Jual Es Susu Ketan Ketsu di Area Buntet Pesantren Cirebon

Apakah anda mau minuman segar es susu ketan hitam Ketsu? Minuman segar es susu ketan hitam dengan nama Ketsu ini hadir di kios area jalan LPI Buntet Pesantren. Es susu ketan hitam ini salah satu minuman yang digemari kalangan muda. Apalagi, meniman susu berguna untuk kesehatan badan. Tentunya, ketan hitam sebagai penambah nikmat dan kenyang. Jadi, memimun es susu ketan hitam bisa menyegarkan, menyehatkan dan juga mengenyangkan. Cocok untuk mereka yang sedang berdiet.


Bagi yang sudah tahu deretan kios area jalan LPI Buntet Pesantren, tentunya, akan mudah menemukan kios penjualan es susu ketan hitam Ketsu. Yakni, letaknya di bagian selatan kios dan di samping penjualan ayam geprek+goreng. Ketika ada spanduk bertuliskan Dimsum dan Ketsu, itulah penjual susu ketan hitam segar yang bisa melepas dahaga anda. Mungkin anda tertarik membeli ketika mengetahui bahwa penjual susu ketan Ketsu berada dekat dengan rumah anda.



Pemilik susu ketan Ketsu (ketan susu) bernama Andi, adik saya. Sebelumnya, kios itu menjual dimsum murah. Setelah lancar, Andi membuka penjualan kembali yakni susu ketan enak dan segar. Memang, ada penjualan berbahan ketan lain. Tetapi, fokus penjualan sepertinya memang dimsum dan es susu ketan.

Mengapa anda perlu mencoba meminum es susu ketan hitam Ketsu? Berikut beberapa alasannya.

Menggunakan Susu Murni Bukan Susu Kaleng atau Bubuk

Mungkin anda menolak mencoba es susu ketan Ketsu karena menduga bahan es susunya berasal dari susu kaleng terlebih susu bubuk. Tetapi, dugaan anda salah.

Es susu ketan Ketsu ini terbuat dari susu murni yang didatangkan langsung dari pengelola susu murni. Ya, susu murni tidak berasal dari olahan pabrik yang biasanya memiliki bahan pengawet. Susu murni yang akan diolah justru mengharuskan ada di freezer sehingga memiliki daya tahan atas basi yang cenderung lama. Susu murni memiliki kelebihan tersendiri dalam hal rasa yaitu tidak enek bila diminum, tidak seperti susu kaleng atau susu bubuk bila susu itu berwarna putih atau susu putih. Jadi, kalau susu murni dibuat untuk campuran susu ketan hitam, akan berdambah enaknya. Hal ini sudah saya buktikan, susunya memiliki rasa seperti susu anline. Memang, ada campuran cokelat sebagai campuran rasa agar susu ketan berubah menjadi susu rasa cokelat.

Kelemahan susu murni tentu masalah rasa manis. Susu murni cenderung tawar. Jadi, bila ingin dibuat untuk es susu ketan, mengharuskan ada tambahan gula.

Menggunakan Es Baru Dari Susu Murni

Karena susu murni ditaruh di dalam freezer, tentunya susu akan menjadi es seperti es batu. Kalau sudah menjadi es batu, tidak perlu ada tambahan es batu lagi. Es batu berasal dari susu yang sudah diawetkan di freezer sampai menjadi es batu. Saya belum mengetahui, apakah ada campuran es batu lagi atau tidak. Karena belum bertanya dan melihat langsung pembuatannya. Kalau tidak tambahan es batu, tentunya, es susu ketan Ketsu adalah salah satu minuman yang menyehatkan. Seperti yang sudah ada ketahui, banyak minuman yang tidak sehat hanya karena berasal dari es batu. Biasanya, es batu berasal dari es batu balokan yang dianggap tidak sehat.

Ketika es batu susu murni sudah diblender, maka akan berubah menjadi es yang seperti diserut. Tentu, akan mengeluarkan air juga. Setelah pemblenderan, ketan hitam akan dimasukkan. Baru, es hasil blenderan dimasukkan.

Menggunakan Ketan Hitam Yang Tidak Memiliki Bahan Pengawet

Kebetulan, orang Ibu yang memasak ketan hitamnya. Saya tahu proses pemasakannya. Biasanya, memasak ketan hitam dan juga ketan putih (untuk dibikin makanan ringan) dimasak agak siangan.

