Pentingkah Belajar SEO untuk Marketing Bisnis Online?

Pentingkah belajar SEO untuk kebutuhan marketing bisnis online menurut anda? Penting atau tidak, yang jelas teknik dan strategi SEO (Search Engine Optimization) sudah menjadi bagian dari bisnis yang banyak dilakukan para pebisnis kecil-menengah. Dengan menerapkan SEO, bisnis yang terbangun akan berjalan dengan lancar tanpa memaksimalkan modal iklan.

grafik seo

Menurut saya pribadi, penting sekali belajar SEO terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis online. Kenapa? Karena dengan terlebih dahulu menguasai SEO, pembuatan rencana marketing untuk situs bisnis akan jauh lebih baik. Mulai dari membuatan nama domain, pembuatan konten dan backlink, akan dirancang berdasarkan unsur SEO.

Artikel terkait: Cara Menambah Banyak Pengunjung Situs Bisnis

Sebagai sikap sadar akan permodalan bisnis yang cekak, tidak memiliki banyak modal, tentu jauh lebih baik membuat situs bisnis yang berdasarkan unsur-unsur SEO daripada memakai merek bisnis pribadi. Dalam hal nama, jauh lebih baik menggunakan nama yang dicari banyak orang seperti “Jual Nasi Jamblang” daripada menggunakan “Warung Gue Cirebon” karena akan lebih bersahabat dengan para pencari. Dalam hal konten, jauh lebih baik menggunakan blog daripada hanya 1 lembaran tulisan panjang. Intinya benar-benar memperhatikan SEO dalam menjalankan marketing bisnisnya.

Bila ada yang berkata, “Lupakan SEO”, menurut saya itu perkataan yang gegabah bila ditunjukkan untuk para pebisnis kecil. Bila pebisnis kecil menurut saja dengan perkataan tersebut, tentu sebuah langkah yang konyol. Karena modal satu-satunya yang terbaik adalah dengan mengandalkan SEO agar Google memberikan trafik gratis ke situs bisnsinya.

Pebisnis besar saja masih memperhatikan SEO walaupun bisa saja tidak maksimal seperti menyebarkan artikel review dengan menyewa penulis profesional untuk membuat artikel standar SEO. Ada juga pebisnis yang membuat blog khusus untuk mempromosikan bisnisnya.

Bukan melupakan SEO tetapi pakailah teknik SEO sewajarnya karena memang wajar, sederhana. Bila seperti itu, proses belajar SEO pun tentu saja tidak perlu membutuhkan waktu lama dan melelahkan. So, masih enggan menguasai SEO?

Yang membuat lama menguasai SEO adalah mengenai masalah backlink SEO. Apa itu backlink? Backlink adalah penyebaran anchor teks ke banyak situs. Itu pun bukan bertema menguasai tetapi lebih kepada berburu backlink. Berburu backlink memang sulit dan membutuhkan waktu lama.

Untungnya, anda silahkan melupakan backlink SEO bila anda malas berburu. Asalkan:
  • Rutin menulis setiap hari dengan kualitas terbaik
  • Membangun backlink intern alias membangun link antar artikel
  • Berusaha menjadikan blog sebagai sumber referensi untuk para blogger

Lalu bagaimana hal dasar dalam belajar SEO agar bisa membangun situs bisnis dengan benar? Pembahasan ini tentunya sudah dijelaskan para master SEO terutama master kursus SEO yang pernah saya ikuti sendiri yaitu Ricky Pratama (walau sekarang mas Ricky sudah tidak membuka kursus SEO lagi karena kesibukannya). Titik tekannya lebih kepada SEO blogging walau bisa untuk yang lain. Yuk belajar hal dasar tentang SEO di bawah.

Belajar Perencanaan SEO Blog

SEO erat kaitannya dengan perencanaan-perencanaan. Artinya SEO hadir sebelum hal yang diinginkan terwujud. Anda harus bisa membuat perencanan SEO yang berkaitan dengan situs terkait, entah blog, web penjualan (sales page, toko online), dan yang lainnya. Bila tidak bisa membuat perencanaan SEO untuk situs bisnis, maka tidak bisa juga memaksimalkannya.

Setidaknya anda harus memikirkan tentang:
  1. Tema blog
  2. Pemilihan kata kunci blog
  3. Pemilihan nama blog
  4. Pemilihan nama domain blog

Merencanakan ketiga hal saja membutuhkan pemikiran yang mendalam. Anda boleh mencoba kalau tidak percaya. Yang jelas, harus serius jangan dibuat main-main. Kalau dibuat main-main, ya tidak perlu mikir panjang.

Masalah tema saja, anda harus memperhatikan minat, keterikatan pada produk, keahlian dan ketahanan rutinitas update informasi. Walau anda minat pada tema “kecantikan”, belum tentu anda bisa menguasainya. Walapun anda sudah menguasai tema tersebut dan anda juga berminat, belum tentu berkaitan dengan produk yang anda jual. Intinya adalah buatlah perencanaan matang-matang.

Masalah tema blog, maka akan berkaitan dengan kategori/label dalam blog. Blog tema kecantikan isi kategori/labelnya apa saja? Nah, dalam hal ini saja perlu diperhatikan. Misal saja berisi perawaran rambut, perawawatan bibir, dan sebagainya.

