Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Franchise Minuman Modal 1 Juta Laris? Story Es Cincau

Apakah bisa laris franchise minuman modal 1 juta? Banyak orang yang menginginkan waralaba yang artinya membeli brand, hak usaha. Sekarang, beberapa perusahaan franchise menawarkan penjualan hak usaha atau franchise dengan modal di bawah 5 juta. Tentunya, orang yang berkeinginan memiliki usaha akan membeli franchise murah itu dengan harapan bisa laris-manis penjualannya. Tetapi, apakah benar bisa laris dengan membeli franchise minuman modal 1 juta? Sebenarnya, ini bergantung dengan bagaimana kondisi si perusahaan franschise-nya dan cara berjualan si pembeli franchise. 

 
Sumber: www.sulsel.idntimes.com

Bila pembahasan ingin berdasarkan story es cincau, franschise minuman mengharuskan bermodal 5 juta. Hal ini sesuai kasus pembelian franschise es cincau oleh adik kedua saya yang mengeluarkan modal sampai 5 juta. Sebenanarnya, ada produk lain dalam modal 5 juta itu yaitu tahu krispi. Tetapi, saya berfokus pada es cincau saja. Sehingga, anggap saja, franschise berharga alias franchise dengan modal 1 juta agar sesuai dengan kata kunci pencarian :-).

Baca: Peluang Usaha Waralaba Unik Dan Hemat Biaya

Ada apa dengan franschise minuman es cincai dengan modal 1 juta (yang sebenarnya 5 juta)?

  • Mendapatkan Hak Usaha atas Brand
  • Mendapatkan Gerobak
  • Mendapatkan Spanduk
  • Mendapatkan Bubuk Minuman Cintau (sebenarnya disertai bumbu tabur tahu krispi)

Ketika ingin menguji-coba penjualan es cincau, ada kedala tersendiri yang harus dilakukan. Bagaimana penyetokan cincaunya? Bagaimana kemasannya? Karena tidak tersendia di franschise es cincau, maka harus kembali memikirkan stok cincau dan kemasan. Setelah terpenuhi, baru bisa berjualan.

Bagaimana hasil menguji-coba franschise es cincau?  Kebetulan, waktu itu pembukaan penjualannya di bulan puasa. Seharusnya, hasil penjualanya bagus. Ternyata, hasil penjualannya sepi. Mengapa? Ini tidak sekedar salah membeli franschise. Tetapi, salah dalam penempatan penjualan. Jadi, walaupun franschise minuman modal 1 juta, katakanlah es cincau, tetap harus ada modal lebih dari itu untuk mensukseskan franschise.

Alangkah baiknya, mencari franschise jangan berfokus pada harga franschise. Tetapi, membeli franschise harus berfokus pada memilih yang memandu bisnis kita menuju sukses. Tapi karena berharga murah, franschise tidak memberikan panduan berbisnis. Kalau sekedar membeli franschise yang ternyata cuma mendapat hak pemakaian merek dan mendapatkan bubuk minuman cincau, anda bisa membeli hal ini di tempat manapun yang tidak berlabel franschise.

Keterbatasan franschise adalah tidak bisa dikembangkan variasi penjualannya. Kalau berfokus pada es cincau, berarti harus fokus pada penjualan ini selamanya. Tidak boleh, ada produk minuman yang bervariasi menumpangi brand franschise es cincau. Ini permasalahan. Padahal, variasi produk minuman penting dihadirkan agar mendapatkan banyak pelanggan yang memiliki minat yang berbeda.

Memang, franschise yang adik saya beli memiliki dua produk yakni penjualan es cincau dan penjualan tahu krispi. Masalahnya, fasilitas untuk penjualan tahu krispsi tidak cocok untuk penjualan. Mengapa? Cuma dikasih bumbu tahu krispi. Franschise tidak memberikan arahan soal stok tahu untuk di goreng, tidak memberikan hasil krispi yang diinginkan, cuma taburan bumbu biasa. Akhirnya, hasil gorengan tahu tidak enak. Dengan terpaksa, penjualan Cuma es cincau. Ini sebagai tanda perusahaan franschise tidak serius mengurus franschise-nya dengan matang.

Di luaran sana, banyak penjual bubuk untuk kebutuhan es cincau dan minuman lainnya. Dari sini, anda bisa tidak mengandalkan franschise namun kualitasnya tidak kalah dengan franschise minuman denganmodal 1 juta. Hal ini dibuktikan oleh adik pertama saya sendiri yang menghadirkan usaha minuman bervariasi aneka rasa dengan kualitas yang tidak kalah dengan franschise. Ya, jelas, modal menjadi inti pentingnya.

Jadi, memilih franschise minuman bukan sekedar bagaimana harga franschise-nya. Tidak seperti itu. Tetapi, bagaimana perusahaan franschise  minuman secara maksimal mengurusi produk penjualan. Bisa saja, franschise bisa dengan modal 1 juta. Tetapi, pemenuhan belum tentu mendukung penjualan. Untuk apa franschise minuman dengan modal 1 juta?