Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Untuk Anak SMA Yang Menghasilkan Ala Bos

Ini adalah pembahasan teknik dan strategi bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan uang, keuntungan ala bos. Artinya apa, teknik dan strategi bisnisnya menjadikan anak SMA sebagai bos dalam bisnis. Bila tidak seperti ini, sudah dipastikan, bisnisnya terganggu. Tentunya, ada bagian spesifik tertentu yang diurus langsung oleh si anak SMA dalam menjalankan bisnis yang menghasilkan uang, keuntungan, ala bos.

 

 Baca: Bisnis online tanpa modal untuk pelajar realistis

Bagaimana teknik dan strategi bisnis untuk anak SMS yang menghasilkan uang, keuntungan ala bos?

Beberapa Pilihan Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Anak SMA Yang Diminati Anak SMA

Bisa saja, beberapa pilihan bisnis yang menguntung untuk anak SMA tidak diminati oleh anak SMA itu sendiri, termasuk anda yang masih SMA. Tetapi, pembahasan ini bukan berdasarkan minat si penjual melainkan minat si konsumen anak SMA. Fokuf kesuksesan produknya ke konsumen anak SMA walaupun tidak menutup kemungkinan menarget orang dewasa. Terpenting, pemilihan produk bisnis untuk anak SMA masih dianggap ringan di tengah kesibukannya bersekolah.

1. Bisnis Rental PS

Bila anak SMA kecanduan game, ini pertanda ahwa si anak cocok dalam membuka bisnis rental PS. Tetapi, sekalipun tidak minat dalam bermain game, anak SMA bisa saja membangun bisnis rental PS. Toh, PS alias game memang diminati anak remaja bahkan anak balita. Bila anak SMA membuka bisnis rental PS, maka akan menghasilkan bisnis yang menguntungkan, mendapatkan uang.

Tentunya, sebelum membuka, si anak sudah paham terlebih dahulu dunia PS, baik jenis permainan atau hal teknis servic. Setidanya memang paham dalam hal jenis game PS sekalipun tidak hobi bermain PS.

2. Bisnis Pulsa, Vocer Paket Data dan Perlengkapan Ponsel

Jangan salah, bisnis pulsa, vocer paket data dan perlengkap ponsel juga bagian produk bisnis yang diminati anak SMA. Siapa anak SMA yang tidak membutuhkan pulsa? Hampur semua anak SMA memiliki ponsel. Kalau ponsel tidak diisi pulsa, kuota internet dan perlengkapan ponsel, untuk apa memiliki ponsel? Jadi, bisa dikatakan kebutuhan pokok anak SMA, secara khusus. Kalau ini untuk kebutuhan bisnis anak SMA, cocok sekali. Tentunya, si anak SMA merasa butuh untuk dirinya sendiri dengan produk bisnis ini.

3. Bisnis Minuman

Anak sekolah SMA tentu menyukai minuman. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis untuk anak SMA. Minuman yang dimaksud adalah minuman yang sedang ngetren di zaman sekarang, baik dalam kemasan dan juga rasa. Memang, pembuatan minuman seperti ini membutuhkan beberapa alat ketika pembuatan. Tetapi, jangan khawatir, pengerjaan bisa dilakukan orang lain. Kan, bisnis untuk anak SMA tetapi ala bos.

4. Bisnis Warung Wifi+Warung

Bisnis warung wifi pada dasarnya tidak bisa lepas dari warung itu sendiri. Kasus pembuatan warung wifi ini yang dilakukan adik saya. Kebetulan membuka warung yang pada umumnya warung. Namun, karena pembelinya difasilitasi tempat kumpul, jadi dimanfaatkan untuk membuka warung wifi. Memang, awal warung dibangun merencanakan untuk membuka warung wifi juga.

Warung wifi menyediakan kupon vocer yang bisa memiliki batas pemakaiannya. Biasanya, batas pemakaianya 12 jam.

***

Masih banyak lagi bisnis yang cocok untuk anak SMA. Pembahasan di atas sebagai sampel saja untuk bisa anda coba.

Mengambil Karyawan Untuk Membantu Pekerjaan

Pembahasan bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan uang tentunya sesuai standar bos. Bila sesuai statandar bos, harus memiliki karyawan. Namun, karyawan yang dipilih bukan karyawan yang seumuran. Karyawan bisa diambil dari anak yang sudah lulus sekolah namun tidak memiliki kesibukan apa-apa alias menganggur. Ketika sudah memiliki karyawan, ini yang disebut bisnis anak SMA ala bos. Bisnis ala bos yang seperti ini yang tidak mengganggu aktifitas belajar.

Bisnis Untuk Anak SMA Berawal Dijalankan Di Rumah

Memilih lokasi kios dalam berbisnis memang sulit. Di samping susah mendapatkan lokasi yang bisa mendatangkan market, kios yang kosong, juga harga kios bisa sebagai penyebab kerugian sendiri di saat ada orang lain yang harus digaji.

