Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis Di Blogspot

Apa maksud cara membuat blog pribadi gratis di blogspot? Apakah bisa untuk usaha kecil secara online? Mungkinkah iklan edorse bisa berhasil sebagai penghasilan dari membuat blog pribadi dengan media gratis blogspot? Tentunya, bisa jadi masih ada beberapa pertanyaan lagi yang ada dipikiran anda.

 
Blog www.indahnadapuspita.com

Apa Maksud Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot?

Ada dua pemahaman untuk menjelaskan maksud dari cara membuat blog pribadi secara gratis di blogspot. Tentunya, titip tekan pembedanya ada pada kata “blog pribadi”.

Pertama, membuat blog pribadi bisa diartikan membuat blog sebagai catatan atau tulisan pribadi yang tidak mengaharapkan banyak orang melihatnya. Anda bisa menonaktifkan izin penelusuran yang dilakukan mesin telusur di bagian menu setting. Atau, anda bisa membiarkan blog apa adanya.

Tentunya, blog pribadi di blogspot kebanyakan mengharapkan di baca banyak orang. Konyol kalau tidak mau dibaca banyak orang. Tetapi, bisa saja, orang yang membuat blog pribadi yang bersifat private karena diperuntukkan untuk member berbayar saja.

Kedua, membuat blog pribadi di blogspot bisa diartikan mengembangkan blog tentang kehidupan pribadi seseorang blogger. Apapun yang bisa ditulis, ia menulisnya di blog blogspot secara gratis.

Blog Pribadi Itu Blog “Indah Nada Puspita”

Ketika saya mau membahas soal blog pribadi, ada sedikit hayalan mengenai blog milik Indah Nada Puspita, penyanyi berjilbab yang berparas cantik. Pada tahun-tahun lalu, saya pernah melihat blog pribadinya. Sehingga, aku menyimpulkan, bila membahas blog pribadi, saya perlu menghadirkan contoh blog pribadi milik Indah Nada Puspita.

Jenis penulisan blog pribadi memang campuran. Hal ini pun dilakukan Indah Nada Puspita dalam blognya. Tetapi, lebih kuat, dominan dalam jenis penulisan pengalaman pribadi. Artinya, gaya tulisannya bergaya bercerita. Sekalipun begitu, di dalam penulisnnya memang memberikan informasi bermanfaat, tidak sekedar menulis.

Visit blog Indah Nada Puspita agar lebih jelas:

  • https://www.indahnadapuspita.com
  • http://indahnadapuspita.blogspot.com

Permasalahan Blog Pribadi Di Blogspot Yang Tersingkir Media Sosial

Patut di akui, blog pribadi di blogspot yang gratis kurang menjadi perhatian di kalangan pengunjung. Padahal, pengunjung  tidak dipungut bayaran dengan kualitas tulisannya. Mengapa? Bukan informasinya yang tidak menarik. Tetapi, pengunjung blog, khususnya di blogspot sudah beralih pada instagram dan media sosial lainnya.

Bahkan, instagram masuk dalam sosial media yang paling diperhitungkan masalah penghasilannya. Banyak selebgram-selebgram yang sukses mendapatkan penghasilan. Cukup membuat vidio singkat, asalkan banyak follower, sudah banyak yang melihatnya. Kalaupun sekedar membuat konten foto, bisa dikuatkan di caption alias dideskripsi.

Blog lebih berfokus berbagi informasi. Media sosial juga sama, berbagi informasi. Blog berbagi foto, media sosial pun bisa berbagi foto. Bahkan, blog yang kurang maksimal berbagi vidio, media sosial secara maksimal berbagi vidio. Blog melayani komentar, media sosial jauh lebih interaktif. Intinya, blog tersaingi media sosial.

1. Masalah Blog Dengan Media Sosial Instagram

Apalagi, sosial media Instagram, jauh lebih rapih dalam menghadirkan konten gambar di halaman utama, hampir sama dengan blog. Ini juga yang menginspirasi pelaku online shop yang menjadikan sosial media instagram sebagai lapak online shop.

Kelebihan yang ada di blog, sosial media Instagram memilikinya. Bila mau mengelompokkan tulisan seperti kategori, sosial media instagram pun bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membuat story. Bila mau meraih banyak kunjungan seperti blog, sosial media Instagram memiliki fasilitas hastag.

Kekurangan media sosial instagram yaitu tidak cocok untuk membangun informasi tulisan seperti buku. Kalau blog, jauh lebih mendukung membangun informasi seperti buku.

2. Masalah Blog Dengan Media Sosial Facebook

Sosial media Facebook sangat mendukung pembuatan tulisan panjang. Asalkan tulisan memiliki spasi, bisa dengan mudah terpublis dengan rapih sesuai keinginan tanpa perlu icon khusus untuk pemisahan antar paragraf. Hal ini kebalikan dari sosial media instagram: tulisan diberi batas dan terkadang antar paragraf bisa menyatu.

