Teknik Menjual Produk Fisik Dengan Fanspage



Produk Fisik

Siapa sih yang tidak kenal Facebook? Kebanyakan orang dari seluruh dunia pasti mengenal Facebook dan memanfaatkannya sebagai kegiatan bersosial secara online dan bahkan untuk kepentingan bisnis.

Bila anda punya Facebook dengan jumlah teman yang tidak sedikit, manfaatkan untuk kepentingan bisnis.

Namun kita perlu membedakan, facebook utama dengan fanspage. Akun facebook utama biarlah untuk kegiatan biasa. Karena orang sudah mengetahui bahwa anda tidak sedang jualan di facebook. Nama facebook anda adalah bukan naman produk tetapi nama anda sendri. Sehingga anda tidak menjual produk lewat facebook. Namun kalau fanspage, sengaja dibuat untuk penjualan produk yang tidak ada kaitannya dengan update status harian yang biasa anda lakukan. Jadi harus ada pembedaan.

Baca: Kiat Update Di Fanspage untuk Penjualan Produk

Jadi, jangan sekali-kali sering mempromosikan produk via Facebook utama karena teman anda tidak menyukainya. Teman anda hanya tahu bahwa anda sebagai orang yang biasa bukan pebisnis. Jadi buatlah fanspage khusus penjualan.

Awal-awal anda sudah memiliki Facebook dengan jumlah pertemanan di bawah 500. Biarlah hanya berjumlah segitu. Anda tidak perlu menambah sampai 5000 atau tangan anda akan bengkak :-) anda cukup membuat fanspage khusus penjualan produk. Kalau ada yang like fanspage anda maka tandanya siap dan mau menerima informasi produk.

Sudah dibahas di awal bahwa pembahasan menggunakan study kasus produk “Parfum Original” secara khusus “Parfum Original Wanita”. Tentu agar lebih memudahkan anda dalam memahami training di grup ini.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan yang pernah saya dan Gm Susanto, guru internet marketing saya lakukan.

1.    Membuat fanspage

Bila anda ingin membuat fanspage maka buatlah tentang fanspage parfum. Sebagai contoh adalah dengna link www.facebook.com/parfumoriginalwanita. Lalu buat judul yang lebih lengkap seperti “Parfum Original Wanita Murah”.

Bila memang fanspage terindex di google maka setiap orang yang mengetikan kata kunci dari judul fanspage anda maka kemungkinan akan menemukan fanspage anda. Maka penting memperhatikan judul dan nama dari link fanspage

Untuk hal teknis pembuatan fanspage, anda silahkan mencari di Facebook.

2.    Upload foto, setting dan update status fanspage

Jangan terlebih dahulu mempromosikan fanspage anda sebelum beres mengenai upload foto, setting fanspage sesuai keinginan anda, dan update status fanspage sampai minimal 15 status.

Mengenai upload foto sangat penting dilakukan terutama foto pribadi. Upload sebagian foto asli anda ke fanspage. Karena dengan berani mempublish foto pribadi berarti anda siap untuk dipercaya pengunjung.

Memang ada atau tidak adanya foto tidak masalah bila memang anda sudah punya nama besar seperti kasus Gm Susanto. Namun bagi pemula yang belum memiliki nama besar harus memperlihatkan foto pribadi.

Tidak kalah penting adalah membuat caver. Anda harus membuat caver yang menggambarkan bisnis anda. Dalam cover, Anda bisa membuat kalimat penawaran yang cukup menarik pengunjung.

Dalam membuat status, diharapkan fokus dengan kalimat yang simpel seperti tips, motivasi, pengembangan diri, info, pengetahuan yang berkaitan dengan produk, dan sebagainya. Usahakan masih berkaitan dengan produk yang anda jual. Intinya adalah variasikan status dengan kalimat yang mudah dipahami dan simpel. Usahakan membuat status yang mengajak mengunjung berkomentar bila memang likers sudah mencapai 5000 ke atas.

Idealnya membuat status bisa 1-2 kali sehari. Yang penting rutin

Satu minggu sekali anda membuat penawaran produk yang sedang anda jual. Karena orang tidak suka diberikan iklan setia hari walau fanspage anda untuk kepentingan bisnis. Kita tahu bahwa, pengunjung pun akan beli bila saatnya beli walau tidak memberikan iklan setiap hari.

Secara khusus, anda silahkan memperhatikan fanspage “Gm.Susanto Community” atau di fanspage “Parfum Original”. Kedua fanspage tersebut kepunyaan Gm Susanto sebagai study kasus fanspage yang berkualitas.

