Peluang Usaha Jual Hp Online Terpercaya

blog
Peluang usaha kecil jual hp online ini bagi yang sudah memiliki konter hp dan sudah bekerjasama dengan perusahaan hp. Hal ini untuk kemudahan selanjutnya dalam berjualan hp secara online. Apakah anda sudah melakukan kedua hal tersebut? Bila sudah, maka tips jual hp online ini cocok untuk anda.

Hal yang harus dipahami adalah menjual hp secara online sulit dilakukan mengingat target marketnya adalah orang yang sibuk, punya internet/mobile banking dan juga sudah mengetahui detail hp yang mau dibeli. Kalau sudah seperti itu, target market bisa mengalami penyusutan jumlah. Bagi yang tidak memiliki kesibukan, untuk apa membeli hp secara online? Apalagi sudah tidak sibuk, malah tidak memiliki ATM. Cukup mengandalkan kendaraan motor, bisa mendatangi kios jual hp di mal. Menyelam sambil minum air, membeli hp sambil jalan-jalan. Namun, mengapa banyak orang yang jual hp secara online? Entah lah. Mungkin sudah dianggap laku dan situs yang ditampilkan dianggap terpercaya.

Lalu untuk apa pembahasan ini bila fakta membuktikan jauh lebih efektif membeli hp secara offline daripada online? Tentunya, berangkat dari upaya memarketingkan sebuah usaha sehingga mau tidak mau, secara online pun dilakukan. Biaya sewa sudah keluar besar untuk kios dan persaingan antar penjual hp pun makin sengit. Kejadian itu, apakah membuat anda mendiamkan aktfitas jual hp dengan tidak mengaktiftan kegiatan marketing khussunya marketing online? Sekalipun anda sudah memiliki konter, namun perjuangan untuk memperkenalkan itu bisa dianggap sulit. Sekarang, dengan biaya 25.000, bisa untuk memperkenalkan usaha secara online dengan target yang bisa diatur.

Membangun usaha jual hp online terpercaya dianggap penting mengingat pembelian produk terjadi berawal dari kepercayaan. Bisa saja dengan terkenal dan terpercayanya konter anda sejagat wilayah kota anda, bisa menghasilkan penjualan yang bagus. Ketika membeli hp sesama kota, pengantarannya cenderung dimudahkan mengingat biaya ongkir cukup murah dan juga cepat. Bila membeli langsung ke konternya, mungkin akan menjadi bahan rebutan para penjual hp. Pernah kan dijadikan ajang rebutan? Nah, solusi membeli online di kota si pembeli jauh lebih aman dari rebutan. Maka dari itu, sepertinya meng-online-kan dianggap penting agar mudah terkenal dan terpercaya.

Lalu bagaimana menjalankan usaha jual hp online? Di sini anda sudah memiliki konter, entah di rumah sendiri atau sewaan. Justru penjualan online adalah untuk memperkenalkan tempat konter anda, barangkali suatu saat si konsumen akan membeli hp secara langsung di konter anda. Alasan terkenal dan kepercayaan, konsumen bisa dengan sukarela mengunjungi konter. Di samping sudah memiliki konter, anda pun sudah bekerjasama dengan pihak perusahaan terkait yang ada di kota anda. Tujuannya agar bisa dengan mudah berbelanja dengan harga pabrik (agen). Setelah itu, berikut langkah selanjutnya:

Membangun Media Online Jual Hp

Media online apa yang terbaik untuk jual hp online? Kalau ingin mendapat jangkauan luas, lewat Instagram memang dianggap tepat. Tanpa perlu beriklan, jangkauan bisa menarget puluhan ribu orang. Namun awal-awal membangun follower dianggap cukup merepotkan. Ketika mengiklankan akun Instagram, tidak ada tombol like atau follow yang membuat sulit membangun follower, apalagi follower tertarget yang mengarah kota di mana konter anda tinggal.

