Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Penjualan Online Berlipat-lipat

Bagaimana cara meningkatkan penjualan online berlipat-lipat untuk usaha kecil? Tentunya, ini berawal dari produk usaha online mana yang diambil. Tanpa pemilihan yang tepat, sulit sekali mengalami peningkatan penjualan online, apalagi berlipat-lipat.


Sumber:www.review.bukalapak.com


Kasus soal cara meningkatkan penjualan online berlipar-lipat, saya memfokuskan pada penjualan produk fisik. Hal ini bisa berpotensi penjualan online berlibat-libat.

Memang, penjualan produk digital juga terjadi berlipat-lipat asalkan pada situs marketplace seperti Clickbank dan lainya yang memiliki banyak produk.

Lalu bagaimana cara meningkatkan penjualan online pada produk fisik?

Mengawali Penilaian Atas Produk Penjualan Online, Apakah Layak Untuk Dinaikan Jumlah Penjualannya

Banyak orang berpikir bagaimana cara meningkatkan penjualan tetapi tidak berpikir mengenai kelayakan suatu produknya untuk dinaikkan penjualannya.

Padahal, ketika mau menaikan penjualan produknya, dalam hal ini penjualan produk fisik secara online, sudah diketahui potensi penjualannya. Kalau belum tahu potensi penjualannya, untuk apa melakukan upaya?

Meningkatkan penjualan produk fisik secara online cuma alternatif melipatkan penghasilan. Alternatif ini karena penjualan produk fisik sebelumnya memang laku terjual secara online dengan jumlah pengunjung sekian.

Misalnya, sebelumnya sudah mendapatkan penjualan 1 produk untuk per 100 kunjungan. Selama sebulan, ada 1000 kunjungan ke situs penjualan online anda. Berarti, anda mendapatkan penjualan online sebanyak 10 kali. Hal ini bisa berpotensi untuk ditingkatkan lagi, baik dalam segi kunjungan atau penjualan.

Untuk itu, anda harus terlebih dahulu menilai dari dasar.

1. Pahami Kondisi Produk Anda di Depan Market

Anda bisa saja berbangga diri bisa menciptakan kopi yang akan dijual secara online. Anda membayar orang yang ahli membuat website penjualan kopi. Tetapi, apakah anda bisa tahu bagaimana reaksi market atas kopi anda?

Hal ini sulit bila hanya mengandalkan penilaian secara online karena apa yang anda tawarkan adalah produk fisik. Jadi, anda bisa melakukan penilaian produk pada orang terdekat. Ini bisa mengukur atau menilai, apakah layak melakukan upaya meningkatkan penjualan secara online.

2. Bagaimana Kondisi Suatu Produk Bila Dikirim Jarak Jauh

Produk enak dan banyak yang membeli. Tetapi, apakah bisa dikirim jarak jauh? Ini yang menjadi perhatian juga ketika mau meningkatkan penjualan online.

Waktu itu, aku membeli bakso aci pada salah satu teman wanita yang ada di Bogor. Saya berada di Cirebon. Nah, bakso aci sebenarnya bisa dikirim jauh berjarak 3 hari. Namun pas saya makan, ada isi dari bakso aci. Isinya itu yang tidak tahan dikirm jauh. Isi bakso sudah terasa asam.

Bila kondisi produk tidak bisa dikirim jarak jauh, otomatis, anda tidak perlu mencari cara meningkatkan penjualan online. Yang anda butuhkan, bagaimana cara agar kondisi produk bisa aman dikirim. Ini yang dipikirkan.

3. Apakah Produk Online Bisa Untuk Berlangganan?

Penjualan produk fisik apalagi penjualan produk secara online, penjualan berlangganan adalah penjualan yang paling diutamakan. Artinya, segala upaya meningkatkan penjualan produk online harus pada ujung mendapatkan pelanggan setia.

Nah, apakah kondisi rpoduk anda bisa untuk dijadikan langganan? Inilah penilaian yang harus disertaian sebelum menggunakan cara meningkatkan penjualan.

4. Bagaimana Keadaan Pesaing Anda Atas Produk Penjualan Online?

Penilaian saya, penjualan online tidak memiliki pesaing yang nyata karena masing-masing memiliki marketnya sendiri berdasarkan kata kunci situs penjualan yang dibangun atau lainnya.