Tentunya, dalam proses pemasakan ketan hitam, tidak memakai bahan pengawet dan juga bahan pewarna. Untuk apa juga memakai bahan pewarna kalau yang dimasak ketan hitam untuk warna hitam. Mengenai bahan pengawet pun tidak dipakai karena kondisi makanannya bisa diatasi dengan mengawetkan lagi dengan cara dimasukkan ke dalam lemari pedingin. Kualitas rasa pun tidak berubah sekalipun dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan dikukus kembali untuk penghangatan. Karena kondisi ketan dengan nasi biasa memang berbeda yakni ketan jauh lebih bertahan kualitasnya.

Dalam pengolahan, biasanya diberi daun pandan. Aroma daun pandan sepertinya bisa membantu meningkatkan kualitas aroma ketan.

Kemasan Ala Kemasan Kekinian

Sepertinya, sudah tidak musim bila minuman masih menggunakan plastik biasa yang umum pada minuman jaman dahulu. Sekarang, plastik itu berubah menjadi cup atau gelas plastik. Anda pun sepertinya sudah merasakan minuman menggunakan gelas plastik yang nyaman bila untuk dibawa-bawa. Bayangkan, bagaimana bila anda membawa minuman es yang dibungkus plastik? Biasanya, minuman itu digantung di paku. Kondisi seperti ini tidak berlaku pada minuman kekinian yang lebih memilih gelas plastik.

Es susu ketan Ketsu salah satu minuman yang menggunakan kemasan kekinian yakni menggunakan gelas plastik.

Es Susu Ketan Ketsu Bisa Menolong Perut Lapar

Ada sebagian orang yang tidak enak makan setelah bekerja berpikir seperti penulis atau setelah belajar seperti seorang siswa. Kondisi seperti ini biasanya diatasi dengan mengemil makanan ringan. Tetapi, tidak semua makanan ringan solusi mengatasi lapar. Kondisi ini dialami saya sendiri. Mengemil makanan ringan justru bisa memperburuk kondisi perut yakni terasa seperti lapar padahal sedang tidak enak makan. Kalau sudah seperti ini, untuk apa mengemil makanan ringan? Tetapi, kondisi ini mungkin tidak terjadi bila anda mengambil es susu ketan sebagai solusi makanan ringan. Dengan mengkonsumsi es susu ketan, anda bukan hanya hilang rasa hausnya tetapi juga bikin perut kenyang. Kolaborasi susu dan ketan memang selaras bisa menyenyangkan perut.

Inilah alasan yang dianggap logis bagaimana ketan susu Ketsu bisa menolong perut lapar.

Es Susu Ketan Bisa Dikonsumsi Setiap Hari Untuk Menjaga Kesehatan

Bagaimana mengkonsumsi susu murni setiap hari? Tentunya, ini bagus menurut anjuran dokter. Bahkan, dibanding susu bubuk atau susu krim olahan pabrik, susu murni jauh lebih dianjurkan. Kenapa? Susu murni tidak memiliki pengaturan dalam susunya, asli seperti itu. Kalaupun ada campuran, hanya campuran rasa saja seperti rasa cokelat. Berbeda dengan susu bubuk dan krim, memang ada pengaturan susu yang sampai mengaburkan kondisi susu. Ketika es susu ketan Ketsu mengandung susu murni, tentu ini bisa masuk minuman yang dianjurkan untuk diminum. Karena, minum susu setiap hari sama saja seperti menjaga kesehatan tubuh setiap hari.

Memiliki Taburan Keju Sebagai Topping

Saya tidak tahu soal taburan keju di atas es susu ketan Ketsu, apakah bagian dari pembuatan es susu ketan Ketsu atau memang sesuai keinginan si pemesan. Yang jelas, ketika saya membeli susu ketan Ketsu, ada taburan keju diatasnya sebagai topping. Karena saya menyerahkan pembuatannya pada adik saya. Yang jelas, taburan keju ini dianggap pelengkap yang sempurna walaupun tidak semua suka dengan taburan keju.

Anda mau minuman es susu ketan Ketsu? Segera kunjungi kios jalan LPI Buntet Pesantren.