Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jadi Reseller Baju Online Tanpa Modal 100%

Bagaimana cara jadi reseller baju online tanpa modal 100%? Saya pernah membahas cara ini untuk bisnis secara umum dengan menggunakan cara tanpa modal. Cara yang pernah dibahas agak sulit karena harus mengembangkan skill bisnis bersistem. Namun, disini ada ide pembahasan baru mengenai cara bisnis tanpa modal, secara khusus cara jadi reseller baju online tanpamodal 100%. Tentunya, cara baru tanpa modal disertai cara lama. Hal ini untuk melengkapi dalam hal cara jadi reseller baju online tanpa modal. Oh ya, mungkin saja sudah pernah dibahas soal ini di artikel lama.


Sumber: www.republika.co.id

Disini ingin menggaris-bawahi mengenai jadi reseller baju online. Maksud baju adalah lebih kepada penjualan yang dipakai di badan, bisa kaos dan baju. Tentunya, mengambil kata “baju” sekedar memenuhi kata kunci pencarian saja, he he… tentunya, tidak menutup kemungkinan diartikan pakaian sehingga penjualan jenis celana bisa masuk dalam reseller baju online.

Bagaiman cara jadi reseller baju online tanpa modal sampai 100%? Apakah benar-benar 100% dalam cara bisnis baju online tanpa modal? Berikut penjelasannya agar kamu bisa memahaminya.

Ketahui Beberapa Cara Tanpa Modal 100% Dalam Menjalankan Bisnis Reseller Baju Online

Tidak mustahil bila anda jadi reseller baju online dengan tidak menggunakan modal 100% bila memang memenuhi langkah-langkah yang benar dalam meraih cara tanpa modal. Pembahasan yang saya ketahui di luaran sana, memang belum menyentuh dalam bisnis tanpa modal. Mungkin karena belum tahu sepenuhnya, mengingat banyak artikel di internet dengan topik yang sama. Mungkin anda agak menyangkal, bisnis tidak mungkin tidak menggunakan modal. Jelas, saya pun penyetujui. Tetapi, tidak semua modal berasal dari diri sendiri. Modal bisa dari orang lain sehingga status bisnis layak disebut bisnis tanpa modal.

Tentunya, bisnis tanpa modal tidak ada nuansa berhutang. Berhutang masih dianggap modal sendiri.

Bagaimana mencari modal untuk bisnis tanpa modal, dalam hal ini untuk kebutuhan menjadi reseller baju online tanpa modal?

1. Memanfaatkan Pekerjaan Anda Yang Bekerja di Suplier Agar Bos Senang

Barangkali, anda beruntung berkerja di penjual baju grosiran. Daripada sekedar bekerja, anda memanfaatkan pekerjaannya untuk jadi reseller baju online tanpa modal. Mengapa tanpa modal? Karena anda tinggal memasang gambar produk di media sosial seputar produk suplier anda. Kalau ada orang yang beli, ya anda tinggal berbelanja saja sesuai pesanan, atas nama anda sendiri. Tentunya, pembelian sesuai aturan yang ada di pihak suplier baju grosir.

Bisa saja, anda bekerja sekaligus pembeli baju grosir suplier malah menyenangkan hati bos anda. Tentunya, anda harus meminta izin terlebih dahulu untuk menjadi pembeli produk grosiran di saat anda bekerja disitu. Barangkali bosnya tersinggung kan?

Bagaimana langkah atau cara bisnis reseller baju online-nya? Gampang saja.

a. Menggunakan Media Facebook Sebagai Lapak Jualan

Gunakan media facebook. Karena dengan facebook, bisa berjualan tanpa perlu lapak berbayar. Apakah tidak perlu menggunakan situs marketplace gratis? Nanti dulu. Berjalan bertahap. Terpenting adalah anda menggunakan cara jadi reseller baju online tanpa harus mengeluarkan modal bisnis, 100% tanpa modal.

b. Berfokus Pada Penjualan Ke Teman Terdekat

Jauh atau dekat, anda harus mengantar kiriman atau mendatangi pembeli. Kalau jauh, anda bisa menggunakan jasa kurir. Kalau dekat, cukup membawa sampel bajunya. Kalau memang berminat, bisa melakukan pembelanjaan sesuai jumlah yang dipesan.

