Kiat Update Di Fanspage untuk Penjualan Produk

gambar

Kiat Update Di Fanspage untuk Penjualan Produk

Pembahasan ini berangkat dari pengalaman guru internet marketing saya, Gm Susanto, yang memiliki fanspage di Gm.Susanto Community. Dalam fanspage tersebut terlihat menarik, royal berbagi ilmu dan bermanfaat untuk para likers. Dan memang Gm Susanto sendiri menyarankan untuk mencontohkan fanspage yang dibuat dirinya khususnya masalah update status.

1. Konsisten dengan tema dan tujuan

Bila anda membuat fanspage maka anda harus konsisten dengan apa yang kita buat. Bila memang fanspage yang anda buat mengenai bisnis maka anda harus konsisten membahas mengenai bisnis dalam update status yang anda buat. Bila membahas produk parfum maka anda pun harus konsisten membahas hal tersebut.

Ada sebagian fanspage yang memang tidak sesuai. Fanspage membahas mengenai bisnis namun pembahasan tidak selalu mengarah pada bisnis. Hal ini tentu akan membuat likers beranggapan bahwa si pemilik fanspage tidak memiliki keahlian dalam bidangnya atau bisa juga mengecewakan sebagian likers karena mendapatkan hal yang tidak diinginkan.
Saya sendiri dulu membuat fanspage “Sehat Cantik” dengan tetap konsisten membahas masalah kesehatan yang berhubungan dengan penampilan seseorang secara umum dan masalah kecantikan itu sendiri yang khusus untuk wanita.

Karena fanspage Sehat Cantik berhubungan dengan penjualan produk kecantikan maka saya pun memberikan info-info mengenai produk tersebut. Dengan memberikan info-info mengenai produk maka diharapkan nantinya likers akan bertanya-tanya untuk mendapatkan produk.

2. Bedakan tulisan status fanspage dengan blog

Dalam membuat update status di fanspage, disarankan untuk membedakan tulisan yang ada di fanspage dan tulisanyang ada di blog. Kebanyakan orang melihat Facebook dengan menggunakan Hp sehingga bila membuat tulisan yang panjang bisa membuat pusing pembaca bila memang membaca. Bila dalam blog berupa artikel maka dalam fanaspage lebih sekedar potongan-potongan.

Baca: Blog Jasa Iklan Online

Mungkin blog anda terpasang fanspage dengan tema yang hampir sama. Bila memang fanspage sebagai tangan kanan blog untuk menampung para pengunjung blog maka status harus dibedakan. Untuk itu, harus didahului sejak pembuatan fanspage.

Blog saya membahas diet sehat alami sehingga fanspage saya membahas kesehetan secara umum dan kecantikan untuk wanita. Terlihat ada kesamaan dalam hal kesehatan karena pada dasarnya diet memang usaha untuk sehat. Namun dalam update status tidak hanya membahas diet namun segala yang berhubungan dengan kesehatan yang kepentingannya untuk mendukung penampilan. Kalau pun membahas diet maka kalimat yang dibentuk berusaha untuk berbeda dengan tulisan blog.

Anda perlu menghindari mencopy beberapa pembahasan dari blog. Namun kita harus menulis ulang dengan bahasa yang berbeda bila memang ingin membahas masalah yang ada di blog. Barangkali para likers (yang datang dari blog atau tidak) sudah lupa atau tidak membaca pembahasan yang ada dalam blog sehingga memerlukan pembahasan ulang di fanspage.

Namun berbeda bila memang fanspage anda berdiri sendiri alias tanpa bantuan kunjungan dari blog. Misal dengan cara  mengiklankan fanspage. Kasus seperti ini anda bisa membuat artikel panjang dengan tata bahasa seperti artikel blog atau tulisan pendek.

3. Update status

Dalam study kasus ini adalah fanspage yang bertujuan untuk penjualan produk kencatikan. Saya membatasi fanspage agar lebih mudah dipahami.

Untuk awal-awal, bila likers masih di bawah 100 maka anda bisa mengupdate status dua hari sekali dengan 1 tulisan. Anda tidak perlu mengupdate status setiap hari apalagi dalam sehari sampai 5 kali.

Bila sudah minimal 100 likers maka silahkan update setiap hari dengan 1 atau 2 tulisan.

Kenapa kita harus jarang update status kalau belum mencapai 100 likers? Ya tentu karena alasannya tentang minimnya jumlah orang yang membaca.

4. Update status produk

Karena fokus fanspage untuk penjualan produk kecantikan maka anda memberikan tulisan khusus untuk produk 3 hari sekali dengan 1 tulisan. Kita tidak perlu selalu memberikan info produk karena bisa menjenuhkan likers yang membaca.

Anda bisa menulis kata-kata mengenai produk tertentu dengan melihat katalog bila memang ada katalog. Kita berbicara kesesuaian dengan apa yang ditetapkan katalog. Bila anda salah menjelaskan produk tentu dong sudah melanggar kode etik.

Bisa juga meminta testimoni yang sudah merasakan produk tertentu agar lebih terpercaya.

Dan, 1-2 minggu sekali dengan satu tulisan, anda bisa membuat tulisan penawaran mengenai produk yang anda pilih untuk dijual.

Jangan membuat kalimat penawaran setiap hari atau sering. Kenapa? Kita berbicara siapa diri kita terlebih dahulu. Rata-rata orang membeli karena tahu tentang kita sebagai penjualan dan setelah itu tentang produk. Kita menjalin hubungan terlebih dahulu. Bila memang ada yang bertanya maka dijawab. Tentu dong, selain itu, likers juga tidak mau selalu diberi tulisan penawaran karena dianggap spam.

Baca: Membuat Situs Penjualan Toko Online?

Demi penghematan biaya internet, lebih baik menggunakan teknik terjadwal. Update status via komputer atau leptop. Bila memang anda setiap hari mengaktifkan koneksi internet di hp, maka lebih baik tidak terjadwal. Kalau saya sendiri memang terjadwal karena jarang internetan, baik lewat hp atau komputer.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!