Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil Pasif Income

Disini, saya berfokus membahas persoalan bisnis. Maka, bisa membahas investasi yang menguntungkan dengan modal keci, pembahasannya mengandung unsur-unsur yang memenuhi cara kerja bisnis. Bisa saja disebut dengan investasi bisnis, yang mana anda mengeluarkan modal untuk bisnis. Karena sekarang ini, investasi bisnis mudah dijalankan seperti berjalur adsense atau jasa periklanan dengan media digital seperti youtube, blog, aplikasi, dan sebagainya.

 
Sumber:pepnews.com

Lalu, apakah invesasi yang menguntungkan dengan modal kecil lebih mengarah pada pembahasan investasi bisnis yakni membangun aset bisnis? Yang jelas, konsep investasinya adalah mengandalkan pembangunan aset aktif, yakni aset yang menghasilkan pasif income. Di sinilah lebih tepat dengan investasi bisnis, sekalipun bukan aset bisnis dalam hal investasi menguntungkan. Kalau sekedar berinvestasi di reksadana, saham, deposit

Lalu bagaimana melakukan usaha investasi yang menguntungkan walaupun dengan modal kecil? Tentunya, melakukan hal ini bisa saja berdasarkan kebetulan ada peluang untuk melakukan investasi dan juga memang sengaja mencari-cari peluang investasi.

Membangun Web Informasi Non Personal

Membangun web informasi bisa dijadikan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Sayangnya, membangun web informasi membutuhkan skill yang tidak sedikit. Ada banyak skill yang harus dipahami. Skill yang harus dikuasai adalah skill menulis. Memang, banyak jasa artikel. Tetapi, hal ini tidak menguntungkan karena mengharuskan mengeluarkan banyak modal. Alangkah baiknya, menulis artikel sendiri untuk kebutuhan blog. Jadi, selama menulis, ini bentuk proses membangun investasi web informasi dengan modal kecil. Ke depan, bisa saja web ini akan menguntungkan untuk anda sebagai pasif incom-nya. Tentunya, harus ada target penghasilannya. Anda bisa bermain adsense, bermain jasa iklan atau lainnya yang sifantnya pasif income.

Hal yang harus dipahami dalam membangun investasi yang menguntungkan, pembangunan web informasi harus bersifat non persolan. Ciri-ciri personal adalah ada muatan membahas diri sendiri sebagai contoh ada kata “saya”. Mengapa harus web informasi non personal? Karena bisa untuk dijual kembali bila ingin dialihtangankan kepemilikannya. Kalau bersifat personal, web informasi pesonal sepertinya kurang diminati. Harga jualnya tentu bakalan tinggi melebihi modal pembangunannya karena ada muatan kualitas kunjungan web informasi. Semakin bagus kunjungannya, semakin mahal.

Cara membangun investasi yang mengutungkan dengan modal kecil lewat pembangunan web informasi sebagai berikut:

-    Membuat blog dari blogspot (bila blog dijual, tinggal berganti emal saja, tanpa perlu mengurusi pengalihan sewa domian+hosting)
-    Fokus bertemakan bisnis agar mudah dikembangkan berbagai topik bisnis
-    Update 1 artikel setiap hari. Jangka pembangunan 2 tahun
-    Mengikuti program adsense
-    Membangun backlink lewat jasa backlink PBN permanen
-    Menyediakan kotak berlangganan menggunakan fanspage facebook
-    Dan masih banyak yang harus diperhatikan untuk target penghasilan minimal 100.000 per bulan

Kalau diperkirakan, modal ci atas tidak kurang dari 3 juta. Seandainya 2-3 tahun berhasil mendapatkan kunjungan banyak, misal `1 hari 1000 pengunjung, maka potensi penghasilannya minimal 100.000.

Membuat Channel Youtube Tutorial

Untuk menghasilkan pasif income dari aset channel youtube, saya perlu memfokuskan pembahasan yakni pada masalah channel tutorial. Tentunya, channel tutorial yang diminati. Pembuatannya juga anda memiliki keahlian di dalamnya. Sebagai misal tutorial dunia pemrograman. Anda sebagai konten kreator memiliki keahlian yang bagus dalam hal ini. Ini menjadi kesempatan anda membangun investasi yang menguntungkan mengandalkan channel youtube.

Memang, pembangunan channel youtube lebih susah dari membuat web informasi. Hal ini terkendala pada aturan google yang harus memenuhi 4000 jam tayang dan 1000 subcriber.