Mengapa teman terdekat? Tentunya, ini sebagai pemanasan. Jangan sampai teman dekat yang menjadi fokus penjualan. Karena teman dekat sebagai pemanasan sebagai reseller baju online, anda perlu langkah maju dalam penjualan baju online untuk ke depan

2. Mengandalkan Modal Orang Tua Untuk Dikelola Agar Tidak Lagi Meminta Uang Jajan

Barangkali, anda sudah memasuki masa SMA sehingga mau menjadi reseller baju online. Hal ini untuk mengurangi atau bahkan meniadakan uang jajan dari orang tua. Namun, anda berkeinginan jadi reseller baju online tanpa menggunakan modal sama sekali yakni 100% tanpa modal. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan modal dari orang tua. Wah, sadis sekali ya? Padahal, anda berkeinginan mengurangi atau meniadakan uang jajan, malah membebani orang tua dengan modal untuk jadi reseller baju online.

Dalam hal hal menjadi reseller baju online tanpa modal, posisi anda hanya sebagai orang yang memiliki ide dan pengelola. Disini, anda tidak ada niatan mengandalkan uang orang tua sebagai modal. Namun, karena bentuk kasih-sayang orang tua, terutama ayah yang menafkahi keluarga, rela memberikan modal untuk anda agar bisa jadi reseller baju online yang sukses. Disini, anda dan orang tua melakukan kerjasama bisnis. Permodalan dari orang tua, sedangkan pengelolaan reseller baju online dilakukan anda sendiri.

Nantinya, ketika bisnis sudah untung, tentu ada pembagian keuntungan. Karena orang tua anda yang sebagai pemodal, keuntungannya jauh lebih besar daripada anaknya.

Bagaimana cara menjalankannya ketika sudah mendapatkan suntikan modal dari orang tua?

a. Berbelanja Baju Sesuai Yang Diinginkan Orang Tua

Orang tua dalam hal ini adalah ibu. Anda bisa menyerahkan sepenuhnya masalah pilihan baju pada orang tua yakni ibu. Anda hanya bertugas berbelanja dan berjualan online selayaknya reseller baju online. Atau, anda bisa menyerahkan soal belanja produk baju pada ibu bila memang ibu menginginkannya. Jadi, bisa dikatakan penyerahan ini sebagai bentuk bisnis keluarga namun yang menonjol sebagai owner adalah anda sendiri.


b. Meminta Ibu Aktif Memperkenalkan Produk Secara Online Di Media Sosial

Mengapa ibu harus aktif memperkenalkan porduk di media sosial? Karena yang mengendalikan pemilihan produk baju adalah ibu anda sendiri. Disini, anda hanya bertugas mengelola operasional penjualan saja. Ya, sekalipun anda sebagai pemilik bisnis juga, tetapi, memiliki pekerjaan mengurusi operasional. Tentunya, ibu bekerja sebagai orang yang aktif memperkenalkan produk. Jadi, saling bekerja sesama pemilik bisnis.

c. Kembangkan Permodalan Dari Ayah

Tugas ayah anda apa dalam reseller baju online keluarga? Tugas ayah sebagai pemodal lah. Seorang ayah tidak memiliki kesibukan dalam urusan bisnis baju online keluarga. Walaupun tidak ada tugas, namun seorang ayah yang bertanggungjawab pada keluarga dan bisnsinya, tentu memberikan suntikan permodalan bila ada tambahan permodalan untuk pengembangan. Ini cra ayah terlibat dalam reseller baju online keluarga.

Jadi, sebenarnya yang berbisnis dengan modal ya ayah anda sendiri. Jadi, sesedarhana itu bisnis tanpa modal.

d. Membuat Ruko Penjualan Baju

enaknya mendapatkan suntikan modal sepenuhnya dari orang tua, tentu bisa membangun ruko. Ruko sebenarnya sama seperti kios. Karena kios di dalam rumah yang untuk berjualan baju, jadi dinamakan ruko. Tentunya, kalau sudah membangun ruko, harus ada penyetokan produk. Apakah bisa tanpa ruko? Bisa saja. Tetapi, cara yang dilakukan adalah sistem kunjungan. Sistem kunjungan tidak efektif kalau sudah ramai penjualan tiap bulannya karena melelahkan. Lebih baik membangun ruko yang nantinya, pembeli baju sendiri yang berjunjung. Tentunya, ruko untuk menarget penjualan ofline.

Apakah anda sudah siap memakai cara di atas agar sukses jadi reseller baju online tanpa modal? Tentunya, kesiapannya bergantung kesepakatan keluarga. Karena semakin banyak penjualan, semakin berantakan kondisi rumahnya.

3. Memanfaatkan Penghasilan Kantoran Si Istri Agar Fokus Kerja Online Rumahan

Cara ini agak aneh. Tetapi, bila si peminta usaha adalah si istri sendiri, tentu tidak merasa aneh. Mungkin, si istri sudah jenuh dengan bekerja dengan jarak tempuh perjalanan yang lumayan jauh. Sudah begitu, istri sudah memiliki buah hati yang perlu di urus. Berhubung punya suami yang seorang pengusaha, hal ini dimanfaatkan si istri agar dibangun sebuah tempat usaha dengan cara jadi reseller baju online. Si istri meminta suami untuk mengurusi permodalan dirinya hasil bekerja selama bertahun-tahun. Anggap saja, sisa hasil kerjanya sekitar 50 juta. Nah, anda yang sebagai pembangun bisnis reseller baju online, secara profesional mendapatkan hak sebagai owner dan pembagian saham ketika berhasil membangunkan bisnis reseller baju online.

