Pengertian Blog Blogging Blogger dan Blogspot

Bagaimana memahami pengertian judul di atas yakni pengertian blog blogging blogger blogspot dan tema blog di atas? Apakah anda sudah paham? Pada dasarnya, judul di atas memuat kata-kata yang harus dipisangkan yaitu pengertian blog, pengertian blogging dan seterusnya. Inilah pengertian yang akan dibahas. Dengan membahas pengertian kata-kata itu, kemungkinan besar pemula dalam dunia blog tahun 2019 akan mendapatkan pemahaman yang bisa dimanfaatkan untuk proses belajar blog berikutnya khususnya blog kepentingan bisnis.


Bagaimana pengertian blog, blogging, blogger, blogspot dan tema blog? Mari membahas pengertian tersebut untuk kepahaman pemula di tahun 2019 dan tahun berikutnya.

3 Pengertian Blog Dalam Sebuah Karya

Blog memang sebuah karya. Mereka yang kreatif menghasilkan blog. Ketika anda ditanya, “apakah anda memiliki blog?” Maka pertanyaan ini akan dibawab dengan menghadirkan url atau tidak, bergantung punya atau tidak blog seseorang yang sedang ditanyakan. Jadi, pemahaman blog adalah pemahaman kekatabendaan. Bila seperti ini, bisa disebut sebuah karya karena blog sendiri hasil pembuatan seseorang.

1. Pengertian Blog Dalam Segi Pemrograman

Blog sebenarnya adalah sebuah website yakni sebuah website yang terdiri dari beberapa kode pemrograman. Dahulu kala, website bersifat statis yakni tidak bisa melakukan otomatisasi updating konten. Bila mau mengupdate konten, maka harus melakukan perubahan beberapa kode pemrograman bila memang berkaitan dengan halaman lain. Hal ini pernah saya lakukan yakni membuat halamaman website dengan menghadirkan konten statis di bagian homepage. Setiap mengupdate, saya harus mengganti file di bagian index di bagian hosting. Namun, sekarang, teknik website sudah tidak berlaku. Sekarang, digantikan dengan website jenis blog, atau disebut web log, yang mana ada otomatisasi updating. Setiap menghadirkan konten terbaru, pemilik website tidak perlu melakukan perombakan pada halaman lain. Hal ini bisa anda dapatkan ketika menggunakan blogspot atau wordperss.

2. Pengertian Blog Dalam Segi Media Online

Tulisan anda bisa ditampung dalam media online, salah satunya di blog. Karena tulisan bisa ditampung dalam media blog, banyak penulis yang berlomba-lomba memiliki tulisan di blog, ada ratusan bahkan sampai ribuan tulisan. Inilah yang membuat blog diartikan jurnal online karena berisikan informasi-informasi yang bisa disajikan secara uptating, bisa harian atau mingguan. Jurnal sendiri artinya catatan harian atau surat kabar harian. Maka dari itu, baik informasi seputar tips atau berita, masuk dalam pembahasan blog dan blog media online.

Bagaimana dengan sosial media, email dan media online lainnya yang bertujuan menginformasikan sesautu seperti blog? Untuk masalah ini, memang saya kurang memahami. Tetapi, bila mengacu pada teknis pembuatan blog yakni suatu website dengan pemrograman tertentu untuk updating tulisan, media selain blog bukan dikatakan blog walaupun tetap diakatakan media online tempat mempublish tulisan. Apalagi, bila sudah taraf profesionalis bisnis, media selain blog tidak bisa mengoptimalkan untuk kepentingan bisnis. Berbeda dengan blog yang bisa untuk kepentingan bisnis dengan mengupayakan optimalisasi.

3. Pengertian Blog Dalam Segi Penulisan

Pengertian blog segi penulisan adalah buku online yang menghadirkan banyak informasi yang stuktrur: memiliki pengaturan kategori, tag, tampilan postingan, dan lainnya. Dianggap buku online karena memang hanya peralihan media saja. Memang, pengertian ini mirip pengertian media online. Namun ini lebih memfokuskan pada penyebutan buku online. Banyak blog yang benar-benar menggantikan posisi buku, bila informasi yang diberikan tidak banyak tulis di buku. Di samping informasi yang diberikan gratis, pencarian informasi pun dianggap mudah. Hanya saja, blog tidak bisa menggantikan buku dalam segi komersil. Memang, ada sebagian orang melakukan jual-beli blog, website. Tetapi kasus ini sedikit, bukan menjadi proyek komersil.

Kesimpulan: Pada intinya, pengertian blog adalah media online yang dibangun secara khusus dengan pemrograman web, berisi informasi layaknya buku yang berpotensi menjaring kunjungan secara otomatis di mesin pencari.

