Cara Bisnis Ebook Novel Cinta Secara Online

Enaknya bisnis rumahan online adalah bisa dengan mudah membangun bisnis ebook novel cinta tanpa perlu membuka toko yang berisi kumpulan buku novel. Dari rumah melakukan aktifitas penjualan 1 novel, bisa saja mendapatkan keuntungan melebihi dari penjualan buku-buku yang dilakukan secara ofline. Walaupun begitu, patut diakui, hanya menjual 1 ebook yang dilakukan secara online bisa membutuhkan modal dan keahlian yang tidak sedikit. Tetapi bila Anda berminat berjualan ebook khususnya novel cinta secara online, Anda bisa mengatasi kesulitannya hanya dengan tekad kuat untuk tetap berusaha sampai berhasil.

Cara Bisnis Ebook Novel Cinta Secara Online

Bila Anda mau mencoba meriset kata kunci (keyword), Anda silahkan meriset kata “Cinta”. Bagaimana jumlah pencariannya? Ini hanya bertema cinta saja, bagaimana bila digabungkan dengan kata kunci “ebook” dan “novel”? Maka akan membentuk gabungan jumlah pencarian. Nah, bila Anda membuat situs untuk menjual ebook novel cinta sesuai kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang banyak, maka secara otomatis akan banyak orang yang mengunjungi situs Anda.

Berikut akan saya perlihatkan beberapa kata kunci cinta yang memiliki jumlah pencarian yang cukup banyak per bulannya:
  • Putus Cinta: 6600
  • Pengorbanan Cinta: 1600
  • Arti Cinta Sejati: 2900
  • Cerita Cinta Sedih: 9900

Lalu bagaimana cara bisnis ebook novel cinta secara online sebagai bisnis rumahan online Anda? Dalam hal ini, khusus untuk penjualan novel cinta yang berbentuk ebook format PDF. Berikut adalah langkah atau cara berbisnisnya yang bisa Anda lakukan dan disertai cara bisnis tanpa membutuhkan modal yang lumayan besar hanya untuk kebutuhan sarana penjualan.

Ketahui Cara Membuat Ebook Novel

Bila memang mau bisnis ebook novel, cobalah membaca novel Anda di smartphone dan tablet. Ketika novel Anda bisa terbaca, nyaman dibaca, tandanya layak untuk dijual. Coba terus, bagaimana keadaan tulisan dan kemudahan dalam membacanya. Intinya sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membaca ebook di smartphone.

Dalam hal ini, apakah sudah bisa membuat ebook? Membuat ebook membutuhkan software pencetak ke bentuk PDF, membutuhkan software pencetak cover ebook, pembuat desain cover dan sebagainya? Bila belum bisa, Anda bisa mengandalkan jasa bisnis ebook dari saya kalau mau.

Membuat Kata Kunci Untuk Bisnis Ebook Novel Cinta

Dalam membuat ebook novel cinta, biasanya akan menentukan tema ceritanya. Memang yang dibahas adalah cerita tentang cinta. Namun biasanya penulis akan memberikan spesifikasi cinta yang akan hadir dalam cerita. Nah, spesifikasinya Anda bisa menyesuaikan berdasarkan katak kunci yang memiliki banyak pencarian. Misal tema cerita yang dibahas adalah mengenai “Putus Cinta Berkali-kali”. Lewat kata kunci “Putus Cinta”, Anda bisa melihat jumlah pencariannya. Oh, ternyata kata kunci putus cinta memiliki jumlah pencarian sekitar 6600, misalnya.

Apakah boleh mengambil kata kunci “Cerita Cinta Sedih” karena dalam putus cinta selalu mengalami kesedihan? Bisa saja. Namun menentukan kata kunci bukan sekedar kata kunci. Karena nanti Anda akan membuat pembahasan sesuai kata kunci yang diambil. Bila dalam pembahasan bisa membahas sesuai isi cerita, boleh-boleh saja. Boleh juga digabung menjadi “Cerita Cinta Sedih Putus Cinta”.