Paling mudah untuk membangun follower atau liker adalah fanspage. Walau demikian, kelemahan fanspage tidak bisa menjangkai banyak liker. Ada solusi yang paling bagus adalah memposting tulisan disertai gambar. Kasus follower/liker sekitar 1400, pernah mendapat jangkauan sekitar lebih dari 500 orang.

Namun kelemahan menggunakan situs sosial media online adalah butuh update konten setiap saat. Jadi, untuk anda yang malas update konten, apalagi bukan iklan, tidak cocok menggunakan sosial media.

Paling cocok adalah menggunakan situs minisite. Cukup menawarkan beberapa produk di minisite, sudah cukup tanpa perlu diurus terus-menerus. Masalahnya, darimana kunjungannya? Mengiklankan minisite tentu membutuhkan akun media sosial. Namun sepertinya sia-sia saja. Syarat beriklan di sosial media adalah memiliki produk yang unik dan siap beli. Kalau produk hp, sepertinya akan mengalami kesulitan dalam hal siap beli. Hal ini nanti iklannya langsung diarahkan ke situs.

Saya sendiri tidak bisa menyarankan menggunakan media tertentu unjuk jual hp mengingat pasar yang anda target adalah di kota tempat konter anda berada. Ini yang menjadi sulit.

Maka dari itu, anda bisa menarget seluruh Indonesia dalam usaha jual hp online. Barangkali bertemu dengan pengunjung yang sesuai kriteria seperti sibuk, punya mobile banking dan lainnya, bisa terjadi penjualan. Bila sudah menarget seluruh Indonesia, media apa yang terbaik? Nah, maka dari itu perlu pembahasan ulang. Di sini akan membahas media minisite dan Instagram yang dianggap lebih tepat dalam media untuk jual hp online. Dan, keduanya harus anda punya sebagai media andalan penjualan yang tujuannya untuk membangun kepercayaan.

1. Media Jual Hp Online Dengan Minisite

Bila hanya bekerjasama dengan satu perusahaan hp saja, anda cukup menggunakan minisite dalam penjualan (alangkah baiknya memilih hanya pada satu perusahaan saja agar tidak mondar-mandir beda arah untuk berbelanja). Kalau menggunakan web toko online, sepertinya akan memakan biaya dan justru dianggap tidak efektif. Modal untuk membuat minisite pun dianggap murah. Hanya bermodal domain, sudah bisa membuat minisite yang profesional dan responsive.

Dengan menggunakan minisite, penjualan jauh lebih mudah tertarget pada spesifik produk yang sedang menjadi unggulan dipasaran. Misal anda menjual produk hp merek A. Kebetulan sekali merek A mengeluarkan atau mengadakan promo atas Tipe A3 yang sedang laku dipasaran. Maka dengan minisite, anda cukup menampilkan gambar di atas untuk menitikberatkan penjualan. Lalu penjualan berikutnya masih pada penawaran produk merek A.

Karena menggunakan minisite, usaha jual hp masuk ke pasar ceruk dianggap tepat. Keuntungannya adalah bisa memiliki kata kunci yang punya banyak pencarian dengan menitikberatkan pada kata kunci sesuai merek hp. Artikel sesuai kata kunci ini yang akan mendatangkan para peminat hp online alias membeli secara online. Namun hal yang paling penting, gunakan penjaringan pengunjung lewat kata kunci untuk membangun kepercayaan.

Daftar contoh kata kunci:

⇒ Jual hp: 5400
⇒ Harga hp: 60500
⇒ Jual hp online: 1900
⇒ Handphone murah: 1900
⇒ Hp murah: 14800
⇒ Jual beli hp online: 1600
⇒ Jual beli hp: 9900
⇒ Jual hp murah: 2900
⇒ Hp bekas: 4400
⇒ Beli hp: 1000

Kata kunci di atas masih umum. Anda bisa menambahkan “Jual Hp Merek A, Harga Hp Merek B, Jual Hp Online Merek C” dan sebagainya. Tujuannya agar jelas bahwa anda sedang menjual hp merek A atau lainnya.

