Peluang Bisnis Blogger Produktif

Banyak sekali peluang bisnis di era online. Mungkin, anda akan bingung memilih jenis peluang bisnis seperti apa yang layak dijalankan. Namun, dari kebingungan anda memilih jenis bisnis yang akan anda jalankan agar menghasilkan uang, berawal dari “blogger produktif” maka anda tidak bingung lagi. Bahkan berbagai macam peluang bisnis bisa dikuasai bila menjadi blogger produktif.

Peluang Bisnis Blogger Produktif 

Katakanlah, anda hanya iseng ingin menghasilkan trafik melimpah ke blog yang anda buat. Anda tidak memikirkan bagaimana berbisnis untuk menghasilkan uang. Namun anda gigih ingin menjadi blogger produktif demi menghasilkan trafik melimpah ke blog yang anda buat. Bila kunjungan sudah mencapai 1.000/hari, bagaimana cara memanfaatkan peluang bisnis? Anda dengan mudah membuka bisnis jasa pembuatan blog, menjual produk affiliate, jasa pemasangan iklan dan tentu menjual produk bisnisnya sendiri.

Kuasai terlebih dahulu bagaimana menjadi blogger produktif, maka segala macam peluang bisnis bisa anda kuasai dengan mudah. Anda hanya memerlukan sedikit kegiatan belajar dalam menguasai jenis-jenis peluang bisnis seperti adsense, affiliate, dan jenis peluang lainnya. Tentu, walau anda bisa saja menguasai berbagai jenis peluang bisnis, namun prioritas peluang harus ada agar lebih mengoptimalkan bisnis lewat kegiatan blogging.

Sekarang ini, sudah banyak lagi bermunculan blogger yang mementingkan blog pada sisi bisnisnya. Kalau dahulu kegiatan blogging hanya untuk curahan hati dan saling kunjung, sekarang sudah masuk ke ranah curahan penghasil uang alias sudah memikirkan blog bisnis. Tentu, akibat bermunculan para blogger yang fokus bisnis, persaingan pun menjadi ketat.

Banyak sekali blogger akhirnya menyerah akibat persaingan yang ketat. Tentu menyerah karena uang yang diharapkan tidak kunjung datang. Sebenarnya para blogger tidak maksimal menjadi blogger produktif untuk memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada. Walau persaingan kekat dalam dunia blogging, tetap saja mereka memanfaatkan peluang dalam bisnis yang berbeda-beda.

Bila ingin menjadi blogger produktif yang berujung menguasai beberapa peluang bisnis yang ada di era online lewat internet, berikut yang perlu anda kuasai:


1. Berfokus Pada Niche Market Dan Passion Anda

Jarang sekali para blogger dalam bisnis era online tidak memikirkan mengenai niche market yang akan dituju. Harusnya membuat blog dalam memanfaatkan peluang bisnis harus memikirkan niche market. Mereka lebih suka memuat blog gado-gado alias campuran berbagai tema. Memang boleh, namun bila sudah bercampur berbagai tema, membutuhkan tim blogger yang menguasai tema yang akan ditulis.

Bila memang kerja individu,memiliki target market yang lebih ke spesifik market alias niche market justru lebih dianjurkan. Karena memang pembahasannya tidak mengganggu konsentrasi. Memang secara kaca mata bisnis, jauh lebih bagus mengambil niche market karena persaingan bisa dikuasai.

Tentu, maksud memilih niche market adalah menyesuaikan dengan passion sang blogger agar dalam kegiatan blogging untuk bisnis jauh lebih semangat dan tetap semangat walau sulit.


2. Manajemen Waktu Dengan Tepat

Menjadi blogger produktif memang sulit. Karena memang harus disiplin menghadirkan artikel secara rutin. Bila blog masih baru berdiri, maka harus membuat artikel setiap hari dalam jangka satu tahun. Tentunya agar dalam waktu satu tahun bisa menghasilkan artikel 300. Jadi, blogger produktif, apalagi blogging produktif untuk memanfaatkan peluang di bisnis online, tentu harus benar-benar kerja cepat dan teratur.

Usahakan menyediakan waktu setidaknya untuk meriset kata kunci untuk artikel yang akan ditulis. Setelah itu memahami pembahasan artikel yang banyak beredar di internet untuk referensi menulis. Kegiatan menulis bisa dimulai dengan semangat sesuai target kata kunci yang sudah ditentukan. Bila sudah menulis, usahakan untuk membenarkan dalam hal kaidah bahasa Indonesia karena Google sangat menyukai bahasa baku dalam menulis.

3. Berinvasi Dalam Memberikan Layanan Di Blog

Blog memang berisi artikel. Namun, usahakan memang jangan hanya memberi artikel. Berikan juga vidio yang memang mendukung pembahasan. Biasanya blog yang pembahasannya mengenai hal teknis sangat butuh bantuan vidio untuk memudahkan penjelasan. Juga, tidak lupa memberikan bonus-bonus seperti ebook atau lainnya. Dalam memberikan bonus, bisa melalui layanan newsletter sehingga bisa mengumpulkan pengunjung blog agar menjadi pelanggan setia.

4. Promosikan Blog

Banyak sekali para blogger yang diawal promosi menggunakan teknik SEO. Memang tidak salah melakukan hal ini. Namun hanya karena ini membuat kegiatan blogging menjadi tidak produktif. Mereka hanya memikirkan SEO. Kalau urusan SEO, fokus menulis banyak artikel (minimal 300 artikel dengan masing-masing 500 kata) saja akan menghasilkan banyak kunjungan. Jadi, jangan terlalu fokus ke SEO. Anda bisa memakai jasa backlink SEO blog untuk optimalisasi blog.

Lebih baik menggunakan cara promosi yang alami, mengalir, dan tidak dipaksa. Tentunya, promosi berbayar jauh lebih baik.