Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tahapan Membuat Blog Berkualitas Banyak Pengunjung

Peluang usaha kecil ada yang menggunakan media blog sebagai medianya. Ada 3 tahapan membuat blog berkualitas yang penting diperhatikan. Tentunya, kualitas ini berpotensi menghasilkan banyak pengunjung. Jangan lupa, kualitas ini yang membuat banyak pengunjung kembali menikmati blog anda.


Ada dikatakan, 1 artikel ada baiknya membuat kualitas terbaiknya sendiri. Karena itu, pengunjung datang yang berasal dari artikel yang dibaca merasa terpuaskan bahkan mau berlangganan.

Lalu bagaimana 3 tahapan membuat blog berkualitas agar blog bisa mendapat banyak pengunjung? Tentunya, makna dari “berkualitas” adalah berkualitas bagus, berkualitas yang mampu menarik banyak pengunjung.

Pemahaman 3 Tahapan Membuat Blog Berkualitas

Singkat saja, begini pemahaman dalam 3 tahapan membuat blog berkualitas.

Tahapan #1: Media Blog

Ini pembahasan mengenai pembuatan blog berkualitas dengan standar SEO On Page. Apa itu SEO On Page? Lebih jelasnya, membuat media blog, dalam hal ini website blog, yang disukai google sehingga berpotensi berada di halaman pertama.

Tahapan #2: Membuat Konten Tulisan/Artikel.

Ini pembahasan mengenai kualitas dari isi yang penting untuk kebutuhan pengunjung sampai pengunjung merasa senang. Walaupun begitu, standar SEO On Page harus tetap diperhatikan.

Tahapan #3: Membangun Jaringan Backlink.

Ini lebih kepada pembahasan SEO Of Page. Yakni, mereka akan memberikan link untuk situs terkait karena merasa menyukai. Pemberian link inilah yang dianggap backink. Dengan backlink, blog yang diberi link akan mendapatkan poin. Tapi, backlink juga bisa kita bangun sendiri dengan sengaja dengan beberapa cara backlink.

Tahapan #1: Membuat Media Blog Yang Berkualitas

Kalau saya jelaskan bagaimana membuat website yang berkualitas, ada beberapa langkah yang bisa membuat anda pusing. Persoalan membuat blog bukan persoalan membuat media semata. Mengapa? Karena ini berurusan dengan teknologi dan kepentinganya berada di dunia online.

Masalah hosting yang bagian dari website blog saja, bisa cukup membuat anda pusing karena ada banyak penawaran hosting. Padahal, semakin bagus hosting, biasanya, biaya sewa mahal. Kalau hosting buruk, pemuatan website blog buruk. Akibatnya, blog anda dijauhi pengunjung. Jelas, membuat blog yang lemot berdampak pada kualitas yang buruk.

Soal template atau theme blog, ini bisa menjadi perhatian lagi. Ada banyak template atau theme blog yang memberatkan load sekalipun hostingnya bagus. Jelas, semakin berat, menandakan kualitas blog semakin buruk.

Intinya, tahapan membuat media blog bukan sekedar membuat media blog bila berurusan dengan blog berkualitas. Maka dari itu, perhatikan dua poin di bawah.
  • Masalah Blogspot dan Wordpress Berkualitas
  • Masalah Hosting Blog Berkualitas
  • Masalah Template/Theme Blog Premium Berkualitas

a.    Masalah Blogspot dan Wordpress Berkualitas

Saya dan mungkin kebanykan blogger, akan berkata bahwa wordpress jauh lebih berkualitas daripada blogspot dalam segi media. Ya, apa boleh buat kan? Namanya juga, kualitas berbayar dengan kualitas tidak berbayar alias gratisan.

Google sendiri lebih melirik blog dari wordpress daripada blogspot. Sekalipun hal ini pahit untuk pengguna blogspot.

Tetapi, apakah kondisi pemula akan memaksakan diri memakai wordpres? Tentunya tidak. Apalagi, blogspot masih tergolong berkualitas daripada media blog lain. Jadi, anda tidak perlu khawatir menjatuhkan diri pada blogspot sebagai tahapan dalam membuat blog berkualitas.