Lalu ketika tema sudah ditentukan, akan berkaitan dengan pemilihan kata kunci. Blog tema kecantikan tidak harus menggunakan kata kunci “Tips Kecantikan Wanita”, tidak harus. Ini bergantung pada kata kunci apa yang akan tersebar dalam banyak artikel blog. Bila ingin menyebarkan kata “wanita cantik”, maka pemilihan kata kunci blognya bisa dengan “Tips Wanita Cantik” atau kata lainnya yang masih berkaitan dengan kata kunci utama.

Bagaimana pemilihan nama blog dan domain blog? Maka bisa digabungkan. Misal menarget “Tips Wanita Cantik” dengan nama domain “tipswanitacantik”. Ini jauh lebih bagus bila menarget niche market. Semakin niche, semakin bagus asal memiliki jumlah pencarian yang lumayan. Atau seperti ini:
  • Nama domain: wanitacantik
  • Nama blog: Wanita Cantik (biasanya judul untuk tampilan blog wordpress)
  • Kata kunci blog: Tips Wanita Cantik, Rahasia Wanita Cantik, Atau Wanita Cantuk Alami (biasanya untuk title tag, kepentingan tampilan di mesin pencari)

Pada awalnya memang sulit. Namun itulah bagian dari proses belajar SEO dan juga strategi marketing bisnis itu sendiri.

Hal dasar di atas saja, banyak pebisnis pemula yang lupa atau tidak mau menerapkannya. Bagi yang tidak suka teknik dasar SEO di atas, biasanya mereka membuat blog dengan nama sendiri seperti Blog Mas Sugeng, Blog Kang Ujang, dll. Itu terserah. Namun fakta SEO di mesin pencari memang dibutuhkan.

Belajar Optimasi SEO Onpage Situs Blog

SEO Onpage lebih kepada usaha mengoptimalkan halaman blog kita sendiri, baik untuk pengunjung atau robot mesin pencari (kode html halaman). Ketika dalam hal ini belum optimal sesuai standar SEO, maka proses SEO berikutnya yaitu SEO Offpage akan menyulitkan. Untuk itu, anda harus perhatikan apa saja yang harus dioptimalkan dalam hal ini. Berikut perincian SEO Onpage yang dilansir oleh mentor SEO saya.
  1. Optimasi SEO Onpage Dengan Riset Kata Kunci
  2. Optimasi SEO Onpage Pada Struktur Blog
  3. Optimasi SEO Onpage Pada Isi Blog
  4. Optimasi SEO Onpage Pada Gambar
  5. Optimasi SEO Onpage Dengan Sitemap (Peta Situs)
  6. Optimasi SEO Onpage Pada Link
  7. Optimasi SEO Onpage Untuk RSS Feed
  8. Optimasi SEO Onpage Dengan Kode Google Webmaster Tool
  9. Optimasi SEO Onpage Google Analytic

Bila dijelaskan di sini, tentu akan memakan banyak pembahasan. Lebih lengkapnya anda bisa membaca di sini, Sumber

Belajar Optimasi SEO Offpage Situs Blog

Ini pembelajaran SEO yang terakhir yaitu SEO Offpage. Artinya, kegiatan SEO yang dilakukan di luar pengurusan sebuah blog/website. Anda sudah mengandalkan situs orang lain dalam menjalankan SEO ini. Tujuannya untuk memperkenalkan situs anda yang nantinya teroptimasi dengan baik di mesin pencari seperti Google.

Menurut mentor SEO saya, “Tujuan dari optimasi Offpage adalah membuat robot merasakan blog anda berautoritas, dan membuat semakin banyak orang yang menemukan blog anda.”

Bagaimana menjalankan SEO Offpage?
  1. Lakukan blogwalking dengan variasi domain untuk menanamkan backlink dofollow dan nofollow
  2. Daftarkan situs anda ke forum-forum yang memberikan layanan tampilan homepage di profil
  3. Bangun pengunjung untuk men-share artikel ke beranda Facebook pribadinya atau yang lainnya
  4. Buatlah kalimat perintah “Cantumkan link aktif untuk url artikel ini bila mengutip sebagian kalimat dari artikel ini ke blog anda” atau jenis kalimat lainnya.

Bila ternyata masih kurang puas dengan menjelasan SEO Offpage di atas, anda bisa mengikuti program kursus belajar SEO blogging bisnis agar anda mendapatkan lebih banyak mengenai optimasi SEO Offpage. Klik disini saja.

***

Seberapa Penting SEO Untuk Situs Bisnis Anda?

Masalah SEO anda sudah tahu pembagiannya, ada SEO Onpage dan ada SEO ofpage. Namun yang terberat adalah melakukan rutinitas SEO. Seiring perjalanan pemberian konten (onpage), maka berjalan pula dalam pemberian backlink SEO (offpage). Sejatinya harus berjalan beriringan. Namun sepenting apa SEO untuk situs bisnis anda? Bila situs blog sekedar untuk nampang, blog tema gado-gado, saya kira tidak terlalu penting menerapkan SEO dengan maksimal.

Namun tetap, belajar SEO harus dianggap penting bila memang berencana ingin aktif dalam membangun banyak situs bisnis online. Rata-rata blogger sukses ternyata tidak memiliki 1 blog saja. Bahkan ada yang berinvestasi sampai puluhan juta rupiah untuk membangun puluhan blog. Nah, bila memiliki kemampuan SEO yang handal, maka akan dengan mudah mensukseskan banyak situs blog.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!