya agar:
  • Mendapatkan update template blogspot versi terbaru yang menyesuaikan perubahan pemrograman web.
  • Mendapatkan program affiliate
  • Template blog blogspot premium biasanya pengaturan kodenya jauh lebih baik daripada versi gratisnya.
  • Tampilannya jauh lebih profesional untuk bisnis

Sebenarnya, anda bisa membuat sendiri, asalkan jago membuatnya, hehe…

Saya sendiri membeli template blogspot premium Evo Magz. Silahkan liat di banner untuk melihat penawaran… Bagaimana dengan anda?

Dapatkan Template Blogspot Premium
Keren dan Kekinian Disini

Template Blogger Terbaik Rekomendasi