Jadi, kesimpuannya, si suamilah yang menjalankan bisnis tanpa modal karena permodalan sepenuhnya dari si istri. Simpel kan?

Cara jualannya, bisa mengandalkan cara kedua.

4. Kerjasama Bisnis Dengan Modal Sepenuhnya Dari Teman Agar Pertemanan Tetap Solid

Pembahasan poin empat bisa saja sulit dijalankan. Sekalipun teman, tetap saja yang namanya bisnis harus berprinsip keseimbangan. Bila berbisnis dengan modal 10 juta, maka sesama teman seharusnya sama permodalannya, misal masing-masing mengeluarkan 5 juta. Tidak bisa, seorang temen menyerahkan sepenuhnya permodalan pada teman lain. Jarang terjadi lah. Namun, kondisi ekonomi keluarga masing-masing tidak sama. Ada keluarga miskin, ada juga keluarga kaya. Bagaimana seimbangnya? Sulit bukan? Namun ada solusi jitu untuk mengatasi permodalan agar tetap seimbang.

Permodalan tetap seimbang 5 jutaan. Misal membutuhkan 10 juta. Karena anda tidak mampu memenuhi modal uang 5 jutanya, jadi memakai sistem tanpa modal dalam menjalankan bisnis, dalam hal ini jadi reseller baju online.

Tetapi, sifat tanpa modal itu sementara saja. Artinya, ketika mendapatkan keuntungan, dikurangi untuk memenuhi modal 5 juta. Tetapi, status ini bukan hutang. Artinya, si temen dengan sukarela memberikan modal 10 juta sebagai bentuk membantu anda yang sebagai temannya.

Ketika bisnis bangkrut, anda tidak terkena biaya pembayaran karena ini bukan hutang. Tetapi, anda dikenai beban tanggungjawab memenuhi biaya modal bisnis sekitar 5 juta. Bisa dikatakan, anda tidak mendapatkan jatah saham seimbang dahulu. Gitulah.

Cara menjalankannya, bisa menggunakan cara pertama. Hanya saja, anda perlu stok perdana sebagai sampel saja. Mungkin, anda membutuhkan banyak gambar-gambar produk yang dibutuhkan (selain produk yang sudah ada, produk sampel) agar bisa ditawarkan ke teman online anda tanpa harus menyetok produk dahulu.

Masalah tempat, memang agak sulit, apakah di rumah anda atau di rumah teman. Atau, apakah menyewa kios yang tentu bisa merugikan? Tetapi setidaknya, penjualan berfokus pada online.

Cara Jadi Reseller Baju Online Yang Sukses Jangka Panjang

Pembahasan di atas berfokus pada cara jadi reseller baju online tanpa modal 100%. Di sini, akan menjelaskan cara jadi reseller baju online yang sukses jangka panjang. Tentunya, pembahasannya kelanjutan dari poin-poin pembahasan di atas yang sifatnya lebih umum. Tentunya, cara jadi reseller bukan sekedar bisa menjalankan dengan bisnis tanpa modal saja, melainkan bisa bisnis yang sukses berjangka panjang. Tanpa modal atau ada modal, pada intinya yang dicari adalah keberhasilkan, kesuksesan, dalam hal ini jadi reseller baju online.

Berikut langkah yang mungkin membantu kesuksesan menjadi reseller baju online.

1. Jangan Memilih Produk Reseller Jalur Sistem Dropship

Pernah mentor saya, GM Susanto meriset produk dengan sistem dropship. Tentunya, memilih yang suplier grosir. Sekalipun sistem dropship, status kita sebenarnya jadi reseller. Gm susanto mencoba riset produk parfum. Hasil uji-cobanya, memutuskan untuk tidak lagi mengandalkan produk parfum. Ada banyak faktor, salah satunya seperti ini sesuai intisari pembelajaran GM Susanto dan pengembangan saya sendiri:

Bila berbeda daerah, maka akan beresiko pada ongkos kirim. Misal, Si reseller berada di Cirebon, si suplier berada di jakarta, si pembeli berada di Cirebon. Berapa ongkirnya? Sebenarnya murah. Tetapi karena dari suplier dari Jakarta, maka membayar ongkitnya 15.000. Kan lucu?

