Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Kita Di Halaman Pertama Google

Bagaimana cara membuat blog kita berada di halaman pertama google yang akan mendukung peluang usaha kecil online kita? Cara membua blog kita berada di halaman pertama google adalah dengan cara membuat kata kunci panjang seperti judul yang saya buat. 



Tetapi, long tail keyword alias kata kunci panjang pun belum menjamin bisa membuat blog kita berada di halaman pertama google. Ada kata kunci panjang yang juga memiliki pesaingan kuat.

Hal yang harus kita pahami mengenai kepentingan blog kita berada di halaman pertama google adalah untuk meningkatkan usaha kecil online kita.

Jadi, ketika membuat tulisan artikel di blog kita, dianjurkan untuk tetap membawa usaha kecil online kita. Kita tidak sekedar membuat kata kunci panjang, menulis artikel, setelah itu selesai.

Paling tidak, kita memuat pembahasan di dalam artikel mengenai usaha kecil kita. Hal ini untuk menyadarkan pengunjung, kalau blog kita menghadirkan produk usaha kecil secara online.

Artikel terkait: Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Setelah itu, kita memenuhi cara membuat blog kita berada di halaman pertama google. Pada dasarnya, cara ini tidak sesederhana yang anda pikirkan. Mengapa demikian? Untuk berada di halaman pertama google memang membutuhkan kualitas SEO internal alias SEO On page dan juga SEO eksternal alias SEO Off Page.

SEO on page meliputi hosting, website (theme/template), heading, penulisan konten, dan lainnya yang berada pada diri blog itu sendiri yang harus standar SEO.

SEO off page sebuah langkah yang menyulitkan bila pesaing dalam kata kunci memang memberatkan untuk dikalahkan. Usahanya melakukan SEO off page bergantung kondisi pesaing.

SEO off page biasa dikenal dengan membangun jaringan backlink, baik secara sengaja atau tidak. Backlink sendiri sebenarnya adalah pemberian penghargaan pemilik blog terhadap blog kita dengan cara memberikan link alias backlink.

Tentunya, SEO off page akan berkualitas kalau terlebih dahulu meningkatkan kualitas pada SEO onpage.

Tetapi, saya tidak akan menjelaskan cara rumit di atas mengenai SEO on page atau SEO off page dalam penjelasan cara membuat blog kita berada di halaman pertama google.

Mengapa saya tidak perlu menjelaskan detail soal SEO on page dan off page? Karena, semuanya bisa anda tangani pada pakar SEO yang menyediakan jasa SEO, jasa backlilnk SEO. Saya menyarankan untuk mengandalkan jasa milik mentor SEO saya di Kepointernet.com. Lewat jasa, beberapa kesalahan blog akan dibeneri.

Lalu, apa yang mau saya bahas dalam pembahasan cara membuat blog kita di halaman pertama google? Disini saya berfokus pada membuat konten tulisan blog yang bisa berpotensi menjadikan blog berada pada halaman pertama. Tulisan juga bagian dari SEO On Page yang harus dimaksmalkan.

Membuat Topik Tulisan Blog Yang Mewakili Tulisan Di Banyak Artikel

Saya mencontohkan topik utamanya adalah “cara membuat blog”. Sedangkan topik tambahannya berfokus pada “sukses berada di halaman pertama google”. Hal ini diangkat karena anda sudah berpengalan dalam hal keberhasilan blog yakni berada di halama pertama google. Anggap saja seperti ini.

Mencantumkan Kata Kunci Di Alamat alias Domain alias Subdomain alias URL Blog

Di sini, saya perlu menekankan. Pembahasan di sini adalah “cara membuat blog kita berhasil di halaman pertama google”. Ini catatan pentingnya. Yakni artinya, kita ingin homepage blog berada di halaman pertama google. Ini yang menjadi fokus utama.

Bila kasusnya memenangkan homepage berada di halaman pertama google, alangkah baiknya, domain atau subdomain mencantumkan kata kunci dasarnya.

Kita bisa mengambil 2 atau 3 kata, contoh:

  • caramembuatblog
  • membuatblogsukses
  • membuatblog
  • dan contoh lainnya.
 

Membuat Judul Berdasarkan Long Tail Keyword Rendah Pesaing

Pada dasarnya, membuat judul long tail keyword sudah mencukupi untuk menghindar dari persaingan berat. Tetapi, ada beberapa kasus, long tail keyword memiliki pesaing berat.