Tetapi, bila anda memiliki keahlian, ini sangat dibutuhkan pasar. Jadi, bisa saja dalam waktu 1 tahun menghasilkan 4000 jam tayang.

Membangun Kios Di Depan Rumah

Ada salah satu rumah di depan jalan yang akan menuju jalan raya. Kebetulan, rumah ini selalu dilewati para anak sekolah. Apalagi, di jalan raya, ada sekumpulan kios-kios yang selalu ramai dikunjungi. Pada awalnya, di area rumah itu tidak ada kios-kios. Namun, sekarang, sudah berjejer kios yang selalu ramai pembeli. Tentunya, kios milik si pemilik rumah. Rupanya, si pemilik rumah memanfaatkan peluang emas dengan membangun beberapa biji kios. Sekalipun sedikit, tetapi, ini cukup menghasilkan pasif income. Jelas, modal pembangunan kiosnya juga kecil.

Apakah rumah anda berada pada kondisi yang sama? Bila sama, anda bisa saja memanfaatkan hal ini untuk membangun investasi kios yang berpotensi menguntungkan sekalipun dengan modal kecil. Pastikan ciri-cirinya:

-    Area menuju jalan raya
-    Selalu menjadi jalan lalu-lalang orang bersekolah
-    Berada di samping atau di bagian kumpulan kios yang ramai
-    Tentunya, memiliki tanah yang bisa dibangun untuk kios

Cara ini memang mudah. Namun, cara ini bergantung nasib rumah anda agar bisa membangun investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Tidak semua tempat bisa dibangun kios. Pembangunan kios tidak musti harus jalan raya. Bisa saja diperumahan yang jauh dari jalan raya seperti kasus kios milik saya. Asalkan bisa disewakan, bisa menghasilkan pasif income.

Menyewakan Tanah Menganggur

Punya tanah subur, luas, dengan tanah yang bisa dialiri air, kenapa tidak dimanfaatkan untuk disewakan pada petani? Namun biasanya, petani sendiri yang berkeinginan menyewakan tanah. Bila memang ada orang yang berniat menyewakan tanah untuk kebutuhan pertanian, jelas ini jenis pasif income yang lain. Tanah anda sebagai investasi yang menguntungkan. Memang, pembelian tanah bukan golongan bermodal kecil. Tetapi, biasanya, mereka yang memiliki tanah karena hasil warisan. Anggap saja, anda memiliki tanah hasil warisan orang tua anda.

Biasanya, tanah yang disewakan adalah tanah untuk kebutuhan menanam padi. Hal ini karena pembuahannya dianggap cepat. Penjualan beras pun laku dipasaran. Bisa juga ranah ditanami segala jenis tanaman yang berbuahnya dalam waktu cepat seperti kacang-kacangan dan lainnya.

Daripada tanah menganggur dalam investasi tanah, lebih baik dihidupkan dengan mengharapkan menghasilkan pasif income.

Menyewakan Rumah Penginapan Sementara Untuk Wisatawan

Di tempat kota wisata, banyak sekali sewa rumah penginapan sementara. Biasanya memang sengaja membangun rumah khusus untuk penginapan para wisatawan. Bagi para wisatawan, rumah penginapan jauh lebih murah daripada menginap di hotel. Apalagi, rumah sewaan bisa dianggap sebagai rumah pengganti sehingga bisa berkumpul bersama keluarga semalaman. Berbeda dengan hotel, sepertinya, kalau malam, ya sudah tidak ada ruang untuk komunikasi. Masing-masing anggota memiliki kamarnya sendiri.

Jadi, menginvestasikan uang anda dalam bentuk rumah penginapan sementara bisa menghasilkan pasif income setiap waktu. Jelas, bila memang banyak penyewa setiap waktunya, terutama libur panjang, rumah penginapan dianggap sebagai investasi yang menguntungkan.

Masalahnya, apakah bisa dengan modal kecil? Hal ini bergantung jenis bahan pembuat rumah penginapannya. Namamnya juga rumah penginapan sementara, tidak perlu dibangun besar. Bahkan ada rumah penginapan sementara dengan bahan dari bilik bambu dengan ukuran yang mini, cukup untuk istirahat malam.

Tetapi, membangun rumah penginapan sementara bergantung kesempatan membangunnya. Bila memang tidak ada kesempatan, karena tidak ada tanah yang bisa dibangun, investasi rumah ini tidak bisa terwujud.