Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang Di Rumah

Anda sudah mengkonsumsi air galon hasil isi ulang? Bila sudah, tandanya bahwa peluang usaha depot air minum isi ulang dianggap bagus. Dan kalau diperhatikan memang sekarang sudah berganti haluan dalam mengkonsumsi air minum, lebih ke penggunaan air galon, baik beli per galon atau isi ulang dalam galon. Bahkan sudah lebih dari galon, yaitu air yang disaring tanpa dimasak dengan alat tertentu.

Depot Air Minum Isi Ulang

Di sini akan berfokus pada peluang usaha depot air minum isi ulang karena inilah yang paling laku dipasaran. Kenapa paling laku? Satu contoh saja bahwa usaha ini terbilang paling laku. Contohnya adalah banyak sekali para pengantar air galon yang berseliweran di halaman rumah kita. Sudah harganya murah, tidak membayar harga untuk si pengantar, dan dapat point pembelian pula. Terlepas air yang dijual sudah disteril atau tidak, yang jelas faktanya banyak yang menggunakan layanan ini.

Baca: Peluang Usaha Rumahan Jasa Reparasi Hp

Bagaiaman menjalankan peluang usaha depot air minum isi ulang di rumah untung besar? Anda perlu tahu bahwa semakin banyak permintaan maka akan semakin banyak juga penawaran. Artinya, dalam satu komplek saja bisa terdapat beberapa pelaku usaha. Ini menandakan bahwa anda harus memiliki strategi penjualan yang sama bahkan memiliki nilai tambah. Lalu bagaimana cara menjalankan usaha ini di tengah persaingan? Berikut penjelasannya:

Ketahui Jumlah Pesaing Sebelum Membuka Usaha Depot Air Minun Isi Ulang

Semakin banyak permintaan, tentu akan bagus bila diimbangi dengan banyaknya penawaran. Namun kalau penawaran sampai melebihi atau lebih besar dari permintaan, tentunya akan mengalami kemacetan income. Ketika hanya ada 1 depot penghasilannya bisa puluhan juta per bulan, tetapi karena ada 5 depot, hasilnya bisa diratakan menjadi 1 juta saja per bulan.

Bila anda mau membuka usaha depot air minum isi ulang, jangan sampai menjadi korban kemacetan income di tengah kemacetan yang sudah ada terlebih dahulu. Perhatikan jumlah perminataan dengan melihat jangkauan konsumen yang bisa di tempuh. Apakah bisa menjangkau satu atau dua desa dengan mengandalkan 1 pengantar air galon? Jangkauan konsumen bisa menjadi tolak-ukur, bagus atau tidaknya usaha ini dijalankan di rumah anda. Memang sulit, tetapi itulah sebagai cara menghindari resiko.

Analisa Keuntungan Usaha Terlebih Dahulu

Anda akan menyediakan modal membeli air, bensin motor, jasa pengantar air galon, menyediakan kupon pembelian, dan juga menyediakan harga murah di saat hanya dihargai 4000 saja per isi ulang (harga 4000 kasus di daerah saya). Berapakah keuntungan bersih dalam satu tahun? Andai saja ambil 2000 keuntungan saja. Dalam satu bulan berarti mendapat 60.000 bila per hari mendapat 1 konsumen. Satu tahun berarti mendapat 720.000.

Kira-kira sampai kapan untuk kembali modal bila dalam satu tahun saja mendapat 720.000? Misal modal untuk membeli alat isi ulang sekitar 10 juta.

Tentunya tingkatkan lagi dengan menarget satu pengantar sekiranya bisa mendapatkan minimal 8 konsumen per hari. Akhirnya dalam satu tahun mendapat keuntungan 11.520.000. Tahun berikutnya keuntungan bisa untuk dinikmati.

Tetapi apakah sanggup menarget mendapat 16 konsumen per hari dan menunggu sampai 1 tahun? Bila dirasa tidak sanggup, hentikan rencana membuka usaha isi ulang air galon, jangan wujudkan.

Menjaga Pelanggan Sebaik Mungin Karena Bagian Dari Jangkauan Konsumen

Jangan kecewakan pelanggan seperti galon pecah, galon tertukar dengan galon orang lain, pilih-pilih pelanggan dan hal lainnya yang bisa membuat pelanggan tidak lagi ingin mengandalkan jasa si pengantar galon dari anda.

Untuk itu sebagai owner harus melatih para pengantar air galon agar bersikat profesional terhadap pelanggan dengan pelayanan yang tidak membuat mereka bersenang hati pengandalkan jasa pengantar dari anda.

Salah satu menjaga pelanggan dengan baik adalah memberikan poin belanja. Biasanya pelanggan akan rutin berlangganan isi ulang pada jasa pengantar yang sama agar mendapat pertambahan poin belanja. Tentunya, anda harus menepati janji dengan memberikan hadiah sesuai jumlah point yang didapatkannya.

***

Apakah anda mau memanfaatkan peluang usaha depot air minum isi ulang di rumah? Bila memang iya, jadikan ini sebagai usaha yang tidak sebagai prioritas penghasilan. Seperti penjelasan di atas, untuk kembali modal saja harus menunggu satu tahun. Karena harga alat depot isi ulang terbilang mahal sekitar lebih dari 10 juta, sesuai pengetahuan yang saya ketahui.