Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Buka Warung Sembako Modal 5 Juta

Bagaimana membuka warung sembako modal 5 juta? Tentunya, disini pembahasannya lebih kepada strateginya. Kalau pembahasan lebih ke strateginya, buka warung  modal 5 juta bisa dianggap cukup. Mengapa? Karena tidak membutuhkan hal-hal fisik di luar sembako. Tetapi kalau masalah teknis, modal 5 juta tidak cukup untuk membuka warung sembako. Mengapa? Untuk warungnya saja, berapa modal yang harus dikeluarkan jika belum ada fasilitas tempat penjualan? Dan masalah hal fisik lainnya yang bisa saja lebih dari 5 juta. Bagaimana mau berbelanja bila semuanya untuk kebutuhan warung sembako? Jadi, disini berfokus pada strategi agar modal 5 juta cocok untuk membuka warung sembako.

warung sembako telur 
Sumber: www.jawapos.com

Baca: Usaha Makanan Yang Bisa Dititipkan Di Warung

Disini, anggap saja anda sudah menyediakan warung sembako untuk waktu ke depan. Karena modal masih 5 juta, jadi, warung sembako belum sepenuhnya digunakan. Hanya untuk produk perdana saja.

Seperti Apa Warung Sembako?

Membuka warung sembako tentunya harus memahami terlebih dahulu definisi sembako. Karena tidak semua warung bisa dikatakan warung sembako seperti warung makan, toko kelontong, dll. Seperti yang dikutip Wikipedia, kesembilan bahan itu menurut "Kepmenperindag 115/1998" adalah:

  • Beras
  • Gula pasir
  • Minyak goreng dan mentega
  • Daging sapi dan ayam
  • Telur ayam
  • Susu
  • Jagung
  • Minyak tanah
  • Garam beryodium


Mungkin, masalah sembako jagung tidak semua daerah familier dengan sembako jagung seperti di daerah jawa barat.

Juga, tidak semua sembako harus menjadi target produk penjualan. Bisa saja, anda ingin menghindari penjualan daging-dagingan karena dianggapnya beresiko atas kebasian.

Kriteria Tempat Yang Bisa Dianggap Untuk Buka Warung Modal 5 Juta

Apakah anda sudah memiliki tempat yang akan dijadikan warung sembako?

1.  Tidak Memiliki Biaya Sewa

Kriteria yang harus diperhatikan adalah tempat bakal warung tidak memiliki biaya sewa. Kalau memiliki biaya sewa, tidak bisa berjudul “buka warung sembako bermodal 5 juta”. Artinya, tempat warung berada di rumah anda atau yang tidak membebankan permodalan warung.

Apakah cocok warung sembako dibangun di dalam rumah? Cocok saja dengan mengatur strategi penjualan saja.

2. Tidak Membangun Tempat Sebagai Perencanaan Warung

Kriteria berikutnya adalah, tempat warung bukan baru dibangun sehingga modal yang harus dikeluarkan lebih dari 5 juta. Hal ini tetap harus dihitung sekalipun tidak dibebankan tiap bulannya seperti halnya menyewa kios, ruko.

Jadi, kriteria warung sembako modal 5 juta benar-benar memanfaatkan ruangan kosong di rumah.

Langkah Perdana, Tentukan Produk Yang Berharga Muran Namun Selalu Dibutuhkan

Disini, ada kasus penjual telur yang cukup laris penjualan telurnya. Mengapa? Telur bisa digunakan untuk konsumsi keluarga. Telur dianggap sebagai lauk penting pendamping nasi yakni sembako beras. Telur juga bisa digunakan untuk kebutuhan penjualan jajanan seperti sostel, telur gulung, dan sebagainya. Ketika anda memilih produk sembako telur sebagai produk perdana, tentu sudah dianggap langkah yang tepat.

Mungkin, telur ada hal yang bisa beresiko mengenai pecah, busuk atau lainnya. Tentu, sebagai pedana, sebisa mungkin menghindari atau meminimalisir resiko produk bermasalah. 

Pada intinya, menentukan produk pedana sebagai bagian dari produk sembako harus dipikirkan matang-matang. Hal ini harus memperhatikan pasar juga yakni masyarakat sekitar anda. Jadi, tidak harus telur. Ini hanya contoh bagaimana bila menjual telur di perdana membuka warung sembako.