Urusan menghadirkan konten tulisan yang maksimal, Facebook bisa menyaingi blog.

Hanya saja, dalam sisi tampilan, tidak mendukung unsur keindahan. Hal ini yang membuat facebook tidak dilirik pengusaha online shop. Ini yang membuat blog masih tetap unggul.

Sama seperti instagram, facebook tidak cocok untuk membangun informasi seperti buku. Dalam ini, blog jauh lebih unggul.

***

Jadi, bagaimaan membuat blog pribadi bila para pengunjung lebih terbarik dengan sosial media selebritis atau orang ternama yang menghadirkan konten menarik selayaknya blog?

Kalau anda sekedar asal-asalan saja dalam membuat blog pribadi di blogspot yang masih gratis, sepertinya, lebih anda lebih baik mengganti media.

Jadi, solusi membuat blog pribadi agar bisa menyaingi media sosial adalah seperti pembahasna di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Konten Tulisan Pribadi Untuk Blog Gratis di Blogspot?

Apa saja yang ada di instagram dan facebook, harus bisa dihadirkan di blog. Lalu, di sini blog pribadi harus lebih unggul dalam memberikan informasi, melebihi tokoh-tokoh yang sering berbagi informasi di instagram atau facebook. Hal ini yang akan membuat blog bisa dilirik para pelanggan media sosial.

1. Buatlah Buku Online Dalam Blog Pribadi di Blogspot Gratis

Cara pandang membuat blog pribadi di blogspot adalah dengan cara pandang pembuatan buku. Tentunya, ketika banyak tulisan, blog bisa disebut dengan buku online.

Namun, buku memiliki definisinya sendiri yakni informasi yang memiliki penyusunan yang saling kait-mengkait. Hal ini tidak berlaku untuk blog pribadi yang membahas semua kehidupan seorang penulis blog.

Dalam hal membuat blog pribadi, anda harus membangun blog gado-gado di blogspot. Karena inilah ciri khas blog pribadi. Nantinya, setiap label atau kategori bisa untuk pengelompokan tulisan gado-gadonya.

Inilah yang tidak didapatkan di media sosial: pengelompokan tulisan/informasi selayaknya buku.

2. Buatlah Foto Sebagus Selebgram Untuk Tulisan Blog Pribadi Tertentu

Ciri khas blog pribadi yang membahas kehidupan penulis dan sekitarnya biasanya akan menghadirkan foto hasil jepretan pribadi sebagai pemanisnya. Tentunya, foto yang dihadirkan pada tulisan-tulisan tertentu, yang biasanya setelah mendapatkan hasil memotret.

Sebagai misal, momen lebaran idul fitri. Si penulis memotret banyak objek semasa lebaran idul fitri. Fotonya, digunakan untuk pemanis pada tulisan dengan judul “Lebaran Sekarang Di Era Pandemi”. Dalam tulisan blog, si penulis mencantumkan pilihan foto.

Tentunya, foto yang dihadirkan harus selevel dengan foto para selebgram.

3. Libatkan Media Youtube Untuk Informasi Tulisan Yang Membutuhkan Vidio

Saya menyarankan untuk melibatkan youtube pada tulisan yang membutuhkan vidio. Mengapa? Di blogspot kurang maksimal dalam menampilkan vidio. Lebih baik lewat bantuan youtube. Walaupun sama-sama gratis, Youtube jauh lebih unggul.

Tulisan dan vidio akan menjadikan blog memiliki kualitas unggul dengan sosial medai.

Berakal kali mempubslih postingan tulisan? Semakin sering semakin bagus.

Cara Mengatur Tampilan Blog Pribadi di Blogspot Yang Gratis Tetapi Kualitas Premium

1. Pakai Desain Template Blog Yang Kekinian

Bagaimana memilih desain template? Saya menyarankan untuk memilih template premium. Mengapa? Karena biasanya, template premium memberikan panduan cara memakainya. Mungkin, bagi pemula, sulit memilih dari beberapa template premium.

Anda bisa memakai Link Magz untuk membuat blog pribadi di blogspot gratis. Template blog Link Magz sudah memenuhi desain template kekinian: baik responsive, seo frendly dan lainnya.

PENAWARAN: Info Template Premium dan Gratis Disini

2. Blog Harus Hadirkan Daftar Isi Informasi

Kelemahan media sosial adalah tidak memiliki pengelompokan informasi. Dengan begitu, sosial media tidak bisa untuk menumpuk banyak informasi. Bila kelemahan media sosial seperti ini, kenapa blog mengikuti yang sama? Tentunya, blog harus memiliki pengelompokan.