Bila suplier mencantumkan situsnya, pelanggan lebih condong membeli langsung. Ini yang menjadi resiko tidak terjadi langganan penjualan. Padahal, jualan produk fisik itu yang penting berlangganan. Mereka akan lebih memilih membeli langsung ke pemilik utama.

Masih banyak pertimbangan ketika mengandalkan suplier sistem dropship sekalipun bisa sebagai solusi riset produk sebelum mengeluarkan modal untuk berbelanja. Mengapa? Karena kontrol di luar tangan kita.

2. Memilih Suplier Grosir Terdekat Diutamakan

Satu kota atau di kota sekitarnya yang bisa dijadikan target pembelian baju grosir untuk jadi reseller baju secara online. Mengapa harus dekat? Biasanya, untuk menghemat ongkos pengiriman atau transportasi. Tetapi, ada hal lain yakni agar bisa menerapkan strategi jadi reseller tanpa stok produk. Hal ini sama seperti sistem dropship. Tetapi, anda bisa mengendalikan stok produknya. Caranya:

  • Memasang foto produk sebagai sampel
  • Mempending pemesanan dengan penawaran harga murah sebagai riset produk

3. Memilih Produk Baju Yang Unik, Berharga Murah dan Cukup Berkualitas Bagus

Pertama, berharga murah. Jadi reseller baju online alangkah baiknya berfokus pada harga murah. Mengapa? Agar tidak terbebani berbelanja produk. Pembeli pun tidak banyak mikir. Biasanya, baju murah lebih ke baju non formal seperti baju bermain, dan sejenisnya.

Kedua, produk unik. Maksud unik adalah berbeda dari produk baju perusahaan lain. Biasanya, perusahaan baju memiliki kekhasan tersendiri. Masalah ini tidak menjadi persoalan.

Ketiga, cukup berkualitas. Ya. Namanya juga baju murah, kualitas pun tidak bagus. Tetapi, setidaknya ada kata “cukup berkualitas bagus”. Biasanya baju yang mahal bergantung jenis bahannya. Sehingga, proses pembuatan baju yang berkualitas tetap terjaga. Jadi yang dipilih sebagai produk reseller baju online adalah baju dengan jenis bahan yang murah.

4. Memilih Fokus Jadi Reseller Baju Wanita

Ingat, fokus penjualannya lebih ke baju wanita. Tetapi, dalam pengembangan, bisa digabungkan. Terpenting, ada sampel produk untuk pria sebagai pertanda bahwa toko reseller baju online menjual baju untuk pria juga. Mengapa fokus pada reseller baju wanita dalam penjualan online? Karena orang yang paling gatel berbelanja online adalah wanita. Biasanya, kalau urusan baju, pakaian, ada model yang unik, bisa menjadi incaran. Beda dengan pria, soal baju sepertinya tidak terlalu menjadi perhatian.

5. Penjualan Via Situs Marketplace Secara Premium

Mengapa anda perlu berjualan lewat situs marketplace? Agar anda bisa tidur nyenyak. Begitulah candaannya, he he. Ya, anda tidak perlu menghitung total belanjaan para pembeli. Bagaimana bila ada 10 pembeli setiap hari dengan total belanjaan lebih dari 5? Anda terus-menerus menghitung. Belum lagi masalah cek ongkir yang berbeda-beda biayanya. Jadi, anda harus mengandalkan situs marketplace. Anda bisa membuat situs pribadi, namun kualitasnya harus seperti situs marketplace. Situs pribadi jauh lebih baik bila kualitasnya sama-sama unggul dalam operasional penjualan.

Namun, sekalipun sudah memanfaatkan situs marketplace, alangkah baiknya memilih yang premium sebagai cara jadi reseller baju online yang profesional. Profesional membuat para pembeli dari kelas manapun.

Masalah menggunakan facebook, itu hanya media untuk memperkenalkan produk, bukan untuk tempat penjualan. Lagi pula, target penjualan masih orang dekat sehingga belum membutuhkan situs marketplace. Pembahasan di awal lebih memfokuskan media sosial karena akan disatukan di bagian ini.

6. Menjelaskan Secara Detail Rincian Produk Yang Bisa Disesuaikan Dengan Ukuran Badan Pembeli

Menjari reseller baju berarti pertanda bahwa anda harus menjadi pribadi yang terbuka mengenai produk-produknya. Mengapa? Karena produk baju online yang dibeli adalah produk baju yang akan dipakai bukan produk baju yang akan dijual kembali. Jadi, menjelaskan rincian produk secara detail perlu dihadirkan, baik foto maupun tulisan. Jangna sekedar menjelaskan kualitas bahan saja.

***

Begitulah sekedar cara jadi reseller baju online tanpa modal 100% yang bisa anda jadikan bagian dari referensi untuk bisnis baju anda.