Pertanyaannya, dimana suplier telor yang menghemat modal berbelanja dan telur berharga murah? Pastikan, berbelanja telur sebagai start berbelanja produk sembako lainnya untuk kedepannya. Sehingga, memilih tempat berbelanja grosir telur tidak melupakan rute atau perjalanan belanja lainnya yang menghemat

Menentukan Harga Miring Dari Pasaran Pada Produk Perdana

Menentukan harga miring harus dilakukan untuk membangun pelanggan di perdana membuka warung. Untung sedikit, tidak masalah. Terpenting, sudah bisa menentukan, apakah bisa lanjut atau tidak membuka warung sembako. Tentunya, produk pedana ini yang nantinya sebagai produk daya tarik penjualan karena harga miringnya. Tetapi, harga yang dimaksud bukan harga miring jumlah satuan. Anda bisa menentukan harga miring jumlah kiloan atau berapa biji. Kalau satuan, bisa mengikuti harga umum yang ada di pasaran.

Sistem Antar Pemesanan Telur Tanpa Harga Miring

Mungkin dari pihak jauh menginginkan telur dari anda tetapi malas mengunjungi tempat penjualan anda. Maka dari itu, solusi yang bisa diatasi adalah mengantar pemesanan. Ingat, mengantar pemesanan telur membutuhkan kendaraan bermotor. Dalam hal ini, anda sudah memiliki kendaraan bermotor, biasanya motor. Kendaraan bermotor tentu membutuhkan modal bensin. Nah, modal bensinnya berasal dari keuntungan telur. Makanya, pemesanan telur yang siap antar harus memenuhi syarat pembelian. Katakanlah pembelian telur harga miring di atas. Daripada keuntungannya berkurang lagi akibat bensin, lebih baik meniadakan penjualan harga miring karena untuk kebutuhan bensin. Selagi penjual menyediakan jasa gratis dikirim ke rumah, tentunya sudah bonus terseniri.

Sistem antar pemesanan juga bisa diterapkan untuk jenis produk lainnya. Tentunya, dengan syarat belanja tertentu.

Melakukan Upaya Promosi

Promosi yang paling efektif untuk penjualan telur adalah Facebook. Anda tidak perlu menggunakan yang lain. Anda bisa menambahkan banyak teman dekat atau tetangga tanpa perlu ketersinggungan masalah unfollow. Kalau Facebook, bila sudah berteman, ya sudah putus semua. Jadi, mungkin teman anda tidak mau mendapatkan status iklan dari anda jadi menyudahi pertememan.

Namun, alangkah baiknya jangan selalu dipenuhi status iklan, promosi. Dalam hal ini, anda harus membuat konten yang tepat, menarik, menjual sehingga bisa menghindari promosi percuma. Manfaatkan momen-momen tertentu seperti tahun baru, lebaran, natal dan sebagainya untuk promosi, misal dengan harga lebih miring.

Mengembangkan Stok Produk Warung Sembako Hasil Keuntungan

Bagamana perkembangan buka warung sembako produk telur? Apakah berkembang dengan baik di perdana buka warung sembako? Bila berkembang dengan baik buka warung sembakonya, anda bisa melanjutkan strategi berikutnya. Tentunya melihat keuntungannya, apakah bisa untuk penambahan produk atau tidak. Terpenting ketika penambahan produk, anda berbelanja beberapa produk sembako lainnya.

Bagaimana fokus strategi penjualan pada produk terbaru di warung sembako? Bisa dengan melipatkan produk warung sembako pedana yakni telur. Misal, membeli beras 1 kilo akan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Sekalipun harga murahnya sekitar 500, tetap ini menjadi perhitungan belanja para ibu. Nah, gak mungkin bukan berbelanja dengan uang kembalian 500? Maka anda bisa mendambahkan produk pendamping lagi yang ukurannya kecil seperti bumbu-bumbu seperti micin, kecap, dll. Tentunya, bumbu-bumbu bisa saja bukan bagian dari sembako tetapi, ini melengkapi sembako khususnya penjualan kedepannya. Bukankah buka warung sembako tidak hanya berjualan sembako?