Cara Berani Memulai Bisnis Modal Kecil

gambar
Memulai Bisnis Modal Kecil
Sering bila mempunyai kendala modal kecil untuk memulai bisnis maka akan mengeluh dan tidak mau bertindak secara maksimal dalam bisnis. Bahkan sering ujung-ujungnya tidak lagi melanjutkan rencana-rencana bisnis yang sudah disusun dengan baik hanya karena tidak cukup modal.

Sangat wajar bila memiliki sikap tidak percaya diri melakukan bisnis bila bermodal bisnis. Kebanyakan pebisnis pada awalnya memang demikian namun tidak menghalanginya dalam bergerak maju. Yang penting adalah tetap melawan ketidakpercayaan diri yang menghambat untuk bergerak maju.

Baca: 5 Keberanian Memulai Bisnis ala Pemodal Kecil

Karena tidak perlu terus-menerus memikirkan kecilnya modal bisnis. Bila memang modal yang ada berjumlah sedikit maka seharunya bisnis yang dimulai sebatas modal yang kita punya. Namun terkadang malu dengan bisnis yang terbilang kecil sesuai adanya modal yang terbilang kecil. Maka beranilah walau punya bisnis kecil.

Sebagai contoh Anda punya modal 1 juta untuk membangun bisnis. Kecil memang. Tetapi dianggap besar bila memang anda ingin membangun bisnis skala kecil. Tentu Anda tinggal menjadi reseller baju dan menjualnya ke tetangga sebelah. Cukup mengawali memfoto baju-baju dan print maka sudah cukup bisa dijalankan sebelum anda belanja baju tersebut.

Hal sederhana saja bila sabar, konsisten, penuh kreatifitas dan inovasi tinggi bisa menjadi besar.

Yang perlu kita tahu adalah, modal berupa uang hanya 50% bahkan di bawah 50% yang dibutuhkan untuk sukses besar. Selebihnya adalah modal yang tak terlihat. Sebagai misal adalah modal rencana-rencana besar yang cerdas mengenai bisnis Anda ke depan. Hal rencana saja sering kita lupakan padahal ini penting. Kita memikirkan bagaimana sistem bisnis, marketing bisnis dan hal lain yang penting namun tidak perlu membutuhkan modal.

Mungkin anda tidak menyangka bahwa catatan-catatan kecil mengenai scrip kerja bisnis anda mengandung manfaat yang mendukung kesuksesan. Namun hal penting ini sering diabaikan oleh pebisnis pemula yang selalu tidak berani melangkah dengan alasan bermodalan berupa uang.

Pemula tidak usah memikirkan modal uang terlebih dahulu. Hal yang penting dilakukan adalah bagaimana sistem bisnisnya. Bila sudah bisa membentuk sistem bisnis maka anda akan berani melangkah walau tanpa modal yang besar. Karena dengan sistem yang sudah anda buat bisa memprediksi langkah besar anda melalui langkah-langkah kecil dari sistem yang sudah dibuat.

Anda mengenal Colonel Sanders? Mungkin terlalu sulit bila saya bertanya. Kalau begitu, apakah anda mengenai KFC yang sebagai restoran ayam goreng siap saji? Pasti mengenalnya. Nah, yang pertama mendirikan restoran ayam goreng KFC adalah Colonel Sanders.

Colonel Sanders membangun usaha ayam goreng dengan mengalami kegagalan sebanyak 1433 kali. Entah benar atau tidak jumlah kegagalannya, yang jelas pernah mengalami banyak kegagalan. Namun sekarang berkembang pesat dan bisa ditemukan di banyak negara.

Ini karena berawal dari langkah kecil, langkah tanpa modal besar, langkah coba-coba yang tidak main-main walau bisnis kecil, dan langkah penuh pandangan ke depan yang besar sehingga membuat berani dan bisa membangun bisnis besar.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!