Yang dimaksud pesaing di sini adalah, penjualan produk sejenis secara offline. Tentunya, pesaing ini yang akan merebut penjualan secara online. Bila produk anda sama dengan produk yang ada di warung tetangga konsumen, jelas, penjualan produk anda kalah jauh dengan warung tetangga kosumen.

Sama-sama menjual mi instan, baik online dan offline, tentunya, mereka tidak akan tertarik membeli secara online. Ketika sama-sama produk mi instan, tetapi harganya beda, jauh lebih murah, bisa saja penjualan online memenangkan pesaingan. Sebagai contoh penjualan grosir dan eceran mi instan yang memiliki harga yang berbeda.

Jadi, ketika sulit bersaing, sulit juga dalam upaya meningkatkan penjualan online. Kecuali, anda merubah pada kondisi produknya.

***

Banyak sebenarnya penilaian yang harus dilakukan atas produk sebelum berusaha menerapkan cara meningkatkan usaha. Salah satu yang terpenting yaitu penilaian produk yang laku di pasar ofline.

Meningkatkan Penjualan Online Jangan Sebanding Dengan Meningkatkan Pengeluaran Modal Penjualan

Anda boleh berbangga, penjualan produk meningkat. Tetapi, ingat, peningkatan jumlah penjualan seiring dengan peningkatan jumlah modal penjualan. Artinya, anda melakukan pembiayaan iklan atau lainnya yang membutuhkan modal penjualan.

Padahal, jumlah keuntungan dari peningkatan penjualan akan dikurangi dengan modal yang sudah dikeluarkan. Misal, total keuntungan dari usaha meningkatkan penjualan sekitar 1 juta. Tetapi, anda sendiri menghabiskan uang sekitar 5 juta untuk periklanan. Selebihnya, anda mengeluarkan untuk beban usaha.

Dimana keuntungannya?

Memang, pada dasarnya, menggunakan cara meningkatkan penjualan harus dengan mengeluarkan modal, seperti untuk periklanan. Tetapi, pengeluarannya jangan sebanding atau seimbang. Lebih bagus, ada efek menghasilkan banyak pelanggan.

Hal Teknis Meningkatkan Penjualan Online Yang Berpotensi Meningkatkan Pelanggan Yang Minim Modal Iklan

Yang harus anda perhatikan dari menerapkan cara meningkatkan penjualan yang berpotensi meningkatkan pelanggan. Apalagi, anda cuma memiliki permodalan yang terbatas. Namanya juga usaha kecil, modal serba terbatas.

Anda boleh beriklan sebagai cara meningkatkan penjualan online. Tetapi, beriklan online harus terkonsep dengan baik, agar benar-benar menghasilkan pelanggan.

Tentunya, peningkatan jumlah pelanggan bergantung pada jenis produk dan penawaran harga. Makanya, kembali pada pembahasan penilaian sebuah produk. Juga, bagaimana harga produknya bila ingin mendapat banyak pelanggan.

Disini tidak menjelaskan bagaimana produk. Di sini akan menjelaskan, hal teknis meningkatkan pelanggan dari hasil melakukan cara meningkatkan penjualan produk online.

  • Menyediakan dua harga penjualan: eceran dan grosir
  • Menyediakan media komunikasi menggunakan media sosial, wa dan lainya.
  • Menerapkan harga spesial untuk para member pembelian grosir
  • Memiliki situs membership (bila perlu ada file aplikasinya)
  • Memiliki akun di situs marpetplace (e-commerce) seperti tokopedia, shopee dan lainnya.
  • Memberikan informasi sesuai topik produk
  • Memiliki beberapa rekening (hal ini bisa diatasi dengan mengikuti situs marketplace bila memang belum mampu)
  • Selalu siap menyediakan stok secepatnya setelah habis
  • Memberikan pelayanan yang bagus sesuai aturan yang ada

Jadi, pada intinya, cara meningkatkan penjualan produk secara online terlebih dahulu menyediakan situs yang profesional atau mengikuti situs marketplace seperti tokopedia dan shopee serta lainnya. Baru setelah itu menerapkan langkah teknis lainnya yang bisa membuat pelanggan betah berbelanja.

Lebih optimal, memang, anda harus memiliki situs online shop dengan konsep website membership. Di samping itu, anda bisa memanfaatkan tokopedia dan shopee serta lainnya sebagai alternatif tempat berbelanja. Nantinya, situs tokopedia, shop dan lainnya di cantumkan di situs penjualan online anda.

So, meningkatkan pelanggan = meningkatkan kepercayaan penjualan online.