Bila memang sudah memiliki banyak modal untuk membangun blog berkualitas dan sudah tahu gambaran cara menarget penghasilan besarnya, ada baiknya membuat blog baru menggunakan media wordpress agar memiliki blog yang lebih berkualitas.

b. Masalah Hosting Blog Berkualitas

Masalah hosting, tentunya ini menjadi perhatian penting. Jangan sampai anda memilih hosting yang tidak mementingkan kecepatan.

Biasanya, shared hosting yang kebanyakan tidak memberikan kecepatan load. Lebih baik, anda memilih cloud hosting karena website yang anda bangun berupa blog yang memiliki banyak, bahkan ribuan artikel.

Mau tidak mau, anda memilih hosting yang memiliki kapasitas besar.

Untuk mencari hosting yang menyediakan cloud hosting berkualitas, anda bisa mencari dengan kata kunci “hosting terbaik rewiew”. Nanti, ada banyak informasi review soal ini karena memang mereka juga sedang mencari uang lewat affiliate yang disediakan layanan hosting (setahu saya ada program affiliate-nya)

Jadi, tahapan hosting dalam membuat blog berkualitas harus dilalui. Jangan sampai, setelah memesan cloud hosting, anda menyesal walaupun bisa saja migrasi ke layanan hosting lain.

c. Masalah Template/Theme Blog Premium Berkualitas

Sebelum pembahahasan, ingin membedakan sebutan masalah media tampilan blog. Template biasanya sebutan untuk blogspot, sedangkan theme biasanya sebutan untuk wordpress.

Mau menggunakan media tampilan blogspot atau wordpress, masalah kualitas template dengan theme sepertinya sama saja. Artinya, di sini tidak ada pembedaan apakah template atau theme yang lebih bagus kualitasnya. Yang jelas, kualitas template premium jauh lebih bagus.

Ada banyak template blogspot dan theme wordpress yang berkualitas premium. Yang jelas, ketika anda memilih yang premium, bisa mengecek kualitasnya di:

  • https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights

Biasanya, mereka menyediakan url demo untuk melihat tampilan template dan theme-nya. Ketika hasil dari pengecekan di PageSpeed menunjukkan warna yang seba merah, tidak ada hijaunya, pertanda template atau theme dalam kondisi jelek. Tetapi, hal ini sebenarnya tidak bisa menjamin karena ini bergantung juga pada kualitas hosting

PENAWARAN:

Tahapan #2: Membuat Konten Artikel Yang Berkualitas

Konten apa yang membuat pelanggan betah berlangganan ke blog anda? Pertanyaan ini untuk menjawab bagaimana membuat konten berkualitas yang diminati pembaca.

Ingat! Banyak artikel berkualitas, yakni berkualitas terbaik, tetapi tidak diminati banyak pembaca. Contohnya: artikel gaya akademik yang lebih bersifat ilmiah. Padahal, artikel ini bukan dalam kadar kualitas rendah.

Jadi, bagaimana cara membuat konten artikel berkualitas agar diminati banyak pengunjung? Langkah ini sebagai tahapan selanjutnya yakni tahapan kedua.

1. Menulis Artikel Berdasarkan Hasil Riset Kata Kunci

Sebagai misal, kata kunci “cara membuat blog” memiliki pencarian sekitar 10.000 per bulan. Jumlah pencarian seperti ini menandakan tingkat minat para pencari informasi, para pembaca. Tentunya, jumlah 10.000 tergolong jumlah yang tinggi. Banyak orang yang berminat mengenai informasi “cara membuat blog”. Dari sinilah anda menulis artikel blog

2.    Menulis Artikel Untuk Pengembangkan Kualitas Individu

Banyak blogger, khususnya saya sendiri, abay dalam pemenuhan informasi seperti ini. Mengapa? Ada sesuatu yang dirahasiakan mengenai informasi kualitas daging atau kesuksesan dirinya. Bisa juga karena pengetahuan pengembangan kualitas si penulis kurang mencukupi.

Kalau ceritanya ada sesuatu yang disembunyikan, biasanya, ada penawaran produk-produk premium sebagai kelanjutan informasi berkualitasnya. Kalau ceritanya karena kurang pengetahuan, tentunya wajar, karena memang belum layak mengajari orang lain. Nah, anda berada pada posisi yang mana?

Tetapi pada intinya, ketika banyak tulisan artikel di blog dengan kualitas bagus sekalipun contekan (bukan copas), ini sudah termasuk dalam upaya untuk mengembangkan kualitas individu si pengunjung. Ini yang bakalan dilirik pengunjung.