Bila sudah beres mengenai hal tersebut, maka selanjutnya adalah mengiklankan fanspage.

3.    Mengiklankan fanspage

Dalam mengiklankan fanspage, usahakan ke teman Facebook anda dulu. Inilah yang anda iklankan dalam Facebook utama. Jadi bukan promosi produknya yang di Facebook utama.

Kalau bisa, tidak perlu mengajak mereka like fanspage anda dengan fasilitas dari Facebook. Karena kita berbicara minat dari likers. Bisa saja mereka me-like namun hanya sekedar rasa kasihan atau “asal like”. Cukup membuat status di Facebook utama dengan menyertakan salah satu status dari fanspage dan link fanspage. Ambil status yang menarik lalu publish di Facebook utama. Inilah yang saya lakukan pada fanspage penjualan produk.

Bila memang anda tidak memiliki blog, maka bisa mengiklankan sendiri ke pihak Facebook. Namun dalam hal ini anda membutuhkan kartu kredit. Anda bisa membuat kartu kredit di BCA dengan sistem saldo yang tentunya lebih mudah syaratnya.

Namun bila kendala dalam masalah kartu kredit masih ada walau sudah punya keinginan memiliki kartu kredit maka anda bisa menggunakan jasa iklan fanspage. Yang ditekankan dalam memilih jasa pengiklan fanspage adalah hanya sekedar jasa mengiklankan fanspage bukan jasa memperbanyak like fanspage. Karena kalau kita memilih jasa mengiklankan fanspage, kita bisa mengatur sendiri target market dan lainnya.

Saya anggap anda sudah memutuskan menggunakan kartu kredit atau menggunakan jasa iklan fanspage alias jasa iklan Facebook. Saya anggap seperti ini.

Dalam mempromosikan Fanspage, anda perlu perhatikan keterkaitan produk dengan pengunjung.

Sebagai contoh anda akan mengiklankan fanspage “Parfum Original Wanita”. Anda sudah menyiapkan parfum yang memang fokus untuk wanita walau ada beberapa untuk pria. Anda sudah memiliki ketentuan bahwa parfum wanita ini untuk yang berumur 18+ dan kelas menengah-keatas.

Maka dalam setting perencanaan iklan anda harus mengganti sesuatu yang tidak pas.

Kita harus membuat gambar, judul dan teks iklan yang akan dipasang di Facebook. Dalam membuat gambar, harus yang mewakili produk anda. Misal gambar parfum dan diberikan kata-kata misal “Murah, Berbagi Poin dan Berbahagia Belanja”. Untuk judul, cukup berkata “Berbagi Info Parfum Original”. Masalah teks, karena anda mengiklankan fanspage maka cukup mengambil teks status yang dianggap menarik.

Bila memang iklan masih menargetkan untuk semua orang maka harus membuat khusus yaitu untuk wanita. Ya, anda harus membuat settingan yang khusus untuk wanita agar like yang didapat benar-benar pada orang yang membutuhkan.

Setelah wanita yang menjadi target iklan maka anda harus menyetting umur. Bila memang masih untuk 15 tahun ke atas maka anda perlu mensetting menjadi 18 tahun ke atas atau antara 18-40. Lagi-lagi alasan agar mendapat like yang tertarget.

Karena parfum anda untuk kalangan wanita karir yang identik dengan orang yang berkelas menengah-keatas maka anda perlu mensetting lagi. Caranya? Ini tergantung prasangka anda. Kalau menurut saya, kebanyakan wanita karir lebih sering untuk online lewat Hp bukan lewat komputer/leptop. Sehingga anda bisa setting iklan agar tampil lewat Hp. Atau silahkan cantumkan semua.

Karena parfum anda untuk wanita yang berkelas menengah-keatas, maka anda bisa menargetkan kota-kota yang dianggap kota besar. Menargetkan kota besar misal hanya untuk wilayan Jakarta. Tentu, agar lebih memfokuskan target yang tepat.

Bila memang anda melakukan setting yang lebih spesifik, jangan kaget kalau jumlah pengunjung yang akar berkurang. Kalau belum melakukan setting bisa mencapai 1000.000 orang yang melihat iklan anda. Tapi sesudah melakukan setting yang lebih spesifik bisa mencapai 100.000. Namun jumlah 100.000 adalah jumlah orang yang diperkirakan tertarget. Bila hanya 10.000 yang like fanspage anda maka kemungkinan 5000 orang adalah orang yang benar-benar menyukai fanspage anda dan penawaran produk anda.

Baca: Membuat Situs Penjualan Toko Online

Moga bermanfaat