Cara Menambah Banyak Pengunjung Situs Bisnis

Bagaimana cara menambah banyak trafik pengunjung ke situs bisnis online? Satu hal yang penting dalam bisnis online adalah memiliki situs yang menghasilkan pengunjung melimpah. Produk yang ditawarkan bagus namun miskin kunjungan, maka akan miskin juga dalam hal penjualan produknya. Hal yang sia-sia bila memiliki produk berkualitas namun tidak dibarengi membangun trafik pengunjung. Terlalu lelah membuat produk berkualitas sehingga harus dibayar dengan terbangunnya potensi penjualan (baca: pengunjung).

Tool Menambah Banyak Pengunjung 

Banyak sekali pelaku bisnis online yang masih baru lahir alias pemula melakukan pembangunan trafik pengunjung dengan cara yang melelahkan namun hasilnya tidak menuju pada potensi penjualan produk. Sebagai contoh yang paling umum adalah melakukan blogwalking alias berkunjung dari blog ke blog, dari forum ke forum, dan sebagainya. Memang cukup efektif dalam menghasilkan kunjungan melimpah namun tidak dibarengi dengan potensi penjualan yang akan dihasilkannya. Karana rata-rata pengunjung tersebut hanya berbalas kunjungan saja lalu sama-sama memperkenalkan situsnya.

Artikel terkait: Metode Kerja Bisnis Online Rumahan

Pada dasarnya untuk menghasilkan kesuksesan trafik kunjungan untuk situs bisnis cuma berfokus pada dua hal. Pertama, selalu memberikan informasi terbaru yang variatif, berdasarkan teknik SEO dan disertai pemberian informasi berdasarkan pengalaman pribadi si pemilik situs. Kedua, selalu mengoptimasi situs dengan teknik SEO Offpage yang benar sehingga situs selalu tampil ke halaman pertama Google, bahkan di urutan pertama. Fokus pada dua hal saja, setiap hari pengunjung tertarget (berpotensi dalam penjualan) akan berdatangan dengan menggunakan berbagai kata kunci dan menjadi pelanggan setia situs Anda.

Lalu bagaimana penerapan praktis yang berfokus pada berbagi informasi dan teknik SEO agar menghasilkan pertambahan pengunjung dan selalu bertambah banyak? Dalam hal ini saya menggunakan Google Webmaster Tools sebagai alat dalam pengecekan jumlah pengunjung artikel yang berasal dari Google.

Buat Variasi Kata Kunci Situs Bisnis Untuk Strategi Menambah Pengunjung

Tentunya Anda harus membuat situs bisnis terlebih dahulu. Namun yang menjadi catatan adalah jangan mengembangkan penulisan artikel yang selalu berfokus pada kunci utama. Misal kata kunci utama Anda adalah ‘tips diet alami wanita’ maka jangan berfokus pada kata kunci tersebut.

Memang dalam penguatan kata kunci utama Anda harus membuat banyak variasi kata kunci dalam artikel. Tetapi tema yang Anda angkat adalah seputar diet, sehingga bisa mengambil banyak variasi kata kunci yang berhubungan dengan diet tanpa harus mencantumkan kata diet sebagai kata kunci utama.

Sebagai mempermudah, blog Anda bertema ‘diet’. Namun Anda mengambil kata kunci ‘tips diet alami wanita’untuk kebutuhan penulisan artikel dan trafik kunjungan dari Google. Nah, dalam hal ini Anda harus menambahkan kata kunci yang lain di setiap penulisan artikel seperti ‘penurunan berat badan’, ‘pembakar lemak’, ‘tips langsing’ dan kata kunci lainnya yang erat kaitannya dengan tema diet.

Manfaatnya apa? Manfaatnya adalah bisa mengetahui jumlah pencarian dengan kata kunci yang berbeda ketika mengecek di Google Webmaster Tools.

Daftarkan Situs Bisnis Anda Ke Google Webmaster Tools

Bila tidak mendaftarkan ke Google Webmaster, maka Anda tidak bisa mengetahui perkembangan trafik pengunjung per kata kunci pada situs bisnis, lebih jauh, tidak bisa mengontrolnya. Mendaftar di Google Webmaster Tools cukup mudah, ada banyak panduan yang menjelaskan dalam hal ini.

Terpenting setelah mendaftar adalah Anda harus mengetahui kegunaan-kegunaan setiap menu yang ada di Google Webmaster. Bila tidak, maka tidak bisa mengetahui kondisi situs bisnis Anda sebenarnya.

Cek Dengan Google Webmaster Tools Sebagai Awal Menambah Pengunjung

Saya menyarankan pengecekan di Google Webmaster ketika umur blog sudah memasuki 5 bulan atau 1 tahun. Dalam satu tahun, Anda sudah memberikan banyak artikel yang memvariasikan kata kunci, baik yang mendukung kata kunci utama atau tidak. Anda juga sudah melakukan kegiatan backlink SEO untuk mengoptimalkan situs bisnis Anda di mesin pencari. Ketika sudah saatnya melakukan pengecekan, Anda bisa melihat perkembangan trafik pengunjung dari Google untuk setiap kata kunci menggunakan Google Webmaster.

Anda bisa melihat, kata kunci apa yang harus diperjuangkan agar menghasilkan pertambahan pengunjung dengan menggunakan alat Google Webmaster. Berikut caranya:

Klik Analytics dibagian Search Trafik. Apapun bahasanya, atur saja di bagian itu, barangkali tidak memahaminya.

