Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Aksesoris Hp Yang Wajib Ada Di Konter Elbuy Cell

Ada apa dengan bisnis aksesoris hp yang wajib ada di konter elbuy cell? Tentunya ada serangkaian usaha bisnis yang saya lakukan di dalam konter yakni persoalan jualan aksesoris hp yang wajib ada di konter. 

Bisnis Aksesoris Hp Yang Wajib Ada Di Konter Elbuy Cell


Mengapa ada kata “wajib ada” di konter? Tentunya, ini ada yang melatarbelakangi penjualan terdahulu sebelum dipegang oleh saya sendiri. Dengan begini, kata “wajib ada” memang harus menjadi perhatian agar mendapatkan penjualan secara terus-menerus.

Bila memang ada produk yang wajib ada di konter dalam bisnis aksesoris hp, apakah ada produk yang wajib tidak ada di konter? Tentunya, ada.

Jadi, saya akan membahas mengenai persoalan bisnis aksesoris hp yang wajib ada di konter, sekaligus produk yang tidak wajib ada di konter.

Produk aksesoris hp yang wajib ada di konter tentunya mendapatkan perhatian penting dalam permodalan. Sedangkan, produk aksesoris hp yang tidak wajib, bisa dikatakan tidak perlu berbelanja atau sekedarnya saja untuk kesan serius bisnis aksesoris hp di konter. Ini lebih kepada strategi penjualan.

Menengok Permasalahan Bisnis Aksesoris Hp Sebelum Di Pegang Elbuy Cell

Pada awalnya, konter masih dipegang adik saya dengan penjualan banyak jenis aksesoris. Hasil akhirnya, ada banyak produk yang sulit laku terjual. Tentunya, beberapa wajib cenderung mendatkan penjualan dalam dalam waktu yang jarang. Lebih spesial, produk sejenis headset dan charger mendapat peringat penjualan yang bagus.

Sampai sekarang, setelah sudah hampir 2 tahun, bahkan setelah konter bisnis aksesoris hp dialihkan ke tangan saya, ada dua jenis aksesoris hp yang sangat sulit mendapatkan penjualan, antara lain: casing hp dan tempered glass.

Kedua aksesoris hp di atas sulit laku terjual bukan tidak ada peminat, melainkan selalu menemukan ketidakcocokan apa yang dipesan.

Misal, saya menyetok casing hp oppo A7 dengan model polos. Ada pembeli menginginkan oppo, tetapi bukan oppo A7 melainkan oppo A37. Jelas, tipe seperti ini tidak cocok. Karena bermain tipe, jelas tidak bisa terjual.

Pembeli yang satu lagi berkeinginan membeli casing A7. Jelas, produk aksesoris hp yang satu ini sudah tersedia. Tetapi, si pembeli tidak tertarik pada modelnya. Yah, kalau seperti ini, gagal lagi dalam penjualan. Ini contoh kasus sulit menjual aksesoris hp casing dan tempered glass.

Memutuskan Membatasi Produk Aksesoris Hp Yang Wajib Anda Di Konter Elbuy Cell

Dari pengalaman bisnis aksesoris hp di konter sewaktu masih dipegang adik saya, saya memutuskan untuk berfokus pada aksesoris hp charger dan headset. Tentunya, hal ini setelah konter bisnis aksesoris hp dialihkan ke tangan saya. Kedua produk ini yang wajib ada di konter setiap kali kehabisan stok. Jadi, setiap kali berbelanja, saya hanya berfokus kedua ini.

Walaupun hanya dua produk aksesoris hp yang wajib ada di konter yakni hanya headset dan charger, variasi atas kedua produk aksesoris hp ini bisa menghasilkan banyak produk. Mengapa? Karena bisa memakai teknik “melengkapi” seperti ini:

  • Headset Bluetoot
  • Headset Aneka Merek dan Jenis
  • Lilitan Headset
  • Charger Kw
  • Kabel Data Charger
  • Kepala Charger
  • Charger Ori

Produk aksesoris hp di atas sudah cukup memenuhi ruangan etalasi besar. Kalau sudah seperti ini, bisnis aksesoris hp di konter terkesan serius.

Tetap Mengambil Produk Sampingan dalam Bisnis Aksesoris Hp

Produk sampingan dalam bisnis aksesoris hp adalah produk yang tingkat berbelanjanya jarang. Artinya, produk sampingan masih bisa memiliki potensi penjualan walaupun jarang terbeli. Jarang  terbeli karena sifat produknya aset. Jadi, produk sampingan aksesoris hp bukan produk yang sulit terjual.

Dalam konter aksesoris hp di konter Elbuy Cell, beberapa produk sampingan yang masih dibutuhkan, di antaranya:

  • Ring hp
  • OTG flasdisk
  • Gurita/perekat
  • Power bank
  • Memori hp
  • Tongsis
  • Mp3

Karena jarang ada orang yang membeli, produk di atas belum ditambah stoknya. Ketika sudah habis, saya akan berbelanja lagi dengan jumlah yang sedikit.