Penawaran: Jasa Minisite Responsive Blogspot

Lalu bagaimana agar mudah mendapatkan pengunjung alias menang, ranking 1 dalam persaingan kata kunci? Maka anda bisa menggunakan jasa backlink SEO yang dianggap terpercaya. Saya merekomendasikan ke tim mentor saya, Ricky Pratama karena sudah berhasil menangani 800 situs. Namun untuk memakai jasa ini, pertimbangannya adalah jangka panjang usaha. Bila ada rencana terus mengembangkan usaha yang dinaungi brand konter anda, silahkan saja. Tetapi tidak ada rencana, lebih baik untuk pending memakai jasa itu untuk situs minisite.

Lebih baik menggunakan iklan Facebook dengan langsung mengarah ke situs. Biasanya Facebook mematok harga minimal 25.000 per pasang iklan situs di Facebook. Tentunya, anda bisa meraih jangkauan yang banyak bila mematok harga seperti itu. Namun yang menjadi masalah, apakah mereka memesan hp yang anda jual online? Anda bisa membatasi hanya untuk area Cirebon yang memang bertempat tinggal di Cirebon. Bila sudah pasang iklan namun tidak ada hasil, jangan paksakan itu. Ada cara lain dengan media lain.

2. Media Jual Hp Online Dengan Instagram

Mengapa membutuhkan Instagram ketika sudah membuat minisite? Nah, justru dengan membuat Instagram, bisa sebagai ajang komunikasi. Minisite hanya menjelaskan secara detail, review produk bukan untuk menjalin komunikasi. Instagram, cocok untuk menjalin komunikasi. Namun karena Instagram bertujuan untuk komunikasi, jangan melulu komunikasi soal usaha. Membangun kedekatan jauh lebih penting dalam Instagram. Makanya, nama Instagram jangan menonjolkan usaha jual hp online melainkan akun pribadi si pemilik usaha.

Nah, agar bisa berkomunikasi, tentunya sebagai pribadi yang butuh teman maka bisa mencari teman. Nah, dari sini anda bisa mendapatkan follower sekaligus following tertarget. Caranya bagaimana? Anda bisa mencari akun Instagram orang Cirebon yang dianggap terkenal seperti bupati, kiai dan sebagainya. Biasanya memiliki follower yang berada di kawasan Cirebon. Ketika rutin memfollow dan dapat follower, maka bisa membangun jangkauan komunikasi. Dalam hal ini, anda harus berani berkomunikasi bebas. Ingat! Dilarang berkomunikasi produk secara terus-menerus karena anda sudah memiliki situs minisite yang dicantumkan dalam IG.

Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat agar memiliki banyak follower. Bisa aktifitas anda sedang memotret, selfie, menjaga konter dan sebagainya. Nah, tunjukkan signatur pada foto dan vidio bahwa hasil konten itu menggunakan hp merek A, misalnya. Bisa menggunakan hastag #kreasimerekA

3. Saling Mengkait Antar Media Jual Hp Online

Ketika orang yang mengunjungi situs minisite anda, akan dikenalkan dengan akun IG. Begitu juga ketika pengguna IG mengunjungi akun anda, pun akan dikenalkan situs minisite. Kait-mengkait seperti ini penting dilakukan untuk membangun kepercayaan sekaligus memang mengenalkan keduanya.

Apakah dengan cara seperti ini dijamin ada yang beli? Atas nama kedekatan yang sudah dipercaya lah yang bisa menyebabkan terjadinya penjualan. Saya sendiri, agak berat bila membeli hp online di tempat yang belum dikenal orangnya dan sebagainya. Kepercayaan terbangun ketika sudah mengenal banyak hal. Maka lewat komunikasi IG, usaha jual hp online anda bisa dikenal follower anda.

Stok Produk Hp Online

Bagaimana konter anda mau dipercaya sebagai tempat jual hp bila tidak menyetok hp? Memang, anda menjual secara online. Tetapi kalau sekedar menjual secara online, buat apa mengandalkan konter? Justru mengandalkan konter agar dianggap bahwa anda memang benar-benar menjual hp, termasuk jualan online. Nanti foto-foto konter anda di pajang dalam minisite atau IG sehingga orang bisa mempercayai anda dalam membeli hp. Banyak orang khawatir membeli hp secara online karena pemiliknya tidak jelas, apakah benar-benar reseller perusahaan terkait atau sekedar penjual hp bekas?