Karena itulah, Anda harus membuat blog niche.  Anda bisa membuat niche pada blog keseluruhan atau membuat label/kategori yang nich.

Blog gado-gado masih terbilang blog yang bisa masuk untuk pengembangan kualitas individu asalkan bermain nich di kategori/label. Tetapi, jarang orang yang bisa menguasai banyak persoalan. Kecuali, anda bekerjasama dengan beberapa penulis.

Anda perlu tahu, membuat blog niche juga bisa berkembang selayaknya blog gado-gado. Inilah yang bisa menjadi catatan dalam tahapan membuat blog yang berkualitas diminati banyak pelanggan.

3.    Tentukan Tujuan Membuat Konten Banyak Tulisan Artikel Blog

Berbagi informasi lewat tulisan dengan tujuan membangun kualitas individu. Pada dasarnya, ini tujuan utama. Masalahnya, ketika mengalami pengembangan kualitas individu, tentunya, perlu pengarahan lagi, untuk apa pengembangan kualitas itu? Jadi, harus ada spesifikasi tujuan dalam pengembangan kualitas pribadi.

Sebagai contoh, anda memberikan informasi “cara membuat blog”. Tentunya, pengunjung akan mendapatkan pengembangan pribadi yang banyak soal “cara membuat blog” seiring banyak tulisan di blog.

Tetapi untuk apa? Ini sudah memikirkan spesifikasi. Misal, spesifikasi pembuatan template blog sebagai tujuan dari pengembangan kualitas pribadi. Ketika ahli membuat template, bisa dijual di internet. Jadi, cara membuat blog ada spesifikasi-spesiafikasi yang menjadi tujuan membuat tulisan artikel blog.

Tahap #3: Membangun Jaringan Backlink Yang Berkualitas

Terserah orang mau ngomong apa soal backlink, yang jelas, memiliki kunjungan yang berkualitas dengan membangun backink memang penting. Iya terserah. Mengapa demikian? Ada sebagian mentor blogger memang menganggap “tidak penting” membangun jaringan backlink.

Bagi saya sendiri, membangun jaringan backlink merupakan cara mudah dan cepat meningkatkan kualitas kunjungan. Jadi, saya tidak akan melewatkan tahapan ketiga ini dengan membangun jaringan backlink.

Kok dianggap cara mudah dan cepat dalam membangun jaringan backlink?

Jelas cara mudah. Saya cukup mengandalkan jasa PBN yang menawarkan dengan harga murah.

Sebagai contoh, mentor saya di Kepointernet menawarkan harga 600.000 untuk PBN 30 domain. Hanya saja, saya harus menyediakan minimal 20 artikel. Jelas, saya cukup mengandakan penulis untuk menulis 20 artikel. Mudah kan?

Jelas cara cepat. Karena, jaringan backlink dibangun oleh saya sendiri. Untuk hasilnya pun, tentu jauh lebih cepat daripada kita menggunakan cara natural (sekalipun ini yang direkomendasikan Google).

Lalu bagaimana cara membangun jaringan backlink sebagai tahapan ketiga dalam membuat blog yang berkualitas terbaik? Di sini, saya akan menjelaskan cara mudah dan cepatnya.

  • Gunakan Jasa backlink PBN permanen.
  • Suruh penulis menulis minimal 20 artikel (sebenarnya bebas bisa lebih dari 20 selagi belum 2 bulan). Atau, bisa mengambil paket PBN yang lebih mahal.
  • Tentukan, kata kunci homepage. Juga tentukan halaman artikel beserta kata kuncinya yang mau diunggulkan.


Itulah cara mudah dan cepat.

Anda mau cara yang lebih memberatkan dengan tetap mengandalkan jasa PBN? Cara ini yang sudah pernah saya lakukan. Yah, untuk melakukannya, anda mengharuskan menggunakan internet unlimited atau wifi. Berbulan-bulan mencari url backlink dofollow. Tentunya capek.

Apakah anda masih mau cara membangun backlink yang lebih memberatkan? Mari belajar bersama soal SEO dan mencari baklink bila mau mengandalkan cara yang memberatkan dan lama. 

Walaupun sebenarnya, saya tidak merekomendasikan cara yang memberatkan ini karena sumber backlinknya lewat cara komentar di blog dofollow.