Hal itu pernah dialami adik saya sendiri, memilih kios seharga 10 juta per tahun dengan pembayaran kontan 10 juta. Kebetulan ada kios baru yang letaknya lumayan strategis tetapi agak jauh dari jalan kendaraan. Saya bertanya, bagaimana tingkat penjualannya untuk mengembalikan modal setidaknya mendapat keuntungan 1.500.000  juta per bulan? Akhirnya, penjualannya sepi karena terhalangi banyak penjual. Karena itu, pindah ke rumah dalam berjualan. Setelah pindah ke rumah, penjualan jadi ramai di saat tidak ada beban biaya sewa kios. Walaupun laris ketika berjualan di rumah, tetapi biaya sewa sebesar 10 juta separonya hilang. Konon ada negosiasi biaya sewa dikembalikan.

Nah, dari kasus di atas, sebagai bisnis anak SMA, ada baiknya berjualan di rumah saja. Tentunya, berjualan di rumah karena melihat lahan kosong yang lumayan dimanfaatkan untuk berjualan. Di samping itu, situasinya ramai anak-anak dan remaja.

Melibatkan Campur Tangan Orang Tua

Dalam hal ini, tentu orang tua yakni ibu tidak memiliki kesibukan. Pada dasarnya, melibatkan campur tangan orang tua karena inisiatif si orang tua sendiri yakni si ibu dalam menjadi bagian bisnis anak SMA. Karena, seorang anak biasanya belum matang dalam hal bisnis sehingga butuh pikiran orang dewasa. Tetapi walaupun melibatkan campur tangan orang tua, ide dan pembiayaan bisnis murni dari tangan si anak sendiri. Ibaratnya, seorang ibu atau orang tua adalah manajer sebuah perusahaan yang bakalan siap mengatur proses bisnis. Tetapi, hakekarnya, orang tua adalah owner itu sendiri. Tentunya, sekali lagi, pelibatan ini karena inisiatif si ibu sendiri, bukan si anak yang meminta. Tetapi pada dasarnya, penting sekali bisnis si anak sma melibatkan peran orang tua agar menghasilkan keuntungan ala bos.

Bisnis Dijalankan Pukul 11 Siang dan Tutup Jam 9

Mengapa bisnis dijalankan jam 11 siang? Kalau bisnis dijalankan sehabis pulang sekolah, terlalu lama. Kalau bisnis di buja tepat jam 12, sepertinya bertepatan dengan waktu dzuhur dan makan siang. Namun pada intinya, saya mengambil jam 11 siang berdasarkan kasus bisnis adik saya yang buka jam 11 siang. Tentunya, pesiapan untuk bukanya kurang dari jam 11.

Tetapi, untuk bisnis sejenis game, alangkah baiknya, jangan dibuka jam 11 melainkan setelah jam pulang sekolah sekitar jam 1 siang.

Tutup bisnis jangan sampai larut malam. Cukup jam 9 atau 10 malam sudah cukup. Barangkali, si anak ikut sibuk dalam bisnsinya sehingga bisa dihentikan kesibukannya pada jam 9-10 malam. Memang, masalah tutup bergantung jenis produk bisnisnya.

Strategi Bisnis Anak SMA Macet Tidak Bisa Menggaji

Terpenting, ada tempat bisnis yang cukup luas dalam menerapkan bisnis yang macet di jalan, tidak bisa menggaji. Ketika tempat mencukupi, dalam arti di luar rumah, seperti halnya kios, maka solusi kemacetan bisnis anak SMA bisa diatasi dengan menambah variasi produk. Jelas, bila menambah variasi produk, bisa menambah ruangan penyimpanan bahan-bahan dan peralatan.

Disini akan menilai seberapa luas ruangan ketika digabungkan dengan bisnis yang lain dengan mengacu pada bisnis yang cocok dengan anak SMA di atas. Saya mengambil usaha rentalan PS saja sebagai sampel usaha awal.

Bagaimana usaha rental PS bila mengalami kemacetan dalam menggaji? Gaji karyawan yang paling diutamakan ketika membahas bisnis yang menghasilkan ala bos. Gaji karyawan ibaratnya seperti beban bulanan yang harus dikeluarkan. Ketika menapat untung 1 juta setelah dipotong beban-beban, terakhir adalah dipotong untuk karyawan sekitar sesuai kesepakatan. Katakanlah 300.000 per bulan. Bagaimana jadinya bila keuntungannya justru mendapat 300.000? Jelas, disini ada kemacetan sekalipun mengasilkan untung. Inilah yang harus diatasi.

Penjaga rental PS biasanya sekedar menjaga untuk melayani para penyewa. Disini tidak ada aktifitas lain. Maka, bisa ditambahkan aktifias lain. Gaji naik misal sekitar 500.000 (tentunya sesuai perkembangan bisnis bisanya sebesar 500.000). Ketika penghasilan rental PS Cuma 300.000 dan penghasilan minuman sebesar 500.000, tentu masih ada celah menghasilkan keuntungan sebesar 500.000. daripada berfokus pada rental PS saja, bisa mengeluarkan pekerja dari bisnis rental PS.