Makanya penting fokus menjual hp ke satu merek karena untuk memudahkan belanja stok barang. Belum lagi bila ada uang jaminan dalam pendaftaran ke perusahaan hp, bisa-bisa jauh lebih besar modalnya bila mendaftar ke beberapa perusahaan. Sudah biaya jaminan dalam pendaftaran dianggap besar, katanya ada yang sampai 20 juta, malah ditambah harus bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Bagaimana mau stok barangnya?

Saran terbaik dalam menyetok barang adalah ketika ada diskon atas hp tipe tertentu atau beberapa tipe. Jauh lebih bagus bila ada diskon untuk beberapa tipe karena bisa menyetok 1 dus hp per tipe.

Miliki Pegawai Dari Perusahaan Hp

Bukan berusaha memiliki pegawai, tetapi biasanya perusahaan terkait akan mengirimkan satu pegawai untuk ditempatkan di konter-konter yang sudah resmi terdaftar. Jadi, kalau anda mendaftarkan konter anda di perusahaan yang memiliki aturan pengiriman pegawai, tidak perlu meminta pegawai pun nanti akan dikirimkan 1 pegawai. Tetapi kalau tidak ada sistem seperti itu, minta pun tidak akan diladeni, sepertinya.

Mengapa penting memiliki pegawai? Nah, tujuannya adalah untuk menangani para konsumen yang bertanya seputar hp dan hal lainnya yang kepentingannya membantu meringankan jalannya penjualan hp. Di samping itu, membantu dalam penjualan secara offline. Intinya dengan hadirnya orang terpercaya dalam usaha anda, tentu sangat diuntungkan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang gaji karena tidak dituntut membayar gaji.

Siapkan Perlengkapan Pengemasan Hp Untuk Pengiriman

Hp adalah barang mewah yang perlu mendapat perlakuan khusus dalam pengemasan. Memang tidak cuma hp, apapun barangnya harusnya mendapat perlakuan yang bisa membuat barang aman sampai ke tujuan. Apalagi hp, lebih dari sekedar bungkus pengaman dari air. Perlu juga pengaman dari benturan yang terbuat dari bahan gabus seperti gambar di bawah.


Setelah hp dimasukkankan dalam lipatan tutup gabus, tutup dengan menggunakan lakpan plastik sampai benar-benar tertutup. Biasanya lakban berawarna kuning yang biasa digunakan untuk pengiriman barang jarak jauh lewat kurir.

Setelah tertutup, lalu tempelkan alamat. Tutup kembali kertas alamat dengan lakban bening agar agam dari air dan yang lainnya.

Berjualan Online Sesuai Aturan Perusahaan Hp

Ini yang juga penting. Di samping membangun kepercayaan dengan konsumen, anda pun harus membangun kepercayaan dengan perusahaan hp terkait. Konon, perusahaan memiliki aturan untuk tidak memberikan harga di luar harga yang telah ditentukan perusahaan. Tidak boleh juga mengiming-imingi dengan bonus. Intinya adalah pahami aturan yang ada.

Bagaimana dengan jual hp harga kredit yang harganya jauh lebih besar dari harga Nasional? Nah, ini aturannya berbeda. Perusahaan ada sikap toleransi dalam hal ini. Bagaimana logikanya, harga hp kredit malah dipatok sama persis dengan hp harga tunai? Pembeli bakalan lebih memilih kredit lah, harganya sama. Sudah harga kredit, malah harganya sama dengan sistem harga tunai. Kalau begitu, bisa rugi. Perusahaan tidak membuat aturan yang justru merugikan membernya. Jadi, hp untuk harga kredit ditentukan si pemilik konter yakni anda sendiri dengan tetap tidak ada embel-embel bonus dan lainnya. Kalau harga tunai, ditentukan perusahaan dan tidak boleh ada embel-embelnya.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!