Walau ada pesaing berat, ya, kita bisa tetap memasang long tail keyword karena memang tidak ada pemilihan lain. Hal ini karena berurusan dengan topik pembahasan blog sehingga bisa jadi sulit diganti.

Jadi, topik pembahasan dengan judul memang serasi dalam kasus ini yakni “cara membuat blog berada di halaman pertama”. Hanya saja, judul lebih untuk diperlihatkan ke pengunjung bahwa topik blog sesuai dengan judul blog.

Judul blog: Cara Membuat Blog Kita Di Halaman Pertama Google

Membuat Deskripsi Kepanjangan Dari Judul Blog

Pada dasarnya, google sudah bisa memprediksi seputar blog yang kita biat. Jadi, membuat deskripsi blog bisa dikatakan tidak penting.

Membuat deskripsi blog hanya imbauan agar google lebih memfokuskan pada kata kunci yang kita tentukan. Bila tidak ada deskripsi, kata kunci yang kita buat kurang mendapat perhatian serius dari google.

Membuat Tulisan Postingan Blog Yang Mewakili Kata Kunci Blog

Membuat blog kita di halaman pertama memang sulit dalam mengatur penyebaran kata kunci di setiap halaman postingan.

Sebagai misal, kata kunci utama yang ingin dimenangkan adalah kata “cara membuat blog”. Maka di setiap judul dan paragraf pertama tulisan postingan harus memuat kata kunci “cara” “membuat” “blog”, baik tersambung atau terpisah.

Masalahnya, tulisan postingan bersifat dimanis, berubah-ubah bergantian. Ketika ada 10 halaman tulisan postingan, maka ke tulisan ke 11 atau selebihnya akan tenggelam dan seterusnya. Sehingga, tampilan homepage akan selalu berusaha menjaga penyebaran kata kunci.

Maka dari itu, saya menyarankan untuk membuat halaman statis di homepage, selain dari halaman tulisan postingan. Bisa membuat tulisan sekitar minimal 300 kata di bagian halaman statis.

Yang mendukung halaman statis adalah blog dari wordpress. Dengan begini, halaman homepage lebih leluasa dalam menampilkan tulisan lebih dari 1000 kata. Bisa jadi untuk halaman penjualan produk.

Kalau dari blogspot, bisa menggunakan widget untuk membuat tulisan statis. Karena itu, di sini cukup membuat 300 kata saja.

Di halaman statis inilah, anda bisa mempertahankan penyebaran kata kunci.
    

Membuat Banyak Tulisan Yang Saling Mendukung Pada Topik Blog

Keuntungan blog niche adalah bisa memenangkan kata kunci blog alias homepage. Karena, setiap tulisan postingan akan mendukung kata kunci homepage alias blog. Inilah yang bisa menyebabkan blog kita bisa berada di halaman pertama google, bahkan ranking 1.

Bagaimana membangun banyak tulisan yang mendukung pada topik atau kata kunci blog?

1. Mencari Variasi Tulisan Artikel Mengandalkan Kata Kunci Utama Blog Kita

Untuk mencari ide atau variasi kata kunci yang mendukung blog, saya memakai alat riset, yaitu

  • https://keywordtool.io/google

Saya memasukkan kata kunci utama “cara membuat blog” atau “membuat blog”. hasilnya, ada banyak variasi kata kunci untuk tulisan postingan blog dari kata kunci “cara membuat blog”. Contoh:

  • Cara membuat blog pribadi
  • Cara membuat blog di hp
  • Cara membuat blogger
  • Cara membuat blog pribadi di ig
  • Cara membuat blog di wordpress
  • Cara membuat blog yang menghasilkan uang
  • Cara membuat blog di blogger
  • Cara membuat blog di hp dan menghasilkan uang
  • Cara membuat blog gratis
  • Cara membuat blog atau website
  • Cara membuat blog agar menarik
  • Cara membuat blog agar menghasilkan uang

 Nantinya, sebagian besar artikel akan memberikan link, backlink ke homepage dengan kata kunci “cara membuat blog”. Tujuannya, menurut, mentor SEO Kepointernet, agar homepage tetap unggul untuk kata kunci “cara membuat blog” daripada halaman artikel postingannya.