PENAWARAN: Info Thema Wordpress Online Shop Membership Disini

Menyoal Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Bisnis Online

Meningkatkan penjualan produk bisnis online harus menggunakan strategi pemasaran. Hal ini sesuai perkataan Tung Desem Waringin dalam buku Revolution Marketing: Orang bisa kaya dengan tanpa marketing. Tetapi, orang bisa bertambah lebih kaya denganmarketing.

Arti dari perkataan Tung Desem Waringin adalah, penjualan tanpa marketing bisa saja mendapatkan jumlah yang banyak. Artinya, penjualannya laris terjual. Apalagi, bila anda menjual dengan strategi marketing, bisa mendapatkan jumlah penjualan lebih banyak lagi. Ya, tentu seharusnya, menerapkan strategi marketing bisa memperbanyak 5 kali lipat jumlah penjualan.

Walaupun membahas strategi pemasaran, di sini, saya tidak bisa menjelaskan jenis strategi marketing apa yang harus yang cocok untuk meningkatkan penjualan per kasus produk. Masing-masing produk memiliki strategi pemasarannya sendiri-sendiri.

Namun, strategi pemasaran yang terbaik, menurut Tung Desem Waringin adalah dengan menemukan terlebih dahulu jenis strategi marketing yang cocok untuk produk anda, lalu jalankan dengan serius sampai membuahkan peningkatan penjualan porduk.

Kalau strategi pemasaran Funneling cocok untuk produk anda, lakukan strategi ini dengan baik sampai matang. Ibarat petinju, akan melatih satu jurus pukulan sampai kokoh untuk memukul lawan. Adapun nanti menambahkan strategi lagi, itu terserah anda.

Jadi, lebih baik, strategi pertama cara meningkatkan penjualan adalah dengan memperlajari buku Tung Desem Waringin dalam “Marketing Revolution”. Di dalam buku ini, akan dijelaskan macem-macem strategi pemarasan yang mungkin bisa cocok untuk produk anda.

Meningkatkan Penjualan Dengan Cara Meningkatkan Kunjungan Secara Gratis

Dalam penjualan online berlaku teori “meningkatkan penjualan harus dengan meningkatkan pengunjung”. Ya, seperti itulah fakta kalau mau meningkatkan penjualan secara online, terlepas menggunakan cara berbayar atau gratis.

Hal penting dari sebuah kunjungan adalah konversi. Yakni, perbahan dari kunjungan menjadi pembelian. Sehingga, ketika ada penerapan strategi marketing khusus, misalnya strategi bonus atau diskon, harus ditampilkan dengan jelas agar mereka tahu. Disinilah konversi bisa berhasil.

Bagaimana cara meningkatkan kunjungan secara gratis untuk kebutuhan peningkatan penjualan?

1. Penting! Membuat Blog

Situs besar seperti tokopedia dan shopee sendiri membuat blog. Sekalipun situs marketplace tidak bertugas dalam penjualan produk secara langsung, karena toko diurus masing-masing pelapak online, tetapi mereka memiliki kebutuhan menjaring banyak pelanggan di situsnya menggunakan blog.

  • https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/
  • https://www.tokopedia.com/blog/

Nantinya, mereka akan menikmati produk-produk yang ada disitu.

Pada ujungnya, situs marketplace mendapatkan peningkatan penghasilan seiring banyak penjualan.

Memang ada topik produk yang sulit untuk dibuatkan blog. Misal soal topik penjualan tas. Tetapi, hal ini tidak menjadi alasan tidak membuat blog. Karena faktanya, banyak orang membutuhkan tas. Ini catatan pentingnya.

Terpenting ketika pengunjung mampir di blog, ada strategi konversi marketing sehingga bisa membuat mereka teralihkan pada strategi yang anda buat.

2. Membuat Akun Instagram

Saya pernah membuat post gambar di intagram. Hasil dari jangkauannya lebih dari 5000 akun. Ini sebagai tanda bahwa Instagram memang cocok bila dikatakan untuk meningkatkan kunjungan.

Bila ingin menjadikan instagram sebagai sumber kunjungan ke situs penjualan anda, jadikanlah instagram sebagai mini blog. Artinya, kekuatan konten ada di gambar. Ya, anda tidak perlu membuat banyak tulisan di bagian deskripsi. Terpenting, gambar yang dibuat memiliki banyak hastag. Hastag inilah yang bisa menjangkau ke banyak pengguna instagram.