Kata kunci yang diambil bisa digunakan untuk judul blog, judul artikel penjualan, dan yang lainnya.

Membuat Artikel Penjualan Bisnis Ebook Novel

Membuat artikel penjualan atau disebut sales letter untuk ebook novel yang salah adalah menjelaskan sinopsis cerita dari awal sampai akhir alur cerita. Bahkan sekedar menjelaskan sinopsis sampai pertengahan alur, masih juga dianggap cukup salah. Menurut saya, itu salah. Kenapa salah? Karena cara seperti itu membuat gambaran cerita menjadi jelas, yang akhirnya tidak penasaran lagi.

Membuat artikel penjualan yang benar adalah dengan membuat artikel review atau dengan kata lain yaitu membuat artikel resensi novel. Kalau bisa dilengkapi dengan memberikan penggalan-penggalan cerita. Kenapa benar? Biasanya, kalimat review atau resensi, penjelasannya lebih kepada penilaian sebuah cerita bukan menjelaskan gambaran alur cerita. Intinya, dengan membuat artikel penjualan diharapkan pembaca sampai memiliki rasa penasaran yang besar pada isi ebook novel yang Anda jual.

Usahakan Bisnis Ebook Novel Menggunakan Minisite

Sudah banyak yang menggunakan minisite (satu halaman web) dalam bisnis ebook mereka. Di samping hanya fokus menampilkan satu halaman yang tidak membuat pembaca merasa bingung, juga untuk memperkuat sisi penjualan. Artinya, dibanding menggunakan blog dalam bisnis ebook khususnya ebook novel, lebih baik menggunakan minisite.

Ketika melihat perbandingan, menggunakan minisite jauh lebih kuat daya tarik penjualannya daripada halaman yang ada di blog, walau sama kalimat penawarannya. Kekuatan minisite terletak pada desain gambar sehingga bisa membuat daya tarik penjualan yang bagus. Kalau menggunakan halaman blog, desain yang ditampilkan hanya sederhana dan desain tidak bisa ditampilkan secara khusus untuk artikel penawaran.

Bila Anda ingin mendapatkan desain template Blogspot yang keren, profesional, responsive (tetap oke dilihat smarphone), dan tidak harus menggunakan hosting, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di internet. Sudah ada bahkan mungkin banyak yang menjualnya. Dengan menggunakan Blogspot, Anda tidak perlu biayaa hosting+domain. Anda pun masih bisa mengupdate artikel sebagai tambahan kunjungan ke minisite.

Lakukan Teknik Marketing Menggunakan SEO

Sampai detik ini, teknik marketing online yang terbukti menghasikan kunjungan gratis dalam waktu lama dari Google adalah teknik SEO. Kalau Anda bermain iklan, mengeluarkan modal 500.000 untuk iklan di Facebook Ads atau Google Ads, kunjungannya hanya ketika Anda masih beriklan saja. Apakah dijamin ada yang beli? Kita berpikir sederhana saja, “Apa layak produk kita diiklankan dengan modal besar?” Tidak ada perbedaan, entah mengiklankan produk bagus atau jelek, biaya iklan tetap sama. Ketika produk Anda hanya kelas standar atau kelas bawah, teknik SEO jauh lebih tepat.

Banyak yang mengeluh, biaya untuk menggunakan jasa SEO juga mahal, hampir 500.000. Kalau mau melakukan sendiri, sulit dan juga tidak punya banyak waktu. Nah, Anda tidak perlu khawatir, cukup mengeluarkan modal 300.000, Anda sudah bisa mendapatkan paket komplit pelayanan pembuatan bisnis ebook dan teknik SEO-nya.

***

Apakah Anda mau membuka bisnis ebook khusus ebook novel cinta? Pastikan bahwa Anda harus terlebih dahulu siap modal untuk bisnis walau tidak harus besar dan juga tekad kuat untuk sukses dalam bisnis rumahan online.