Memang, langkah berbelanja produk di atas perlu hati-hati juga.

Menjadi Reseller Aksesoris Hp di Salah Satu Konter Grosir Aksesoris Hp

Untuk kebutuhan stok produk aksesoris hp di konter Elbuy Cell, saya membutuhkan tempat berbelanja. Tentunya, saya berbelanja pada suplier grosir. Hal ini untuk mendapatkan harga terjangkau.

Ketika saya ditawari menjadi member yakni menjadi reseller di suplier aksesoris hp, saya menerimanya. Jelas, harga lebih terjangkau.

Cara berbelanja di konter grosir aksesoris hp sebagai reseller:

1.Berbelanja Dalam Jumlah Banyak

Saya masih berbelanja menggunakan kendaraan umum karena belum memiliki motor. Sekalipun sudah memiliki motor, alangkah baiknya, saya berbelanja ketika produk aksesoris hp mulai banyak yang habis. Hal ini agar saya bisa berbelanja dalam jumlah banyak.

Ya, sebenarnnya, dua kali sudah cukup untuk menutupi ongkos. Tetapi, sayang kan, kalau saya sering buang duit buat ongkos atau bensin?

2. Mengutamakan Pada Aksesoris Hp Yang Laku Terjual Atas Aksesoris Hp Yang Wajib Ada di Konter

Pembahasan ini menarik. Sekalipun bisnis aksesoris hp menghadirkan produk yang wajib ada di konter, hal ini tidak membuat saya mengambil langkah gegabah. Saya berfokus pada headset dan charger. Tetapi, saya memilah kembali membeli produk tersebut yang banyak dibeli.

Produk headset dan charger apa yang banyak dibeli? Ini bergantung market masing-masing konter.

Tentunya, produk yang jarang terbeli konsumen, masih tetap dibeli sebagai pelengkap.

3. Membeli Satu Toples Untuk Produk Yang Ada Paketan

Biasanya, produk kabel data charger dan kepala charger yang dijual per paket dalam wadah toples. Saya membelinya paket toples karena bisa menghemat biasa berbelanja. Menariknya, produk aksesoris hp tidak ada kadaluarsa.
 

4. Membawa Kartu Anggota Reseller

Sebenarnya, tidak membawa kartu anggota reseller pun tidak menjadi permasalahan. Hanya saja, saya perlu menginfokan kalau saya adalah bagian dari reseller di konter grosir. Memang, alangkah baiknya, saya harus membawa kartu anggota reseller. Saya cukup menyerahkan kartu itu ketika pembayaran.

5. Mengecek Produk Yang Sudah Dibeli

Saya pernah mendapati bungkusan headset yang tidak ada isi headsetnya. Jelas, saya bingung, bagaimana harusnya. Karena baru terkena kasus seperti ini, saya membiarkan saja. Saya simpan bungkus headsetnya. Kalau berbelanja, saya mau minta isi headsetnya.

Setelah waktunya berbelanja, kira-kira dua mingguan, saya menejaskan masalah bungkus headset yang tidak ada isi. Pegawai agak mempermasalahkan waktu kompelen: kenapa baru sekarang bilang? Ya, saya belum tahu bagaimananya.

Karena baru pertama mengalami masalah ini, kompen saya diterima. Bungkus terisi headset kembali.

Lain kali, saya perlu agak mengecek pada headset. Karena ada isinya atau tidak, saya tidak bisa membedakannya.

Strategi Usaha Bisnis Konter Aksesoris Hp Pada Produk Yang Wajib Ada

Strategi yang saya lakukan dalam bisnis aksesoris hp memang tidak banyak. Saya memfokuskan pada kabel data charger dan kepala charger. Harga terpisah, bisa lebih mahal dari harga gabungan.

Misal:
Kabel data charger 15.000 dan kepala charger seharga 13.000. karena membeli dua sekaligus, jadi saya memberi harga dengan total 25.000.

Berapakah Omset Jual Aksesoris Hp?

Sebenarnya, saya tidak bisa mematok berapa total omset jual aksesoris hp. Yang jelas, jual aksesoris hp dengan mematok keuntungan tinggi. Anda bisa menebak sendiri keuntungan per item produk aksesoris hp. Bila mengambil keuntungan besar, katakanlah 5000/item produk aksesoris hp, berapakah jumlahnya bila sebulan bisa 20 kali terjual?

Mari kita hitung. 5000 x 20 = 50.000. jadi, bisa saja, saya menghasilkan untung sekitar 100.000 per bulan. Karena membutuhkan ongkos 20.000, jadi bisnis aksesoris hp cuma mendapatkan 80.000 per bulan.

Sekali lagi, saya tidak tahu omset hasil jual aksesoris hp karena tidak dihitung-hitung per bulannya. He he