2 Pengertian Blogging Dalam Sebuah Aktifitas

Pengertian blogging berbeda dengan pengertian blog itu sendiri. Anda pun sudah paham mengenai hal ini mengingat perbedaanya terletak pada kata tambahan “ing” yang artinya beraktifitas, dalam hal ini beraktifitas kepentingan blog. Ada dua hal atau aktifitas yang sering menonjol dalam aktifitas blogging yakni menulis dan pengembangan web. Blog yang tidak ada tulisannya, ini bukan dikatakan blog. Blog yang tidak memiliki media website (atau sengaja private) berarti blog yang tidak punya tempat.

1. Pengertian Blogging Dalam Aktifitas Menulis

Pengertian blogging tentu salah satunya aktifitas menulis. Artinya, anda beraktifitas menghadirkan tulisan sesuai jadwal yang diinginkan, baik tulisan sendiri atau tulisan orang lain. Di sini, anda harus membedakan antara blogging dengan menulis. Blogging sudah pasti beraktifitas menghadirkan tulisan untuk blog, sedangkan menulis tidak selalu berhubungan dengan blogging. Aktifitas blogging dalam kegiatan menulis atau memberikan tulisan biasanya memenuhi aturan blog, yakni menarget kata kunci dan pengulangan kata kunci agar bisa menjaring kunjungan.

2. Pengertian Blogging Dalam Aktifitas Mengembangkan Web

Pengertian blogging yang lainnya adalah aktifitas membangun web. Mengapa kegiatan blogging bisa berhubungan dengan membangun/mengembangkan web? Hal ini berdasarkan dari pengertian blog yang merupakan media online website. Jadi, mereka yang beraktifitas membangun template/theme kepentingan blog bisa disebut beraktifitas blogging. Memang, pengertian blogging ini kurang familiar bahkan tidak diakui. Tetapi, saya rasa harus adil mengenai pengertian blogging bila berurusan dengan blog itu sendiri. Memang, seorang yang mengembangkan theme/template blog bisa disebut programmer dengan aktifitas programming. Tetapi, ada suatu kasus pemula yang sering mengutak-atik blognya agar terlihat sesuai yang diinginkan. Jadi, aktifitas pemula ini bagian dari aktifitas blogging.

Kesimpulan: Pengertian blogging memang lebih kepada pembangunan karya blog yang berfokus pada menghadirkan konten tulisan. Pemahaman ini lebih bisa diterima walaupun mengandalkan tim penulis. Namun, alangkah baiknya, pengertian blogging lebih kepada aktifitas individual atau kelompok yang sama-sama memberikan sumbangan tulisan.

2 Pengertian Blogger Dalam Kepentingan

Bagaimana pengertian blogger? Pengertian blogger akan dibuat sederhana saja. Kalau menyangkut sebuah perusahaan, blogger adalah sebuah platfrom dari perusahaan Google yang diberinama Blogger.com sebagai wadah para pegiat online menampilkan buah pikiran dalam bentuk tulisan. Pada awalnya, blogger yakni Blogger.com milik perusahaan lain yang diakuisisi (dibeli) oleh Google. Pengertian blogger berikutnya adalah mengarah pada orang yang melakukan blogging, di platform manapun, termasuk Blogger.com. Bila anda beraktifitas menulis dengan media blog, baik gratisan atau berbayar, anda disebut blogger.

Kesimpulan: Untuk membedakan blogger sebagai “orang” dan blogger sebagai nama suatu produk, harus dibedakan dengan pemberikan huruf di awal. Kalau blogger sebagai seseorang yang beraktifitas blogging, maka kata “b” dari blogger menggunakan huruf kecil. Sedangkan, blogger sebagai nama suatu produk yakni Blogger, huruf “B” dari Blogger menggunakan huruf besar yaitu Blogger atau Blogger.com

Satu Pengertian Blogspot Sebagai Domain Blog

Di sini, ada satu pengertian dari pengertian blogspot. Blogspot atau Blogspot.com adalah sebuah domain untuk menampilkan dokumen yang tersimpan di dalam Blogger.com. Artinya, Blogspot hanya sebagai tempat berbagai sub domain blog milik seorang blogger. Kalau anda menulis Blogspot.com, akan diarahkan ke Blogger.com. Mengapa? Jadi, di dalam blogspot tidak ada halaman khusus. Jadi, benar-benar hanya sebuah domain. Halaman blog yang bernaung dalam Blogspot.com diserahkan masing-masing subdomain yang dibuat seorang blogger.

Apakah anda menemukan pengertian yang lain dari nama Blogspot atau Blogspot.com?