Google Webmaster tool

Nanti muncul seperti gambar di bawah. Ceklis semua seperti gambar di bawah untuk mengetahui keadaan kata kunci yang berhubungan dengan situs bisnis Anda. Dari kata-katanya, Anda pun sudah memahami apa kegunaannya.


Nah, akhirnya Anda mengetahui dengan jelas, bagaimana keadaan kata kunci yang mendukung situs Anda di mesin pencari Google. Di bawah adalah hasil dari situs milik saya. Gambar di bawah bukan kondisi aslinya, karena yang aslinya sudah saya sembunyikan, hehe...

Kata Kunci Pencarian

Lalu silahkan cek, apakah benar artikel dengan kata kunci di atas berada dalam posisi yang sesuai dengan Webmaster Tool? Saya pernah mengecek untuk artikel dengan kata kunci tertentu berada di posisi kedua. Hasilnya, ternyata maksud berada di posisi kedua adalah di bagian search image. Kebetulan di Google nenampilkan gambar. Nah, gambar milik saya tampil setelah url yang berada di urutan pertama Google.

Sekali lagi, contoh di atas bukan yang sebenarnya. Saya ingin mencontohkan yang sebenarnya namun copas dari situs sebelah. Berikut gambarnya:

kata kunci

Kata kunci apa yang memiliki jumlah penayangan terbanyak? Pasti jawabannya adalah B karena mencapai 1000-an. Setelah tahu jumlah penayangannya, lihat, berapa jumlah klik-nya? Ternyata jumlah kliknya sangat kecil dan lebih kecil dari kata kunci A yang hanya memiliki penayangan 300-an. Padahal, antara kata kunci A dan B posisi artikel di mesin pencari Google berbeda tipis, hanya sekiar urutan ke 4 dan 5.

Terlepas paham atau tidak, namun yang harus diperjuangkan untuk menambah pengunjung adalah kata kunci yang memiliki penayangan terbanyak namun menghasilkan jumlah klik yang sedikit di saat posisi berada diurutan/halaman bawah di halaman pertama Google. Minimal memperjuangkan 5 kata kunci dengan url artikel yang berbeda.

Strategi Artikel SEO untuk Menambah Pengunjung Situs Bisnis

Ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh dalam menerapkan starategi artikel SEO dalam usaha memperbanyak/menambah pengunjung ke situs bisnis Anda.

Baca: Jasa penulisan artikel blog bisnis

1. Membuat Artikel Yang Berkaitan Dengan Kata Kunci Yang Ingin Dioptimasi

Misal artikel yang mau dinaikkan posisinya ke urutan pertama google adalah dengan kata kunci ‘cara menurunkan berat badan’. Maka Anda harus membuat banyak artikel yang mendukung kata kunci tersebut, contoh: tips penurunkan berat badan dengan puasa, diet mayo penurun berat badan terbaik, lakukan diet raw food untuk turunkan berat badan, dll.

Lalu di dalam artikel pendukung tersebut, harus memberikan backlink alias menautkan ke artikel yang dioptimasi. Artikel yang dioptimasi tersebut berhasil Anda dapatkan di situs pencari Google dengan kata kunci ‘cara menurunkan berat badan’ walau sudah berada di posisi halaman pertama.

2. Perbaiki Lagi Artikel Yang Sedang Dioptimasi

Bila merasa bahwa artikel yang sedang dioptimasi kurang berkualitas, atau ada yang kurang, maka segera melakukan perbaikan. Perbaikan melalaui berbagai hal seperti isi pembahasan, tata bahasa, penambahan gambar atau vidio penjelasan, memberikan beberapa sub judul, memperbaiki paragraf pertama yang mendukung kata kunci yang ditarget, menambah jumlah kata minimal 1000 kata (atau sekiranya mengalahkan pesaing), dan sebagainya.

Perbaikan artikel menuju yang terbaik bisa merubah posisi di Google. Salah satu situs milik klien saya waktu itu tidak berhasil mendapatkan posisi di 5 halaman pertama pada kata kunci, contoh saja pada ‘bisnis affiliate’. Saya contohkan judulnya tentang ‘dunia bisnis dan affiliate marketing’. Namun ketika ada perubahan judul menjadi ‘dunia bisnis affiliate marketing dan tips lainnya’ dan memperbaiki deskripsi situsnya, ternyata sekarang berhasil meraih di halaman ke-3 dengan kata kunci misal ‘bisnis affiliate’. Sekarang lagi diperjuangkan untuk masuk halaman ke-1

Jadi, penting memperbaiki artikel yang mendukung untuk meraih peringkat pertama di Google.

3. Pencarian Backlink SEO Untuk Pertambahan Kunjungan

Bila perbaikan artikel dirasa kurang cukup memperbaiki posisi, Anda bisa melakukan pencarian backlink SEO untuk artikel yang sedang dioptimasi. Di saat yang sama, Anda harus menambah jumlah backlink untuk homepage. Maka saran saya, buatlah perencanaan backlink secara bersamaan di setiap menemukan situs dofollow agar tidak melakukan dua kali pekerjaan.

Namun, apakah Anda sudah paham mengenai strategi backlink SEO yang alami dan aman dari hukuman Google? Seharusnya Anda sudah memahaminya bila mau menjalankan langkah ini. Bila belum paham, silahkan ikuti program murah kursus online disini

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!