Bagaimana dengan kalimat tambahan “blog kita di halaman pertama google”? Agar tidak menyulitkan penulisan, bisa dimasukkan di kalimat pertama paragraf pertama. Atau, bisa dibuat di tulisan/halaman statis agar tidak selalu mengulang-ulang.

Cara penulisan penyebaran kata kunci:

  • Jumlah penyebaran kata “cara” di dalam tulisan postingan jangan melebihi kata yang ada di homepage
  • Kata kunci “cara” “membuat” “blog” cukup ada hanya di kalimat pertama dari paragraf pertama.
  • Lebih berfokus pada kata “membuat blog” + kata tambahanya. Atau berfokus pada kata tambahanya.

2. Variasi Kata Kunci Tulisan Postingan Berfokus Pada Kata Kunci Tambahan

Untuk fokus pada kata tambahan, bisa dirist lagi, apakah memiliki pencarian atau tidak. Bila ada, ini sebuah keberuntungan agar tidak bertarung dengan homepage. Tetapi kalau tidak ada, ya, patuhi cara penulisan penyebaran kata kunci di atas.

Berikut kata tambahan yang akan diriset ulang:

  • Blog pribadi
  • Blog di hp
  • Membuat blogger
  • Blog pribadi di ig
  • Blog di wordpress
  • Blog yang menghasilkan uang
  • Blog di blogger
  • Blog menghasilkan uang
  • Blog gratis
  • Blog atau website
  • Blog menarik

Kata kunci di atas hanya untuk kata kunci yang disebarkan di tulisan postingan blog. Bukan keharusan menulis judul seperti di atas. Menulis judul bisa mengikuti kata kunci utama. Begitu juga menulis di kalimat pada paragraf pertama, bisa mencantumkan kata kunci utama.

Melakukan Penyebaran Kata Kunci Sesuai Standar SEO

Menurut mentor seo saya di Kepointernet.com, penyebaran kata kunci yang ideal sekitar 1,5% dari jumlah total kata atau bila perlu sampai 2% dari jumlah total kata. Penyebaran ini berlaku untuk homepage dan tulisan postingan.

Namun, banyak yang belum mengerti bagaimana cara menulis penyebaran kata kunci berkalimat panjang? Begini:

  • Berfokus pada kata kunci dasar yang mudah ditulis, misal “membuat blog”.
  • Penulisan kata kunci secara bervariasi: cara membuat blog, cara membuat, membuat blog, blog, cara, di halaman pertama google dan sebagainya.

Membuat Tulisan Postingan Secara Lengkap Agar Bisa Bersaing Di Halaman Pertama Google

Google sekarang lebih suka tulisan postingan yang lengkap. Jadi, kita jangan hanya memenangkan halaman homepage blog di halaman pertama google. Kita juga harus berupaya memenangkan banyak halaman artikel di halaman pertama google. Tujuannya, agar banyak pengunjung yang datang ke blog bisnis kita.

Apa yang dimaksud menulis postingan secara lengkap? Di sini, harus dijelaskan sesuai penilaian manusia. Apa yang disebut tulisan postingan lengkap sebagai berikut.

  • Menjelaskan masalah sebuah topik dengan jelas.
  • Memberikan solusi atas masalah dengan jelas sehingga bisa keluar dari masalah.
  • Isi tulisan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Kelengkapan tulisan postingan dianjurkan mewakili topik blog yang diangkat

Makanya, arti dari menulis secara lengkap bisa diartikan menulis sesuai kemampuan diri sendiri secara 100%, bukan berdasarkan rewirte.

Selalu Memperkenalkan Usaha Kecil Kita Di Setiap Pembahasan

Membuat blog “cara membuat blog” itu untuk apa? Untuk jualan template blogspot dan tema wordpres blog kan? Tentunya, bila fokus usaha kecilnya untuk jualan produk ini, maka disetiap pembahasan tulisan postingan dianjurkan selalu mengenalkan produknya. Tujuanya agar pengunjung sadar kalau anda sedang berjualan.

***

Harapannya, dengan penjelasan cara membuat blog berada di halaman pertama, bisa membuat blog kita benar-benar berada di halaman pertama. Sukses!

PENAWARAN: Dapatkan Tema Wordpress Premium Disini