Daftar isi adalah pengelompokan berbagai tulisan seluruh blog. Memang, menggunakan cara ini bisa membuat load lama. Tetapi, setidaknya, load hanya ada di halaman daftar isi. Lagi pula, di dalam daftar isi, tidak ada gambar yang harus di load.

Bagaimana cara membuat daftar isi di blogspot? Anda bisa cari di banyak blog. Namun yang pasti, pemasangan daftar isi berada di satu halaman (menu “halaman/laman” bukan postingan). Halaman ini nanti dipasang di menu blog.

 

3. Berikan Kategori Kelompok Informasi Selayaknya “Bab Bahkan Judul Buku” di Blog Pribadi

Selain daftar isi yang harus dipasang, kategori alias label juga harus dipasang. Ini untuk mengunggulkan blog di depan media sosial. Tujuan memberikan label/kategori tentu untuk memudahkan pembaca mencari pengelompokan secara singkat. Kalau daftar isi, bakalan ketutup dengan banyak artikel sehingga tidak bisa secara singkat ketemu.

Biasanya, pemasangan label/kategori berasa di bagian sidebar. Ini kasus paling umum yang bisa anda tiru.

Apakah Bisa Membuat Blog Pribadi Gratisan Blogspot Untuk Kepentingan Usaha Kecil Secara Online?

Kebanyakan kasus, blog pribadi tidak bisa untuk kebutuhan usaha kecil seperti online shop atau penjualan produk digital. Mengapa? Karena pembahasannya yang cenderung gado-gado bahkan sesuka hati baik dalam judul dan isi.

Ya, sekedar memasang iklan, ini bisa saja. Nantinya, usaha kecil secara onlien dibagian periklanan, bisa juga adsense. Maka dari itu, ketika kunjungan sudah ramai, minimal 10.000 per hari, anda bisa membuka jasa endorse atau iklan adsense. Tetapi, jauh lebih baik berfokus iklan endorse.

Apakah Iklan Endorse Bisa Berhasil Sebagai Penghasilan Dari Membuat Blog Pribadi?

Untuk menjawab pertanyaan, “apakah iklan endorse bisa berhasil sebagai penghasilan dari membuat blog?” saya terlebih dahulu bertanya, “Siapa diri anda di depan pengunjung blog?” Tentunya, maksud kata “siapa diri anda” adalah berkaitan dengan kualitas diri anda yang tergambar dari blog yang sudah dibangun.

Kalau membuat blog membuahkan banyak pelanggan blog bahkan sampai follower instagram, maka layanan menerima iklan endorse bisa berhasil di lirik para pemasang iklan. Ini karena ada faktor “siapa diri anda” yang berkualitas terbaik di mata pengunjung.

Maka dari itu, sekalipun membuat blog, alangkah baiknya membuat beberapa media sosial untuk saling mendukung dalam memberikan informasi. Karena hal ini, banyak para pengiklan merasa tertarik menjadikan anda untuk meng-endorse produk mereka

Bagaimana Cara Mempopulerkan Blog Pribadi Secara Gratis dan Berbayar?

Langkah mempopulerkan blog pribadi memang sulit. Anda membutuhakn modal banyak untuk mempopulerkan blog anda. Karena kalau hanya memanfaatkan cara gratisan, akan lama diperkenalkan banyak orang.

Berikut langkah atau cara bagaimana mempopulerkan blog pribadi secara gratis dan berbahar.

1. Terlebih Dahulu Membuat Tulisan Blog Yang Berpotensi Viral

Namun, sebelum mempopulerkan blog anda, baik secara gratis atau berbayar, anda harus bisa membuat artikel yang berpotensi viral. Saya tidak paham mengenai artikel yang berpotensi viral. Artikel ini kalau sudah viral, blog anda bisa terkenal.

2. Perkenalkan Di Grup Penulis

Lalu, setelah membuat artikel viral, bisa dipopulerkan di grup-grup penulis. Di sinilah tempat blog anda. Anda jangan membuang waktu anda mengikuti banyak grup. Mengapa harus di grup penulis? Karena mereka juga membutuhkan referensi menulis.

3. Beriklan Menggunakan Media Facebook Ads

Kalau beriklan dengan media facebook ads, anda harus memiliki halaman fanspage dan instagram. Masalah penempatan, bisa berfokus pada fanspage saja, instagram saja atau keduanya.

Ketika cara gratis berhasil mendapatkan banyak share, komentar, ini sebagai tanda kalau blog anda layak diiklankan. Atau, anda bisa berbarengan dalam mempopulerkan blognya.

***

Begitulah kiranya, bagaimana membuat blog pribadi di blogspot yang gratis. Sekalipun lama, tetap bersemangat ngeblok untuk 10 tahun mendatang!

Baca: Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang